Monday, August 5, 2019

Apa Saja Keuntungan Punya Asuransi Kesehatan?


Di zaman ini, mencari keuntungan sering menjadi motif orang untuk melakukan sesuatu. Terutama ketika harus mengeluarkan duit. Ini termasuk saat hendak membeli asuransi kesehatan.


Contohnya simpel saja. Orang belanja bulanan pastinya mau cari untung. Caranya antara lain cari barang yang promo. Atau belanja online dengan kode diskon.


Duit yang dikeluarkan buat belanja mesti sepadan dengan hasil yang didapatkan. Salah satunya lewat cari kortingan itu.

Hal yang sama berlaku saat hendak beli asuransi kesehatan. Harus cari tahu dulu apa keuntungan punya asuransi kesehatan. Bila ternyata tidak ada untungnya, buat merogoh kocek untuk membelinya.

Berikut ini sejumlah keuntungan punya asuransi kesehatan:

1. Bebas biaya perawatan
Ketika jatuh sakit dan butuh dirawat di rumah sakit, asuransi kesehatan akan mencaplok biayanya. Tagihan dari rumah sakit akan menjadi beban pihak asuransi, bukan kita yang sudah terbebani rasa sakit.
Namun biaya itu bisa jadi mesti kita talangi dulu. Ini kalau asuransi kesehatan yang kita ikuti menerapkan skema reimburse.

Setelah biaya perawatan lunas, kita berikan nota dan berkas terkait lain ke pihak asuransi. Setelah syarat itu dipenuhi, barulah biaya yang sudah kita keluarkan diganti oleh asuransi.

Yang tak perlu pakai duit talangan adalah asuransi dengan skema cashless. Hanya modal kartu peserta asuransi, kita bisa menikmati perawatan bebas biaya sesuai dengan aturan di polis.

2. Cek lab dan konsultasi ditanggung
Tidak hanya biaya perawatan, biaya laboratorium dan konsultasi dokter juga ditanggung asuransi kesehatan. Ini sangat meringankan beban.

Biaya cek laboratorium bisa mencapai jutaan, terutama bila banyak tes yang mesti dijalani. Adapun konsultasi dokter yang mahal adalah dengan dokter subspesialis.

Lebih-lebih bila menggunakan fasilitas VIP. Di beberapa rumah sakit ada pembagian ruang tunggu dokter VIP dan biasa. Yang VIP lebih nyaman, lebih banyak fasilitasnya, dan lebih adem.

Tapi ongkos konsultasi lebih tinggi ketimbang di ruang reguler. Bahkan ketika dokter yang ditemui sama. Yang beda hanya ruang tunggunya.

3. Perawatan gigi juga ditanggung
Asuransi kesehatan juga ada yang meng-cover biaya perawatan gigi. Misalnya cabut gigi atau tambal gigi berlubang. Cek informasi seputar asuransi kesehatan yang akan dipilih untuk mendapatkan manfaat ini.

Namun perawatan ekstra ini umumnya bisa diperoleh dengan membayar premi tambahan. Kalau premi standar asuransi kesehatan biasanya tidak mencakup perawatan gigi.

4. Sakit mata tak pusing biaya
Setali tiga uang dengan perawatan gigi, perawatan mata juga bisa bebas biaya dengan premi tambahan. Bahkan asuransi kesehatan bisa menanggung biaya pembelian kacamata. Tapi ada ketentuan yang mengikuti, misalnya hanya satu pembelian kacamata dalam setahun yang ditanggung.

5. Persalinan tenang
Biaya persalinan tidak bisa dikatakan murah. Apalagi di kota besar seperti Jakarta. Ditambah lagi jika bersalin secara caesar.

Tapi untungnya asuransi kesehatan bisa menanggung biaya persalinan dengan premi tambahan. Buat yang tengah merencanakan kehamilan, premi ini patut masuk pertimbangan.

Bisa juga mendapat keuntungan berupa gratis biaya persalinan dari BPJS Kesehatan. Tapi fasilitas BPJS bisa dinikmati dari bawah dulu, tidak bisa langsung ke rumah sakit.

Berbeda dengan manfaat asuransi kesehatan yang bisa langsung direngkuh di rumah sakit rekanan. Proses di rumah sakit pun lebih simpel ketimbang memakai BPJS Kesehatan.

6. Keluarga terjamin
Khusus buat yang sudah berkeluarga dan saat ini menjadi pencari nafkah utama, keuntungan punya asuransi kesehatan adalah memberikan jaminan pada keluarga. Ahli waris akan mendapat uang pertanggungan dari asuransi jika pemilik polis tutup usia.

Jadi keluarga bisa tertolong secara finansial ketika tak ada lagi yang bisa memberikan nafkah untuk meneruskan kehidupan. Sering kali sebuah keluarga tidak siap ketika kepala keluarganya meninggal tiba-tiba atau tak bisa lagi mencari nafkah karena sakit permanen.

Dengan asuransi kesehatan, risiko ini bisa diatasi. Uang pertanggungan bisa diurus dengan melengkapi berkas-berkas yang ditentukan.

Asuransi kesehatan sudah menjadi kebutuhan buat kebanyakan orang yang sadar akan risiko terkait dengan kesehatan. Risiko itu berhubungan dengan fondasi keuangan pribadi ataupun keluarga. Asuransi berperan layaknya payung yang melindungi orang-orang di bawah naungannya ketika dibutuhkan. 


6 comments:

  1. Memang banyak banget nih ya Mbak keuntungan jika mempunyai asuransi ini

    ReplyDelete
  2. Wah iya nih Mbak, apalagi sekarang biaya rumah sakit semakin mahal ya

    ReplyDelete
  3. Wah saya jadi pingin nih Mbak menggunakan jasa asuransi juga

    ReplyDelete
  4. Wah iya nih Mbak, kalau sakit mata jadi nggak pusing nih ya kalau mau berobat

    ReplyDelete
  5. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya tentang apa saja keuntungan mempunyai asuransi

    ReplyDelete
  6. Intinya memang asuransi kesehatan itu penting terutama di zaman sekarang dimana biaya pengobatan di rumah sakit sangat mahal sekali. Biaya rumah sakit juga naik setiap tahun. Makanya paling ideal itu setiap anggota keluarga mesti memiliki asuransi kesehatan.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...