Friday, August 2, 2019

5 Cara Pasang Iklan Rumah Dijual secara Baik dan Benar melalui Internet

Melakukan jual beli rumah secara online mungkin sudah tidak asing lagi untuk dilakukan. Namun, masih saja banyak orang yang memasang iklan rumah dijual melalui internet secara asal-asalan.


Foto: Pixabay

Kesadaran masyarakat untuk membuat sebuah iklan yang baik dan menarik nampaknya masih sangat rendah, padahal sebuah iklan merupakan media atau sarana untuk menyaring pembeli potensial.

Sebegitu pentingnya sebuah iklan, sebagian orang bahkan rela mengeluarkan sejumlah dana demi membuat sebuah iklan yang menarik dipandang mata.

Akan tetapi, jika berbicara soal jual beli rumah, saat ini kita sudah tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membuat sebuah iklan rumah dijual.

Pasalnya, banyak sekali situs jual beli rumah yang menyediakan fasilitas iklan jual rumah gratis yang bisa dimanfaatkan. Kita hanya perlu memoles iklan tersebut agar terlihat lebih menarik dan informatif saja.

Lantas, bagaimana sih cara pasang iklan rumah dijual yang menarik melalui situs jual beli rumah? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.
  • Melakukan pendaftaran
Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memasang iklan rumah dijual melalui internet adalah dengan mendaftarkan dirimu terlebih dahulu dan memiliki sebuah akun di situs jual beli tersebut.

Lakukan Pendaftaran 

Apabila kamu bertindak sebagai penjual rumah, pada umumnya, semua situs jual beli rumah akan mewajibkanmu untuk memiliki sebuah akun terlebih dahulu di laman tersebut.

Enggak ribet kok, cukup daftarkan data dirimu seperti nama lengkap, alamat surel, serta masukkan kata sandi sebagai sistem pengaman akunmu.

Setelah mendaftar dan akun terverifikasi, barulah kamu dapat dengan leluasa menggunakan segala fitur penjualan rumah yang terdapat pada situs jual beli rumah tersebut.

Masukkan informasi data diri sebenar-benarnya, penggunaan nama samaran atau nama beken sangat tidak dianjurkan karena akan membuat akunmu terlihat tidak profesional dan terpercaya.

Lagipula, di sini kamu akan memasang iklan rumah dijual, bukan membuat akun media sosial.
  • Berikan informasi secara lengkap
Setelah selesai dengan urusan pendaftaran akun, biasanya kamu sudah bisa memanfaatkan fitur jual-beli yang terdapat di situs jual beli rumah tersebut.

Berikan Informasi yang lengkap

Sebab iklan merupakan media komunikasi antara penjual dan calon pembeli, maka lengkapi iklan rumah dijual milikmu tersebut dengan informasi yang sekira perlu diketahui oleh calon pembeli.

Informasi mengenai spesifikasi rumah, kondisi bangunan, fasilitas, sarana-prasarana, sampai dengan lingkungan sekitar rumah penting untuk tertera pada iklan rumah dijual tersebut.

Selain itu, masukkan juga informasi seperti luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan lain sebagainya, yang sekiranya membuat iklanmu terlihat lebih menarik.
  • Memuat lokasi secara jelas dan tepat
Informasi lokasi merupakan kesalahan terbanyak yang sering dilakukan oleh para pembuat iklan rumah dijual yang ada di situs jual beli rumah.

Berikan lokasi yang jelas 

Kerap sekali saya temui, iklan-iklan yang dipasang tanpa memuat lokasi rumah secara jelas dan tepat. Hal ini tentu akan sangat membingungkan bagi para pencari rumah.

Sebab, lokasi merupakan salah satu faktor terpenting yang menjadi pertimbangan bagi para pembeli dalam memilih sebuah hunian.

Oleh karenanya, penting untuk mencantumkan informasi lokasi atau alamat rumah secara jelas pada iklan rumah dijual yang nanti kamu pasang.

Pada situs jual beli rumah seperti 99.co/id, lokasi rumah dilengkapi dengan fitur peta yang terhubung dengan aplikasi Google Maps. Hal ini sungguh sangat membantu saya kala itu dalam mencari rumah.

Sebab, dengan menggunakan fitur peta di 99.co Indonesia, saya dapat mengetahui letak pasti dari rumah yang hendak saya beli.
  • Tulis deskripsi secara singkat namun padat
Beberapa situs jual beli rumah yang ada di Indonesia mungkin tidak membatasi penggunaan jumlah kata dalam menuliskan deskripsi pada iklan rumah dijual.

Namun, hal ini tidak semerta-merta membuatmu menuliskan deskripsi rumah secara panjang lebar, sehingga terkesan menjadi bertela-tele.

Deskripsi yang terlalu panjang dan bertele-tele juga bisa menyebabkan orang yang membacanya menjadi bosan. Oleh karenanya, buatlah iklan secara singkat namun padat.

Kamu bisa menjabarkan spesifikasi rumah, fasilitas, dan segala informasi lainnya secara listicle atau per poin. Selain lebih simpel, secara psikologis, tulisan listicle lebih disenangi oleh pembaca, lho.

Selanjutnya, hindari penggunaan kalimat yang tidak masuk di akal untuk menarik minat pembeli, seperti “Dengan 100 ribu, Sudah Dapat Rumah di Bandung!” atau “Beli Rumah Dapat Istri.”

Kalimat-kalimat godaan seperti bisa saja menjadi teknik marketing yang baik, asal tidak mengandung kalimat-kalimat spektakuler yang jelas tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Intinya, kamu boleh saja menggunakan berbagai macam kosakata dalam menarik minat pembeli pada iklan rumah dijual milikmu tersebut. Namun, usahakan untuk tetap relevan dan lugas.
  • Unggah foto yang berkualitas lagi menarik
Langkah terakhir dalam membuat iklan rumah dijual dengan benar dan menarik adalah melampirkan gambar atau foto dengan kualitas mempuni dan angle yang menarik.

Unggah foto yang menarik 


Hal ini juga termasuk yang sangat penting, beberapa orang mungkin akan lebih tertarik melihat foto rumah tersebut dibandingkan membaca deskripsinya.

Ketika kamu bisa mewakilkan kebutuhan informasi para pencari rumah hanya lewat gambar, maka besar kemungkinan calon pembeli tersebut akan segera mengontakmu.]

Hindari mengunggah foto dengan resolusi rendah yang bisa membuat gambar menjadi pecah, hingga detail pada foto menjadi tidak terlihat.

Gunakan kamera yang mempuni dalam mengambil gambar rumah, seperti perangkat kamera professional atau HP yang dibekali kamera 5 megapixel ke atas.

Selain itu, kamu juga harus jeli dalam melihat angle mana yang menarik untuk kamu potret. Paling tidak, carilah sudut rumah yang jika kamu potret dapat memperlihatkan keseluruhan ruangan rumah.

Jika perlu, ambil lah gambar dari setiap ruangan yang terdapat pada rumah tersebut, agar calon pembeli dapat membayangkan bagaimana bentuk dari rumah tersebut sebenarnya.

Apabila pencahayaan pada ruangan terasa gelap, jangan lupa untuk tambahkan perangkat penerangan tambahan, seperti lampu atau flash kamera.

Dan lagi, jangan hanya mengambil satu buah foto saja, kemudian melampirkannya pada iklan rumah dijual yang akan kamu muat. Hal ini seribu persen akan membuat calon pembeli kabur!

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu sudah mengerti bagaimana cara pasang iklan rumah dijual secara benar melalui situs Jual beli rumah?

Menjual rumah mungkin membutuhkan banyak kesabaran. Sebab, rumah sendiri merupakan barang eksklusif yang tidak mudah untuk diperjual-belikkan.
Kendati demikian, bukan berarti kita tidak dapat membantu proses pemasaran rumah tersebut agar menjadi lebih cepat. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan ya dengan membuat iklan rumah dijual ini.

Percayalah, bahwa iklan yang menarik akan mendatangkan banyak pembeli dan membuat rumahmu terjual lebih cepat.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat. Selamat menjual rumah!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...