Saturday, February 24, 2018

Hafiz Junior, Hapalan Quran Zaman Now



"Kamu coba baca surat Al Falaq!" 

Kakak senior di Palang Merah Remaja mengarahkan jari telunjuknya ke saya. Saya terkejut, kemudian mencoba mengingat surat pendek di juz 30 itu tapi nihil. 

"Kamu belum hapal surat Al Falaq?!" Kakak senior itu melotot tak percaya saat saya menggelengkan kepala. 


Ketika itu saya duduk di kelas 1 SMA dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR di sebuah tanah merah yang banyak ditumbuhi ilalang. Rupanya di situ banyak kuburan dan kami diajak membaca surat-surat pendek Al Quran bersama-sama untuk menghilangkan rasa takut. Saya disuruh membaca surat Al Falaq dan naasnya saya lupa. 

Walaupun saya sudah rajin salat 5 waktu sejak masuk SMP, tetap saja belum banyak surat Al Quran yang saya hapal. Saya malu dengan kejadian itu yang sampai hari ini masih saya ingat. Kalau salat, saya hanya membaca surat yang itu-itu saja. Al Fatihah, Al Ikhlas, An Nashr. Orangtua bukannya tidak mengajarkan mengaji. Kalau mengaji Al Quran, saya sudah bisa. Menghapalkannya yang belum. 

Saat kuliah, barulah saya berhasil menghapal juz 30. Termotivasi oleh para mentor di kerohanian Islam tentang pentingnya menghapal Al Quran. Tentu bukan untuk bangga-banggaan. Tujuan utama ya supaya bacaan solat tidak hanya Al Ikhlas. Kedua, menghapal sekaligus mengkaji isinya karena kami juga membaca artinya. Ketiga, harapannya kami bisa memberikan mahkota untuk orangtua di surga kelak. Jika bisa memberikan mahkota di surga, artinya anak dan orangtuanya sama-sama masuk surga. 

Al Quran adalah pedoman hidup kita, mukjizat Rasulullah Saw yang tak bisa membaca dan menulis tapi mewariskan ayat-ayat indah di dalam Al Quran. Menjadi bukti bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Al Quran bukanlah karya Nabi Muhammad tetapi wahyu Allah. Ayat-ayat Al Quran terbukti mampu mendamaikan hati remaja saya yang sering bergejolak..Saat galau, saya langsung membawa Al Quran disertai artinya. Ajaib, saya selalu membaca ayat yang pas dengan kegalauan saya. 

Berdasarkan pengalaman tersebut, saya ingin anak-anak saya dekat dengan Al Quran sejak dini. Bukan untuk bangga-banggaan tapi semata menunaikan kewajiban sebagai orangtua yang salah satunya membimbing anak agar pandai dalam hal agama. Siapa pula yang tak ingin diberikan mahkota oleh anak yang hapal Al Quran? Aamiin.  

Para penghapal Al Quran pada zaman Nabi Muhammad adalah orang-orang yang berharga. Nabi pernah bersedih karena banyak penghapal Al Quran yang terbunuh pada perang Uhud. Nabi khawatir Al Quran akan hilang kalau para hafiznya terbunuh. Begitu juga pada masa penindasan Mongolia di Mesir. Banyak Al Quran yang dibuang ke sungai Nil sampai airnya menghitam karena tinta. Bayangkan jika tak ada penghapal Al Quran, maka ayat-ayat suci itu akan hilang. 

Menghapal Al Quran itu bukan hal yang mudah. Saya sadari benar. Bahkan saya yang sudah tua ini, masih belum berhasil menghapal banyak surat dalam Al Quran. Berbagai metode dilakukan. Selain mengajari sendiri, anak-anak juga dibantu dengan les Al Quran. Mengapa perlu dilakukan sejak dini? Karena hati dan pikiran anak-anak masih murni, belum terkontaminasi. Saya ingat dulu Imam Syafii pernah kehilangan hapalan Al Qurannya karena melihat betis wanita.. 

Nah, salah satu metode menghapal Al Quran yang sudah lama saya ketahui adalah menggunakan boneka Hafiz Hafizah atau Hafiz Doll. Tadinya saya merasa tak perlu menggunakan boneka ini, apalagi harganya lumayan mahal..Tapi setelah beberapa waktu berlalu dan anak-anak masih kesulitan menghapal, rasanya saya perlu mencoba menggunakan Hafiz Doll terutama untuk si bungsu yang sedang senang mengikuti suara-suara yang didengarnya. 

Itu mengapa saya senang sekali saat diundang ke acara peluncuran Hafiz Junior di Gramedia Harapan Indah Bekasi tanggal 18 Februari 2018 jam 3 sore. Saya juga mengajak Salim si bungsu yang berusia 5 tahun. Saat sampai di lokasi dan melihat Hafiz Doll, dia langsung tertarik sekali dan minta dibelikan.  

Salim dan Hafiz Doll

Bapak Pridadi, Perwakilan dari Gramedia Harapan Indah menyampaikan antusiasmenya dengan terobosan baru dari PT Al Qolam yang mengeluarkan produk terbaru dari Hafiz Doll. Penjualan Hafiz Doll di Gramedia sudah cukup bagus. Banyak orangtua yang bersemangat memberikan mainan edukasi ini untuk anak-anaknya. 

Bapak Pridadi 

Ibu Belinda, seorang psikolog anak menjelaskan tentang pentingnya bermain untuk anak-anak. Bermain itu harus ada unsur menyenangkan, sesuai dengan pilihan anak, dan mendukung stimulasi perkembangan anak. Bagaimana agar kita bisa memberikan edukasi sambil bermain? Berikan permainan yang menyenangkan untuk anak. Lalu, bagaimana cara agar anak dapat menghapal Al Quran sambil bermain? 

Ibu Belinda 

Anak di usia emas, 1-7 tahun itu sedang suka mendengar dan menirukan apa yang didengarnya. Maka kalau anak ingin hapal Al Quran, harus sering diperdengarkan suara murottal Al Quran. Hafiz Doll adalah boneka yang berisi murottal Al Quran. Bapak Dony Iskandar dari Tim Leader Retail Al Qolam menjelaskan produk terbaru Hafiz Doll yang cocok untuk anak usia 1-7 tahun. 

Produk Hafiz Doll yang sebelumnya berukuran besar, nah yang ini ukurannya lebih kecil. Ada 2 profesi hafiz dan hafizah yaitu Dokter dan Pilot. Harga per piecesnya Rp 600.000 dan bisa dibeli di Gramedia. Apa saja isinya? Boneka Hafiz Junior ini berisi Juz 30 atau Juz Amma, 6 lagu islami, dan Asmaul Husna. Pada waktu pertama dinyalakan, boneka hafiz sesuai profesinya akan bercerita dulu mengenai pengalamannya sesuai profesi. Misalnya kalau hafiz pilot, akan bercerita dia sudah terbang ke mana saja dengan pesawatnya. 

Hafiz Junior 

Hafiz Junior digerakkan oleh baterai, eit tapi bisa diisi dayanya sehingga disediakan kabel charging. Seperti handphone saja. Suara murotallnya menggunakan suara qari' cilik, jadi bacaan Al Qurannya benar ya. Terbuat dari material yang aman untuk anak-anak dan tidak mudah pecah kalau bukan karena diinjak. Bila jatuh sekadar dari atas meja, insya allah tidak pecah. Tersedia juga layanan perbaikan dari PT Al Qolam jika bonekanya rusak. 

Hafiz Dokter

Bagian Belakang

Pada masa promo, setiap pembelian produk ini di Gramedia dan Toys Kingdom akan mendapatkan bonus mushaf Al Quran untuk anak. Jadi boleh langsung didatangi toko Gramedia terdekat. Info tokonya di: www.alqolam.com/toko. Saya sih sudah naksir banget boneka ini tapi masih harus menabung dulu. Semoga saja Salim segera bisa memiliki mainan ini ya..Harapannya bisa hapal juz 30 dulu. Amiin..

Info lebih lanjut tentang produk ini bisa didapatkan di: 

Facebook: Official Al Qolam
Instagram: alqolam_official
Twitter: @AlQolamID
Website: www.alqolam.com dan www.hafizfansclub.com


20 comments:

  1. Pingin punya juga buat Aqla,tp harus nabung dulu

    ReplyDelete
  2. Aku yo nabung seeekkk lewat arisan hahaha. Moga gak lama2 dapatnya biar bisa segera dipakai belajar Al Quran aamiiin :D

    ReplyDelete
  3. aku pun ngerasa hafalan surat pendekku ga banyak hikss..apa hafiz junior bisa juga untuk emak-emak seperti kita hehhee

    ReplyDelete
  4. Iya aku jg mau khatam juz 30 hihihi. Aku suka yg pink lohhh

    ReplyDelete
  5. Aku pengen punya ini, secara hapalannya lengkap dan ceritanya bagus2 pinjem punya ponakan sih dulu

    ReplyDelete
  6. Hapalan Quran jaman now emang beda ya mbak. Sekarang lebih variatif. Lewat hafiz junior aja anak-anak bisa belajar mencintai Al Quran dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  7. Mainan yang mendidik sekali, aku mau beli buat Haidar sepertinya.

    ReplyDelete
  8. ini gemes banget yaaaa.. aku yg non-muslim aja naksir loh sm mainan edukatif gini. beberapa kali liat dan denger lagi dipasang di Gramedia. keren!

    ReplyDelete
  9. Klo aku, terpaksa harus menghafal surah2 pendek itu ketika duduk si bangku SMA. Krn sekolah islam, maka kami dieajibkan menyetor hafalan surah pendek setiap hari.

    ReplyDelete
  10. Aku mau deh yg pilot itu. Karena Arkana juga lagi suka niruin macam suara. Semoga aja dia bisa hapal ayat-ayat al-quran kalau punya hafiz doll

    ReplyDelete
  11. saya suka liat boneka ini, memang membantu anak-anak mengenal al quran dan mempermudah anak-anak belajar dengan menyenangkan

    ReplyDelete
  12. Wah makin canggih ya sekarang. Bermain sambil belajar :)

    ReplyDelete
  13. duuuhhh kayanya punya anak yang bisa hapal al quran itu memang impian setiap orang tua ya... Alhamdulillah banget sudah ada mainan edukatif macam ini...

    ReplyDelete
  14. semakin canggih ya dan seharsunay semakin banyak anak yang bisa menghafal

    ReplyDelete
  15. Mbak..pas untuk bungsuku nih, secara ngajarain hapalan Juz Amma susahnyaaa..(Padahal jaman kakaknya lebih lumayan)..coba ke Gramedia nanti saya:)

    ReplyDelete
  16. Mupeng yang kecil ini. Gampang dibawa buat hafalan SID. Selama ini masih andalkan yutub aja.

    ReplyDelete
  17. Senangnya punya boneka Hafiz yang menarik dan bisa membuat anak mau belajar Al- Quran sejak kecil.

    ReplyDelete
  18. Mengedukasi anak sejak dini tentang agama sangat bagus ya Mba.
    Selain mengenal tetapi anak belajar juga dapat membuka mainset anak-anak.

    ReplyDelete
  19. Wahh..boneka hafidznya lucu2 ya..kalo belajar menghapal al quran pake boneka seperti ini pasti menarik minat anak2 ya mbak? Itu bonekanya untuk anak usia dibawah 7 tahun sajakah?

    ReplyDelete
  20. senang banget ya kalau anak-anak sejak dini hapal Al Qur'an semoga kelak makan banyak anak-anak menghapal Al Qur'an dengan boneka ini dapat memudahkan mengecek bacaannya ya.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...