Saturday, December 30, 2017

Selain Ayat-Ayat Cinta 2, Film-film Berikut Ini Juga Memuat Adegan "Face Off"



Assalamualaikum. Mumpung sedang happening film Ayat-Ayat Cinta 2, sekuel dari Ayat-Ayat Cinta 1 yang box office, saya jadi mau ngomongin salah satu adegannya yang dinilai tidak mungkin terjadi di dunia nyata, yaitu adegan Face Off. Adegan di mana Sabina diubah wajahnya seperti wajah Hulya karena Hulya meninggal dunia. 

Saya sendiri belum nonton filmnya, baru baca review dan sindiran-sindiran terhadap film yang sudah mencapai 1,2 juta penonton dalam waktu kurang dari seminggu. Suatu pencapaian yang tak biasa untuk masa di mana kita bisa mengunduh film di internet secara bebas atau membeli DVD bajakannya. Kenapa saya belum nonton? Karena saya sedang berada di daerah yang tidak ada bioskopnya. Mudik, gitu lho. 
Salah satu adegan yang banyak dikritik karena tak masuk akal adalah adegan Face Off, yaitu wajah Sabina (Aisha) diubah seperti wajah Hulya karena Hulya meninggal dunia dan baru melahirkan anak. Supaya anaknya tetap mengenal ibunya, jadi Aisha rela wajahnya dipermak menyerupai Hulya. Dan lagipula, wajah Aisha juga rusak akibat insiden di Palestina. Dalam Islam, operasi plastik untuk memermak wajah yang sangat rusak karena kecelakan itu diperbolehkan. 

Ternyata selain film ini, ada beberapa film yang juga menampilkan adegan Face Off, yaitu: 

Face Off 
Istilah Face Off itu sendiri diperkenalkan oleh film legendaris ini. Sebuah film thriller yang diperankan oleh John Travolta dan Nicholas Cage, 2 aktor Hollywood terkenal. Film ini mengisahkan perseteruan antara agen FBI (Sean) dan teroris (Castor) yang sudah membunuh anaknya. Suatu ketika, Sean berhasil menangkap Castor. Di tempat lain, adik Castor mengancam akan meledakkan Los Angeles dan hanya mau memberitahukan lokasi bomnya kalau bertemu dengan Castor. 


Rencana gila (dan tak masuk akal) pun dilakukan. Dilakukan pertukaran wajah antara Sean dan Castor agar Sean bisa bertemu dengan adik Castor. Operasi pertukaran wajah yang dilakukan oleh keduanya juga dilakukan dengan cepat dan terkesan tak masuk akal. Tetap saja film ini disukai dan box office. 

Rogue Assasins (War) 
Film ini diperankan oleh Jet Lee, salah satu aktor Mandarin favorit saya. Sayang, sekarang keadaannya sudah mengenaskan karena sakit. Kisahnya juga tentang agen FBI (dalam film ini, Jet Lee sudah menjadi aktor Internasional). Jhon dan Tom Lone bertugas memburu Rogue (Jet Lee), mantan agen CIA yang bekerja pada Yakuza (mafia Jepang). Mereka berhasil membunuh Rogue. 


Ternyata Rogue masih hidup dan membalas dendam kepada Tom dan keluarganya. Mereka dibunuh dan dibakar. John pun dendam sehingga bertekad memburu Rogue. Mereka bertemu kembali ketika Rogue melakukan penghianatan kepada dua mafia raksasa. Endingnya, ternyata Rogue ini adalah Tom, sahabat John yang dikira sudah mati. Tom rupanya masih hidup dan mengoperasi wajahnya menyerupai Rogue agar berhasil menangkap semua sindikat mafia yang sudah membunuh anak dan istrinya. 

Barangkali ada film lain yang mengangkat tema Face Off ini karena sesungguhnya tidak ada ide yang baru. Para sineas film pun sering terinspirasi dari film lain, termasuk saat memasukkan adegan Face Off.  Yang pasti, kedua film di atas disutradarai dan dibintangi oleh sineas dan aktor berkualitas Internasional yang sering memproduksi film Box Office.

Ketika saya menonton kedua film tersebut, saya mengabaikan ketidakmasukakalannya karena sisi hiburan dan ketegangannya lebih mendominasi. Saya terkejut ketika mengetahui ternyata Rogue itu adalah Tom. Sangat tidak disangka. Setelah nonton, oh ya sudah. Namanya juga film. Entah ya kalau menonton film Ayat-ayat Cinta 2 apakah saya juga akan marah-marah dan berkata, "Duh, nggak masuk akal banget siiy....."

Face Off di Dunia Nyata
Face off adalah sebuah tindakan operasi untuk mengubah wajah seseorang atau merekonstruksi wajah yang rusak melalui operasi kedokteran. Di Indonesia, operasi semacam ini hanya dilakukan sedikit-sedikit misalnya memancungkan hidung, melebarkan mata, dan lain-lain karena nilai agama dan norma yang ada masih melarang dilakukannya operasi plastik kalau bukan alasan darurat. 

Di luar negeri, operasi plastik yang mengubah wajah secara total bukanlah hal aneh. Sebutlah negara Korea yang punya industri operasi plastik. Dari yang wajahnya jelek banget sampai yang wajahnya cantik banget. Adakah orang yang melakukan face off agar mirip dengan orang lain? Ada. Salah satunya perempuan dari daratan Cina ini, yang sangat ngefans dengan artis Cina ternama, Fan Bingbing. 

Hayoo.. mana Chengxi dan mana Fan Bingbing? Sumber foto: detik.com

Mana Fan Bingbing asli?
Sumber foto: thatsmags.com

Fan Bingbing adalah salah seorang artis Cina yang terkenal cantik dan digilai tak hanya oleh fans pria tapi juga wanita. Kalau yang pria ingin menikahinya, yang wanita ingin seperti dirinya. Zaman saya abg dulu pernah ingin punya wajah mirip artis yang saya idolai. Untung saya tidak punya uang untuk face off ya. Nah, itu ada beneran yang face off demi supaya bisa mirip artis favoritnya.

Perempuan bernama Chengxi ini, dibantu oleh kekasihnya yang dokter bedah plastik, melakukan face off sehingga menjadi sangat mirip dengan Fan Bingbing. Dan hasilnya seperti di foto ini, entah mana yang artis dan mana fansnya. Memang sih supaya bisa mirip sekali, perlu waktu hingga 8 tahun. Tak sekilat seperti yang ada di film-film di atas. Tapi dengan adanya kenyataan bahwa ternyata ada orang yang melakukan face off supaya mirip dengan orang lain, artinya adegan di dalam film-film di atas (termasuk film Ayat-ayat Cinta 2) bukanlah mustahil. 

Bisa jadi ke depannya teknologi operasi plastik makin berkembang sehingga hanya butuh waktu seminggu untuk mengubah wajah seseorang. Naudzubillahimindzalik sih. Saya tidak berharap demikian karena bisa dibayangkan kalau kita punya kembaran di mana-mana. Nanti ada pencuri yang pakai wajah kita kan gawat. Itu kenapa operasi plastik diharamkan di dalam Islam, kecuali bila untuk memperbaiki bagian yang rusak sehingga menganggu fungsi tubuh.

Jadi, apakah adegan Face Off itu membuat bodoh penonton karena mustahil dilakukan? Kalau saya boleh ikut menentukan jalan ceritanya sih, maunya Aisha cukup dioperasi untuk memperbaiki wajah yang rusak tapi tak perlu menyerupai Hulya. Terlalu dramatis kalau hanya supaya anak Hulya bisa terus melihat wajah ibunya. Tapi bukan saya sutradara dan penulis novelnya, jadi terserahlah. Sebelum saya menonton filmnya, saya tidak bisa bilang apakah filmnya bagus atau tidak hehehe....

Dari segi logika, barangkali memang belum bisa diterima oleh kita --penonton Indonesia pada umumnya-- karena tindakan Face Off belum jamak dilakukan di sini. Padahal, ini adalah salah satu kemajuan teknologi kedokteran di dunia yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Dulu hanya bisa mengubah hidung, mata, dagu, kini bisa mengubah keseluruhan wajah bahkan menyerupai orang lain.

Baca Juga: Tips Agar Anak Sehat dan Kuat 

Justru saya anggap adegan ini mencerdaskan kita karena menunjukkan suatu kemajuan teknologi kedokteran. Ya kali dah daripada adegan film kita diisi oleh pocong-pocongan, kuntilanak, dan mak lampir, yang artinya masih terbelakang banget. Mungkin memang tingkat pengetahuan kita baru sampai di situ. Langsung merinding deh nih ngomongin setan-setanan. Ya sudah deh, cerita ini saya akhiri saja dengan pertanyaan:

"Ada yang mau traktir saya nonton Ayat-ayat Cinta 2?" 


Referensi Penulisan:
http://www.thatsmags.com/china/post/13142/fake-fan-bingbing-in-singing-contest-raises-eyebrows
https://m.detik.com/wolipop/read/2017/07/06/174527/3550717/234/wanita-operasi-plastik-8-tahun-demi-jadi-kembaran-fan-bingbing-sudah-mirip


18 comments:

  1. Oh jadi salah satu yg bikin heboh itu ini ya, hahaha

    Aku blm nonton dan cuma baca sekilas di temlen ttg pro kontra ini. Malah keinget drama Taiwan Twis

    ReplyDelete
  2. Saya belum nonton filmnya sih tapi sudah baca banyak review gitu. Awalnya kirain aisha nya operasi plastik biasa. Taunya mukanya diganti muka hulya. Heu

    ReplyDelete
  3. Kemarin sempat rame ya review AAC2 yang sadis? :'D Tapi tetap, aku pengen nonton.

    ReplyDelete
  4. Di dunia nyata, tahun 2006 aku pernah meliput kisah perempuan yang terpaksa face off karena wajahnya disiram air keras oleh suaminya sendiri. Aku jumpa setelah dia disiram air keras dan liputan khusus kasus ini selama beberapa bulan. Tak mudah loh prosesnya dan memakan waktu lama

    ReplyDelete
  5. Dulu pernah ada berita seorang wanita yang mendapatkan kekerasan disiram pakai air keras, terjadi di Indonesia. Kalau nggak salah dia tuh ART dan beberapa dokter berinisiatf melakukan operasi face off, tapi bukan untuk menyamakan mukanya dengan siapa tapi lebih ke memperbaiki mukanya yg rusak itu.

    ReplyDelete
  6. Aku belom nonton AAC2. Dan baru tahu ada adegan face off dari reviewnya. Walopun banyak yang nyinyirin, pengen nonton sebenernya. Mungkin nanti abis liburan beres. Hehehehe... anomali ya. Ya gimana, emak-emak macam aku mah, bisa ke sana ke mari justru pas anak-anak lagi sekolah. Lagi lburan gini malah digelendotin dan banyak rikues masak. Wkwkwkwkwk...

    ReplyDelete
  7. Klo di sinetron indonesia seperti sinetron bidadari dulu ya..
    Waktu lala disiram air keras

    ReplyDelete
  8. Aku pernah baca pasien yg melakukan face off, tp hasilnya ga bisa sebagus yg dimau. Itu jg setelah berkali2 melakukan.. Jd kalo melihat face off yg dilakukan di film, ya lgs ketawa aja melihat ga make sense nya itu :p. Btw mba, aku lgs pgn cari film rogue assassin hahahaha.. Cinta berat ama jason statham :D.

    ReplyDelete
  9. Dulu, pas nonton face off, sempet mikir banget, nggak masuk akal ah, body nya kan beda. Tapi, balik lagi, cuma film, nikmati aja :D

    ReplyDelete
  10. Aku emang belum nonton AAC2, Mbak. Karena emang udah lama banget gak ke bioskop. 14 tahun... Hihihi. Karena suami gak demen nonton

    Tapi Face Off nya Nicholas Cage dan John Travolta, salah satu film favoritku sampe sekarang. Gak pernah bosan liatnya, dan tetep ngerasain keseruannya plus deg degannya . Karakternya kuat banget

    ReplyDelete
  11. masih punya harapan, Mbak. Pulang mudik bisa masuk bioskop heheh

    ReplyDelete
  12. Tentang ganti wajah kok aku jadi ingat film tersanjung jaman dulu ya mbak. Yang sampai bagian ke berapa dan ganti berapa kali pemain.

    ReplyDelete
  13. Saya belum nonton juga sih. Dan setelah baca2 reviewnya kok jadi gak pengen nonton.😂

    ReplyDelete
  14. Review sadisnya itu malah bikin orang pengen nonton loh hahaha. Ngobrolin ttg Face Off, saya nonton pas jaman-jaman kuliah. Meski menurut kita itu ga masuk akal sekalipun, yang nonton ga ada yang protes. Menikmati banget aktingnya Nicholas Cage sama John Travolta. Mereka berdua keren banget. Pernah juga baca kasus face off di Surabaya orang bernama Lisa yang disiram air keras wajahnya oleh suaminya kmdn operasi wajah dan bertahun-tahun keknya belum bisa pulih.

    ReplyDelete
  15. Face off itu berarti kayak operasi wajah tapi mirip aja ya. Abis aku kira mukanya di tanam ke muka yang satu lagi. Hihihihi. Aduuuh dodol banget mikirnya :D

    ReplyDelete
  16. Nah..meski saya pro #DukungFilmIndomesia AAC2 memang agak janggal dg adegan terakhir. Toh..ini cuma sebuah film yg tema nya drama
    Lg pula film dg jln cerita sejenis juga banyak. Tp ga diributin sampai meluas

    ReplyDelete
  17. Ternyata ada juga ya film Hollywood tentang face off. Jadi penasaran gimana prosesnya di film tersebut. Kalau di AAC2, muka Hulya kayak dilepas gitu kemudian dipasang ke muka Aisha. Eh spoiler yak ini? Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau liat dr adegannya bukan dilepas dr satu trs dipasang ke satunyablagi, tp kayak dicetak gitu ya dr bentuk mukanya Hulya. Masih misteri kenapa bs secepat itu prosesnya.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...