Thursday, December 28, 2017

Sasa Santan Kelapa untuk Masakan yang Lebih Lezat dan Gurih




Musim mangga nih. Di mana-mana ada mangga. Tahu kan minuman jus mangga yang sedang tren itu? Mango Thai atau King Mango. Penampakannya seperti buah mangga yang diblender, kemudian dikasih whipped cream di atasnya. Walaupun sedang tren, saya belum mencobanya. Kalau mau beli, harganya mahal. Konon antara Rp 25.000- Rp 50.000 per gelas. Kalau bikin sendiri, saya malas mencari whipped cream-nya. Maunya sih ada yang sediain bim salabim langsung ada di meja saya hehehe….



Alhamdulillah, ternyata keinginan itu tersampaikan di acara peluncuran Sasa Santan Kelapa di kantor PT. Sasa Inti Jakarta, tanggal 21 Desember lalu. Acara yang dimulai jam 9 pagi itu diawali dengan peluncuran produk Sasa Santan Kelapa, varian terbaru dari PT Sasa Inti berupa santan kelapa instan yang sudah matang dan siap pakai. Bentuknya cair dan serbaguna, bisa digunakan untuk segala jenis masakan dan minuman.

Launching Sasa Santan Kelapa

Sebagai ibu-ibu yang punya banyak pekerjaan di rumah, memasak adalah pekerjaan yang harus dilakukan seefektif dan seefisien mungkin. Dari mulai belanja bahan, menyiangi, memasak, sampai mencuci perabotan masakannya, saya lakukan sendiri. Jadi, supaya hemat waktu, saya memilih menggunakan bumbu masak instan, salah satunya santan. Sebenarnya bisa saja saya membeli santan kelapa yang sudah diparut, tapi harus ke pasar dulu. Jarak dari rumah ke pasar itu lumayan jauh.

Ini dia Sasa Santan Kelapa

Santan instan seperti Sasa Santan Kelapa ini bisa saya dapatkan di minimarket dekat rumah. Masakan khas Indonesia cukup banyak yang menggunakan santan, seperti bubur kacang hijau, sayur lodeh, rendang, gulai, dan lain-lain. Terbayang kan repotnya kalau memakai santan kelapa yang harus diperas dulu? Nah, saya tertarik mencoba Sasa Santan Kelapa ini, karena ternyata rasanya itu lho gurih dan enak banget. Tidak eneg, meskipun dijadikan topping jus mangga pengganti whipped cream. Serius?

Sasa Santan Kelapa cair

Iya dong. Setelah peluncuran produk Sasa Santan Kelapa oleh Bapak Ronny A. Imbar selaku Presiden Direktur PT Sasa Inti, Chef Kong selaku chef tetap di Auditorium Sasa yang berupa ruangan dengan dapur besarnya ini mengadakan cooking class dengan menu Sweet Mango atau yang kita kenal sebagai Mango Thai. Wah, ini sih pucuk dicinta ulam pun tiba. Saya jadi keturutan nyobain Mango Thai yang sudah lama ngetren ini. Telat? Biarin!

Bapak Ronny

Di Auditorium Sasa ini, rutin diadakan acara belajar masak bersama Chef Kong. Bu Ibu kalau mau ikutan, langsung gabung saja di komunitas Kreasi Sasa di facebook. Nanti di sana ada info-info Sasa cooking class dan cara mengikutinya. Nah, kalau kekurangan ide masak, bisa langsung cus ke www.kreasisasa.com untuk menemukan resep kreasi sasa yang variatif dan bisa jadi menu masakan rumah lezat dan unik.

Mau diundang juga? Gabung komunitas Kreasi Sasa!

Keunggulan Sasa Santan Kelapa menurut Bapak Sutjipto selaku Senior Marketing Manager PT Sasa Inti terletak pada aroma dan rasanya yang sesegar kelapa yang langsung diperas. Santan instan itu kan sudah melewati proses pabrik, jadi banyak nih bu ibu yang khawatir santannya sudah tidak segar. Sasa mengklaim produknya ini memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang baru diperas, selain itu juga bebas pengawet dan kolesterol. Wah, saya jadi nggak sabar mau mencobanya.

Momen Peluncuran Sasa Santan Kelapa

Chef Kong pun mengajak ibu-ibu yang hadir untuk mencicipi Mango Thai buatannya. Bahan-bahan pembuatnya hanya buah mangga, susu UHT full cream, dan Sasa Santan Kelapa. Buah mangga diblender bersama susu UHT, lalu diberi topping Sasa Santan Kelapa. Jadi, whipped cream-nya diganti dengan Sasa Santan Kelapa. Penasaran bagaimana rasanya?

Chef Kong

Ternyata benar enak banget. Rasa santannya itu gurih dan tidak eneg, walaupun nggak dimasak dulu. Jujur, saya trauma makan santan instan yang tidak dimasak dulu. Pernah saya masukkan santan instan lain ke kopi, alhasil kopinya nggak saya minum karena nggak enak. Nah ini, Sasa Santan Kelapa jadi topping Mango Thai? Sama sekali tidak terasa eneg dan bau langu, justru beraroma segar dan rasanya pun gurih. Saya menghabiskan Mango Thai itu hanya dalam waktu kurang dari satu menit saking enaknya. Bisa dibilang,Sasa Santan Kelapa ini Aslinya Santan.

Sweet Mango by Chef Kong

Setelah acara icip-icip Mango Thainya selesai, kami diajari Food Photography oleh Diah Ayu Respatih dan Chef Vania Wibisono. Iya dong, sebagai pegiat media sosial, selesai masak memang jangan langsung dimakan tapi difoto dulu. Nah, foto makanan pun bukan asal jepret ya. Proses plating atau menyusun makanan di meja makan perlu diperhatikan agar hasil fotonya bagus. Chef Vania mengajak kami untuk melihat contoh plating pada makanan. Semua makanan menggunakan Sasa Santan Kelapa, dari Rendang, Soto Betawi, dan Puding.

Plating Rendang

Latar atau meja yang digunakan untuk plating itu bisa hitam, putih, atau cokelat. Saya sendiri lebih suka yang hitam dan peralatan makan dari kayu atau keramik cokelat sehingga kelihatan natural. Soto Betawi dan Rendangnya sangat menggoda ya, alhamdulillah semua bisa dicicipi langsung di jam makan siang. Rasanya? Masya Allah, enak banget. Ketagihan deh nyobain Soto Betawi dan Rendangnya. Semua dimasak menggunakan Sasa Santan Kelapa. Oh ya, karena Sasa Santan Kelapa ini sudah matang dan siap pakai, jadi untuk masakan tersebut, gunakan pada proses akhir pemasakan ya.

Plating Soto Betawi

Saya nggak bohong, memang Sasa Santan Kelapa membuat masakan jadi lezat dan gurih. Saya bertekad untuk mengganti santan instan yang di rumah dengan Sasa Santan Kelapa. Apalagi untuk ukuran 65 ml ini harganya di bawah Rp 2.900 di minimarket dekat rumah, lebih ekonomis dibandingkan merk lain. Di rumah, saya pun mencoba membuat Mango Thai sendiri dengan topping Sasa Santan Kelapa. Rasanya? Sudah pasti enak!

Resep:
2 buah mangga
100 ml susu UHT Full Cream
Sasa Santan Kelapa Secukupnya

Cara Membuatnya:
Blender 1,5 buah mangga bersama susu UHT Full Cream. Masukkan ke dalam gelas. Tambahi potongan buah mangga. Masukkan Sasa Santan Kelapa secukupnya sebagai topping.


Yuk, stok Sasa Santan Kelapa di rumah!
#SasaSantanKelapa #AslinyaSantan #MasakanRumah #KreasiSasa #BelajarMasak #CookingClass 

26 comments:

  1. Asyik banget kegiatannya. Seru seruan bareng ibu ibu.jadi pengen ikutan Dan masuk kominitas Sasa. Makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Seruuu acaranyaaaa. Maknannya menggoda euy. Btw mbk ela. Aku jg pakek santan sada lah. Praktis. 😊

    ReplyDelete
  3. Ini santannya benar-benar tak dimasak lagi ya, mba? Jadi bisa langsung dikonsumsi santannya?
    Wah menarik nih idenya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah dimasak lagi mba, langsung pakai

      Delete
  4. Baru tau nih bisa pakai santan untuk minuman mango yang kami kekinian. Mau coba juga ahhhh

    ReplyDelete
  5. Jd pengen nyobain mak leyla pake topping si santan sasa

    ReplyDelete
  6. Makasih info2nya mbak...nanti coba juga ah si resep mangga...

    ReplyDelete
  7. Wah jadi lebih praktis ya. Bisa juga bikin dessert ala King Mango Thai dengan santan Sasa.

    ReplyDelete
  8. Iya, enak ini, aku waktu itu bikin pakai santan juga. Mau pakai susu eneg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake susu kental manis jadinya kemanisan. Mangga kan udah manis.

      Delete
  9. Wah boleh di coba nih mba, baru tahu sasa santan kelapa bisa jadi toping untuk cream, apa ya rasanya.. cobain ah!

    ReplyDelete
  10. Kapan2 mau coba ah masak rendang pakai sasa santan kelapa. Mama bisa masak sambil ngetik dong ya kalao simple gini siiip mb Leyla.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo masak pake kompor jangan sambil ngetik

      Delete
  11. Asyiiik.. Gampang ternyata buat manggo thai ya. Iya emang males beli whipe creamnya. Sip sip.. Besok cari santan sasa sebagai penggantinya ya. Cateet.

    ReplyDelete
  12. Aku prnh coba mango thai yg pake whipped cream, ama yg pake santan. Rasanya lbh enak yg santan krn ada gurihnya pas dimakan. Ternyata bikinnya segampil itu ya mba. Aku pikir santannya bakal diolah sedikit :D. Jd pgn coba bikin mumpung masih musim mangga :p

    ReplyDelete
  13. Kemarin nyoba bikin semur dan tetep gurih nya sama. Sesekali meringankan klo ada yg praktis gini

    ReplyDelete
  14. Seneng banget neh ada santan yang instan, gak perlu parut dan peras lagi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...