Saturday, December 18, 2021

JNE Content Competition 2021, JNE bersama UMKM untuk Indonesia

Pisang Lumer, Singkong Keju, Kebab Original, Donat Kentang, dan Risoles Mayo hanyalah beberapa produk makanan produksi UMKM yang sering saya beli. Ternyata kualitas dan rasanya nggak mengecewakan kok. Walaupun dari segi kemasan masih sederhana berupa kemasan plastik polos yang ditempeli stiker informasi produk, tetapi produknya tetap layak dikonsumsi dan mampu bersaing dengan produk-produk buatan pabrik besar. 

 

Blogger Leyla Hana
Asyik bikin konten

 

Selain sering membeli makanan ringan produksi UMKM, saya juga memilih membeli pakaian yang diproduksi oleh butik-butik kecil  yang masih termasuk ke dalam UMKM. Biasanya dijual di marketplace. Kualitas produknya nggak kalah dengan  produk impor lho. Jahitannya rapi, modelnya nggak pasaran, dan harganya juga bersaing. Saya bangga memakainya, karena jarang ada kembarannya. Ya kan diproduksi secara terbatas. Lain halnya kalau pakaian yang diproduksi massal itu, banyak banget kembarannya. 

Untuk membeli produk-produk UMKM itu gampang sekali. Di marketplace itu mudah ditemukan dengan harga terjangkau dan sering diskon. Kita juga bisa membeli produk UMKM dari berbagai daerah yang sulit ditemukan di daerah kita. Misalnya, makanan ringan khas daerah tertentu. Dengan meluasnya distribusi melalui marketplace, pengusaha UMKM pun bisa lebih berkembang karena usahanya tak hanya dikenal di daerahnya sendiri. 

Usaha Kecil dan Menengah itu tidak bisa dianggap sepele, karena dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan negara. Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena kondisi ekonomi yang tak menentu. Mereka pun mencoba membuat usaha kecil-kecilan agar bisa bertahan hidup. Akan tetapi, berjualan produk UMKM juga tidak mudah kalau hanya sedikit orang yang mengenal produknya. Pengusaha UMKM juga terkendala kemampuan berpromosi secara luas karena keterbatasan modal. 

Inilah saatnya kita sebagai konsumen ikut membantu mempromosikan produk UMKM agar semakin banyak orang yang mengenalnya. Caranya gimana? Kita bisa ikut membantu mempromosikannya dengan mengikuti aneka lomba menarik dari JNE yaitu JNE Content Competition 2021. Hayo, siapa nih yang suka bikin konten di media sosial? Daripada bikin konten unfaedah, coba deh ikutan lomba ini. Nggak hanya berfaedah, tapi juga bisa dapat hadiah. 

Tema kompetisi kali ini adalah "JNE bersama UMKM untuk Indonesia." Udah tahu kan kalau kita beli produk UMKM di marketplace, maka pengirimannya akan menggunakan JNE? JNE membantu produk UMKM terdistribusi ke seluruh Indonesia dengan biaya kirim yang terjangkau. Kompetisi ini terbuka untuk jurnalis, umum, dan karyawan JNE. Waah, semuanya bisa ikutan nih!  

Ada 4 kategori lomba yang bisa diikuti yaitu writing competition, photo competition, video competition, dan design competition. Komplit kan. Kamu bisa memilih mau ikut kompetisi yang mana yang sesuai dengan kemampuanmu. Kalau bisa semuanya? Cus, ikutan aja semuanya asal memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. JNE Content Competition berlangsung dari tanggal 6 Desember 2021 - 5 Januari 2022.Waktunya masih panjang, lho. Buruan ikutan deh.

Buatlah konten yang berisikan kontribusi JNE untuk menunjang gaya hidup digital sekaligus mendukung perkembangan UMKM. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi kalau JNE membantu pengiriman produk UMKM yang kita beli di marketplace ke seluruh Indonesia. Nah, kita bisa ceritakan pengalaman kita saat membeli produk UMKM tersebut yang dikirimkan ke rumah kita menggunakan JNE. Jadi, kita bisa sekaligus memperkenalkan apa sih produk UMKM yang sering kita beli itu. Siapa tahu bisa membantu produk tersebut untuk berkembang. 

Para juri yang menilai nantinya adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya. Jadi jangan khawatir ya karena kompetisinya berlangsung jujur dan adil. Misalnya, untuk Writing Competition akan dinilai oleh Maman Suherman (Penulis dan Pegiat Literasi) dan Paulus Tri Agung Kristanto (Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kompas). Sedangkan Photo Competition akan dinilai oleh Barry Kusuma dan Arbain Rambey yang benar-benar berprofesi sebagai Photographer.  

Oya, hadiahnya apa nih? Oh, tentu saja ada hadiahnya dan pastinya sangat bermanfaat di masa pandemi begini. Hadiahnya adalah uang tunai dengan total ratusan juta rupiah. Tentu jumlahnya bervariasi ya. Misalnya saja, pemenang pertama Writing Competition kategori umum atau blogger akan mendapatkan Rp 5 juta. Lumayan banget, kaan! Aiih, saya juga mau ikutan nih jadinya!

Informasi lengkap mengenai kompetisi ini, langsung saja klik JNE Content Competition 2021. Selamat berkompetisi ya, semoga mendapatkan hasil terbaik!

JNE Content Competition


35 comments:

  1. Wah ternyata mudah ya nyari produk UMKM, tinggal browsing aja di marketplace. Selama ini belum pernah nyobain beli produk dari UMKM. Eh ternyata ada juga lombanya ya. Jadi bingung mau pilih jenis lomba yang mana nih...

    ReplyDelete
  2. Nice program nih JNE yaa Kak. Pokoknya saya salut dengan program ini. Mengapa? Karena JNE mampu merangkul para pelaku UMKM, banyak loh UMKM yang harus gulung tikar karena efek dari pandemi.
    Saya yang masih mulai ngeblog sebulan lalu, sudah bisa ikut nggak yaa? otw,cek lebih detail syarat dan ketentuan lombanya.. Hhe

    ReplyDelete
  3. wah ada 4 kategori lomba ya, makin gede peluangnya ya, hehee mau ah ikutan :) siapa tahu rejeki

    ReplyDelete
  4. aku juga suka beli frozen food umkm. boleh juga nih, ikut kompetisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lombanya menarik banget. Apa lagi kalau menyangkut makanan. Kayaknya ide lebih lancar mengalir, deh

      Delete
  5. Wah kompetisinya keren nih. Aku ingin ikutan juga ah. Siapa tahu beruntung. Kebetulan juga punya banyak cerita dengan JNE

    ReplyDelete
  6. Semoga pandemi ini tidak menyurutkan para pegiat UMKM untuk terus maju menciptakan produknya. Salut dengan upaya JNE yang membantu memajukan UMKM di Indonesia dalam hal distribusi produk kepada pelanggan. Serunya lagi ada lombanya, semoga saja produk2 yang dipasarkan melalui marketplace makin laris sehingga mampu mengembalikan perekonomian masyarakat yang porak poranda akibat pandemi berkepanjangan.

    ReplyDelete
  7. Wah, keren yaaa kontribusi JNE untuk UMKM sepanjang tahun.. Anyway, hadiah kompetisi nya seruu banget! Jadi pengen ikutan juga, deh.. :D

    ReplyDelete
  8. lombanya masih berjalan nih dan masih ada waktu untuk menulis, tancap gas dong mau ikutan. apalagi ini lomba yangngadain JNE ya, sebagai user JNE pasti ikutan dong

    ReplyDelete
  9. menarik mba buat ikutan kompetisinya dari JNE ini, apalagi ini dalam rangka mendukung UMKM lokal yang banyak juga terdampak pandemi, aku ngedraft tulisannya dulu lah

    ReplyDelete
  10. Waah mantap niih lombanya mba
    Yang sering-sering belanja online produk UMKM atau seller nya harus banget ikut lomba ini

    ReplyDelete
  11. Eh masih ada lumayan banyak waktu sih ini buat ngumpulin ide dan bahan. Jadi sekalian berkontribusi juga untuk mendukung kemajuan UMKM

    ReplyDelete
  12. baru tau nih mba.. thank you infonya yaa.. nanti coba aku intip deh siapa tau cocok dan bisa ikutan writing competitionnya :D

    ReplyDelete
  13. Nyari produk UMKM emang mudah. Kayaknya sekarang UMKM pada melek digital ya, Kak. Itu berita bagus. Jadi semakin berkembang...

    ReplyDelete
  14. JNE akhir-akhir ini sangat mendukung program UMKM sih ya. Mulai mendukung secara langsung melalui berbagai program pengiriman yang free ongkir hingga membuat kompetisi seperti ini. Salut sih.

    ReplyDelete
  15. wah seru juga nih kompetisinya JNE, aku mau ah ikutan juga siapa tau menang kan yaaaa, lumayaaaan kan

    ReplyDelete
  16. Dari banyaknya ekspedisi di Indonesia, JNE bisa dibilang yang pertama kupakai buat belanja online sih, karena awal kenalnya ya JNE hahahaha. Ga heran kalau mereka emang punya pengaruh besar ke perkembangan UMKM, maju terus, JNE!

    ReplyDelete
  17. wah kompetisi dari JNE ini keren ya mbak
    JNE Nggak hanya mendukung perkembangan umkm aaja, tapi juga mendukung oara konten kreator untuk berkreasi melalui kompetisi ini

    ReplyDelete
  18. Kategori lombanya komplit yah, bgus bgt nih kompetisi yg dibikin jne. Temanya pas bgt dimasa pandemi gini untuk memajukan bisnis umkm kan ya

    ReplyDelete
  19. Nggak cuma menunjang gaya hidup digital, JNE ternyata juga berkonstribusi dalam perkembangan UMKM ya kak

    ReplyDelete
  20. JNE sih berjasa banget lho buat kemajuan perdagangan digital. Secara sepertinya dia ini yg menjadi pelopor kemudahan logistik di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Hadiahnya banyak banget mbaaa! Keren ada lomba dari JNE, jadi pingin ikutan

    ReplyDelete
  22. Kompetisi JNE ini bagus sekali. Selain mengajak kita semua untuk aware dengan keberadaan UMKM yang sebenarnya sangat dekat dengan keseharian kita sebagai konsumen. Juga memberikan semangat bagi para UMKM untuk terus mempertahankan eksistensinya dengan inovasi terbaik.

    ReplyDelete
  23. Pengin ikut, semoga masih terkejar waktunya. Sering belanja di matrketplace ini dan terkadang pakai JNE

    ReplyDelete
  24. Sebagai perantau yg jauh dr tanah air, jajanan umkm ini sudah pasti yg dicari. Selain karena produknya sdh terjamin, packagingnya pun aman utk dikirim lintas negara. Jadi pengen baso aci huhu

    ReplyDelete
  25. Mantap nih kalau ikutan lombanya. Selain mendapatkan hadiah yang menggiurkan, kita juga membantu mempromosikan produk UMKM. Semoga UMKM makin berjaya dan menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  26. UMKM dimulai dari hal-hal yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari kita terutama yaa..
    Dan yang paling digemari adalah makanan atau minuman kekinian. Dikemas dengan inovasi yang menarik dan dikirimkan menggunakan ekspedisi terbaik, semoga para UMKM tetap bisa bertahan di masa pandemi seperti ini.

    ReplyDelete
  27. JNE cukup rutin bikin kompetisi blog. Dan program program yang dimiliki juga keren keren, UMKM emang cukup struggle banget di masa pandemi kayak gini, makasih JNE udah berusaha merangkul dan memudahkan teman teman pelaku bisnis UMKM

    ReplyDelete
  28. Wah jadi pengen ikutan kompetisinya ni mba, mau dong. Masih bisa ya sampai 6 Januari 2022, masih ada waktu, langsung klik linknya ah

    ReplyDelete
  29. Mantep nih lomba JNE keren, jadi pengen ikutan kalo ada waktu
    semoga bisa berpartisipasi, UMKM Indonesia makin disuport nih ya ama JNE bun

    ReplyDelete
  30. pengen ikutan acaranya niy masih sampai awal Juni ya, wah masih ada kesempatan ikutan, join kompetisinya niy mba Leyla

    ReplyDelete
  31. Wah jadi pengen ikutan acara kompetisinya, masih ada kesempatan ya mba Leyla, sampai awal Jan dan lumayan juga hadiahnya ya, mau ikutan daftar ah apalagi kompetisinya berkaitan dengan UMKM, sangat bagus

    ReplyDelete
  32. Aku pingin ikutan lombanya. Masih ada waktu ga ya hiks mepet banget kayaknya. Padahal ada 1 umkm yang mau kubahas

    ReplyDelete
  33. Wah iya nih saya biasa kalau beli produk UMKM di marketplace kurirnya pasti dari JNE. Btw menarik juga ya kompetisi menulisnya. Jadi tertarik buat ikutan juga

    ReplyDelete
  34. wah ternyata JNE puny aprogram khusus ya untuk mendukung UMKM. ini hal yang baik karena ekonomi kita ditopang oleh UMKM, dengan menggalakkan kontes ini juga bagian dari penyebarluasan informasi tentang UMKM

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...