Monday, February 20, 2017

Inilah 4 Kebahagiaan di Dunia bagi Seorang Muslim

Assalamualaikum. Ada anonim yang mengatakan bahwa "Bahagia itu Sederhana." Sumber kebahagiaan tiap orang itu berbeda-beda, setuju? Ada orang yang bahagia dengan hidup seadanya. Ada juga yang nggak merasa bahagia meskipun sudah memiliki segalanya. Kalau kamu bagaimana? Semoga saja kita selalu diberikan kebahagiaan apa pun yang kita miliki saat ini. Aamiin....


Dalam hadist Rasulullah Saw, dari Sa'ad bin Abu Waqqash, ra, Rasulullah bersabda: "Ada empat kebahagiaan (di dunia bagi seorang muslim), yaitu: istri yang solehah, tempat tinggal yang luas, tetangga yang baik, dan kendaraan yang nyaman." [HR. Ibnu Hibban, hadist shahih]. 

Setuju nggak kalau keempat hal di atas itu merupakan sumber kebahagiaan seorang muslim di dunia? Kalau saya setuju banget. Setelah berumahtangga, saya merasakan betul bahwa keempatnya itu merupakan sumber kebahagiaan di dunia. Apa alasannya? 

Istri atau Suami yang Soleh
Walaupun pada hadist di atas hanya disebutkan "istri yang solehah," tapi berlaku juga untuk para suami. Siapa sih yang nggak mau punya pasangan yang soleh? Pasangan yang bikin hati tentram,  nyaman, damai, dan selalu mengajak kita untuk ingat kepada-Nya.

Banyak keluarga yang dikarunia rejeki berlimpah, tapi nggak bahagia karena ada masalah dalam hubungan suami istri. Ujung-ujungnya bercerai. Mendapatkan pasangan yang soleh itu memang nggak mudah. Makanya, kalau kita punya pasangan yang soleh, bahagianya luar biasa. 

Gimana biar punya pasangan yang soleh? Tentunya butuh ikhtiar dan doa. Ikhtiar dari diri kita sendiri yang terus memperbaiki diri, karena jodoh itu kan sederajat. Laki-laki yang baik berjodoh dengan perempuan yang baik, dan sebaliknya. Kedua, berdoa minta dikasih jodoh yang baik karena ada juga orang yang baik tapi dapat jodohnya enggak baik. Ketiga, tidak berhenti untuk mendidik pasangan agar bisa menjadi soleh dan solehah.

Tempat Tinggal yang Luas
Tempat tinggal bisa diartikan sebagai rumah, rumah susun, apartemen, dan sebagainya. Intinya sih tempat untuk berteduh. Mengapa tempat tinggal yang luas itu memberikan kebahagiaan? Ya, karena kita bisa leluasa beraktivitas. Coba kalau RSSSSS (Rumah Sederhana Sampai Selonjoran Saja Susah), pasti bikin nyesek kan? Hihihi.... 

Memiliki tempat tinggal sendiri adalah impian semua keluarga, sampai-sampai kemudahan mendapatkan tempat tinggal dijadikan program andalan sebagian besar calon pemimpin daerah maupun negara. Kalau sudah punya tempat tinggal sendiri, insya Allah hati lebih tenang. Nggak takut diusir atau digusur. 

Di perkotaan, sudah agak susah memiliki rumah. Solusinya adalah apartemen, seperti Pacific Garden Suites Alam Sutera. Dengan kecanggihan teknologi, lahan yang sempit tetap bisa terasa luas. Apalagi kalau ada fasilitas olahraga, taman, pasar, dan sebagainya. Serasa tidur di hotel setiap hari. 


Tempat tinggal juga penting untuk anak keturunan. Setidaknya kalau kita meninggal, mereka sudah punya tempat tinggal. Jadi nggak bakal luntang-lantung di jalan. Menabung untuk membeli tempat tinggal itu penting sekali. 

Tetangga yang Baik
Punya tetangga itu gampang-gampang susah. Di satu sisi, tetangga adalah orang terdekat kita yang bakal membantu kita kalau ada apa-apa. Di sisi lain, tetangga juga menjadi orang  paling meresahkan kalau tindak-tanduknya menyebalkan. Misalnya, tetangga yang suka menaruh jemuran di pagar rumah kita, tetangga yang punya binatang dan sering buang kotoran di halaman rumah kita, tetangga yang suka gosipin kita, dan sebagainya. 

Makanya nggak salah kan kalau salah satu kebahagiaan di dunia adalah memiliki tetangga yang baik. Pasti bahagia banget punya tetangga yang suka kirim makanan, selalu membantu saat dibutuhkan, nggak pernah ngomongin di belakang, dan hal-hal baik lainnya. 

Kendaraan yang Nyaman
Paling enak memang punya kendaraan sendiri, jadi lebih fleksibel kalau mau bepergian, terutama bepergian jauh. Punya kendaraan yang nyaman adalah salah satu kebahagiaan di dunia dan juga menjadi impian setiap orang. Ada sih orang yang sama sekali nggak mau punya kendaraan, lebih karena idealisme. Ngapain sih punya kendaraan, menuh-menuhin jalanan aja. Tapi, umumnya, sebagian besar orang bermimpi punya kendaraan sendiri. 

Pengalaman saya sendiri, untuk bepergian ke tempat-tempat tertentu, lebih enak pakai kendaraan sendiri. Misalnya, ke rumah orangtua. Kalau rombongan dengan anak-anak naik angkutan umum, sangat merepotkan karena angkutannya harus ganti-ganti. Taksi atau mobil online, belum masuk ke daerah rumah kami. Maklum, rumah di kampung hehe.... Solusinya memang harus punya kendaraan sendiri. 

Itu dia empat kebahagiaan dunia berdasarkan hadist Rasulullah SAW. Kalau kamu, bagaimana?

5 comments:

  1. suka banget tulisan Mbak Leyla. Aku juga setuju dengan 4 kebahagiaan tersebut.

    RSSSSSSS itu dipanjangin lagi bisa yaaa��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipanjangin lagi, mbak Astin. Rumah Sederhana Sampai Selonjoran Saja Susah Sekali Sih Sampai Stres Sumpah Saya Sungguh Sedih hihihi.....

      Delete
  2. punya kendaraan tp gabisa makenya :(

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah sudah punya semua, meski jauh dari mewah.. Berarti aku layak bahagia donk hehehe..

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah punya tetangga baik2, dan bener ya ternyata rasanya bahagia hidup.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...