Tuesday, February 13, 2018

Jalan-jalan ke Pabrik Mitsubishi Cikarang, Lihat Xpander Buat Dibawa Pulang




“Mah, mau ganti mobil nggak?” tanya suami, malam kemarin sebelum saya jalan-jalan ke Pabrik Mitsubishi di Cikarang.
“Mau dong kalau bisa,” jawab saya sambil senyum-senyum.
“Emang maunya ganti mobil yang seperti apa?” 

Saya berpikir sebentar. Maunya sih mobil yang nyaman dan enak dikendarai, khususnya untuk ibu-ibu yang baru belajar naik mobil seperti saya. Mobilnya juga punya tingkat keamanan lebih tinggi, karena nantinya akan saya pakai untuk antar jemput anak sekolah dan anaknya bukan hanya satu lho, tapi tiga. Jadi, mobilnya juga harus lapang dan muat banyak. Untuk mobil yang sekarang kami miliki, saya dan anak-anak merasa kurang nyaman sehingga kami lebih sering naik motor. Suami mengkhawatirkan keselamatan kami kalau berempat naik motor walaupun masih di jalanan kampung.

Saya dan suami sama-sama berpikir mobil apa yang cocok untuk saya. Sampai kemudian saya mendapatkan undangan untuk mengunjungi pabrik baru Mitsubishi di Cikarang yang memproduksi Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport. Perkiraan waktunya, saya akan berangkat dari Subuh dan pulang menjelang tengah malam. Biasanya suami tidak setuju kalau saya bepergian selama itu. Berhubung jalan-jalan kali ini bakal membawa pulang informasi tentang mobil baru yang siapa tahu kami beli, suami pun mengijinkan. Suami mau membantu mengurus anak-anak sebelum berangkat ke sekolah dan pulang kantor lebih cepat. Alhamdulillah. Saya berangkat dari Citayam jam 5 pagi, kumpul dulu di Palmerah bersama rekan-rekan blogger lain jam 7 pagi.

Xpander Plant Tour 

Jelang makan siang, kami mampir dulu ke Telaga Seafood. Rasanya seperti dimanjakan oleh Mitsubishi nih. Setelah diangkut menggunakan bus yang nyaman, kami dijamu makan siang dengan lauk seafood yang lezat. Bagi yang muslim juga dipersilakan menunaikan ibadah salat zuhur dulu di musola yang nyaman. Hujan yang deras dan cuaca dingin tak menghalangi kami untuk meneruskan perjalanan ke Pabrik Mitsubishi Cikarang, menantikan pengalaman lain yang mengesankan.

Di Saung Telaga 


Pabrik Mitsubishi di Cikarang
Mitsubishi Motors sudah ada di Indonesia sejak 40 tahun lalu. Hanya saja per tanggal 1 April 2017, dilakukan restrukturisasi bisnis oleh PT Krama Yudha Tiga Berlians Motor (KTB) yaitu pengalihan bisnis distribusi kendaraan penumpang dan niaga ringan merek Mitsubishi Motors yang ada di Indonesia kepada PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Tujuannya agar lebih fokus pada segmen pasar dan merespon permintaan segmen pasar dengan lebih cepat dan fleksibel. Tentunya juga agar kualitas produk dan layanannya lebih baik, terutama untuk masyarakat di Indonesia.

Pabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang ini berlokasi di Kawasan GIIC Blok CH No. 1 Kota Deltamas, Desa Pasirranji, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Diresmikan pada tanggal 25 April 2017 oleh Presiden Joko Widodo. Tanggal 7 Februari 2018 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang jurnalis, blogger, dan komunitas ke pabrik perakitan Mitsubishi Motors Indonesia yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Kami diajak untuk melihat fasilitas dan proses produksi yang ada di dalam pabrik sehingga yakin bahwa kualitas produksinya sangat baik. Hm, jadi makin penasaran nih seperti apa fasilitas di dalamnya?

Pabrik seluas 51 hektar ini, memiliki karyawan kurang lebih 3000 orang dengan prosentase karyawan wanita 5% dan akan ditambah menjadi 10% di tahun 2018 ini. Pabrik ini memproduksi dua jenis mobil yaitu Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport. Saat ini Mitsubishi Xpander telah dipesan lebih dari 50.000 unit dan akan diekspor ke negara-negara lain seperti Filipina, Thailand, dll mulai tahun 2018. Dalam Xpander Plant Tour di Pabrik Mitsubishi Cikarang ini, kami akan lebih banyak diajak melihat proses produksi dan merasakan pengalaman bersama Mitsubishi Xpander, sebuah mobil Small MPV (Multi Purpose Vehicle) yang diklaim sebagai mobil keluarga dengan bodi gagah dan futuristik, aman, dan nyaman dikendarai.

Konferensi Pers Mitsubishi Expander
Sebelum acara jalan-jalan ke seluruh area pabrik dimulai, kami diajak mendengarkan sambutan-sambutan dari para petinggi dan brand ambassador Mitsubishi Expander. Mr. Kyoya Kondo, Presiden Directur MMKSI menyambut kedatangan para jurnalis, blogger, dan komunitas dan memperkenalkan brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia: Rifat Sungkar yang nantinya akan menemani kami semua terutama saat test drive. Ya, selain Plant Tour, kami juga diajak merasakan sendiri serunya berkendara menggunakan Mitsubishi Xpander karena Feeling is Believing. Tentunya hanya blogger yang telah memiliki SIM A yang boleh menyetir. Blogger lain ikut sebagai penumpang.

Mr. Takao Kato

Untuk mengetahui pabrik Mitsubishi secara luas, Mr. Takao Kato, Direktur Non Eksekutif MMKSI merasa senang dengan kedatangan pada jurnalis, blogger, dan komunitas. Xpander adalah model terbaru. Sejauh ini, Xpander telah memenuhi kualitas produk untuk memuaskan para pelanggan istimewa. MMKSI telah memulai ekspor Xpander ke negara-negara ASEAN dalam beberapa bulan. Itu artinya kualitas produk Xpander telah memenuhi standar global. Kapasitas produksinya saat ini telah mencapai 1600 unit. Xpander diproduksi di pabrik yang berlokasi di area komplek industri GIIC dengan total investasi 7,5 Trilyun.

Mr. Takao juga memperlihatkan denah pabrik Mitsubishi Cikarang yang nantinya akan dijelajahi oleh para blogger. Pabrik ini sangat bersahabat dengan lingkungan, Environment Friendly Plant. Kegiatan produksi dilakukan dengan menghemat air tanah. Air yang digunakan berasal dari daur ulang air limbah, kemudian dalam proses produksi digunakan air hujan. Walaupun begitu tentu saja produk yang dihasilkan tetap berkualitas.

Rifat Sungkar, brand ambassador Mitsubishi Expander, menjelaskan bahwa Xpander sesuai dengan taglinenya: Your Next Generation MPV. Penampilan Xpander dibuat supaya generasi sekarang bisa menikmati sebuah kendaraan yang disainnya attraktif dan nyaman dikendarai. Ini sesuai dengan market Indonesia. Dilihat dari bentuknya, Xpander memiliki signature design yaitu Dynamic Shield, konsep bagian depan muka kendaraan ini adalah identitas baru dari seluruh kendaraan Mitsubishi, dimulai dari Pajero Sport, Outlander, dan Mitsubishi Xpander.

Rifat Sungkar 


Desain attraktif ini dapat dikombinasikan dengan 3 titik lampu yang menentukan positioning mobil. Bagian atas LED posititioning light, lampu depan utama di bagian bemper, Foglamp (lampu kabut) di bagian bawah. Posisi lampu di bemper bukan posisi lampu yang rendah, tapi karena konsep disain futuristik, sehingga efeknya seperti posisi lampu rendah padahal penerangannya sudah maksimal. Bagian samping memiliki garis patahan yang futuristik. Terutama di samping belakang ada roof dengan garis warna hitam. Ada konsep Floating Roof, antara atap dan bagian bawah body seakan melayang. Suatu keselarasan disain Dynamic Shield yang dipertahankan agar memiliki impresi yang positif terhadap kendaraan baru Mitsubishi.

Bagian belakang memiliki penampilan menarik. Posisi lampu belakang sangat tinggi dengan bentuk garis melengkung yang futuristik. Dengan menggunakan LED sebagai penerangan di bagian kendaraan, sangat membantu saat berkendara. Terutama bila berkendara di malam hari yang membutuhkan penerangan maksimal agar tidak terjadi kecelakaan.

Kelebihan utama Mitsubishi Xpander adalah Omoterashi, yaitu hospitality. Dengan hospitality yang baik, Mitsubishi Xpander memiliki berbagai tempat penyimpanan. Ada 19 titik penyimpanan di dalam mobil. Menunjukkan kepedulian terhadap keluarga Indonesia yang suka membawa banyak barang. Contohnya ibu-ibu kalau bepergian tidak cukup hanya membawa satu sepatu. Walaupun tempat penyimpanannya banyak, spacenya tetap besar.

Rifat juga menyebutkan kecintaannya kepada Xpander yang dibuktikan dengan memiliki 4 mobil Xpander di rumahnya. Kelengkapan Xpander melebihi ekspektasi. Ada audio, monitor mundur. Anak juga aman dan tentram dengan charging yang cukup banyak. Jadi, kalau bawa banyak gadget pun tak masalah. Untuk mendapatkan posisi duduk yang ideal, stirnya bisa naik turun, didorong, dan ditarik.


Mesinnya punya konsep efisiensi bahan bakar yang tinggi, 1500 cc dengan tenaga yang cukup sesuai kebutuhan. Mesin ini cenderung memiliki torsi yang cukup baik. Tidak perlu digas terlalu dalam karena akan memboroskan bahan bakar. Mobil ini ekstraordinary, di atas rata-rata. Kita harus punya mobil yang bisa mengikuti selera kita. Selera Rifat adalah balap. Kenapa handling mobil ini beda? Lebih seperti sport sedan dengan suspensi yang empuk. Kontruksi dari suspensi mobil ini mengadopsi teknologi Mitsubishi Lancer Evolution. Dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan mobil keluarga.

Untuk keamanannya, ada Rice Body, ABS, tiga titik Safety Belt, tingkat keamanan aktif dan pasif, Emergency Stock Signal. Beberapa varian atas sudah menggunakan Traffic Control. Rifat menunjukkan test track yang nanti dilakukan saat test drive. Ada 4 titik Pengereman ABS di tempat licin, kesenyapan kabin dengan permainan suspensi, tempat speed up, total body control dengan melewati jalanan zigzag, dan circle aid untuk mengetahui manuver ability dari radius putar kendaraan.

Keliling Pabrik Mitsubishi Cikarang
Usai mendengarkan Konferensi Pers, kami pun diajak berkeliling Pabrik Mitsubishi Cikarang. Kami dibekali audio system untuk mendengarkan penjelasan pemandu tur, kacamata saat memasuki bagian pengelasan, dan topi dengan logo Mitsubishi. Kami diajak menaiki bus yang akan mengantar kami ke setiap tahapan proses produksi. Pemandu menjelaskan selain area proses produksi, pabrik ini juga dilengkapi kantin, masjid, loker, area parkir yang menampung sekitar 200 mobil dan 400 motor. Semua mobil yang terlihat di parkiran tentu saja bermerk Mitsubishi.

Stampling
Ini adalah bagian pertama yang kami masuki. Para blogger dipandu untuk berjalan di area kuning agar tidak terlalu dekat dengan tempat produksi. Suara mesin-mesin berat bersautan. Itu mengapa kami diberikan alat dengar agar bisa mendengarkan suara pemandu. Stampling adalah bagian pengepresan di mana material kit dipress menjadi bahan-bahan penopang mobil seperti pintu mobil.

Wellding
Selanjutnya kami memasuki bagian pengelasan di mana terlihat para pekerja sedang mengelas rangka-rangka mobil. Di sinilah kami perlu mengenakan kacamata pelindung agar serpihan-serpihan dari las itu tidak masuk ke mata. Berhubung saya sudah menggunakan kacamata, jadi saya tidak perlu lagi menggunakan kacamata.

Blogger Plant Tour 


Assembling
Bus membawa kami ke bagian Assembling dan seperti sebelumnya, kami juga harus tetap berjalan di area kuning. Assembling adalah proses pemasangan rangka-rangka mobil. Di bagian ini terlihat mobil-mobil yang sudah terpasang bagian-bagiannya. Per hari dapat diproduksi sebanyak 176 unit dengan jumlah pekerja sekitar 120-an.

Painting
Selanjutnya adalah bagian pengecatan, tetapi kami tidak bisa memasukinya karena berbahaya. Proses tersebut juga dilakukan oleh robot. Sekitar 40% robot dipekerjakan di Pabrik Mitsubishi Cikarang ini, terutama untuk melakukan pekerjaan yang berbahaya bila dilakukan oleh manusia. Beberapa mobil yang sudah dicat terlihat berwarna merah,hitam,putih, dan abu-abu. Duh, beneran mau bawa pulang yang warna merah atau putih deh.

Repairing
Di bagian ini, mobil yang sudah jadi akan diperiksa kembali kalau saja ada yang sedikit penyok atau kurang sempurna, maka akan diperbaiki kembali. Ini menunjukkan kualitas kontrol Mitsubishi yang ketat sehingga memastikan hanya produk yang berkualitas saja yang dijual ke pasar.

Finishing
Pada bagian ini, dilakukan tes pada beberapa perangkat mobil seperti lampu dan rem.

Terakhir, bersama Rifat Drive Lab, saya mencoba menaiki Mitsubishi Xpander Sport 232 warna hitam sebagai penumpang. Pengendara menyebutkan harga paling murah dari tipe ini adalah Rp189 juta, sedangkan yang Ultimate Rp 253 juta. Yang saya rasakan setelah mencobanya, kursinya empuk dan nyaman. Rem ABS bekerja. Memiliki fungsi antilock backing system, pengereman tanpa menguni roda. Walaupun berjalan di batu kerikil, rem tetap berfungsi.

Test Drive

Wow, pengalaman melakukan Xpander Plant Tour bersama teman-teman blogger ini sangat mengesankan buat saya walaupun tiba di rumah kembali menjelang tengah malam. It’s okay. Kapan lagi ya bisa melihat langsung proses pembuatan mobil berkualitas global ini? So, saya pun membisiki suami, “Yah, Xpander boleh nih….”


15 comments:

  1. Pas di GIIAS tahun lalu, Xpander menjadi salah satu mobil yang banyak dibeli. Fitur-fiturnya pas buat keluarga Indonesia

    ReplyDelete
  2. Aku pakai Mitsubishi juga tapi yang outlander. Memang kuat dan gagah sih mba. Kalau berpergian luar kota nyaman banget :)
    ya ampun itu beneran pulang tengah malam? Hehhee

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen punya XPander ya mak hehe.

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen punya mobil Mitsubishi. Kekuatan dari mobil ini bagus bgtt ya...selain kuat jg nyaman ya...tambah mupeng deh...

    ReplyDelete
  5. Wow keren bisa melihat proses perakitan mobil.
    Kayaknya ini mobil oke ya buat mudik atau perjalanan jauh :D

    ReplyDelete
  6. Iyaaa seru banget bisa factory visit gini yahh, apalagi melihat perakitan mobil keren😍

    ReplyDelete
  7. XPander mobil impiam keluarga aku nih mba, keren banget deh bisa langsung lihat pembuatan nya.
    Mitshubishi sudah tidak diragukan lagi dalam membuat mobil.

    ReplyDelete
  8. Woooaaaa... luas banget pabriknya 51 hektar dengan karyawan 3000 orang. Expander cocok nih buat ke mana aja terutama traveling ya mb Leyla. Bungkuuuus ��

    ReplyDelete
  9. Mau banget punya mobil kayak gini. Lengkap fasilitasnya. Aku belum pernah lho ke pabrik mobil, kesempatan bagus ya mak ela bisa datang kesana

    ReplyDelete
  10. Licin bisa ngepot wus... Wus. Yg lain minggir

    ReplyDelete
  11. Wow..gagah dan tangguh body mobilnya, speknya juga lebih berkualitas. Lincah utk diajak bertualang kayanya

    ReplyDelete
  12. Cocok mbak beli Xpander. Bagian tengah dan belakang luas, nyaman buat anak-anak. Dibanding Pajero Sport, Xpander lebih ga goyang (apa sih bahasanya, hahah). Serius deh soalnya aku udah cobain keduanya dan suka banget Xpander.

    ReplyDelete
  13. Pengalaman seru dan bermanfaat sekali ya mbak, apalagi sampai melihat langsung proses perakitannya. Keren deh tuk Mitsubishi.

    ReplyDelete
  14. Sodaraku sampe mau beli Xpander lho mba. Aku juga jadi pengen lho. Lega dan nyamam banget soalnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...