Thursday, December 18, 2014

Menengok Kembali Tulisan yang Membuat Semangat Ngeblog


Sebulan yang lalu, saya dilanda rasa malas ngeblog yang luar biasa. Ada banyak alasan, antara tidak ada ide nulis, tidak punya waktu, sampai kesal karena tidak menang lomba blog lagi, hehehe…. Tapi, bagaimana nasib empat blog yang sudah saya biakkan selama ini? Sayang juga kalau tidak diteruskan hobi menyenangkan yang satu ini. Akhirnya, dengan tertatih, saya kembali ngeblog. Ladalah, di blogdetik sedang diadakan lomba ngeblog marathon dengan tagline #SemangatNgeblog, lalu ada pula lomba menulis tentang suka duka menjadi ibu, di mana kontributor teraktif (yang paling banyak menulis di blog) berkesempatan menjadi pemenang.


Bukan kebetulan kalau Om Nher mengadakan gift awal berjudul “Self Reflection” alias lomba tengak-tengok blog sendiri. Idenya unik juga. Saya pun mengubek-ubek postingan di blog ini selama tahun 2014 dan ketemulah tulisan berjudul, “Momen-momen Spesial dari Ngeblog.” Membaca kembali tulisan tersebut, menyadarkan saya akan banyaknya rezeki dan berkah yang saya dapatkan dari ngeblog. Ah, mengapa saya lupa bahwa blog ini dan tiga blog lainnya telah memberikan momen-momen spesial untuk saya? Tiga momen terbesar, bahkan terjadi di pertengahan tahun 2014, artinya belum lama berlangsung, yaitu: juara pertama lomba blog Positive Parenting dari Tabloid Nakita (bahkan saya diwawancarai oleh Tabloid Nakita), pemenang PSF Blogger Awards, dan juara pertama lomba blog antirokok (mendapatkan penghargaan langsung dari Menteri Kesehatan waktu itu, Ibu Nafsiah Mboi).

Bisa ketemu Bu Menkes karena ngeblog
Masya Allah! Bagaimana saya bisa melupakan momen-momen spesial itu begitu saja? Untunglah, Om Nher mengadakan Gift Away ini, sehingga saya bisa membaca kembali postingan di atas dan tersadarkan bahwa blog-blog yang telah saya asuh selama ini sangat berjasa dalam mengembangkan kemampuan menulis. Memang, kemampuan menulis saya masih harus terus diasah, diasuh, dan diasih, agar tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri melainkan juga orang lain. Ternyata, tulisan tersebut sangat berarti buat saya, terutama untuk mengembalikan semangat ngeblog yang luntur.

Mohon maaf, jika ada teman-teman yang membaca postingan itu beranggapan bahwa saya ingin pamer keberhasilan dalam ngeblog. Mudah-mudahan tidak ada niat sedikit pun untuk pamer ketika saya menulis postingan tersebut, karena nyatanya postingan tersebut dapat mengingatkan saya kembali akan berkah dan anugerah ngeblog. Sebagai blogger, saya juga bisa terserang bad mood, kehilangan semangat ngeblog. Alhamdulillah, dengan membaca postingan yang saya tujukan sebagai wujud syukur itu, semangat ngeblog pun kembali.

Di akhir tahun ini, saya juga mendapatkan telepon dari reporter Wanita Indonesia, yang mewawancarai saya dalam rangka hari Ibu. Ketika saya tanya dari mana dia tahu tentang saya, ternyata dia membaca blog saya. Entah blog yang mana, dari situ saya semakin yakin  bahwa blog bisa menjadi sangat bermanfaat, tergantung bagaimana kita memanfaatkannya.

Terima kasih untuk Om Nher yang sudah mengadakan Gift Away Self Reflection, yang secara tidak langsung  telah menyuntikkan vitamin ngeblog ke dalam diri saya.


18 comments:

  1. Nggak nyangka, ya, penulis seperti Mbak Leyla Hana punya rasa malas menulis :)

    Tapi...penulis juga manusia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Mba Sri? Bahkan penulis handal seperti Mba Leyla Hana saja bisa terserang demam malas menulis yaa? Apalagi saya? Hehe. Tapi, bener banget, Mba Hana, justru tengak tengok tulisan lama yang membawa berkah itu, sering menimbulkan kembali semangat ngeblog. :)
      Sukses terus yaa!

      Delete
  2. ibu bukan pamer tapi ibu menginspirasi kami semua ...

    ReplyDelete
  3. Kalau pamernya memacu semangat dan kreativitas orang lain sangat bermanfaat mba. Selamat ya mba sampai bisa ketemu Mentri dari ngeblog. Hebat mba ;)

    Salam hangat sugihfenny.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Wah, Mba Hana keren banget ih! Menang2 terus. Iya sih, terkadang ada masanya kita terserang badmood dan bikin ide mentok, akibatnya, blog pun teronggok tak berdaya. Hehe. Yuk, semangat ngeblog lg yuk!

    ReplyDelete
  5. keren!
    ga pamer kok, malah bikin semangat ngeblog :)

    ReplyDelete
  6. iya aku udah baca juga postingan yg itu dan akhirnya dipilih juga nih tulisannya, pengen juga berdiri seperti itu mbak :)

    ReplyDelete
  7. terserang badmood aja dirimu tetap aktif nulis Leyla... dan terus berproduksi dengan karya2 baru dan terus meraih prestasi.... keren banget... keren super keren.

    ReplyDelete
  8. Mak Ley mah jago, nulis novel dan ngeblog sama bagusnya.

    ReplyDelete
  9. iyaa..dari awal ngeblog aku juga udah kesengsem nih ama blognya mak Leylahana..keren gitu, selain warna ungunya yang eye-catching. Tetep smngat ngeblog, ya Mak. Sukses selalu utk GAnya :)

    ReplyDelete
  10. Mudah2an semangatnya terbawa terus sampai ketahun depan ya Mbak :)

    ReplyDelete
  11. iyasih setiap orang pasti punya mood tersendiri kadang baik kadang buruk..

    ReplyDelete
  12. Saya datang dan sudah membaca “Self Reflection” di blog ini
    Terima kasih telah berkenan untuk ikut lomba saya ya
    Semoga sukses

    Salam saya
    #73

    ReplyDelete
  13. Mau nyontek jurus jitunya teteh aah..
    Nanti2 kalau lagi males, bisa inget2 kenangan 'manis' yg kita dapet berkat ngeblog yaa :D
    siip teeh, makasih yaa, smoga menang GA_nya ^^

    ReplyDelete
  14. Mbak Leyla juga ternyata suka dihinggapi malas menulis ya. Good luck ya mbak

    ReplyDelete
  15. waaah mbak leyla hebat bisa ketemu menkes,hehe sukses terus mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...