Sunday, April 26, 2020

Tes Swab PCR Covid-19, RS Premier Jatinegara Buka Layanan Drive Thru

RS Premier Jatinegara membuka layanan tes swab PCR Covid-19 secara drive thru. Tes swab ini hasilnya lebih pasti untuk menentukan apakah seseorang sudah terjangkit virus Covid-19 atau belum, dibandingkan dengan Rapid Test. Cara melakukan tes swab yaitu dengan mengambil sampel lendir dari tenggorakan pasien. Sampel itu kemudian diuji dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction. Tes swab bisa dilakukan secara drive thru, sehingga pasien tidak perlu turun dari mobil. 




Serangan virus Covid-19 masih menjadi momok mengerikan di seluruh dunia. Virus yang masih belum pasti diketahui dari mana asalnya ini, ditemukan pertama kali di Wuhan, China dan telah menelan korban jiwa hingga lebih dari 200.000 orang. Di Indonesia sendiri, per tanggal 26 April 2020, jumlah korban yang terinfeksi mencapai 8.607 kasus positif dan 720 orang meninggal dunia. Jumlah yang tak sedikit, bukan? Jika tidak diterapkan social distancing dan PSBB seperti sekolah dan kegiatan perkantoran diliburkan, kemungkinan jumlah korban lebih banyak lagi karena virus ini menular melalui kontak antara orang ke orang. 

Selain itu, banyak juga yang menduga bahwa jumlah orang yang terinfeksi di Indonesia belum mencapai angka yang sebenarnya karena baru sekitar 2000-an tes sehari. Sedangkan penduduk Indonesia mencapai 250 juta. Mereka baru akan dites kalau sudah merupakan orang-orang yang berisiko terkena penyakitnya, seperti ODP (Orang Dalam Pemantauan), yaitu orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dan PDP (Pasien Dalam Pemantauan), yaitu orang yang sudah mengalami gejala sakit seperti Covid-19. 

Nah, gejala sakit Covid-19 ini reaksinya berbeda-beda pada setiap orang. Jika imunitas kita kuat, gejalanya ringan saja seperti flu biasa. Bahkan, ada juga orang yang tak bergejala sama sekali disebut juga OTG (Orang Tanpa Gejala). Kondisinya sehat-sehat saja, tetapi sebenarnya tubuhnya sudah positif Covid-19 dan bisa menularkan kepada orang yang lain. Jika menularkan kepada orang yang imunitasnya rendah, maka akibatnya akan fatal. Orang tersebut bisa mengalami gejala yang paling berat dan berisiko kematian. 

Itu mengapa perlu diperbanyak lagi tes Covid-19 ini, untuk mengurangi jumlah korban meninggal. Banyak kasus kematian di Indonesia terjadi sebelum hasil tesnya keluar, sehingga penanganan penyakitnya pun terlambat. Korban menderita gejala Covid-19 dan masuk kategori PDP, tapi sudah meninggal dunia sebelum hasil tesnya keluar. Biasanya memang orang baru akan ke rumah sakit setelah penyakitnya terasa berat. Begitu hasil tesnya keluar, ternyata positif Covid-19. Selain korban terlambat ditangani, virusnya juga sudah menyebar ke orang-orang di sekitarnya karena tidak tahu sakitnya itu akibat Covid-19.

Banyak orang yang berharap Indonesia bisa melakukan tes Swab PCR Covid-19 secara drive thru seperti di Korea Selatan. Negara itu bisa menekan jumlah korban meninggal karena  lebih banyak pasien positif yang ditemukan. Kabar baiknya, RS Premier Jatinegara telah membuka layanan drive thru tes Swab PCR Covid-19. Apa sih layanan drive thru itu? Yaitu, kita tidak usah turun dari mobil ketika ingin melakukan tes swab Covid-19 di RS Premier Jatinegara, sehingga lebih praktis dan aman. Tesnya berlangsung dengan cepat, tanpa kita harus turun dari mobil dan masuk ke dalam rumah sakit. 

Layanan drive thru tes swab PCR ini dilakukan di area parkir baru, di samping gedung RS Premier Jatinegara. Untuk informasi dan pendaftaran, hubungi dulu nomor whatsapp 082211767690. Hasil tes swab akan dikirim ke email  pasien. Jadi pasien tidak perlu datang lagi ke RS Premier Jatinegara. Pasien juga akan mendapatkan bonus voucher konsultasi gratis ke dokter secara online atau datang langsung ke RS Premier Jatinegara. Konsultasi dokter ini tidak hanya untuk gejala Covid-19, tetapi bisa untuk gejala penyakit lainnya. 



1 comment:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...