Thursday, May 2, 2013

Rumah Impianku dengan Semarak Warna Impian


Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap keluarga. Sebelum membeli barang mewah lain, sebaiknya kita membeli rumah dulu. Kalau sudah punya rumah, rasanya tenang dan tenteram. Gak usah mikir bayar kontrakan setiap tahun atau kos per bulan, gak bingung nyari kontrakan baru setiap kali ada masalah dengan kontrakan yang lama, dan tentu saja gak repot mesti pindah-pindah rumah kontrakan. Apalagi kalau anak sudah banyak dan bersekolah di lokasi tertentu, pasti akan repot kalau kita pindah-pindah rumah terus. Tinggal di rumah kontrakan juga gak bebas, ada aturan yang mengikat dengan pemilik kontrakan. Belum lagi konflik-konflik yang muncul antara pemilik kontrakan dan kontraktor (sebutan untuk pengontrak rumah), yang sering saya dengar dari teman-teman yang masih mengontrak. Dan tentunya, kalau sudah bertahun-tahun berkeluarga tapi masih mengontrak, ada saja pandangan miring dari keluarga besar atau orang-orang di sekitar. Punya rumah itu benar-benar harus diusahakan. Untuk itulah, saya rela menghemat pengeluaran rumah tangga, jarang beli baju dan aksesoris wanita lainnya, demi bisa mewujudkan rumah impian.


Alhamdulillah, suami saya sudah membeli rumah sejak sebelum kami menikah, tapi kondisinya mengenaskan. Rumah itu tipe 22, dengan satu kamar tidur, satu kamar mandi, dan satu ruang tengah, tanpa dapur. Di kanan kiri masih kosong, hanya ada satu tetangga. Rumput-rumput liar tumbuh bebas dan memanjang, jadi seperti hutan. Luas tanahnya sih lumayan, 90 x 100 M2, tapi kami harus melakukan renovasi besar-besaran untuk mewujudkan rumah impian. Renovasi pertama berupa tambahan bangunan di belakang, supaya ular tidak masuk. Walaupun begitu, tetap saja ular bisa masuk karena bagian depan masih terbuka. Betapa menyeramkan. Beberapa kali ular masuk ke dalam rumah, syukurlah tidak ada yang terluka. Katanya sih itu ular air, jadi tidak berbahaya, tapi tetap harus diwaspadai.
rumah saya, waktu baru dibeli
renovasi besar-besaran

Nyaris setiap tahun, kami melakukan renovasi. Terpaksa ya nyicil-nyicil, karena dananya terbatas. Jadi kalau ada dana 10 juta, langsung mengerjakan renovasi. Yang penting ada perubahan dari sebelumnya. Setelah beberapa kali direnov, sekarang kami bisa lebih nyaman tinggal di dalam rumah yang tipenya sudah menjadi 72 M2, dengan garasi, 4 kamar tidur (dibuat tingkat dua), 1 kamar mandi, 1 ruang tengah, 1 ruang makan, dapur, 1 ruang keluarga, dan tempat menjemur pakaian. Rumah yang cukup luas untuk tiga anak kami, bahkan ruang atas belum dipergunakan karena anak-anak masih kecil dan masih mau tidur bersama orang tuanya.
berfoto bersama di dalam rumah yang belum dicat

Nah, permasalahannya adalah, kami belum mengecat rumah itu. Ya, rumah kami masih dicat kasar, itupun sudah penuh dengan coretan spidol anak-anak. Saya dan suami saya, masih berselisih mengenai perpaduan cat yang bagus untuk rumah kami.  Rumah yang didesain minimalis itu, dalam pikiran saya, paling-paling warna catnya hitam, putih, dan abu-abu. Eh, ternyata suami malah memasang pagar warna hijau. Saya jadi bingung perpaduan warnanya. Apalagi saya dan suami sama-sama gak pintar memadumadankan warna. Akhirnya sampai sekarang rumah kami belum juga dicat, karena masih belum pasti mau dicat warna apa. Untuk kamar anak-anak sih, saya maunya yang cerah, seperti sekolah TK, biar anak-anak suka, tapi suami saya gak suka. Norak, katanya. Phiuuuh…..

Sampai kemarin saya ketemu aplikasi Decorative Jotun Indonesia, yang saya download di IPhone. Selama ini, di IPhone saya itu yang didownload hanya games-games anak-anak dan tools yang biasa saja. Asyik juga ternyata mendownload Decorative JI, yang sekilas mirip games, tapi sebenarnya itu panduan bagi kita yang ingin mengecat rumah.

Mula-mula saya klik JOTUN dengan gambar penguin, dan sepertinya itu memang logo Jotun Indonesia ya. Lalu muncullah 12 fitur, yaitu:

12 Fitur Decorative JI

Photo Colour, ini even lomba dari Jotun di mana kita diminta untuk membagi gambar bangunan yang menarik menurut kita, lalu dimasukkan ke gallery Jotun. Ada hadiahnya juga lho…

warnapedia: warna biru untuk memberi
ketenangan
Warnapedia, ini semacam ensiklopedia tentang warna-warna. Kita bisa mendapatkan makna dari warna-warna yang kita gunakan. Kalau mau mencat rumah, boleh lihat warnapedia dulu untuk memilih warna yang sekiranya dapat memberikan aura positif. Misalnya, warna biru disebutkan dapat memberikan ketenangan emosi, rileks, dan menghilangkan kepenatan. Kadang-kadang memang ada pengaruh dari warna di sekitar kita terhadap pikiran dan perasaan. Boleh percaya boleh tidak, anggap saja sebagai sugesti.

Jotun Geomancy, ini untuk yang percaya pada Feng Shui, menurut kepercayaan Cina, sebagai panduan saat membangun rumah agar rumah itu memberikan ketenangan, kenyamanan, dan keberuntungan. Feng Shui didasarkan pada lima elemen: Api, Kayu, Air, Logam, Tanah. Memilih cat rumah juga bisa memakai panduan Feng Shui. Di Decorative JI dijelaskan feng shui yang cocok untuk rumah dan bangunan. Kalau mau lebih jelas lagi, bisa pakai fasilitas Question and Answer dengan memasukkan foto rumah kita di sana, Decorative JI akan memprediksikannya untuk kita. Berhubung saya gak percaya feng shui, jadi saya gak memanfaatkan fasilitas itu.  

Questions and Answers, di sini ada artikel-artikel yang bisa kita baca sebagai tambahan pengetahuan sebelum mengecat rumah.

Let’s Colour, ini dia fasilitas yang seru, kayak main games aja. Kita bisa coba-coba warna untuk contoh ruangan dalam dan luar. Ada juga jenis-jenis cat Jotun yang bisa kita gunakan saat mencat rumah. Soal cat ini, dulu saya gak tahu ya kalau sebelum mengecat dengan cat berwarna, perlu memakai cat dasar dulu. Pikir saya, bisa langsung pakai cat berwarna. Untung aja ada Decorative JI ini yang bisa ngasih kita panduan komplit sebelum mengecat rumah.

pilih bagian rumah yang mau dicat

Colour Pop, eeh, ada gamesnya jugaaa…. Games beneran, kayak games anak-anak. Berhubung saya jarang main games, jadi fitur ini jarang dipakai.

Products Info, ini lebih komplit lagi membahas produk-produk cat Jotun, baik untuk interior, exterior, maupun bangunan dari kayu.

Store Locator, gak usah bingung nyari produk Jotun dijual di mana karena fitur ini menyediakan informasinya.

Articles, berisi artikel-artikel tentang even-even Jotun maupun tips-tips bermanfaat tentang rumah.
Events and Promo, wow ternyata Jotun sering ngadain events dan promo yang pastinya banjir hadiah. Informasi lengkapnya ada di sini.

Twitter and Facebook, ini jejaring sosial Jotun Indonesia yang bisa kita follow dan like supaya lebih update informasi tentang Jotun.

Well, itu dia fitur-fitur yang ada di Decorative JI. Berhubung saya sedang cari ide tentang pengecatan rumah, saya asyik deh klak-klik. Tentunya saya pakai lets colour. Mula-mula klik Colour Consumption, di situ ada pilihan: living room, kitchen, kids room, dining room, bed room, dan eksterior. Saya coba yang kids room dulu. Kita tinggal pilih mau mencat apanya? Metal, wall, atau wood? Saya kan mau mencat wallnya, jadi saya pilih wall. Saya sebutkan deh size area, daaaan…. Saya langsung dikasih tau berapa kaleng cat yang harus saya gunakan. Wow! Keren banget ya. Nah, kalau untuk mix and match warnanya, saya pilih fitur Mix and Match. Untuk kamar, ada pilihan: Calm Living room, Colourfull Living Room, Chic Bed Room, Classic Bed Room, dan Simple Bed Room. Wah, suami saya sih pasti maunya yang simple aja, sedangkan saya maunya yang rame. Ikutin selera saya aja dulu ya. Klik Colourfull, karena untuk anak-anak yang lelaki semua, jadi saya pilih warna Clover Lane.

Wah, asyik juga nih ngutak-atik Decorative JI. Kamu juga harus coba lho….. Bisa didownload gratis di blackberry dan android. 
 
warna ruangan sebelum dimix and match
 
warna ruangan setelah dimix and match
dengan warna pilihan saya

4 comments:

  1. Semoga sukses ya Mak Leyla :) aku juga baru aja publish hari inim kemarin ngedraft lupa publish :)

    ReplyDelete
  2. Wah...banyak yg ikut Jotun...semoga menang ya Mak Leyla...

    ReplyDelete
  3. iiih syerem banget ada ular masuk tantee >< aku takut banget sama ular. dulu juga pernah sih ada ular masuk ke rumah, bikin trauma..

    ReplyDelete
  4. huaaa aku telat tau nya :((

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...