Sunday, January 19, 2014

Rejeki dari Menulis Resensi Buku

Hadiah resensi dari Stiletto Book
Gak punya uang buat beli buku padahal kamu maniak buku? Nulis resensi buku saja! Sepertinya tahun ini passion saya berubah sedikit. Setelah tahun lalu aktif ngeblog, tahun ini juga masih ngeblog tapi lebih banyak untuk menulis resensi buku! Duh, ngapain sih ngambil jalan rejeki orang lain? Eit, jalan rejeki siapaah? Hm.. begini, waktu itu saya pernah baca komplain dari seorang penulis resensi, "sekarang makin susah nembusin resensi ke media, karena penulis novel juga ikut-ikutan nulis resensi...." Kira-kira begitulah komplainnya. Padahal, saya baru aja mulai giat nulis resensi lhooo... hahaha.... Sepertinya komplain itu belum ditujukan kepada saya, karena saya baru mulai. Ada beberapa penulis novel lain yang sudah lebih dulu menulis resensi.


Baru mulai, gimana?? Coba deh ubek-ubek label Resensi Buku dan Film di blog ini. Saya sudah menulis resensi sejak blog ini dibuat. Bedanya, dulu itu saya belum terlalu semangat untuk ikut lomba resensi atau mengirim resensi ke media. Menulis resensi hanya untuk kesenangan. Pernah juga sih sekali ikut lomba dan langsung menang. Hadiahnya dapat segepok buku. Alhamdulilllah. Belakangan ini rupanya saya ketagihan nulis resensi karena saya bisa dapat banyak buku baru! 

Tahu sendiri kan harga buku sudah gila-gilaan. Bawa uang 50 ribu aja gak cukup beli buku yang agak tebel dikit. Buku-buku saya aja harganya di atas 50 ribu, tuh. Surga yang Terlarang = 60 ribu, dan yang terbaru Perjanjian yang Kuat = 55 ribu. Kalau ada yang bisa didapat dengan gratis atau dengan diskon maksimal, ya kenapa enggak to? Makanya di blog ini, saya juga kasih buku gratis buat yang ikutan Giveaway Perjanjian yang Kuat. Saya sadar bahwa kita gak bisa beli semua buku yang baru terbit... Huhuhu......

Untuk bisa mendapatkan buku gratis, hanya faktor keberuntungan saja kalau kamu bisa dapat secara cuma-cuma. Misalnya, dekat dengan penulis dan penulis itu tergerak hatinya untuk ngasih buku gratis hehehe.... Atau, menjadi editor sebuah penerbit, sudah tentu dapat buku gratis dari penerbit yang bersangkutan. Nah, cara yang sedang saya jalani adalah menulis resensi buku! 

Mulanya adalah saling barter buku dengan teman-teman penulis yang saya kenal, kemudian saling meresensikan di blog masing-masing. Beberapa kali saya dapat hadiah buku dari lomba blog dan giveaway. Trus, beberapa teman penulis mengirimkan buku terbaru mereka untuk saya resensikan. Dan akhirnya, saya pun ikutan lomba resensi. Buku untuk ikutan lomba itu ada yang dapat gratis, ada juga yang beli. Prestasi kemenangan di lomba resensi yang paling mendingan adalah menjadi Pemenang Kedua di Lomba Resensi Buku "Anakku Sehat Tanpa Dokter" terbitan Stiletto Book dan Pemenang Ketiga di Lomba Resensi Buku "Macaroon Love" terbitan Qanita Mizan. Yang lainnya "cuma" jadi pemenang favorit atau hiburan dan mendapatkan hadiah buku, hehehehe.... Lho, tapi saya senang kok dapat hadiah buku, kan itu tujuannya meresensi buku ya supaya dapat buku juga (walaupun gak nolak juga dapat uang tunai :D)

Untuk seorang maniak buku, hadiah buku itu juga sudah WOW, karena gak perlu keluarin banyak dana lagi untuk beli buku. Alhamdulillah, rejeki dari meresensi masih mengalir. Terakhir kali dapat baju dan jilbab dari Lomba Resensi Buku "Keajaiban Finansial" karya Innuri. Gak nyangka juga setelah memasukkan resensi buku "Reisha si Pengusaha Cilik" terbitan Indiva, eh saya dapat reward dari penerbitnya berupa tiga buku baru! Dan tak lama, Penerbit Indiva mengadakan Indiva Readers Challenge 2014, berupa tantangan membaca buku selama tahun 2014. Hadiahnya WOW banget. Bikin saya semangat meresensi buku. Asik... asik... Semoga saja saya masih diberi kesempatan untuk mewujudkan tugas meresensi itu, yaa....

Ini dia beberapa daftar buku yang sudah saya resensikan untuk IRC 2014. Targetnya 100 buku, semoga bisa tercapai:


Reisha si Pengusaha Cilik: 
http://www.bukudanhidupku.blogspot.com/2014/01/reisha-si-pengusaha-cilik-mendidik-anak.html

Temui Aku di Surga:
http://www.bukudanhidupku.blogspot.com/2014/01/temui-aku-di-surga-menguak-intrik-di.html

Takbir Rindu di Istanbul:
http://www.bukudanhidupku.blogspot.com/2014/01/takbir-rindu-di-istanbul-mencari-cinta.html

Betang:
http://www.bukudanhidupku.blogspot.com/2014/01/betang-meraup-motivasi-dari-belakang.html

Unfriend You:

Yuk, ikutan jugaa.... meresensi buku itu selain bisa dapat rejeki kayak di atas, juga bisa memicu semangat untuk membaca buku. Tambahan lagi kalau buat saya ya jadi bisa mempelajari karya-karya penulis lain, dan efeknya positif untuk perbaikan karya saya ke depannya. 

11 comments:

  1. hehe, tapi namanya rezeki insya Allah ga pernah salah alamat, bun. Tergantung kebutuhan. Bisa dipending juga walo sebenernya udah hampir cair fee nulisnya. Aku pernah begitu. Jadi ya yang penting tetep berusaha aja, ada rezeki dari pintu mana saja. :D

    ReplyDelete
  2. Wah, senengnya yg sering menang.
    Aku 2x ikut lomba review buku dan kalah terus. Bagi resep dong mbak :)

    ReplyDelete
  3. Sama seperti yang Ila bilang, rejeki gak akan tertukar, bisa jadi dulu juga ada blogger yang bilang, sekarang banyak penulis yang ikutan lomba blog juga haha yang penting kan sama2 berusaha saja mbak, masalah rejeki urusan Allah :)

    ReplyDelete
  4. 100 buku?
    waw...
    mupeng ikutan IRC mbak :D

    ReplyDelete
  5. aku hanya bisa memberi semangat buat tante leyla. semangat tantee! :D
    kalo aku sih, suka-suka saya, yang penting happy. hehehe *apasih? --

    ReplyDelete
  6. tiru terus semangatnya mba ah..

    ReplyDelete
  7. @Ila Rizky, iya bener La, rezeki gak akan ke mana kan?

    @Mba Anindita, baru kalah dua kali mba... klo kalah, saya jg sering koq. Ayo, coba lagi :D

    @Mba Esti, ada para blogger mulai banyak yg nulis buku :D

    @Vera; Wah, Vera sih pasti ikutan...

    @Syifa: ayo kamu jg semangat yaa...

    @Mba Kartina, semanga juga ya.. :-)

    ReplyDelete
  8. mbak.. saya terlebih lagi mbak. susaaaaaaaah bangt dapetin buku baru di kota ini. saya beli buku baru ya kalau pas lagi pulang kampung ke ibu kota,langsung deh saya borong buku. mudah2ansaya menang GAnya dani dapet buku Perjanjian yang kuat punyanya mbak leyla hana..aamiin... ^_^

    ReplyDelete
  9. alhamdulillah, rejeki berlimpah
    saya pernah baca resensi yang dibuat mbak Leyla, bagus..
    jadi belajar cara meresensi yang baik itu gimana

    ReplyDelete
  10. saya suka banget baca buku tapi belum pernah meresensi buku sama skali kecuali untuk tugas sekolah dulu... :D

    ReplyDelete
  11. sekarang banyak penulis yang ikutan lomba blog juga haha yang penting kan sama2 berusaha saja mbak, masalah rejeki urusan Allah :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...