Tuesday, November 8, 2016

I Love My Body

"Aduh, saya pusing sama Ibu ini. Beli cemilan banyak banget. Pantesan gemuk." Ucapan itu membuat saya tertegun, tapi kemudian ikut tertawa deh dengan ibu-ibu yang ada di situ. 


Kenyataannya, saya memang gemuk dan saya memang sedang membeli cemilan yang banyak. Tidak perlu terus menerus dikasihtau, saya sadar berat badan bertambah 20 kg setelah melahirkan anak ketiga. 

Dulu saya merasa percaya diri karena perut langsing sekali. Ya iyalah, kan perut belum melar sebab melahirkan. Setelah melahirkan anak pertama dan kedua, pertambahan BB belum terlalu signifikan. Muka masih tirus.

Setelah lahiran anak ketiga, baru deh keliatan gemuuukkk.... Hampir setiap orang yang bertemu saya mengatakan bahwa saya gemuk. Jadi saya sudah kebal dengan ucapan itu. 

Lalu, kenapa? Diet? Yap. Itu juga sudah beberapa kali saya lakukan. Ternyata susah ya, nggak turun sekilo pun. Mungkin karena saya masih ingin menikmati hidup. Susah euy disuruh makan tanpa garam dan hanya rebus-rebusan.

Suatu hari, saya ketemu teman blogger yang terakhir bertemu saya dua tahun lalu. Dia bilang kalau saya sudah kurusan. Sebelumnya ya gemuk banget. Saya cerita ke suami, eh kata suami, "Mungkin dia cuma mau menghibur Mama."

Gubraaaaak. Alhamdulillah, suami saya orangnya jujur. Dia mengatakan apa yang mau dia katakan. Nggak ada itu bohong putih ke istri. Istri gemuk dibilang kurus. Ya sudahlah. 

Alhamdulillahnya, saya orangnya easy going. Nggak menjadikan gemuk sebagai beban. Dipikir-pikir, urusan makan juga biasa saja. Cemilan memang banyak, tapi sebagian besar dimakan anak-anak.

Walaupun pernah juga saya kepikiran, semata karena alasan kesehatan. Waktu itu saya ke dokter gigi dan dokter giginya malah mengomentari tubuh saya.

"Ibu sudah harus diet nih. Nanti kalau usia sudah di atas 40, sudah nggak bisa turun lagi BB-nya. Bahaya buat kesehatan."

Esoknya, saya langsung coba diet mayo, no gula garam, hanya makan rebusan, dan nggak makan nasi. Hasilnya? Hanya tahan seminggu. Nggak enak ya rasanya, hambar. 

Barangkali nanti saya lanjutkan dietnya kalau aktivitas sudah berkurang. Saya jadi ingat cerita Mbak Ade Anita yang pingsan di taman saat sedang jogging, gara-gara diet vegan, hanya makan sayuran.

Bayangkan! Hanya makan sayuran. Nggak makan daging, donat, susu, dan lain-lain. Duh, nggak kuku. Lebih parah daripada puasa, sih, menurut saya. Pikiran saya waktu diet mayo, "kok hidup berat amat yak. Makan tanpa gula garam dan cuma rebusan." 

Ternyata diet berlebihan nggak bagus juga untuk kesehatan karena tubuh perlu nutrisi seimbang. Sebenarnya kan memang semua makanan (kecuali yang diharamkan) itu bermanfaat untuk tubuh. Asal jangan berlebihan. 

Untuk sekarang, saya belum bisa diet semacam itu karena tubuh perlu asupan kalori banyak. Pekerjaan dari pagi sampai pagi lagi membutuhkan kalori. Kalau saya pingsan juga, gimana? Di rumah hanya ada saya dan si kecil. 

Urusan rumah tangga bisa berantakan. Saat ini, bagaimanapun bentuknya, I Love My Body. Saya pasti bisa langsing, asal punya Samsung Terbaru yang ada fitur edit foto. Ya tapi kan hanya langsing di foto.

Satu yang bisa diambil pelajaran. Seringkali kita lebih suka memperhatikan penampilan luar orang lain, tapi luput menahan ucapan kita. Seperti mengomentari secara blak-blakan tentang kegemukan orang itu. Tanpa diberitahu, mereka juga tahu kok kalau gemuk. 

17 comments:

  1. Tulisan ini mewakili perasaan saya Mbak hihi

    Pernah diet stop kuliner malam, berhasil turun 5 kilo sih tapi kok rasanya tersiksa banget yak. Ya sudah nikmati saja lah :)

    ReplyDelete
  2. klo ketemu temen lama, mereka kaget liat aku jadi lebar kanan kiri... aku membahasakan bb-ku yg berlebih dengan "waiyaaa aku jadi chubby chibi chibi yak" ato "iyyaa aku montok ini" dll trus abis itu temenku yg bahas perubahan tubuhku jadi males bahas urusan tubuhku yg membohaaay wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Hahahaha...
    yang penting jangan sensi aja dikatain gemuk yaaa wkwk

    ReplyDelete
  4. Yang penting nggak dikomplain suami mbak ☺ gemuk menjadi masalah sensitifnya para wanita rupanya...bisa2 melebihi SARA

    ReplyDelete
  5. Aku paling menghindari ksih komen yg berhubungab ama fisik ke seseorang.. tau banget itu pasti menyinggung orangnya :). Kdg suka heran ama org yv terlalu ceplas ceplos bilang begitu k org lain. Kalo suami ,okelah dia org terdeket ama kita. Jd mungkin ga trlalu sakit ati kalo ngomong gitu. Tp kalo temen lama yg baru ketemu lagi, duuuh mbok ya di rem mulutnya ngucapin kata2 yg mungkin bisa nyakitin ya mbak.. bayangin kalo kita di posisi itu.. :D

    Yg penting happy dan suami ga ada problem soal itu ya mbak.

    ReplyDelete
  6. aih..aku suka banget paragraf terakhir mak...

    kadang mungkin itu ucapan basa basi..

    tapi menohok..... :)

    ReplyDelete
  7. Saya mending puasa atau olahraga Mbak daripada disuruh diet-diet gitu :) hehe

    ReplyDelete
  8. aku udah coba FC dan ga cocok kayanya jadi mual lemes. yowes makan seperti biasa

    ReplyDelete

  9. jadi senyum-senyum baca ini. saya juga gemuk. saya pernah nyoba pprogramnya dedy corbuzier tu mbak. turun loh 3 kilo, 2 bulan. habis tu malas lagi...

    ReplyDelete
  10. Daku juga udah disuruh mengurangi berat badan sama dokter karena udah sering ngerasa di dada sebelah kiri sakit.
    Udah sebulan ini mengurangi makan nasi dan stop ngemil (diganti pisang dan apel), banyakin minum air putih.
    Bukan diet sih karena sarapan, makan siang dan makan malam (sebelum jam 7 malam) tetap, tapi porsinya dikurangi.
    Lumayan sih badan udah agak entengan sekarang :)

    ReplyDelete
  11. Gemuk atau kurus, yang penting happy ya kan Mba :)

    ReplyDelete
  12. sama mbaaa, saya juga udah kebal dibilang gemuk..huhuhu

    ReplyDelete
  13. Dulu saya kurus banget, makan apa aja susah gemuknya. Eh sekarang berat badan malah gampang banget nambahnya, padahal anak juga belom haha. Udah coba beberapa kali utk diet, tp selalu gagal. Ya sekarang enjoy aja deh, nikmati apa yg ada, yang penting sehat hehe :)

    ReplyDelete
  14. Dikomentarin fisik kayak gitu emang ga ngenakin ya mbak. kayak ini juga, kok kamu item sekarang? Itu kenapa banyak jerawat? Plis deh, ga ada basa basi lain apa?

    ReplyDelete
  15. Suami kita sifatnya sama yaa ngomong jujur apa adanya, kalo aku sejak mlhrkan anak ketiga rambut mkn tipis

    ReplyDelete
  16. aduhh klw bahas body, saya mah pengennya cuma satu.. tinggi. hah ah

    baru blogwalking lagi nih mbak, semangatin aku terus yak

    ReplyDelete
  17. Iya, kita cintai diri kita, tubuh kita apa adanya ya mba. Di keluarga suamiku sekarang, aku perempuan paling pendek, hehehe.
    Ibu mertua, suami, ipar yang laki-laki maupun perempuan semuanya tinggi, hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...