Thursday, August 6, 2020

5 Aplikasi Baca Novel dan Komik yang Seru dan Terjangkau

Selama pandemi virus corona ini, ada hobi lama yang bersemi kembali yaitu membaca novel dan komik. Saya membaca novel dan komik di aplikasi karena lebih cepat, mudah, dan ada banyak pilihan judul yang bisa dibaca bergantian. Ada 5 aplikasi baca novel dan komik yang seru dan terjangkau yang terpasang di ponsel saya, karena kontennya bagus-bagus, legal, dan biaya top up koinnya juga terjangkau. Jangan membaca novel dan komik ilegal atau bajakan ya, karena itu sama saja dengan mematikan rezeki penulis novel dan komikusnya. Kasihan dong mereka sudah capek memikirkan ide tulisan dan menuliskannya, eh hasil karyanya dibajak dan disebarkan tanpa izin.


Berikut ini 5 aplikasi baca novel dan komik yang seru dan terjangkau rekomendasi saya untuk mengisi waktu luang di rumah:

Cabaca
Aplikasi membaca novel yang satu ini novel-novelnya sangat berkualitas. Penulis tidak bisa mengunggah sendiri novelnya ke dalam aplikasi, karena harus melalui seleksi editor dengan rentang waktu 3-5 bulan. Nanti setelah naskahnya lolos seleksi, penulis akan mendapatkan fasilitas editing dan juga kover dari aplikasi tersebut. Sehingga novel yang diunggah di aplikasi tersebut, sama berkualitasnya dengan novel yang lolos penerbit buku besar. Pembaca pun merasa nyaman membaca, karena ceritanya menarik, bahasanya enak dinikmati, dan minim typo.

Para pembaca juga mendapatkan reward berupa kerang gratis jika sudah membaca 10 menit, memberikan komentar di tiap bab, memberikan rating novel, dan membagikan novel ke media sosial. Kerang gratis nantinya bisa digunakan untuk membeli bab baru yang masih terkunci. Setiap novel, diberikan 3 bab gratis. Selanjutnya, kita harus membayar menggunakan kerang dengan jumlah yang terjangkau, yaitu antara 10-30 kerang. Dengan demikian, pembaca dan penulis sama-sama diuntungkan.



Storial
Aplikasi ini banyak menerbitkan novel karya penulis terkenal. Jadi, kalau mau baca karya penulis terkenal, langsung deh buka saja Storial. Ada novel yang gratis, ada juga yang berbayar. Para penulis bisa langsung mengunggah naskahnya di Storial dengan kover yang dibuat sendiri. Untuk novel yang gratis, kita harus pintar-pintar memilih juga karena tidak ada editor yang membantu mengoreksi naskah.

Sedangkan novel yang berbayar dilabeli sebagai novel premium dan biasanya sudah terjamin kualitasnya ya dari segi kover dan ceritanya. Untuk menjadi novel premium, memang karya tersebut akan diseleksi dulu oleh tim Storial. Pembaca bisa membaca bab gratis sampai sekian bab (antara 10-20 bab), kemudian kalau masih penasaran ya harus membeli bab selanjutnya. Harganya juga terjangkau hanya 20 koin per babnya. Koin ini nantinya akan menjadi royalti bagi penulis (setelah dibagi 2 dengan pihak storialnya), jadi penulis pun termotivasi terus untuk menulis.


Dreame
Ini aplikasi baca novel berskala internasional, sehingga kita bisa membaca karya-karya penulis lokal dan internasional dan memilih bahasa yang ingin digunakan. Para penulis Indonesia juga bisa mengunggah karyanya dan mendapatkan royalti berdasarkan kualitas karya serta keterbacaan. Tersedia juga beragam kompetisi menulis dengan hadiah jutaan rupiah. Sama halnya dengan kedua aplikasi di atas, kita bisa membaca bab-bab awal secara gratis. Kalau ceritanya membuat penasaran, kita bisa membeli koin untuk bisa membaca bab-bab yang berbayar.



Line WebToon
Siapa yang belum kenal Line WebToon? Aplikasi dari Korea ini sudah lama menemani saya, karena komiknya seru-seru dan membuat penasaran apalagi banyak bab gratis yang disediakan di awal. Gambar dan ceritanya bagus-bagus, bahkan ada yang sudah diangkat menjadi drama korea juga seperti Cheese in Trap dan Itaewon Class. Tentu saja kalau penasaran dengan ceritanya tapi babnya sudah dikunci, berarti harus beli koin webtoon.



KakaoPage
Satu lagi situs webtoon asal Korea yang akan memanjakan kita dengan komik-komik negeri ginseng dengan gambar dan cerita menarik. Di halaman depan, kita langsung disuguhkan deretan komik romantis yang membuai perasaan kaum hawa. Auranya seperti di drakor-drakor. Selain komik romantis, komik yang lucu-lucu juga ada kok. Ada episode gratis yang bervariasi pada setiap judulnya, mulai dari 5-10 episode. Setiap harinya, kita mendapatkan tiket gratis untuk membaca 1 episode lagi pada setiap komik. Kalau tidak sabar ingin membaca kelanjutannya karena harus menunggu 24 jam, kita harus membeli tiket. Ada bonus cash juga untuk dibelikan tiket setiap kali login.

Buat kamu yang tidak sabar menunggu episode gratis karena ceritanya sangat seru, juga karena ada cerita-cerita yang tidak bisa dibaca secara gratis, berarti kita harus beli koin webtoon atau tiket. Tenang saja, harganya terjangkau kok. Bahkan ada yang hanya perlu top up Rp 5.000 saja. Wuih, murah kan. Kamu tidak akan penasaran lagi dengan jalan ceritanya deh. Selain itu, kita juga membantu memotivasi para penulis dan komikus agar semangat berkarya karena toh koin atau tiket yang kita beli itu nantinya akan menjadi royalti pembayaran untuk penulis dan komikusnya.


Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara membeli koin atau tiket tersebut? Setiap aplikasi memiliki beragam cara pembayaran, bisa menggunakan pulsa, transfer bank, kartu debit, dan anak-anak milenial pasti senang sekali dengan sistem pembayaran yang satu ini yaitu GoPay. Mengapa? Soalnya sekarang kita sudah terbiasa menyimpan uang di GoPay. Ternyata untuk beli koin webtoon atau tiket novel dan komik di aplikasi juga bisa memakai GoPay lho. Pastikan dulu aplikasinya tersedia metode pembayaran dengan GoPay. Mengapa sebaiknya kita membeli koin dan tiket menggunakan GoPay? Selain praktis dan mudah, ada cashback juga dari GoPay yaitu promo google play. Jadi lebih murah lagi kan harga tiket dan koinnya.

KakaoPage adalah salah satu aplikasi membaca komik yang menerima pembelian tiket dengan menggunakan GoPay. Berikut ini cara melakukan pembelian tiket Kakaopage menggunakan GoPay:

Masuk dulu ke akun Google Play Store kita, lalu klik Metode Pembayaran.



Selanjutnya, kita pilih metode pembayaran menggunakan GoPay.

Lalu, hubungkan google play dan GoPay dengan mengklik lanjut, pastikan nomor handphone yang tertera adalah nomor handphone yang didaftarkan di GoPay.



Masukkan PIN GoPay, kalau PIN-nya belum terpasang. Kita akan mendapatkan notifikasi kalau berhasil terhubung antara Google Play dan GoPay.



Terakhir, kita masuk ke aplikasi Kakaopage lalu lakukan pembelian dan pilih pembayaran dengan GoPay. Masuk ke aplikasi, lalu langsung deh berlangganan dengan klik "1-tap buy".



Promonya ada apa saja sih? Nah, untuk semua pengguna GoPay sering ada promo cashback nih di bulan Agustus 2020 ini. Untuk promo Kakaopage ada juga, lho langsung klik link di sini. Bagi kamu yang mau berlangganan aplikasi dan games dengan GoPay dan mau tahu promo-promonya, langsung aja klik link ini. Ajak teman-temanmu juga, ya! Mudah sekali kan? Kita bisa membaca novel dan komik yang kita sukai. Selamat membacaaa…..

20 comments:

  1. Pakai gopay memang bikin mudah buat langganan beberapa aplikasi seperti Webtoon, beli koin istilahnya ya?

    ReplyDelete
  2. Wah jaman now baca komik pun ada beerapa aplikasinya ya. Bisa beli fiturnya pakai GoPay pula. Praktis.

    ReplyDelete
  3. Aku juga baca di Cabaca nih, tp skrg lebih sering di Wattpad :)
    Aku baru tau kalo ada yg berbayar

    ReplyDelete
  4. Ternyata gampil banget kalo mau langganan app baca novel dan komik
    Gopay emang memudahkan hidup!

    ReplyDelete
  5. Wah, punya akun gopay gp gak diaktifin, ternyata bisa digunakan utk aktivitas kemudahan langganan aplikasi baca novel.

    ReplyDelete
  6. Senang banyak rekomendasi tempat buat baca novel online nih. Semakin banyak pilihan, semakin banyak kesempatan untuk menambah wawasan baca kita ya

    ReplyDelete
  7. makasih infonya, banyak juga ya bisa pilih2 ini

    ReplyDelete
  8. wah sekarang serba praktis begini yak.. ada GoPay yang membuat mudah banyak haldalam transaksi keuangan ya.. hehe...

    ReplyDelete
  9. UDah lama gak baca novel nih, gak pernah beli lagi juga. Solusi bagus ini bacanya pakai aplikasi aja apalagi bisa pakai gopay

    ReplyDelete
  10. Belum pernah baca novel dan komik online euy. Gak kuat mandangin layar hpnya. Baca postingan blog aja saya mah wkwkwk..eh tapi emang pernah denger sih beberapa nama di atas. Salah satunya yaa storial itu.

    ReplyDelete
  11. Wah aku belum pernah nyoba nih. Ntar aku coba ah lumayan jadi pilihan alternatif baca saat naik kereta :)

    ReplyDelete
  12. Ketinggalan banyak nih aku bun, baru ngakses satu tok storial eheheh yang lain belum. Penasaran cabaca

    ReplyDelete
  13. Aku jadi ingat ada challenge di grup membaca, tapi syaratnya harus instal Cabaca dulu.
    Seru yaa..baca novel jaman sekarang.
    Pakai koin untuk melanjutkan membacanya.

    ReplyDelete
  14. Aku butuh gawai yang mumpuni aku install aplikasi seperti ini
    Karena yang sekarang sudah penuh sama app edit foto

    ReplyDelete
  15. Aku masih asing dengan aplikasi-aplikasi ini, Mbak, karena aku memang jarang baca novel via HP. Tapi, bisa nih kubookmark kalau suatu hari mulai kepincut sama aplikasi ini. Kalau soal bayar-bayar pakai Gopay, aku andalan banget sih buat belanja. Eh, buat beli aplikasi premium juga bisa kan ya.

    ReplyDelete
  16. Saya hanya line web toon.
    Jangan membaca yang ilegal, kasihan penulisnya. Saya setuju banget.

    ReplyDelete
  17. aplikasi yang bisa kita pakai lumayan banyak juga yaaa mba dan aku belum pernah coba niiih mba

    ReplyDelete
  18. Semakin mudah ya. Bisa beli coin untuk baca novel dengan Go Pay

    ReplyDelete
  19. Nanti di coba deh baca2 novel lewat aplikasi tuk menambah perbendaraan kata

    ReplyDelete
  20. Hi kak, terima kasih rekomendasinya :D
    Btw, ini kebanyakan isinya novel-novel seperti Wattpad ya? Yang belum dirilis di toko buku gitu. Benar kah?

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...