Tuesday, July 1, 2014

#Honestly I Need Nokia Lumia 1520!

Mbak, saya sudah kirim kover bukunya ke email ya. Sudah dicek?

Itu sms dari editor yang masuk ke ponsel jadul saya, saat sedang menyuapi anak-anak. Ooh, ternyata sudah ada kover buku terbaru. Hadeuuuh... begini deh kalau masih pake ponsel jadul, jadi gak tau ada email masuk, mesti buka laptop dulu, pasang modem, buka yahoo, dan... halaah! Lama, boo! Coba kalo ada gadget canggih kan ya, Smartphone gitu. Dapat notifikasi email, bisa langsung lihat kover buku terbaru, dan bahkan bisa langsung dibagikan ke semua sosial media yang saya miliki biar pada tahu dan beli, doong... hehehe...... 


Tantangan penulis masa kini, salah satunya adalah gadget. Mau gak mau, perkembangan teknologi, termasuk telekomunikasi harus diikuti oleh penulis, kalo gak mau ketinggalan zaman. Saya sendiri merasakan banget perbedaan menjadi penulis di zaman dulu dengan zaman sekarang #berasatua. Zaman dulu, sosial media belum sebanyak sekarang. Paling-paling cuman ada Friendster yang sekarang udah gak tau ke mana sejak diakuisisi orang luar negeri. Kalau blognya, saya kenalnya Multiply, itupun gak bisa mengundang banyak teman. Kalau gak salah, cuma bisa berteman dengan lima ratus orang deh.

Bagaimana cara berhubungan dengan editor dan penerbit? Ya, lewat cara konvensional: Surat Cetak atau Telepon. Kirim surat pake pos. Jangan dibilang gak lama nunggu balesannya ya. Saya sampe lupa itu surat udah dibales atau belom hehe.... Saya baru kenal email itu menjelang lulus kuliah lho, sekitar sembilan tahun lalu yah. Itupun gak  terlalu sering digunakan, karena editor itu dulu bak ARTIS, susah banget dihubungi secara pribadi (atau saya aja yang merasa begitu ya? :D). Kalau mau nanya kabar naskah dengan cepat, ya mesti nelepon doi. Begitupun kalau doi mau ngabarin soal naskah kita, diterima atau ditolak, pasti deh kita ditelepon.

SEKARANG? 

Punya naskah romance remaja, gak?

Nah, nah, nah... itu pertanyaan dari seorang editor yang dilayangkan ke saya melalui... TWITTER! Sejak ada facebook, twitter, dan  jejaring sosial lainnya (tapi saya belom bikin sih, kebanyakan jadi pusing), saya bisa berhubungan dengan cepat, terutama dengan "orang-orang penting" macam Bu dan Pak Editor itu hehehe.... Alhamdulillah, seneng banget ditanyain begitu sama editor di kala saya sedang mencari penerbit untuk naskah yang udah jamuran wkwkwk.... Walaupun belum tentu diterima, tapi udah berbunga-bunga dong. Secepat kilat, saya kirim naskah itu via email dan doi pun langsung mengeksekusi. Coba kalau zaman dulu, saya mesti ngeprint naskah dulu, kirim pakai pos, lama banget bo. Jawabannya pun diberikan lewat twitter.

Naskahnya lolos ya. 

Alhamdulillah..... (tapi berhubung saya mesti colokin modem dulu, ya jadi kabar itu juga gak secepat kilat saya baca :D).

Bayangin, kalo kita punya gadget canggih yang bisa bikin kita tahu berita lebih cepat? Tinggal tekan homescreennya, karena sekarang ini zamannya android yang pake layar sentuh. Masa masih mau jari pegel karena nekan-nekan tuts handphone? (ya, kalo terpaksa, apa boleh buat?) Ada nih yang baru launching: NOKIA LUMIA 1520. Siapa sih yang gak kenal Nokia? Saya sudah kenal Nokia sejak masih di kampus  karena kebanyakan teman saya pakenya ponsel Nokia. 

Nokia Lumia 1520 yang berbasis Windows Phone ini menyediakan fitur Live Tiles, yang membuat tampilan layar depan ponsel kita (homescreen) jadi berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan kita. Aplikasi-aplikasi yang paling kita butuhkan, bisa kita pin di dalam kotak-kotak yang bisa disesuaikan ukuran dan besarnya. Nah, kalau saya nih, sudah tentu aplikasi yang paling saya butuhkan dan akan saya pin di homescreen adalah: Email, Facebook dan Twitter, Nokia Smart Cam (untuk foto-foto), Nokia Story Teller, Here Map dan Here Drives (biar tau jalan kalau pergi ke mana-mana), dan tentu saja aplikasi PeopleHub, yang bikin saya bisa lebih cepat berhubungan dengan orang-orang dengan relasi sangat dekat (misalnya, suami, sahabat, editor, teman penulis, dan lain sebagainya). 

Ngebayangin Nokia Lumia 1520 dalam genggaman, saya jadi bisa mengkalkulasi betapa efektif dan efisiennya waktu yang saya miliki untuk menulis. Kalau masih pake ponsel jadul, pas ada kesempatan buka laptop, hasilnya waktu jadi terbuang karena buka email dan sosmed dulu. Kalau sudah pegang Nokia Lumia 1520, kapan aja kita bisa ngecek berita, mau lagi main sama  anak-anak, masak, nyuapin anak-anak, atau sambil baca buku, sesekali lihat Nokianya dooong..... Editor pun gak sampe harus kirim sms cuman untuk ngasih tau bahwa doi udah kirim email. Udah kirim email, masih harus kirim sms pula! 

Honestly, i need Nokia Lumia 1520! 














3 comments:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...