Tuesday, December 14, 2021

Cara Meningkatkan Kapasitas Usaha Ultra Mikro melalui Pusat Investasi Pemerintah

Usaha Kecil dan Menengah memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Lapangan kerja yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan besar tidak sebanding jumlahnya dengan jumlah tenaga kerja yang berlimpah. Akibatnya, jumlah pengangguran pun meningkat dan ini akan menjadi sumber penyakit masyarakat. Kehadiran UMKM dapat mengurangi jumlah pengangguran karena menyerap tenaga kerja. Akan tetapi, banyak UMKM yang sulit berkembang karena kurangnya modal. Terlebih lagi dalam suasana pandemi  di mana daya beli masyarakat berkurang. Di sinilah pentingnya peran pemerintah.


Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui Pusat Investasi Pemerintah yaitu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia dengan membantu menggerakkan ekonomi di sektor mikro dan ultra mikro. Saat ini, penyerapan tenaga kerja di UMKM mencapai 97% dan memberikan kontribusi sebesar 61,07% dari total PDB Indonesia. Begitu besarnya peran UMKM terhadap perekonomian Indonesia, sehingga memang pemerintah harus membantu perkembangannya. Untuk itulah Pusat Investasi Pemerintah meluncurkan kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit.”

Kampanye ini berisi beberapa program yang berguna untuk membantu mendorong pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro agar mampu bertahan di tengah pandemi ini. Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah mengatakan bahwa melalui kampanye ini telah dibentuk Ekosistem UMi untuk mendorong peningkatan dan pendampingan usaha khususnya Mikro dan Ultra Mikro. Diantaranya adalah Wadah Usaha UMi, Inkubasi UMi, dan Rencana Ekosistem Kampung Umi (akan diselenggarakan tahun depan).

Beberapa daerah yang telah melakukan Ekosistem UMi adalah Ternate, Maluku Utara, Majalengka, Bandung Barat, dan Malang. Ternyata program-program ini berhasil memberikan dampak positif bagi pelaku usaha ultra mikro di lokasi tersebut. Penasaran kan wujud dari keberhasilan program tersebut seperti apa? Berikut ini contoh-contoh keberhasilannya:


Ternate

Ada Warung Usaha UMi yang memberikan lapak usaha dengan biaya sewa yang lebih murah. Biaya sewa lapak ini merupakan kendala yang besar bagi pengusaha Ultra Mikro, karena dapat menaikkan harga jual. Rahma Kharie, seorang pengusaha Tahu Tuna, merasa bersyukur karena usahanya bisa terus hidup melalui bantuan Pusat Investasi Pemerintah dalam wujud Warung Usaha UMi ini.


Majalengka

Lain lagi pengalaman Ai Khodijah, pemilik usaha Warung Seblak Mak Ai yang mendapatkan bantuan dalam program Inkubasi Umi. Dagangannya tidak hanya dipasarkan secara offline, tetapi juga online sehingga jangkauannya lebih luas. Ia pun menambah variasi dagangan. Alhasil, omsetnya bertambah banyak. Begitu juga dengan Nia Anriani, pemilik usaha Siomay Sinar Rezeki. Awalnya hanya berjualan menggunakan gerobak motor, kini sudah memakai gerobak permanen. Omsetnya pun bertambah dari Rp 7,7 juta per bulan menjadi Rp 9,9 juta per bulan.

Pusat Investasi Pemerintah
Ai Khodijah, Warung Seblak Mak Ai

Pusat Investasi Pemerintah memberikan layanan pinjaman yang mudah dan cepat, serta pendampingan dan pelatihan. Saat ini jumlah pinjaman yang telah disalurkan sebesar Rp 17,89 Triliun kepada 5,3 juta orang debitur. Sebagian besar disalurkan ke Pulau Jawa, lalu Sumatera, Bali – Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Tahun depan targetnya bisa menyalurkan pinjama hingga Rp 7,2 Triliun kepada 2 juta debitur.

PIP UMKM
Nia Anriani, Siomay Sinar Rezeki



Agar rencana itu berjalan dengan baik, ada kerjasama dengan kementerian dan lembaga lainnya.  Misalnya, program lelang produk UMi yang bekerjasama dengan lembaga di bawah Kementerian Keuangan. Ada juga penandatanganan MOU dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur untuk mendukung pengembangan UMKM di bidang Pariwisata dan Ekoomi Kreatif.

Melalui cara-cara yang dilakukan oleh Pusat Investasi Pemerintah ini, diharapkan terjadinya peningkatan kapasitas Usaha Ultra Mikro sehingga dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan negara. Bagaimana dengan kita? Sebagai konsumen, tugas kita adalah membeli produk-produk UMKM dong. Dukung perkembangannya dengan membeli produk-produknya. Tidak usah gengsi menggunakan produk UMKM, karena produk-produknya sekarang juga tidak kalah bagusnya dengan produksi perusahaan besar. Dukungan pemerintah dan masyarakat terhadap UMKM aan membantu perkembangan UMKM sehingga dampaknya semakin besar terhadap penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi.


 

31 comments:

  1. Memang usaha kayak gini bermanfaat banget untuk masyarakat yang kesulitan dan membantu peningkatan UMKM.

    ReplyDelete
  2. Memang kebanyakan usaha kecil modalnya mandiri dan seadanya. Sehingga kadang banyak usaha yang stagnan bahkan gulung tikar. Solusi nih kampanye ini.

    ReplyDelete
  3. Dari Mak Ai dan Ibu Nia, kita bisa belajar untuk tetap semangat dan produktif di tengah pandemi ini.
    PIP dengan kampanyenya "Bersama Sahabat - UMi Bangkit", juga sangat membantu para pelaku usaha Ultra Mikro.

    ReplyDelete
  4. usaha ultra mikro sudah seharusnya didukung oleh pemerintah terutama dalam hal pembiayaan supaya bisa naik kelas

    ReplyDelete
  5. setuju banget aku UMKM makin gencar di daerah, karena memang UMKM ini bisa jadi penggerak roda ekonomi masyarakat, dan bisa membangun negara lebih sejahtera

    ReplyDelete
  6. Beneran ini usaha masyarakata kecil kayak UMKM ini, karena saat kondisi terpuruk dan perusahaan raksasa banyak ambruk, UMKM bertahan menjadi pagar ekonomi kita

    ReplyDelete
  7. Pemerintah memang sedang aktif-aktifnya ya menggenjot kemajuan UMI dan UMKM biar bisa menyongsong era perdagangan global yang serba digital jd banyak bantuan juga utk para pelakunya

    ReplyDelete
  8. Semangat UMKM Indonesia, allhamdulillah ya kalau ada bantuan-bantuan gitu ya bun seperti kerjasama UMI ini, jadi banyak yang terbantukan. UMKM indonesia ini udah keren banget og.

    ReplyDelete
  9. Keren bgt ya programnya PIP ini. Pemerintah memang hrs turun tangan utk memajukan umkm krn sektor ini menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Untungnya UMKM dapat bantuan dan solusi jika kekurangan modal ya dengan UMi , semangat UMKM Dengan produktivitasnya

    ReplyDelete
  11. Usaha Ultra Mikro meskipun kelihatannya modal kecil tapi efeknya luar biasa untuk menggerakkan roda ekonomi nasional. Pemerintah memang wajib kasih dukungan lebih.

    ReplyDelete
  12. semangat UMKM indonesia, di mall2 juga banyak toko yang gulung tikar, apalagi UMKM ya mbak :(

    ReplyDelete
  13. Untuk Usaha Mikro memang terbantu banget ya dengan adanya UMi dari PlP ini , semangat para UMKM untuk berinovasi

    ReplyDelete
  14. Saya malah suka senang dengan produk UMKM. Kalau untuk makanan dan minuman, banyak yang enak. Sedangkan produk lain juga banyak yang unik dan bagus

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah, Pusat Investasi Pemerintah bergerak cepat melihat kondisi perekonomian masyarakat terutama yang bergerak di bidang UMKM. Ini mampu mendorong terwujudkan perekonomian Indonesia yang lebih kuat dan tangguh di masa pandemi seperti ini.

    ReplyDelete
  16. Bener banget, peranan UMKM tidak bisa dikecilkan. Mereka juga berperan menggerakkan perekonomian. Sudah sepatutnya pemerintah memberikan dukungan. Baik modal maupun pendampingan agar mereka berkembang.

    ReplyDelete
  17. Program bagus begini semoga bisa dilebarkan ke berbagai pelosok ya mbak. Biar makin banyak UMKM yang terbantu

    ReplyDelete
  18. Senang sekali rasanya saat tahu Pusat Investasi Pemerinta memberikan bantuan kepada para UMKM. Semoga program ini terus berlanjut.

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah seneng dong ini pasti yang dapat incubator dari UMi mudah2an tahun depan bisa lebih merata yahh

    ReplyDelete
  20. Senang banget bacanya pemerintah makin aktif mendukung UMKM. Semoga prpgramnya bs terud berjalan lancar dan UMKM Indonesia makin maju.

    ReplyDelete
  21. Seneng kalau ada program seperti ini. Sangat membantu para UMKM untuk bisa lebih maju dan berkembang. Apalagi selama masa pandemi bakal sangat terasa manfaatnya ya.

    ReplyDelete
  22. Layanan pinjam seperti ini yang dibutuhan pelaku usaha ya mba untuk menggembangkan usaha mereka. Ampun deh pagi pagi lihat siomay rejeki langsung lapar

    ReplyDelete
  23. Umkm emang ngebantu banget untuk kelangsungan ekonomi tapi dmasa pandemi ini banyak sekali umkm yg kesulitan bahakan ada jg gulung tikar

    ReplyDelete
  24. Semoga keberadaan program PIP mendorong ekonomi masyarakat pemilik UMKM atau UMi ya mba, dan ekonomi Indonesia bangkit lagi, dan pandemi segera berakhir

    ReplyDelete
  25. Memang harusnya begini ya pemerintah memberikan bantuan investasi kepada seluruh UMKM INdonesia, saat terdampak pandemi atau tidak. Ngiler pengen coba menu makanannya nih jadinya

    ReplyDelete
  26. Aw aw.... ternyata diantara daerah yang telah melakukan Ekosistem UMi selain Ternate, Maluku Utara, Majalengka, dan Bandung Barat, ada juga lho daerah Malang. Yihaaaa... siap-siap nih UMKM Malang bangkit

    ReplyDelete
  27. keberadaan program ini ngabntu banget ya untuk usaha ekonomi kecil di Indonesia, apalagi di masa pandemi kayak gini

    ReplyDelete
  28. Dengan suntikan modal yang diberikan, keberadaan program ini sangat memudahkan usaha mikro dan ultra mikro yang kesulitan mengembangkan usahanya. Semoga semakin banyak yang terbantu dengan program dari PIP Ini ya

    ReplyDelete
  29. Somaynya menggoda banget nih kak, patut bangga PIP telah membantu perekonomian dan produktivitas masyarakat terutama ibu ibu ya

    ReplyDelete
  30. Eny lebih suka jajan sama UMKM selain proud of Local product juga suka sama inovasi dri para UMKM hhi

    ReplyDelete
  31. bener mba perusahaan besar apalahi ditengah pandemi gini buka lowongan ya dikit sementara tenaga kerja makin banyak jadinya pengangguran syukur deh yah ada program UMI kek gini

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...