Friday, September 23, 2016

Meriahnya PON 19 2016 di Jawa Barat

Pekan Olahraga Nasional yang ke-19 saat ini sedang berlangsung di Jawa Barat. Siapa yang sudah menyimaknya dari awal? Pasti seru, yah menyaksikan atlet-atlet dari seluruh provinsi di Indonesia bertanding untuk merebutkan medali.

PON adalah ajang bergengsi untuk para atlet dari berbagai daerah, para pemenangnya kelak akan diikutsertakan dalam SEA GAMES dan ASIAN GAMES tahun 2018. Sudah tentu para atlit ini berjuang sebaik-baiknya agar menjadi juara. 

PON 19 2016 Jawa Barat Sindonews ini dibuka oleh Presiden Jokowi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tanggal 17 September 2016. PON kali ini menggunakan maskot Surili, Lili dan Lala, hewan primata endemik pulau Jawa yang hanya terdapat di hutan konservasi dan hutan lindung di Jawa Barat. 

Setiap maskot PON memang menggunakan hewan yang merupakan hewan unik di provinsi yang dijadikan tempat penyelenggaraan PON. Alasannya supaya kita mengenal hewan unik di provinsi tersebut dan membantu menjaganya agar tidak punah. 

Bagaimana kemeriahan PON 19 2016 Jawa Barat ini? Sudah nampak dari sejak pembukaannya, karena pemerintah Jawa Barat telah mempersiapkan semua sarana dan prasarananya dengan matang. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyatakan bahwa acara pembukaan PON dibuat seperti permintaan Presiden Jokowi, yang tidak ingin acaranya terlalu formal, tapi ada sisi hiburannya. 

Acara pembukaannya diisi dengan penampilan Perkusi, parade atlet legenda, dan parade atlet yang akan berlaga. Pemerintah Jawa Barat telah menyiapkan 62 venue untuk tempat berlaga para atlet dari 42 cabang olahraga dan 756 nomor pertandingan.

Dalam sambutannya, Aher menyebutkan jargon Berjaya di Tanah Legenda. Jawa Barat, sebagai tuan rumah PON 19 merupakan Tanah Legenda karena ada banyak cerita legenda yang dihasilkan, sebut saja salah satunya Gunung Tangkuban Perahu dengan Sangkuriangnya.

Berjaya di Tanah Legenda maksudnya semoga PON 19 ini menjadi momentum untuk meningkatkan prestasi dalam bidang olahraga. Semoga saja setelah meraih prestasi di dalam negeri, selanjutnya dapat menaklukkan Asia Tenggara dan dunia. 

Lebih lengkap tentang PON 19 2016 Jawa Barat Sindonews rutin menuliskan beritanya untuk kita. Bagi para penggemar olahraga tentu tidak akan melewatkan beritanya. Dengan mengikuti berita tentang PON juga merupakan dukungan kita untuk para atlet dan ajang bergengsi yang diadakan setiap empat tahun ini.

Penasaran kan daerah mana yang mendapatkan medali paling banyak? Sampai hari ini, Provinsi Jawa Barat menduduki kursi pertama untuk perolehan medali dengan total 288. sebagai tuan rumah, tentunya mereka berusaha semaksimal mungkin agar menjadi pemenang.

Posisi kedua dan ketiga diduduki oleh Jawa Timur dan DKI Jakarta. Jawa Barat menguasai medali emas di cabang olahraga Bulu Tangkis, sedangkan Yogyakarta berjaya di cabang olahraga Renang. DKI Jakarta berhasil memimpin di cabang olahraga Atletik, tetapi untuk cabang olahraga Angkat Besi dikuasai oleh Jawa Timur.

Namun, masih ada kesempatan daerah lain untuk menyusul. Harapannya PON 19 ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat para atlet di daerah agar terus berprestasi dan dapat memberikan kebanggaan untuk Indonesia kelak. 

Saya sendiri sebagai penonton, tidak menjagokan daerah mana pun, walaupun saya berdomisili di Jawa Barat. Siapa pun pemenangnya, saya bangga, karena mereka kelak akan menjadi wakil negara kita di SEA GAMES dan ASIAN GAMES.

Adanya kompetisi PON ini jangan sampai memecah belah semangat persatuan dengan sentimen kedaerahan. Justru sebaliknya, memacu semangat berprestasi dengan berlomba-lomba menjadi juara demi Indonesia Bangga.



4 comments:

  1. Kayaknya Jawa Barat, ya, yang urutan 1?

    ReplyDelete
  2. Meriah banget ya Mba pas acara pembukaannya.. Aku terbayang kala PON diadakan di Palembang bbrp tahun yll..meriah dan heboh deh..

    ReplyDelete
  3. Saya excited banget dengan PON sekarang ini. Tentu saja karena diselenggarakan di Jawa Barat, dan banyaknya di Bandung. Apalagi Jabar ada di urutan pertama terus. Semangat jadinya untuk apdet...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...