Wednesday, December 6, 2017

Mau Anak Kuat dari Dalam? Ini Rahasianya!





"Anak saya dulu kalau BAB itu mirip tahi kambing, kecil-kecil dan keras. Itu berarti anak saya terkena konstipasi ya, Dok?" tanya saya dalam acara Mom Bloggers Gathering bersama Friso dan Blogger Perempuan yang diadakan di Kembang Kencur, Pejaten Barat, hari Sabtu, tanggal 2 Desember kemarin. Dalam sesi tanya jawab, saya teringat penjelasan Dokter Aulia mengenai ciri anak yang terkena konstipasi dan ternyata ciri itu ada pada anak saya. 

Saat saya bertanya kepada dokter Aulia/ foto: BP

"Iya betul, itu adalah ciri anak terkena konstipasi." Dokter Aulia membenarkan, kemudian menyebutkan beberapa penyebab dan cara mengatasinya. Konstipasi atau sembelit adalah kondisi di mana anak sulit Buang Air Besar karena tinjanya keras dan pencernaan tidak lancar. Kondisi tersebut bisa menghambat penyerapan nutrisi sehingga mempengaruhi tumbuh kembang si anak ke depannya. Selain konstipasi, anak saya juga sering mengalami diare. Memang, anak saya sejak usia 5 bulan sudah diberikan susu formula akibat kesundulan (saya hamil lagi, jadi ASI-nya dihentikan). 

Akibat kurangnya ilmu pengetahuan mengasuh dan merawat anak itu, sekarang si sulung agak kurang dalam pertumbuhan fisiknya. Tubuhnya kecil dan cenderung kurus, meskipun makannya banyak. Tulangnya juga kurang kuat, malah saya khawatir kalau dia sedang melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, tulangnya akan patah. Naudzubillahimindzalik. Semoga kondisi itu bisa diperbaiki karena dia masih dalam pertumbuhan dan perkembangan. Tentunya dengan memperbaiki asupan gizi dan nutrisinya, juga memperhatikan kondisi pencernaannya. 

Foto: BP

Itulah mengapa saya senang sekali ketika mendapatkan undangan dari Blogger Perempuan untuk  menghadiri Friso Mom Bloggers Gathering ini. Saya bisa menambah pengetahuan dan informasi mengenai pengasuhan anak. Anak-anak adalah amanah yang harus dijaga dengan baik. Apa yang kita berikan kepada mereka di masa kecil akan mempengaruhi masa depan mereka kelak. Semua orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Hanya saja kurangnya ilmu pengetahuan mengasuh anak seringkali membuat kita salah mengambil keputusan. 

Para mom dari Blogger Perempuan/ Foto: BP

Acara ini dibuka oleh kicauan MC kocak yang menyemarakkan suasana pagi itu. Temanya adalah "Nutrisi dalam Keadaan Alami untuk Anak Kuat dari Dalam." Kata sambutan disampaikan oleh Ibu Yuniastuti Kusuma Putri, Head of Friso  Business Unit di Indonesia yang senang dengan kedatangan para mom bloggers. Ibu Yuni mengatakan, jika pencernaan anak terganggu maka anak tidak akan berkembang secara optimal. Para mums blogger diharapkan dapat menyampaikan informasi yang didapatkan pada hari itu secara luas, agar ibu-ibu lain juga mendapatkan pengetahuan yang sama tentang nutrisi  yang membuat anak kuat dari dalam.

Ibu Yuni

Pentingnya Nutrisi Anak dalam Masa Pertumbuhan
Narasumber pertama adalah Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F. Suganda, MKes, SpGK yang memberikan informasi mengenai pentingnya nutrisi anak dalam masa pertumbuhan. Jika asupan nutrisinya baik, pasti pertumbuhan, perkembangan otak, mental, dan spiritual akan lebih baik. Konsentrasi belajar anak juga lebih baik, tentunya berimplikasi pada prestasi belajar yang meningkat. Emosi anak juga lebih stabil, tidak mudah marah dan sensitif. Sedangkan anak yang kurang nutrisi, akan memiliki ciri-ciri seperti postur pendek atau stunted, pubertas terlambat, konsentrasi kurang, prestasi belajar kurang, dan emosi kurang stabil.

dr. Diana

Sebelum anak berangkat ke sekolah, biasakan sarapan terlebih dahulu. Di pagi hari sebelum beraktivitas, kita membutuhkan energi. Kalau tidak sarapan, tubuh lemas dan otak sulit berpikir. Bayangkan anak-anak kita bila tidak sarapan dan baru bisa makan di jam istirahat, yaitu jam 12 siang. Sepanjang pelajaran, mereka akan merasa lapar dan tidak bisa berpikir. Dr. Diana juga memaparkan informasi mengenai Pedoman Gizi Seimbang yang harus kita perhatikan sehari-hari. Kalau dulu namanya 4 Sehat 5 Sempurna. Pedoman Gizi Seimbang ini sangat penting, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Bentuknya seperti piramida. Urutan paling bawah adalah yang paling banyak diasup. 

Urutan terbawah adalah air putih. Yup, kita harus banyak minum air putih, minimal 2 liter sehari. Air putih berfungsi untuk membawa zat-zat gizi ke seluruh organ tubuh. Selanjutnya adalah Karbohidrat, Buah dan Sayur, Protein (Daging, Ikan, Susu, Yogurt, dll), dan Kalsium, Vitamin, dan Suplemen. Semua itu harus ada di dalam makanan kita sehari-hari. Semua Makronutrien (Karbohidrat, Protein, dan Lemak) dan Mikronutrien (Vitamin dan Mineral) harus dapat dicerna oleh pencernaan anak agar manfaatnya dapat dirasakan oleh organ-organ tubuhnya. 

Nutrisi dalam keadaan yang alami bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh anak karena terserap secara sempurna agar anak kuat dari dalam. Sehingga disarankan orangtua menyediakan makanan dan minuman bernutrisi dalam keadaan alami, yaitu keadaan nutrisinya utuh terjaga. Maksudnya bagaimana? Masih belum mengerti?

Contohnya begini lho. Sayuran kalau dimasak terlalu lama akan mengurangi kandungan nutrisinya. Jadi, masak sayuran jangan terlalu lama. Sebaliknya, kalau masak daging ya harus matang benar supaya bakteri-bakteri di dalamnya bisa mati. Kemudian untuk susu anak, pilih yang kandungan proteinnya utuh dan tidak rusak. Jika mengonsumsi makanan dan minuman kemasan atau siap saji, lihat dengan baik informasi nilai gizinya apakah mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh anak. 

Friso, Nutrisi dalam Keadaan Alami

Protein adalah salah satu zat gizi penting untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh yang rusak, dan mengatur proses metabolisme tubuh. Protein nabati terkandung di dalam kacang-kacangan dan biji-bijian, sedangkan protein hewani terkandung di dalam daging, ikan, keju, susu, dan yogurt. Setiap harinya kita membutuhkan minimal 25 gram protein.  Di dalam sebutir telur ada 6 gram protein, daging 22 gram protein, keju 7 gram protein, dan lain-lain.

Pengolahan makanan sangat mempengaruhi kandungan nutrisi bahan makanan tersebut. Bila protein dipanaskan dalam suhu tinggi akan menyebabkan terjadinya denaturasi protein. Denaturasi protein adalah suatu proses perubahan yang terjadi pada protein akibat terkena suhu tinggi, alkohol, logam berat, maupun asam-basa. Tentunya akan mengubah struktur molekul protein dan mengurangi kelarutannya. Intinya sih, akan mengurangi keutuhan nutrisinya. 

Masalah Pencernaan pada Anak
Jadi, sekali lagi ya, kita sebagai orangtua sangat perlu untuk memilih protein dalam keadaan alami agar mudah dicerna tubuh. Protein dalam susu pertumbuhan anak juga harus dalam keadaan alami. Sebab, jika pencernaan terganggu, maka anak akan mengalami kondisi seperti: nafsu makan menurun sehingga asupan nutrisinya berkurang, tidak nyaman beraktivitas, tidak bergairah untuk  bermain, dan tidak tertarik mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Masalah pencernaan pada anak ini selanjutnya dijelaskan oleh dokter spesialis anak dr. Aulia Fitri Swity, SpA, MKes yang memaparkan soal pentingnya nutrisi yang tepat bagi tumbuh kembang anak. 

dr. Aulia

Mengapa kita perlu menjaga sistem pencernaan anak agar tetap baik? Sebab, sistem pencernaan manusia adalah penghubung antara tubuh dengan dunia luar. Sistem pencernaan mengolah dan menyerap berbagai makanan dan minuman dari luar tubuh dan menggunakannya untuk memastikan tubuh bekerja. Anak-anak yang mengalami masalah pencernaan, akan terganggu tumbuh kembangnya sehingga kesulitan mencapai kemampuan optimal sesuai dengan potensi genetiknya. Apa yang terjadi saat anak mengalami masalah pencernaan? Anak akan terkena sembelit atau diare. Kalau sembelit, anak sulit buang air besar. Kalau diare, anak terlalu sering buang air besar sehingga kurang dehidrasi dan lemas. 

Bayangkan saat anak terkena salah satu gangguan pencernaan itu. Pasti anak akan kesulitan beraktivitas secara normal karena perutnya sakit. Seperti anak saya dulu saat konstipasi atau sembelit, dia kesakitan perutnya karena ada rasa ingin buang air besar tapi sulit dikeluarkan.

Apalagi kalau anak diare dan dehidrasi sehingga harus dirawat di rumah sakit. Anak akan kekurangan waktu bermain dan bereksplorasi sehingga menghambat tumbuh kembangnya. Anak juga akan kekurangan nutrisi karena kondisi pencernaan yang tidak baik. Ciri anak yang mengalami konstipasi, salah satunya adalah bentuk tinjanya seperti tahi kambing yang hitam kecil-kecil. Ciri itu ada pada anak saya dulu. Duh, sayang ya saya terlambat mengetahuinya. Sekarang anaknya sudah besar dan memang tubuhnya kecil meskipun makannya banyak.

Ada beberapa tips yang diberikan dokter Aulia agar pencernaan anak sehat, yaitu: 
  1. Berikan nutrisi sehat, lengkap, seimbang, dan berkualitas untuk anak. 
  2. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat dalam keseharian. Contohnya, cuci tangan pakai sabun. Sebelum makan, anak harus cuci tangan dulu. Orangtua pun harus cuci tangan sebelum membuatkan susu untuk anak atau memberikan makanan. 
  3. Cegah penyakit pencernaan dengan imunisasi. Imunisasi untuk mencegah diare dan muntah akibat sistem pencernaan terganggu adalah Rotarix dan Rotatex. Vaksin Rotarix adalah vaksin yang membantu melindungi bayi dari virus rotavirus yang menyebabkan muntah dan diare. Diberikan dengan cara dimasukkan ke mulut (oral). Dosis pertama diberikan saat bayi berusia 6 minggu. Dosis kedua diberikan 4 minggu kemudian. Vaksin ini harus diberikan sebelum bayi berusia 6 bulan. Sedangkan vaksin Rotateq adalah vaksin untuk mencegah  infeksi rotavirus pada anak yang menyebabkan demam, diare, dan muntah. Diberikan dalam 3 dosis sebelum bayi berusia 32 minggu. Vaksin ini juga berbentuk cairan dan diberikan melalui mulut (oral). 
Dalam hal pemberian nutrisi yang bersahabat dengan pencernaan anak, dokter Aulia menyarankan untuk memberikan nutrisi dalam keadaan alami sehingga sistem pencernaan lebih mudah menyerapnya dan risiko terjadinya masalah pencernaan pun lebih kecil. Susu adalah pelengkap nutrisi harian yang sangat bermanfaat karena memiliki kandungan gizi relatif lengkap, mudah dicerna, dan rasanya enak atau lezat. Coba saja deh, anak siapa yang tidak suka susu? Semua anak pasti menyukai susu. Anak-anak saya juga suka sekali dengan susu.

Friso Gold 3

Friso, Nutrisi dalam Keadaan Alami agar Anak Kuat dari Dalam
Sayangnya, tidak semua susu memiliki nutrisi dalam keadaan alami. Fakta ini kemudian dijelaskan oleh Medical Marketing Manager Friso dr. Rulli P. A. Situmorang. Friso memiliki peternakan sapi sendiri sehingga dapat seluruh proses produksinya dilakukan dengan baik. Friso diproduksi oleh FrieslandCampina, sebuah perusahaan penghasil susu terbesar di dunia. Friso adalah jenis susu premium dengan beragam keunggulan. Ada Frisomum Gold untuk ibu hamil dan menyusui dan Friso Gold 1, 2, 3, 4 untuk anak usia 0 sampai 12 tahun.

Dr. Rully/ Foto: BP

Lalu, kenapa kalau Friso memiliki peternakan sendiri? Dr. Rully menjelaskan tentang konsep Nature Science yang diterapkan oleh Friso, yaitu seluruh proses produksi dari mulai pemilihan pakan ternak untuk sapi hingga proses akhir produk dilakukan sendiri oleh FrieslandCampina. Dengan demikian, Friso melalui One Single Process yang mengolah bahan baku susu segar hingga menjadi produk Friso dengan satu kali pemanasan saja. Proses ini tentu saja memastikan susu tidak melalui pemanasan berlebih shingga nutrisinya tetap terjaga. 

Frisomum Gold untuk ibu hamil dan menyusui

Friso juga menggunakan teknologi Locknutri untuk menjaga kualitas protein dalam susu agar mudah dicerna dan diserap oleh anak. Friso difortifikasi dengan berbagai vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Tentunya, untuk anak yang sudah makan MPASI, pemberian Friso ini bukan menggantikan makanan padat ya, melainkan sebagai pelengkap makanan padat. Sebab, makanan padat anak belum tentu mengandung nutrisi lengkap apalagi bila melewati proses pemasakan yang salah sehingga mengurangi kandungan nutrisinya. Berikan Friso 2-3 kali sehari saja. 

Friso Gold 4 untuk anak usia 3-12 tahun

Teknologi dan proses produksi tersebut membantu anak kuat dari dalam sehingga dapat dapat tumbuh dan berkembang seara optimal. Proses belajar anak pun tidak akan  terganggu karena sistem pencernaan yang terganggu. Friso direkomendasikan oleh HCP di 6 negara di Asia sebagai solusi untuk anak dengan masalah pencernaan. Tak hanya itu, Friso juga menyediakan konsultasi gratis mengenai nutrisi alami si kecil bersama Ana, S. Gz, Ahli Nutrisi Alami  di Facebook Friso Indonesia, FB Messenger Friso Indonesia dan Instagram Friso Pop Up Play dengan menscan QR Code Friso dari FB Messenger App. 

Konsultasi Gratis 

Talkshow dari ketiga narasumber ini diakhiri dengan tanya jawab dari ibu-ibu yang penasaran dengan tumbuh kembang si kecil, termasuk saya, juga disertai taburan hadiah peralatan rumah tangga yang membuat mata ibu-ibu berbinar cemerlang. Sudah dapat ilmu yang lengkap, bisa bawa pulang hadiah pula.

Bertabur hadiah/ Foto: BP

Informasi lebih lanjut, bisa dicari di:
Website: www.friso.co.id
Facebook: Friso Indonesia
Instagram: @frisopopupplay

Blogger Perempuan/ Foto: BP









98 comments:

  1. Anakku, Ranu juga sering nihbmba poopnya bulet2 gitu. Jd khawatir euy :/

    ReplyDelete
  2. Aih jadi inget waktu Syadid susah BAB, kasihan lihatnya. Jadi pengen nyoba Friso nih, siapa tau bikin sehat dari dalam krn pencernaannya juga sehat

    ReplyDelete
  3. Memang penting sekali memilih susu yang tepat agar pencernaan anak tetap baik, selain memperhatikan asupan nutrisi lainnya. Wah sering-sering acara blogger gathering seperti ini, bikin kita para ibu jadi makin pintar.

    ReplyDelete
  4. Acarany keren y mba banyak ilmu baru lengkap pula tentang gizi, nutrisi bahkan tips2 tentang pencernaan.

    ReplyDelete
  5. Anakku juga pernah Konstipasi jadi ngak mau makan. Bawaannya jadi rewel terus, biasanya saya kasih bnyk jus buah asli dan urut perutnya.

    ReplyDelete
  6. nice sharing mak, dan jadi paham deh bagaimana untuk memberi gizi terbaik untuk anak

    ReplyDelete
  7. Sehatnya pencernaan anak emang penting ya mbak. Inget dulu kifah diare, sampe basah sekasur2 padahal dianya lag tidur, kerjaan emaknya jadi nambah deh

    ReplyDelete
  8. masalah pencernaan anak memang penting ya , apalagi kalau sampai salah pemberian susu untuk tumbangnya.

    ReplyDelete
  9. keren nih friso punya peternakan sendiri, jadi produksi dan distribusi lebih aman mak

    ReplyDelete
  10. Konstipasi itu bisa diatasi dg minum air putih minimal 2 liter per hari ya? Sayuran juga mesti tuh tapi cara mengolah sayur diperhatikan banget jgn sampai kematengan nanti nutrisi dan kandungan vitaminnya hilang �� Friso ini keren banget bisa konsultasi gratis kita nih tanya2 masalah pencernaan anak2. Punya peternakan sendiri juga. Bravo ��

    ReplyDelete
  11. aku juga pengen nyobain friso buat kedua anakku, tertarik dengan nutrisi alami dan prosesnya yg baik

    ReplyDelete
  12. Tema yang menarik. Emang semua hal untuk kesehatan buah hati perlu diusahakan.

    ReplyDelete
  13. One Single Process dengan satu kali pemanasan saja (tidak berlebihan) membuat nutrisi tetap terjaga ini super oke. Memang yg berlebihan itu ngga baik ya mba, tips menjaga pencernaan anak juga oke.. makasih mba

    ReplyDelete
  14. Anak pertama ku juga agak kecil badannya mbak... Insya Allah bisa lah ya mengejar ketinggalan berat badannya pakai friso...

    ReplyDelete
  15. Jadi semakin bertambah dech informasi mengenai permasalahan pencernaan anak.

    Jadi bukan hanya pemberian makanan dan minuman yang tepat saja ya Mba tapi cara pengolahannnya juga harus bener. Ini niyy yg terkadang sering terjadi, salah dalam pengolahan.

    ReplyDelete
  16. Yay, ada foto SID di situ.
    Aku lebih khawatir diare karena minggu lalu SID sempat 2 hari kena diare.

    ReplyDelete
  17. Awalnya saya bingung, konstipasi itu apaan? Oh..ternyata sembelit
    Usia anak apalagi dimasa pertumbuhan memang rentan bgt terkena masalah pencernaan

    ReplyDelete
  18. Wah baru tahu kalau dibalik untuk mencapai tumbuh kembang anak yang optimal harus sistem pencernaan yang sehat ya, bagus dan makasih mbak atas infotmasinya

    ReplyDelete
  19. Minum susu Friso membuat anak sehat dari dalam ya bunda, apalagi dengan nutrisi dalam keadaan alami.

    ReplyDelete
  20. Susu Friso kesukaan keponakanku.
    Katanya rasanya beda dari susu lain. Memang keluaran frisian flag memang bagus.

    ReplyDelete
  21. Oh jadi itu salah satu ciri konstipasi ya, aku baru tahu nih. Tak pikir itu hanya kurang minum aja. Makasih infonya yaa

    ReplyDelete
  22. Anakku nggak doyan susu donk, kecuali asi. Makanya PR banget nih ibunya ngajarin dia minum susu. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya Mak, jadi generasi yang sehat dan kuat

    ReplyDelete
  23. Paling gaenak sih ya kak kalo pencernaan bermasalah. Hehehe makasi udh kasij tau ciri2 konstipasi. susu friso aku baru denger nihbtw

    ReplyDelete
  24. Jadi semangat nih pilih pilih makanan yg sehat untuk keluarga

    ReplyDelete
  25. Aira, anak kedua saya juga sempat kena konstipasi. Kasihan lihatnya pas pup kayak tahi kambing mbak, sampai nangis2 dia.
    Susu ini harganya memang lumayan, tapi kalau kualitasnya sebanding ya oke juga dicoba.

    ReplyDelete
  26. nutrisi lengkap dan seimbang itu penting banget buat anak ya. Susunya tampak oke nih buat anak-anak

    ReplyDelete
  27. Nutrisinya lengkap banget mba... Jadi mau buat rayyan nih

    ReplyDelete
  28. Iya kalau masak sayur ojo suwe2 ntar nutrisinya ilang.
    Tapi kalau daging kudu dimasak lama supaya bakterinya ilang :D

    ReplyDelete
  29. Alfath pernah konstipasi waktu usia beberapa bulan, sejak itu jadi makin concern jaga pencernaannya. Sekarang nambah lagi nih ilmu tentang nutrisi Alami, makasih sharingnya Mbaa

    ReplyDelete
  30. harus lebih aware tentang pencernaan nih.. alula pernah sampai susah bab mba :(

    ReplyDelete
  31. Sebagai mamak-mamak kita harus telaten emang ngurus anak. Salah ngasih asupan juga bisa berakibat stunting. Haduh...

    ReplyDelete
  32. Jangan sampai salah dalah mengolah makanan saat memasak, salah2 bisa merusak gizi dan nutrisinya.

    ReplyDelete
  33. Arsyad juga pernah kena konstipasi nih. Jadi makin aware deh sm sistem cerna dan kesehatannya

    ReplyDelete
  34. Kalau pencernaan sehat, tumbuh kembang pun bisa optimal ya mbak :)

    ReplyDelete
  35. Konstipasi memang nyiksa ya, apalagi buat anak-anak

    ReplyDelete
  36. belum pernah nih minum susu Friso anak2..

    ReplyDelete
  37. Anakku yang kedua dulu sering muntah. Kupikir mungkin karena kekenyangan saja, tapi mungkin pencernaannya terganggu juga ya. Tsf, Mbak.

    ReplyDelete
  38. Penting juga ya mengetahui feses anak agar tau sehat cukup serat atau tidak.makanan yang dimakannya. Saya baru tau jenis2 feses. Taunya cuma yang cair aja yang bahaya. Thanks mbak ��

    ReplyDelete
  39. Lngkap banget tulisannya mba. Jadi tahu kalau friso ini punya peternakan sendiri.

    ReplyDelete
  40. Nah, anakku konstipasi berarti yaaa..
    Ulasan yang lengkap kap..Thanks sharingnya Mbak:)

    ReplyDelete
  41. Kereen ulasannya mak lengkap, jd paham anak2 yg ngrasain hal yg sama

    ReplyDelete
  42. Nutrisi itu emang sangat penting untuk tumbuh kembang anak ya mba :)

    ReplyDelete
  43. Asyik ya kl ikut acara kayak gini. Banyak pengetahuan. Makasih sharingnya mbk ela.

    ReplyDelete
  44. Alhamdulillah ya, kalo setahun saja pencernaan anak sehat. Kita jadi ikut lega, tapi kalo dalam setahun sekali aja kena diare atau sembelit, udah deh, emak selalu was was

    ReplyDelete
  45. Sarapan terbukti emang penting banget buat tubuh apalagi buat anak-anak di masa pertumbuhan. Makanya orang tuaku dulu mengajarkan kalau mau berangkat sekolah harus sarapan biar itu sedikit atau minum susu aja.

    ReplyDelete
  46. Wah saya jadi tahu banyak,,, lumayan ilmu baru :)

    ReplyDelete
  47. Wah keren ya punya peternakan sendiri

    ReplyDelete
  48. Pencernaan sehat anak sehat 😘😘

    ReplyDelete
  49. Bergizi banget ya acaranya
    Bener2 nambah ilmu buat orang tua agar memberi asupan gizi terbaik untuk anaknya

    Aku sih percaya, sehat itu berawal dari "perut" Apa yang kita masukkan kedalamnya akan menentukan kualitas yang dihasilkan baik fisik, mental maupun daya pikir dan kemampuan lainnya

    Semoga anak2 kita diberi sehat ya mbak

    ReplyDelete
  50. Wah....Naeema dulu langganan banget kena konstipasi. Tubuhnya juga kurus skr....hhm arus atur ulang nutrisinya nih.

    ReplyDelete
  51. Soall gaya hidup bersih itu jadi ingat ibu, waktu kecil suka ngejar-ngejar soal cuci tangan itu. Dulu sih sebel karena mau makan kue aja ribet, tapi pas gede baru nyadar maksudnya.

    ReplyDelete
  52. Kalau ada Friso, jadi ga khawatir bakal kena gangguan pencernaan ya Mak. Apalagi pengolahannya alami. Makasih info soal Friso Mbak, baru tahu.

    ReplyDelete
  53. jadi pengen punya anak nih mba.. biar bisa nyobain Friso...

    ReplyDelete
  54. Aah meskipun bulam meniqa dan punya anak, tp ini informatif banget, thanks mbak

    ReplyDelete
  55. Syuna juga pernah begitu mbak, kayak tai kambing. Duuuu pas pertama kali gitu rasanya nyesek. Ternyata masalahnya ada pada asupan ya. Terimakasih infonya ya mbak :)

    ReplyDelete
  56. saya juga rada ketar-ketir nih, mbak setelah anak saya umur setahun ini. kadang kepikiran ini makanannya sudah pas nggak nutrisinya. anaknya dah cukup makan belum. makasih banget sharingnya jadinya saya bisa nambah ilmu :)

    ReplyDelete
  57. Noted banget Mbak Ley. Bisa jadi referensi buatku persiapan menjadi ibu. Dari sekarang suka baca2 ttg parenting dan topik tumbuh kembang anak. Apalagi kan balita tumbuh kembangnya cepet banget

    ReplyDelete
  58. Aku kayaknya baru tau ada susu merk friso, wah bisa dijadikan ferensi nanti kedepannya

    ReplyDelete
  59. keren friso punya peternakan sendiri, terjamin ya dari pakan sampai pemerasan susunya. kandungan proteinnya jg pas buat baby, cocok buat susu pendamping nih.

    ReplyDelete
  60. Hani jg pas bayi permaslahannya dipencernaan. Next ..kalau punya anak lagi jadi tahu produk ini.

    ReplyDelete
  61. Sangat bermanfaat ulasannya mba, makasih mba jadi nambah ilmu

    ReplyDelete
  62. Anak ketiga erna mba bermasalah dengan pencernaan. Tapi sekarang masih full AsI

    ReplyDelete
  63. Masalah pencernaan bisa jadi merembet kemana-mana ya dampaknya, batita or balita emang suka rawan sama konstipasi karena rata2 nda suka makan sayur hehe.

    Tips nya bermanfaat banget mamak salim, sehat2 ya untuk si sulung dan adik2nya.

    ReplyDelete
  64. Informatif ini.. Apalagi untuk anak saya yang kadang konstipasi..thanks infonya 😊

    ReplyDelete
  65. yeaah urusan perut dan pencernaan emang harus concern banget ya mba buat kita ibu-ibu, soalnya saya suka ikutan "mules"kalau anak sakit

    ReplyDelete
  66. Makasih banyak sharing-nya mba. Mudah mudahan bisa kuterapkan setelah si dedek lahir nanti.

    ReplyDelete
  67. Apakah banyak makan jajanan toko juga jadi penyebab anak sembelit?

    ReplyDelete
  68. Alhamdulillah seru ya kalau ikut Gathering gitu. Kebetulan saya lagi cari susu untuk anak saya. Coba nanti saya browsing lebih banyak lagi tentang Friso. Thanks sudah berbagi ilmu mba Leyla ��

    ReplyDelete
  69. Wah, informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih. Jadi tambah pengetahuan.

    ReplyDelete
  70. Thankyou mom ilmunya, bermanfaat untuk saya sebagai calon ibu baru. Tabarakallah, semoga pahala kebaikan senantiasa mengalir dari ilmu yang sudah dibagikan.

    ReplyDelete
  71. Ini acaranya di rumah kencur bukan mba?
    Kalau iya, aku pernah ke situ dlm event susu juga

    ReplyDelete
  72. Masalah pencernaan kalau udah kena ke anak2 emang repot banget deh, Mak. Note semua tipsnya

    ReplyDelete
  73. super duper lengkap mba penjelasannya. saya jadi tergambar. kalau anak yang sakit, kita jadi sedih banget rasanya

    ReplyDelete
  74. Ok mba noted. Ilmunya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  75. Duh, anak saya termasuk yang kurang suka minum susu nih Mbak. :(
    Ada tipsnya nggak ya biar anak doyan minum susu?

    -sejenakberceloteh.com-

    ReplyDelete
  76. Anak saya juga kurus meski makannya banyak. Dan inget sih dulu waktu kecil jg pernah pupnya kecil2 keras seperti tahi kambing. Duh kenapa baru sekarang saya tahu info ini ya...😊

    ReplyDelete
  77. Bermanfaat sekali Mbak, terimakasih. Ngomong-ngomong anakku yang ketiga nih, nggak doyan sufor. Sedih jadinya.

    ReplyDelete
  78. Makasih sharing nya mbak, jadi nambah pengetahuan, Alhamdulillah sih ketiganya gak ada masalah konstipasi tapi kalau muntah anak kedua lebih sering, sepupunya juga kayak gitu, apa ada faktor genetik juga ya?

    ReplyDelete
  79. Wah seru banget acara BP , ini friso lengkap banget ya komposisinya

    ReplyDelete
  80. penting banget untuk menjaga pencernaan kesehatan anak ya mba. Untung ada Friso yang membantu menjaganya :)
    makaish ya tulisannya detail dan lengkap banget

    ReplyDelete
  81. Makasih ilmunya mbak Leyla... Ilmunya tentang gizi anak bagus banget.

    ReplyDelete
  82. Penting bgt buat anak2 punya pencernaan yg sehat ya

    ReplyDelete
  83. Friso pilihan tepat ibu hebat ya mbak. Thank's infonya mbak

    ReplyDelete
  84. Gak hanya asupan nutrisi aja yang mendukung kesehatan buah hati ternyata. Gaya hidup bersih juga penting. Cuci tangan sebelum makan gak boleh terlewat. Vaksin juga wajib hukumnya, karena penyakit sekarang mengerikan

    ReplyDelete
  85. sip, infonya bisa aku kasih ke adik ipar nih yang baru punya baby, makasih mba

    ReplyDelete
  86. Aku belum pernah nyobain Friso buat anak.Tapi mengenai pencernaan yang sehat memang berpengaruh dengan kecerdasan.

    ReplyDelete
  87. lengkap banget mb sharingny.. daging semua isinya

    ReplyDelete
  88. serunya mbak bisa ikutan gathering seperti ini, ilmunya juga bermanfaat, terima kasih sudah berbagi ilmu tentang pola makan dan pencernaan untuk anak ;)

    ReplyDelete
  89. wah, aku pengen juga ikutan event ini, pengen banyak nanya nanya tentang pencernaan anak dan susu anak juga. sebagai ibu kita harus selalu memberikan makanan yang terbaik untuk anak ya mba, termasuk susu

    ReplyDelete
  90. jadi inget waktu aa susah pup pas masih kecil. kesian n menderita bngt

    ReplyDelete
  91. Punya peternakan sendiri yang benar2 dijaga itu keren juga ya, jadi hasilnya lebih terjamin.

    ReplyDelete
  92. Aku selalu hectic kalo anak udah sembelit atau diare karena nafsu makannya akan down banget

    ReplyDelete
  93. Pengen deh acara kayak gini ada di daerah ku. Jarang banget soalnya ada acara keren utk ibu dan anak

    ReplyDelete
  94. Terus menjaga pencernaan tetap sehat memang penting. Apalagi untuk anak yang sedang tumbuh kembang

    ReplyDelete
  95. duh jadi kangen acara2 kayak begini :( Penting banget ini mbak tips2nya, buat yg mau belajar jadi ibu kayak aku, hehe. Kalo kita sendiri sakit aja rempong ya, apalagi anak2 :)

    ReplyDelete
  96. Saya jadi penasaran, apakah waktu itu Mbak Leyla menang hadiah peralatan rumah tangga juga di sini? ;)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...