Tuesday, January 19, 2016

Membeli Sepatu Kulit di Sukaregang Garut

Sepatu Kulit asal Sukaregang Garut
Assalamu'alaikum.... Semoga harimu baik-baik saja. Doakan juga agar saya dapat selalu menjalani hari-hari dengan baik, diberikan kesabaran, kesehatan, dan waktu yang bermanfaat. Sungguh, tiga hal yang saya sebut itu memang sangat saya butuhkan. Satu minggu lebih, anak-anak terserang flu yang cukup parah. Panas demam sampai berhari-hari, bahkan si sulung drop lagi setelah sempat sembuh. Untungnya bukan demam berdarah, karena alhamdulillah hari ini mereka sudah membaik. Kalau anak sakit, ibunya juga ikut sakit dan itu benar. Saya juga tertular flu. Sudah sakit secara fisik, psikis pun mengalami penurunan. 


Ah, sudah cukuplah mengeluhnya hehe.... Dini hari ini saya bisa kembali menekuri laptop. Kemarin-kemarin juga masih bisa, tapi benar-benar butuh pemaksaan. Itupun karena kewajiban setor artikel. Kalau nggak ada kewajiban, mungkin blognya sengaja terbengkalai. Untuk menyegarkan pikiran, saya mau setor tulisan yang ringan saja. Pengalaman berbelanja produk kulit di Sentra Kerajinan Kulit Garut. Di mana lagi kalau bukan di Sukaregang? 


Ini cerita jalan-jalan liburan tahun baru kemarin ke Garut. Yah, sementara ini jalan-jalannya masih ke kampung suami, sekalian silaturahim. Sebelumnya kami ke Karawang, kunjungan balik ke rumah calon mertua adik suami saya. Lalu dilanjutkan ke Garut, menginap di rumah mertua saya. Adik ipar yang tinggal di Karawang, ingin mencari dompet kulit di Sukaregang. Daripada diam saja di rumah mertua, saya pun ikut pergi. Selain itu, saya memang ingin mencari sepatu atau sandal kulit. Konon harganya lebih murah, hanya puluhan ribu saja. Tidak seperti harga tas kulitnya yang mencapai jutaan rupiah. 

Kalau belum pernah ke Garut, begitu sampai di Pusat Kota Garut, kita bisa tanya ke orang sekitar, di mana daerah Sukaregang itu. Pasti mereka tahu, deh, karena lokasinya memang masih di pusat kota. Pertokoan-pertokoan di Garut ini, rata-rata tidak memiliki tempat parkir. Jadi, jangan heran kalau nanti melihat banyak mobil diparkir di depan samping trotoar. Kelihatannya memang semrawut. Pusat kerajinan kulit di Sukaregang ini pun demikian pula adanya. Tidak ada tempat parkir, jadi kami memarkir mobil di depan toko. Untungnya, hari itu sedang tidak banyak pengunjung. Kami bisa langsung mendapatkan sisi jalan yang kosong. 




Saat masa puncak wisata di mana wisatawan lokal berdatangan ke tempat ini, bisa jadi lho kita kesulitan mencari tempat parkir. Suami pernah tidak jadi mampir ke Sukaregang, gara-gara susah memarkirkan mobil. Paling enak memang membawa motor, bodinya lebih kecil dan bisa diselipkan di mana saja hehe.... Kali ini saya nebeng naik mobil adik ipar, karena suami masih mau istirahat setelah seharian terkena macet dalam perjalanan menuju Karawang dan Garut. Badannya pegal-pegal dan lemas. Liburan tahun baru, banyak yang berwisata ke daerah Bandung dan sekitarnya. 

Adik ipar langsung memarkirkan mobilnya di depan toko sepatu kulit. Biar tidak mampir ke tempat lain, hehehe.... Saya pun segera memilih-milih sandal dan sepatu kulit yang dipajang. Saya naksir sepatu warna putih dan abu-abu, sayang tidak ada ukuran 39 atau 40. Kebanyakan ukuran 38 ke bawah. Kaki saya kan mekar, mana cukup ukuran segitu. Harganya memang sangat terjangkau, tapi tidak ada merknya lho. Kalau Anda suka membeli barang karena merknya, maka Anda perlu menempelkan merk pada produk sepatu dari Sukaregang ini. 

Semua sepatu dibuat dari kulit sapi atau domba. Penjualnya mengatakan bahwa produknya itu dia sendiri yang membuat. Tak heran, modelnya juga klasik. Alias, modul zaman dulu banget. Setelah lama mencari-cari, akhirnya dapat juga yang dimau. Sebenarnya masih belum puas sih, karena dapatnya yang warna hitam. Saya lebih suka model sepatu seperti ini tapi yang warnanya putih abu-abu. Lebih cantik. Tapi, warna hitam ini juga bisa dipakai dengan warna baju apa pun. Tidak  bingung lagi menyelaraskan antara warna baju dan sepatu.

Bagaimana rasanya saat sepatu kulit ini melekat di kaki saya? Wuih, nyaman sekaliii.... Enak dipakainya, ringan, dan kuat. Jahitannya memang kuat. Kulitnya tidak kaku dan keras. Tadinya saya memilih ukuran 40, tapi setelah dipakai kok agak besar? Penjualnya menyarankan agar saya memilih ukuran 39, karena sepatu kulit itu nanti bisa melar. Jadilah saya membeli ukuran 39. Eh, iya benar, muat juga dan lebih  pas di kaki. Kalau sepatu dari bahan lain, ukuran 39-nya belum tentu muat di kaki saya. Sepatu kulit yang saya beli ini harganya Rp 70.000 tapi masih boleh ditawar jadi Rp 60.000. Saya juga membeli sandal untuk anak-anak, Rp 100.000 dapat tiga. Sandal kulit  juga. Lalu, saya tambah lagi beli dua sandal kulit  untuk dua orang keponakan. Borong, nih! 

Adik ipar saya masih mau mencari-cari ke tempat lain. Ya sudah, saya pun berjalan-jalan menyusuri pertokoan di sana, lalu berhenti sejenak di depan toko tas yang semuanya juga terbuat dari kulit. Aduh, matanya langsung terpukau memandangi deretan tas-tas kulit yang dipajang di depan toko. Cantik-cantik, boooo.... Harganya? Tidak seperti tas import yang masih terjangkau, tas kulit asli Sukaregang ini bikin dompet langsung kering hehehe.... Sepanjang yang saya lihat, harga termurah itu Rp 500.000. Nah, yang saya foto ini, harganya Rp 1.400.000 dan Rp 1.200.000. Masya Allah....!

Bagi Anda yang terbiasa membeli tas mahal, harga segitu masih terjangkau. Nah, mending langsung aja ke Sukaregang, dijamin tak menyesal karena tasnya bagus dan mewah. Namun, bagi saya yang belum pernah beli tas mahal, ya harga segitu memang mahal. Saat ini  belum waktunya bagi saya untuk membeli tas-tas mahal. Mau dipakai ke mana, coba? Tas yang ada di rumah saja jarang dipakai karena saya jarang bepergian, hehe....

40 comments:

  1. jaket kulit ada? suamiku tuh gila jaket...:)

    ReplyDelete
  2. Wah...harga sepatu kulit dari Garut kuah banget ya.. Bisa beli byk nih buat gonta-ganti pakai sehari2.

    ReplyDelete
  3. Saya suka dengan sandal "Tarumpah". Aweet dan murah. Alasnya dari karet putih,asli! Kalau beli nggak satu karna banyak yang pesan.

    ReplyDelete
  4. Garut memang terkenal dgn segala macam yg berbau kulit ya, jaket kulit, sepatu kulit, tas kulit yg kualitasnya tak diragukan lagi :)

    ReplyDelete
  5. sepatunya cakep, bun. harganya murah ya. Jadi pengin nyari boots yang cakep ada ga ya :D

    ReplyDelete
  6. Dapat sendal kuning cantik dari garut,,,gak mahal pulaks...

    ReplyDelete
  7. naksir beraaaat sama sepatunya, begitu lihat langsung kerasa nyaman dipake. sehat2 ya bu ela...

    ReplyDelete
  8. Oh ya.. Garut terkenal kerajinan kulitnya ya Mak. Harganyaaa mahaaall hahaha

    ReplyDelete
  9. Waah sepatuna keren keren
    eiheihiehie Boleh nih beliin buat istri saya tercintah
    ihikkk. ihikkkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  10. Sepatunya imuut... harganya jg terjangkau ya Mba :)

    belum pernah ke Garut nih.. hihi

    ReplyDelete
  11. Sepatunya cantik dan kelihatannya kuat. Harganya jauh banget sama yang di mall. >.<

    ReplyDelete
  12. Wah tahu gitu, aku mampir ya ke Garut khusus jual sepatu gitu. Secara kakiku ukurannya 36 agak susah nemu yang pas :)

    ReplyDelete
  13. boleh nih nyobain.. cuma sejam dari rumah

    ReplyDelete
  14. murah ya sepatunya. kenapa tasnya mahal banget ya?

    ReplyDelete
  15. Jauhnya kalo ke sana. :D Di sini juga ada Lufas, Trios, Alfi, dan Bethwin juga lho

    ReplyDelete
  16. Murah ya sepatu kulit cuma 60 ribu. Kalo di cibaduyut aja ga dapet segitu. Sayang garut jauh hrhehe

    ReplyDelete
  17. Sepatunya murah banget, eh kalo tasnya emang bagus sih terlihat mahal krn bahannya kan kulit asli ya, mbak. Mupeng nih belum pernah kesampaian ke Garut ,hhihiii

    ReplyDelete
  18. Duuhh jadi pengen ke garut,,sering denger cerita temen juga tas sama sepatu disana gak kalah kualitasnya..

    ReplyDelete
  19. aku mau ke garut nih dua minggu lagi, apa beli sepatu sekalian yak

    ReplyDelete
  20. sepatu kulitnya murah banget Mbak :)
    harga tasnya Rp. 1.400.000,-?? untuk ukuran dompet saya itu harga yang sangat mahal Mbak :(

    ReplyDelete
  21. Kaki aku juga megar mak, boleh nih nitip nomor 38 juga hihihi..

    ReplyDelete
  22. seru mbk belanjanya, sepatunya bagus. aku juga udah lama gak beli sepatu xixixi sejak gak ngajar lagi.

    ReplyDelete
  23. Masya Allah malah sekali ya? Aku juga gak pernah beli tas mahal tapi punya, dapat lungsuran mulu dari kakak ipar heheee

    ReplyDelete
  24. naksir tasnya...tp mahaall....ngarep ada yg kasi hadiah..tp siapa ? suami ? nanti disuruh beli sendiri..tp mikir sayang dong duitnya..mending beli emas...hahahaha jd curcol :D

    ReplyDelete
  25. naksir tasnya...tp mahaall....ngarep ada yg kasi hadiah..tp siapa ? suami ? nanti disuruh beli sendiri..tp mikir sayang dong duitnya..mending beli emas...hahahaha jd curcol :D

    ReplyDelete
  26. Murah kalau masih bisa ditawar 60 ribu.. Tasnya juga lumayan sih, kan ada harga ada rupa. Kalau udah sampai Jakarta mungkin udah nggak dapet Mbak 1,2 hehehe...

    ReplyDelete
  27. aku belum punya tas yang harganya mahal, Mbak. Tadi ke Mbak Riana, ada potensi wisata di garut, sekarang di Mbak Leyla ada potensi penjualan tas di Garut. Jadi kangen lewat Garut.... btw, cepat sembuh ya, Mbak

    ReplyDelete
  28. Enteng gak sepatunya? Kadang kalo sepatu kulit made in itu suka berat eiy

    ReplyDelete
  29. bagus-bagus ya mbak proudk kulit dari Garut

    ReplyDelete
  30. mb elaaaaaaaaaaa..murah banget itu sepatu kulitnya. mau nitip dooong kalau ke sana aku suka yg model tali2 gladiator gitu, ada ga?

    ReplyDelete
  31. Untuk kategori sepatu kulit harga segitu murah banget buuu

    ReplyDelete
  32. Untuk kategori sepatu kulit harga segitu murah banget buuu

    ReplyDelete
  33. Ahai harga sepatu kulit bsa bikin kantong kering. Tapi bagi yg sudah mapan harga segitu mah standar. Bahkan mungkin tergolong murah. Tapi klo sya gak mau beli sepatu dari kulit hewan. Gimana ya?ngebayangin hewan semisal ular atau buaya dikuliti trs dijual...ngeri sendiri Mbak...

    ReplyDelete
  34. Pantainya indah sekali ya. Jadi pingin liburan ke pantai bareng keluarga :)

    ReplyDelete
  35. harga sepatunya uwowowow bgd mbak, hrga segitu utk sepatu kulit mah murah amat, ok, catet, garut

    ReplyDelete
  36. Ada kualitas, ada harga lah yaaaa :)

    --bukanbocahbiasa--

    ReplyDelete
  37. Kalau ada yg mau pesan serba kulit sepatu tas jaket dll invite pin BB D10429A3 ,d jamin murah ,saya asli garut

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...