Wednesday, September 13, 2023

Lelang Online di IBID Balai Lelang Serasi

Beli mobil dengan cara ikut lelang? Jujur, saya baru tahu nih kalau kita bisa beli mobil dengan ikutan lelang. Apalagi caranya juga gampang banget lho. Untuk ikutan lelangnya, kita nggak perlu datang ke tempat lelang. Cukup melalui website dan aplikasi IBID - Balai Lelang Serasi. Informasi ini saya dapatkan dari acara Blogger dan Youtuber Gathering IBID yang berlokasi di IBID Jakarta, Pulogadung. 

IBID Balai Lelang Serasi

 


Selama ini saya belum pernah ikutan lelang, walaupun pernah tertarik. Itu karena teman saya pernah menceritakan pengalamannya membeli barang secara lelang. Harga yang didapatkannya lebih murah daripada di pasaran. Saya pun sempat tertarik nih, tapi masih enggan untuk  datang ke lokasi lelangnya. Alhamdulillah, bersyukur bisa tahu tentang IBID - Balai Lelang Serasi yang proses lelangnya dilakukan secara online.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ibu Fransisca, SERA Corporate Communication and Marketing Division Head, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Daddy Doxa Manurung, IBID President Director. Acara yang berlangsung dengan santai tapi formal ini memperkenalkan IBID sebagai balai lelang yang sudah berdiri sejak tahun 2007 dan merupakan anak perusahaan dari PT Serasi Auto Raya yang berada di bawah bendera grup Astra.

Awalnya IBID mengadakan lelang produk-produk otomotif seperti motor bekas dan mobil bekas, tetapi sekarang juga sudah ada lelang produk non otomotif, misalnya lifestyle, alat berat, dan scrap. Saya pun melihat produk-produk non otomotif yang siap dilelang, seperti laptop, tablet, microwave, stroller bayi, sampai tas branded. Semua orang bisa mengikuti lelangnya, untuk personal maupun perusahaan. Proses lelangnya diadakan setiap minggu di 10 cabang IBID yang ada di Indonesia.

Lelang Mobil Online Murah
Fransisca, SERA Corporate Communication and Marketing Division Head

Lelang Online di IBID

Nggak tanggung-tanggung, IBID ini sudah mengadakan lelang di 30 kota di Indonesia lho. Setiap tahunnya ada lebih dari 500 event lelang yang diselenggarakan dan sampai tahun 2016 sudah melelang lebih dari 27.000 mobil. Sebanyak itu mobilnya? Iyup! Setelah acara perkenalan, kami diajak untuk berkeliling hanggar yang memuat ratusan mobil siap dilelang.

Banyak banget mobilnya dari segala merk. Mau mobil BMW juga ada. Bahkan ada mobil baru pula yang dilelang, belum ada plat nomornya. Begitu juga dengan motornya. Tinggal pilih deh mau motor yang mana. Ada motor listrik juga. Untuk mengikuti proses lelangnya, cukup secara online saja melalui website www.ibid.astra.co.id atau aplikasi IBID yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Mobil Lelang Bekas

Ada beberapa metode lelang di IBID yang bisa kita pilih, sebagai berikut:

Flash Auction

Flash Auction bisa diikuti melalui fitur live streaming dan live chat untuk mengetahui kondisi  kendaraannya. Kita bisa melihat kendaraan yang sedang dilelang itu. Proses lelang ini dilakukan melalui aplikasi sesuai rentang waktu yang sudah ditentukan. Jadi kalau mau ikutan proses lelang ini, kita harus mengunduh aplikasi IBID dulu ya.

Live Auction

Kalau lelang online ini bisa diikuti melalui website dan aplikasi sesuai jadwal yang telah ditentukan di lokasi balai lelang seluruh Indonesia. Jadi kita harus mengetahui jadwal lelangnya kalau mau ikutan. Jadwalnya juga sudah ada ya di website dan aplikasinya. Nggak perlu datang ke lokasi lelangnya kok, meskipun berada di satu kota yang sama. 

Timed Auction

Metode lelang ini memberikan kesempatan eksklusif kepada peserta untuk mengikuti lelang dari mana saja tanpa harus hadir di lokasi lelang. Lelang itu akan diadakan selama beberapa jam atau beberapa hari.


Dalam acara tanya jawab, Bapak Doxxa memberikan tips mengikuti lelang, yaitu:

Harus Tahu Berapa Budgetnya

Kita pasti banyak yang berpikir akan mendapatkan harga yang murah dalam lelang ini. Belum tentu demikian. Tergantung antusiasme peserta lelang. Jadi sebelum mengikuti lelang, sebaiknya kita mengetahui harga barang tersebut di pasaran, kemudian kita lihat juga budget yang kita miliki. Misalnya, mau mengikuti lelang mobil yang di pasaran itu harganya 250 jutaan. Budget kita juga sekitaran itu ya. Jadi, jangan sampai kita ikutan ngebid melebihi budget yang kita miliki, apalagi harganya juga melebihi harga di pasaran. Kita harus tahu kapan berhenti ngebid.

Harus Tahu Objek yang Dilelang

Kita harus mengetahui kondisi barang yang akan dilelang. Barang-barang yang dilelang di IBID itu sebagian besar barang second. Kalau mau ikutan lelang mobil ya kita harus tahu kondisi mobil yang dilelang tersebut. Bagaimana kondisi interior, eksterior, rangka, dan dokumennya. Jangan sampai kita memenangkan lelang mobil yang kondisinya sudah kurang bagus, sehingga nantinya jadi sering mogok di jalan.

Keuntungan Lelang Mobil
Daddy Doxa Manurung, IBID President Director

Ini Dia Keuntungan Mengikuti Lelang di IBID

Ikutan lelang di IBID itu ada banyak keuntungannya lho. Berikut ini keuntungan mengikuti lelang mobil di IBID: 

  1. Bisa mengikuti lelang dari mana saja karena berlangsung secara online melalui website dan aplikasi.
  2. Mendapatkan informasi mengenai kondisi mobil yang dilelang secara transparan, tidak ada yang disembunyikan karena sudah diperiksa oleh Astra Car Valuation. 
  3. Kita bisa mengetahui kisaran harga untuk jual/ beli mobil via lelang berdasarkan kondisi grade ACV, sehingga bisa disesuaikan dengan budget kita.  
  4. Sistem lelang di IBID itu bersih dan jujur karena diawasi oleh DJKN (Dirjen Kekayaan Negara) di bawah Kemenkeu dan memiliki sertifikat ISO 27001. 
  5. Pembayarannya dijamin aman deh karena menggunakan virtual account saat pembayaran deposit NPL maupun pelunasan. 
  6. Ada banyak promo menarik lho sesuai taglinenya “Menang Banyak di IBID.” 
  7. Ada fitur eksklusif NPL Unlimited hanya untuk member Gold atau Platinum. Peserta dapat memenangkan 5 mobil sekaligus dalam sekali jadwal lelang tanpa harus membayar deposit lagi. Jadi bayar depositnya hanya sekali.

Ketahui Kondisi Mobil dengan Astra Car Valuation

Jika mengkuti lelang secara langsung di lokasi, kita bisa melihat kondisi mobilnya. Bagaimana kalau lelangnya dilakukan secara online? Untuk menjawab rasa  kekhawatiran itu, maka IBID juga bekerjasama dengan Astra Car Valuation (ACV) yang melakukan inspeksi terhadap mobil-mobil yang akan dilelang.

ACV akan memeriksa mobil secara menyeluruh dengan hasil yang akurat, transparan, dan detil. Semua bagian mobil akan diperiksa oleh ACV, yaitu bagian eksterior, interior, rangka, mesin, dan dokumen. Jadi walaupun kita nggak datang langsung ke lokasi lelangnya, kita tetap bisa mengetahui  kondisi mobilnya dengan jelas.

Bagaimana sih proses mengikuti lelang IBID melalui metode Flash Auction?

Astra Car Valuation
Astra Car Valuation

  1. Cari kendaraan dan cek jadwal lelang di situs web atau aplikasi IBID.
  2. Registrasi data diri dan beli deposit Nomor Peserta Lelang (NPL).
  3. Masukkan nomor NPL. 
  4. Tawar unit dengan harga terbaik.
  5. Bid unit dengan klik tombol tawar.
  6. Perhatikan durasi waktu. Kalau sudah berakhir, nggak bisa ngebid lagi.
  7. Pertanyaan bisa diajukan di fitur live chat.
  8. Setelah menang lelang, lunasi pembayarannya.Ambil kendaraan

Kendaraan juga bisa diantar ke rumah kita setelah menang lelang dengan memesan dulu sebelum lelang. Pastikan juga kendaraan memiliki keterangan “Bisa Dikirim”. Jika menang lelang, maka harus melunasi pembayaran barangnya maksimal 3 hari. Kalau tidak dilunasi, biaya deposit NPL akan hilang. Sedangkan kalau kalah lelang, biaya deposit NPL akan dikembalikan 100% ke rekening kita. Jadi nggak ada ruginya ya ikut lelang. Kalau kalah ya uang depositnya akan kembali lagi ke kita. 

Platform Lelang Mobil Online Terbaik

Nah, itu dia informasi mengenai IBID Balai Lelang Serasi. Kalau teman-teman memiliki barang berharga yang tidak terpakai, mendingan dilelang saja di IBID supaya bisa dapat cash money.

Tata Cara Titip Jual di IBID

Penasaran gimana cara melakukan titip jual lelang di IBID? Ada dua layanan titip jual di IBID yaitu titip jual reguler dan titip jual eksklusif. Apa sih perbedaannya? Kalau titip reguler itu dilakukan di cabang IBID. Jadi kita harus membawa barang yang mau dilelang itu ke lokasi IBID terdekat dan penjualannya secara terbuka dan transparan. Semua barang bisa dititip jual yaitu barang otomotif dan non otomotif.

Sedangkan kalau titip jual eksklusif disebut juga dengan Flash Auction. Layanan ini masih terbatas untuk mobil bekas karena bisa dilakukan di lokasi mana saja. Lelangnya pun secara online dengan waktu yang terbatas dilakukan melalui live streaming di aplikasi IBID. Kita juga bisa memilih proses inspeksi reguler di IBID atau di rumah.

Berikut langkah-langkahnya untuk melakukan titip jual eksklusif di IBID (Flash Auction):

  1. Registrasi di web atau aplikasi IBID, lalu lengkapi data diri dan scan e-ktp.
  2. Mengisi formulir titip jual dan memilih jadwal inspeksi kendaraan yang diinginkan. 
  3. Mendapatkan konfirmasi info kendaraan dan jadwal inspeksi dalam 2 hari. 
  4. Inspektor memberikan rekomendasi harga dasar berdasarkan hasil inspeksi. 
  5. Mengisi form perjanjian kerjasama antara penitip dan IBID. 
  6. Memilih jadwal lelang Flash Auction terdekat, lalu diadakan proses lelang selama 15 menit. 
  7. Kalau mobilnya mendapatkan pemenang lelang, maka mobil akan dibawa ke IBID dan diberikan surat serah terima barang. 
  8. Selanjutnya mendapatkan informasi pembayaran mobil yang terjual  melalui email. 
  9. Dana penjualan mobil akan dikirim ke rekening dalam 2 hari kerja setelah pemenang lelang melunasi pembayarannya.
Keamanan Lelang Online


Unduh Aplikasi IBID

Supaya proses lelang lebih mudah lagi, sebaiknya mengunduh aplikasi IBID di Play Store atau App Store. Aplikasi IBID memiliki banyak fitur keunggulan lho, yaitu: bisa melakukan titip jual secara mudah dengan mendapatkan formulirnya di aplikasi, dapat melakukan flash auction dan autobid serta berinteraksi dengan petugas melalui layanan live streaming dan live chat, dan terakhir adalah bisa melakukan penawaran di hitungan kedua sehingga kesempatan menang lelang pun jadi lebih besar.

Wah, mantap banget. Tentunya ada banyak fitur lain yang menguntungkan jika melakukan lelang menggunakan aplikasi IBID. Ini salah satu strategi rahasia menang lelang mobil. Jadi, mendingan langsung saja deh unduh aplikasi IBID kalau mau mengikuti lelang di IBID.

Untuk informasi lebih lengkap lagi, langsung cari tahu saja di media sosial IBID:

Instagram   : @ibid_balailelangserasi
Facebook   : IBID - Balai Lelang Serasi
TikTok         : @ibid_balailelangserasi
YouTube     : IBID - Balai Lelang Serasi
Twitter        : @ibid_lelang











20 comments:

  1. Keren banget ulasannya, baru tahu kalau lelang mobil bisa secepat itu dan aman, khsusunya checking fiisknya..Luar Biasa... Salam

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah sih ikutan lelang mba. Ya itu tadi mikirnya lelang itu kebanyakan jatuhnya lebih mahal dari harga pasaran 😅. Makanya selama ini mikir mending beli dari tempat yg bukan pakai cara lelang.

    Tapi setidaknya jadi tahu mekanisme lelang gimana. Kalo liat lelang di tempat seperti Christie's, Sotheby's , Phillip auction, barangnya kan kelas dunia semua, trus kayak lukisan dari pelukis terkenal, yg bisa sampe milyaran harga 🤣. Makanya aku pikir lelang itu utk barang2 yg memang valuenya tinggi banget.

    Ternyata yg ibid ini bisa juga utk mobil second yaa 👍. Malah aku jadi tertarik untuk titip jual kalo ntr ada niat mau jual mobil lagi 😄

    ReplyDelete
  3. Wah, aku belum pernah ikutan lelang. Pernahnya menang lelang Hot Wheels sama Fakhri ketika hunting mainan di mall hahaha :D Ternyata cukup praktis caranya, ga perlu datang langsung. Semua bisa daftar online, pantau online. Banyak banget produk yang ditawarkan. Boleh juga ceki2 di IBID siapa tau rezeki bisa beli mobil seken yang harganya oke.

    ReplyDelete
  4. Menarik banget ya si lelang Ibid ini mak, apalagi banyak juga ini kendaraannya. Aku tuh taunya kalau lelang gitu pasti lebih mahal dari pasaran, ternyata Ibid punya strategi yang cukup baik ya. Aku juga jadi tau bagaimana cara lelang disana.

    ReplyDelete
  5. Jadi tahu bagaimana mekanisme lelang di IBID yang ternyata masih berada dibawah naungan Astra, kalau mau cari mobil sesuai budget dan belum dimodifikasi, ikutan lelang di IBID bisa jadi solusinya, lelangnya juga online, jadi bisa ikutan lelang dari mana saja tanpa harus datang ke pool-nya secara langsung.

    ReplyDelete
  6. wah ternyata bisa yaa mau beli kendaraan via lelang online di IBID, keren euy! jadi nggak usah capek2 muterin showroom dan kondisi kendaraan sudah dicek n ricek oleh Astra Car Valuation. Save dulu ah siapa tahu butuh kalau mau ganti kendaraan. Tengkiyu infonya Mba Leyla :)

    ReplyDelete
  7. Menarik nih informasinya mengenai IBID - Balai Lelang Serasi mbak. Kirain barang bekas saja yang dilelang, tapi ternyata ada mobil baru, yang belum berplat nomor juga. Ikut lelangnya bisa secara online pula

    ReplyDelete
  8. Jadi yang dilelang bukan hanya mobil second ya, tapi mobil baru juga ada. Wah, ternyata udah lama dan udha banyak juga mobil dan motor yang dilelang.

    ReplyDelete
  9. Kupikir hanya produk-produk otomotif seperti motor bekas dan mobil bekas yang dilelang.
    Ternyata ada juga produk-produk non otomotif seperti laptop, tablet, microwave, stroller bayi, sampai tas branded. Wah, mau ah kapan-kapan ikutan lelang di IBID

    ReplyDelete
  10. ouwww metodenya menariiik ya.

    pas bangettt ada sodara aku mau jual mobil

    kayaknya kuarahkan utk baca artikel ini dulu dah
    makasi mba

    ReplyDelete
  11. Lelang bisa dapatin harga terbaik dan kualitas mobil juga ok. Gak ada tuh namanya mobil bodong di ibid.

    ReplyDelete
  12. Kemarin kan aku download aplikasinya suami ada yg diincer tuh,, ternyata lebih aman beli di balai lelang ya mobil sesuai kondisinya gak ada yg ditutupi jadi kita gak merasa dirugikan atau dibohongi

    ReplyDelete
  13. hihi jujur kalo lelang tuh belom pernah ikutan, jadi familiar liatnya di film atau pemberitaan gitu. Aku jadi tau nih step-step lelang itu kayak gimana apalagi untuk urusan mobil second jua bisa ya

    ReplyDelete
  14. Wah kalau mau cari mobil second bisa nih ya ikutan lelang di IBID. Terus terang baru tahu ada lelang online gini, biasanya tahunya lelang yang datang gtu ke lokasi.
    Jadi ini pakai aplikasi gitu ya?
    Penasaran pas ngebid gitu ada batas waktunya gak? Cepet2an atau ada batas waktu sampai kapan sekiranya ditutup dengan harga yang OK?
    Trus kalau misal menang lelang, msh bisa cek kendaraan dan bisa cancel gk ya kalau kondisinya ternyata kurang sesuai?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada batas waktu ngebidnya, jadi cepet-cepetan. Kalo menang lelang tapi gak jadi ambil barangnya, bisa dicancel tapi uang depositnya gak bisa diambil lagi. Jadi harus kehilangan uang depositnya deh.

      Delete
  15. Wuih, canggih dan praktis banget, bisa lelang mobil secara online... Meski online, tapi pemeriksaan kondisi mobilnya lengkap dan terpercaya ya...

    ReplyDelete
  16. asli baru tahu adanya IBID. Lelang itu ku tahunya dari film film, hihi... itupun ya offline. Eh sekarang lelang online jadi lebih mudah lewat apps IBID.
    Oh ya mobil motor ini bukan hasil sitaan yah? jadi memang dari penjual yang menitipkan ke IBID untuk dilelang?

    ReplyDelete
  17. Membeli barang secara lelang kadang menguntungkan ya mbak
    Karena biasanya dapat harga murah
    Apalagi sekarang ada IBID, platform yang membuat lelang jadi lebih mudah

    ReplyDelete
  18. Aku sempat cari barang lelang dimana. Soalnya barang lelang kualitasnya masih bagus-bagus, tapi bisa dapat harga murah. Ternyata ada IBD, ya.

    ReplyDelete
  19. Memudahkan hidup banget ya, Mak, kalau lelang mobil bisa dilakukan secara online. Dan ngerasa lebih aman karena ada proses inspeksi mobil-mobil yang akan dilelang ~

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...