Friday, May 29, 2015

Cara Hidup Sehat untuk Mensyukuri Hidup ala Saya


Ayo, mulai hidup sehat dari sekarang!

Saya pernah hampir mati. Keadaan saya seperti seseorang yang sedang tenggelam dan kehabisan napas. Alhamdulillah, saya dapat membuka mata dan bangun dalam keadaan duduk. Rupanya, hidung tersumbat karena sudah beberapa hari terserang flu dan batuk sehingga sulit bernapas.  


Saya bersyukur diberikan kesempatan untuk meneruskan hidup dan merawat anak-anak. Saya semakin menghargai nikmat hidup dan kesehatan yang dikaruniai Allah Swt. Sejak memiliki anak ketiga, sepertinya saya menjadi mudah sakit.  Sakit flu saja bisa berminggu-minggu. Belum lagi berat badan yang terus bertambah membuat saya kesulitan bergerak bebas. Saya rentan terkena penyakit berbahaya seperti diabetes, kanker, dan darah tinggi, karena beberapa keluarga dekat meninggal dunia disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut. 

Saya mencoba menjadi #HealthAgent, terutama untuk diri sendiri dan keluarga. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? Ini dia hidup sehat seru ala saya yang ditulis untuk Blog Contest Nutrifood:

Bangun pagi
Bangun pagi membuat badan lebih segar dan waktu juga lebih panjang untuk beraktivitas. Udara pagi juga bagus untuk pernapasan. Setelah salat subuh, saya jalan kaki keluar rumah untuk belanja sayuran, lalu mengantar anak-anak ke sekolah. 

Bangun pagi dan siap beraktivitas

Sarapan sehat, sebelum jam 9
Di pagi hari, tubuh memerlukan energi untuk beraktivitas setelah semalaman tidur nyenyak. Sarapan itu penting untuk metabolisme tubuh dan dianjurkan sebelum jam sembilan lagi. Sarapan juga bermanfaat untuk mempertajam otak, karena aliran darah ke otak menjadi lancar.

Sarapan sehat: Makaroni Sayuran Panggang

Konsumsi nasi sehari satu kali
Kandungan karbohidrat pada nasi memang bagus untuk menambah pasokan energi, tapi kalau dikonsumsi terlalu banyak malah berpotensi diabetes. Jadi, saya mulai mengurangi konsumsi nasi, cukup sehari sekali. Kalau masih lapar, bisa ditambah dengan ngemil buah atau minum air putih yang banyak. Kadang-kadang memang masih dua kali makan nasi kalau lapar sekali dan tidak ada makanan pengganti nasi. Saya menyiasatinya dengan mengurangi porsi nasi per piringnya. Yang tadinya dua centong, jadi satu centong. Lauknya saja yang diperbanyak. 

Ngemil buah juga kenyang
Berkebun
Di depan rumah saya ada sebidang tanah yang saya gunakan untuk berkebun. Tubuh jadi lebih enteng. Keringat mengucur deras, mudah-mudahan keluar bareng lemak-lemaknya juga hehe…. Setelah mencangkul dan menanami, saya rutin mencabuti rumput dan menyirami kebun kecil itu. Stres-stres juga hilang, memandangi tanaman yang tumbuh seperti sedang memandangi kekasih. Uhuuiii… Apalagi dengan adanya banyak pohon di depan rumah saya, udara pun jadi sejuk. Polusi  udara? Jauuuh… Jantung dan paru-paru pun sehat. 

Siram kebun dulu

Makan Buah dan Jus Sayuran
Saya mulai rutin makan buah. Syukurlah, pohon pepaya dan jambu merah di depan rumah sudah mulai berbuah. Itu juga cara menyiasati harga buah yang mahal. Masyarakat kita memang masih banyak yang belum terbiasa makan buah sebagai menu sehari-hari. Belanja beras dan lauk pauknya saja sudah pas-pasan, apalagi ditambah dengan beli buah? Agar bisa makan buah dengan murah, saya menanam pohon buah sendiri. Saya juga membiasakan minum jus sayuran di pagi hari, terutama wortel, tomat, dan jeruk nipis. Sayuran lebih mudah didapat di tukang sayur dan harga murah meriah.


Pohon pepaya di depan rumah saya

20 comments:

  1. Seneng bgd ya mbak bs menikmati buah hasil berkebun sendiri....:)

    ReplyDelete
  2. saya makan nasinya masih 3 kali sehari mbak...makanya tambah melar aja nih...tapi saya masih menyusui hihihihi

    ReplyDelete
  3. semoga ela dan keluarga diberi kesehatan aamiin..sukses lombanya ya say :*

    ReplyDelete
  4. Semoga sehat selalu ya, Mak.. mupeng dengan kebun yang luas gitu :)

    ReplyDelete
  5. Yang masih aku jarang lakukan itu makan sayuran dan jus. Entah kenapa susah sekali membiasakannya. :(

    ReplyDelete
  6. Sehat terus ya, Mak. Kelihatan seger di foto-fotonya ^_^

    ReplyDelete
  7. saya belum bisa ngurangi nasi hehehe. smg sukses mak kontesnya :)

    ReplyDelete
  8. Semoga sukses kontesnya ya mbak!

    ReplyDelete
  9. suka lihat foto yang lagi nyiram tanaman itu
    pola hidup sehat memang harus diupayakan ya, mbak

    ReplyDelete
  10. Hehe ... berbahagialah yang seneng makan buah, saya makannya blm bisa dinikmati banget!

    ReplyDelete
  11. Hehe ... berbahagialah yang seneng makan buah, saya makannya blm bisa dinikmati banget!

    ReplyDelete
  12. Makan nasi sehari sekali? Blm pernah nyoba mak

    ReplyDelete
  13. Itu pepayanya diberongsong :D , biar cepet mateng,

    makasih mbak tipsnya. membuka mata dan hati saya, hiks

    ReplyDelete
  14. Rumahnya nyenengin banget masih punya kebon..

    ReplyDelete
  15. waaahhh asik banget mak punya kebun sendiri.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...