Saturday, August 22, 2020

Hindari Kepala Bayi Peyang dengan Baby CloudFoam Bantal Anti Peyang

"Kepalanya harus sering diubah-ubah ya posisinya supaya nggak peyang."

Demikian pesan ibu mertua saya, ketika saya baru memiliki anak pertama. Alhasil, setiap 30 menit, saya mengubah posisi kepala bayi agar tidak menghadap ke arah yang sama terus-menerus. Terutama pada siang hari, saat bayi tidur lebih lama. Kalau tidak begitu, nanti kepalanya  peyang karena tempurung kepala bayi masih belum keras sehingga bisa berubah bentuk bila mengalami tekanan yang berlebih. 

Bantal Anti Peyang


Kepala bayi memang menjadi salah satu pusat perhatian ibu-ibu bila bentuknya tidak normal atau peyang. Entah mengapa kalau saya membawa bayi keluar rumah, pasti mereka akan mengomentari kepala bayi saya. Alhamdulillah, kepala bayi saya tidak peyang. Ternyata memang saya pernah melihat kepala bayi yang peyang, yaitu bentuknya datar di belakang akibat terlalu lama tidur dalam posisi telentang. 

Ada beberapa tips untuk menghindari kepala bayi agar tidak peyang, yaitu: 

Sering mengubah posisi tidur bayi

Cara ini yang saya sebutkan di atas tadi. Bayi memang lebih sering tidur dalam posisi telentang, tapi sesekali harus diubah posisinya. Misalnya, kepala menghadap ke kiri, kemudian diubah lagi menghadap ke kanan. Jangan sampai kepala bayi terus-menerus dalam posisi yang sama. 

Sering menggendong bayi

Pernah dengar omelan orangtua supaya kita jangan sering menggendong bayi karena nanti bayi jadi bau tangan? Untungnya, bayi saya itu sering menangis, jadi harus sering saya gendong. Memang sih capek sekali, tapi ada baiknya juga. Dengan sering menggendong, posisi kepala bayi jadi berubah-ubah, tidak selalu dalam keadaan tidur telentang. Jadi, tidak apa-apa lho sering-sering menggendong bayi. 

Posisikan bayi dalam keadaan telungkup

Pada bayi yang sudah bisa mengangkat kepala, ketika dia sedang tidak tidur, sebaiknya badannya ditelungkupkan. Selain untuk menguatkan otot leher, juga mencegah kepalanya menjadi peyang karena telentang terus.

Gunakan Bantal Anti Peyang 

Bantal anti peyang untuk bayi bisa menjadi alat terapi untuk mencegah dan memperbaiki kepala bayi agar tidak peyang. Hindari kepala bayi peyang dengan Baby CloudFoam, bantal anti peyang yang berisi kulit kacang hijau yang sudah diolah tanpa proses kimia, sehingga sesuai dengan kepala bayi yang masih lunak dan aman digunakan untuk bayi. Disebut juga Bantal Kacang Ijo.

Bantal Anti Peyang


Gunakan Baby CloudFoam, bantal anti peyang saat bayi berusia 0-9 bulan. Pengalaman saya menggunakannya, bantal ini sangat nyaman untuk kepala bayi. Bahan kain bantalnya terbuat dari flanel, sedangkan bahan isi bantalnya terbuat dari katun 100%, sehingga tidak panas. Karena terbuat dari kulit kacang hijau, jadi tidak keras untuk kepala bayi dan mengikuti bentuk kepala bayi. Selain itu, ada efek pijatannya juga sehingga memperlancar  peredaran darah di kepala bayi. Ini juga bagus untuk menumbuhkan rambut bayi dan membentuk tulang kepala bayi agar bulat dan normal. 

Baby CloudFoam, bantal anti peyang yang saya gunakan itu ada dua macam yaitu: 

Baby CloudFoam Pillow

Bantal untuk di kasur yang bisa juga digunakan di lantai yang sudah dialasi karpet ya, ketika bayi sedang bangun atau bermain-main. Ukuran bantalnya sesuai dengan kepala bayi. Sebelum digunakan, ratakan dulu bantalnya dengan tangan kita, supaya kulit kacang hijau yang ada di dalamnya juga merata. Kemudian, tekan dan letakkan kepalan tangan kita ke tengah bantal sesuai posisi kepala bayi.

Bantal Anti Peyang


Bantal Anti Peyang


Letakkan kepala bayi di tengah bantal yang tadi sudah dibentuk dengan kepalan tangan. Bayi pun bisa berbaring dengan nyaman. Sesekali tetap perlu kepala bayi dipalingkan ke kanan dan ke kiri secara bergantian supaya efek pijatannya makin terasa. 

Harganya Rp 198.000.

Baby CloudFoam Hand Pillow 

Ini adalah bantal untuk lengan yang dipasang di lengan kita, karena ada karetnya, digunakan saat Ibu sedang menggendong bayi. Jadi, pada saat menggendong bayi untuk menyusui atau sekadar menidurkan di lengan, bisa menggunakan bantal anti peyang yang dipasang di lengan. Bantalnya ringan dan tidak akan mengganjal kepala bayi. Nyaman sekali digunakan. 

Bantal Anti Peyang


Cara menggunakannya: masukkan tangan kita ke dalam karet di belakang bantal, posisikan di lengan karena bentuknya sesuai dengan lengan orang dewasa. Lalu, tekan bagian tengahnya dengan kepalan tangan. Baru kemudian letakkan kepala bayi di tengah bantal itu, dalam posisi digendong. Bayi jadi lebih nyaman nih karena digendong dengan menggunakan bantal. Biasanya kan hanya beralaskan lengan Ibu, yang bisa jadi kurang nyaman untuk kepala bayi. 


Bantal Anti Peyang


Bantal Anti Peyang


Harganya Rp 90.000.

Untuk merawat bantal ini agar awet, bantal tidak boleh dicuci. Yang boleh dicuci adalah sarung bantalnya. Jadi, keluarkan dulu isi bantalnya sebelum sarungnya dicuci. Mencuci sarung bantalnya juga sebaiknya menggunakan tangan, bukan mesin, agar tetap awet. 

Isi bantalnya bisa dijemur saja, sehari sekali atau dua kali, tergantung cuacanya. Kalau cuaca dingin di mana bayi sedikit berkeringat, maka cukup dijemur sekali sehari. Tapi kalau cuaca panas dan bayi sering berkeringat, maka isi bantalnya harus dijemur dua kali sehari. Kalau tidak ada sinar matahari, bantalnya bisa cukup diangin-anginkan saja menggunakan kipas angin.  

Kalau kepala bayi sudah terlanjur peyang, maka gunakan bantal Baby CloudFoam ini sesuai dengan arah peyangnya. Misalnya, peyang di sebelah kiri, maka kepala bayi harus sering dihadapkan ke kiri. Begitu juga sebaliknya. Gunakan bantal anti peyang ini sesering mungkin ya, untuk mempercepat pemulihan kepalanya. Tidak hanya saat tidur, tapi juga saat sedang bermain. 

Baby CloudFoam memiliki pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Anak-anak saya kan laki-laki semua, jadi saya pilih warna biru. Ada warna lainnya seperti merah, hijau, ungu, abu-abu,merah muda, dan biru muda. Lengkapnya ada 7 varian warna yang bisa dipilih sesuai selera ibunya. Ya, soalnya anak bayi kan belum bisa memilih warna. 

Ukuran bantalnya 35 x 24 x 3 cm dan berat 300 gram. Beratnya ringan, jadi bisa dibawa ke mana-mana nih. 

Selain Baby CloudFoam Pillow dan Hand Pillow, ada juga Guling Baby CloudFoam Rp 100.000 dan Selimut Baby CloudFoam Rp 150.000. Kalau beli satu paket (Bantal, Guling, Bantal Tangan, dan Selimut), harganya hanya Rp 458.000. 

Alhamdulillah, setelah menerapkan tips-tips di atas, sekarang kepala anak-anak saya bulat sempurna dan tidak peyang. Gunakan bantal bayi yang sesuai ya Ma, yaitu bantal anti peyang, Baby CloudFoam agar kepala bayi tidak peyang. 


#AhlinyaBantalAntiPeyang

#BantalPeyang

#BantalBayi

#BantalKacangIjo

#BabyCloudFoam

 

 



 



18 comments:

  1. Jadi ingat saat anak-anak saya masih bayi. Selalu diingatkan tentang kepala peyang. Alhamdulillah sekarang ada bantal yang bikin nyaman begini

    ReplyDelete
  2. jaman anak saya lahir saya juag diingatkan sama ortu dan mertua biar nggak peyang kepalanya mbak, jadi solusinya saya harus rajin ganti posisi tidur anak :)

    ReplyDelete
  3. Nostalgia mba jadinya, inget dulu bantal peyang ada punya beberapa demi kepala anak bayi nggak peyang... Tapi malah agak peyang karena gendong yg hanya 1 sisi aja :)

    ReplyDelete
  4. anak2ku waktu bayi juga aku belikan bantal anti peyang, mbak, tapi yang model jadul gitu. lah tapii sayangnya mereka sama-sama gak suka pakai bantal anti peyang, jadi paling cuma kepake satu bulanan ajaa wkwk eman2 lah yaa

    ReplyDelete
  5. tuh kan perlengkapan baby jaman now itu super duper bermanfaat semua, keren banget ini inovasi bantal anti peyang

    ReplyDelete
  6. peralatan wajib punya buat newborn ini ya soalnya kalo peyang kasian juga, inovasinya keren

    ReplyDelete
  7. waa terima kasih info dan sharingnyaaa, kalo jaman dulu pernah denger dipakein beras atau kulit kacang hijau yaa, sekarang udah praktis dan ga repot nih hihihi

    ReplyDelete
  8. Jujur kubaru tahu kak kalau kepala peyang itu beneran bisa kejadian. Ku kira hanya mitos lho :( Thank you for the info kak, bakal jadi info penting saat nanti punya baby.

    ReplyDelete
  9. Jangan digendong terus anaknya nanti bau tangan, ini tuh selain orang tua yang ngomong terus teman-teman juga pada sering sih. Dulu aku juga menggunakan bantal anti peyang karena dibilangin mamahku jangan sampai salah pilih bantal nanti kepala anaknya peyang.

    ReplyDelete
  10. suka sama birunya, tadi saya ga ngerti apa itu peyang hehehe akhirnya saya paham maksudnya apa. aku pikir dulu istilah ini hanya mitos ternyata ada ya beneran

    ReplyDelete
  11. Kasih tahu adik aku ah. Dia lagi hamil dan kayaknya kelak bakal butuh bantal kyk gini. Makasih infonya kakakk..

    ReplyDelete
  12. keren ini mba aku baru tahu sekarang sudah ada bantal anti peyang wah lumayan ini buat kado buat ipar

    ReplyDelete
  13. Waktu anak bayi kemarin aku juga pakai bantal peyang dari kulit kacang hijau selain bisa mengatasi peyang dia juga punya sirkulasi udara jadi nggak bikin botak belakang.

    ReplyDelete
  14. Baru tau lho bun sekarang ada bantal anti peyang.
    Jadi pengen beli juga bua persiapan tar kalau hamil eheheheh
    beli sepaket jauh lebih murah jatuhnya ya bun

    ReplyDelete
  15. Aku inget banget dulu rio pas bayi tidurnya madep ke satu arah terus hahaha. HArus dipantau dan dibalik setip 10 menit bahahaha. Belum tau ada iniii

    ReplyDelete
  16. Sekarang kalau jalan-jalan ke Baby Shop suka amazing.
    Banyak banget inovasi merawat bayi agar lebih nyaman. Termasuk bantal anti-peyang ini.
    Kiyuutt banget yaa...model dan warnanya cerah.

    ReplyDelete
  17. beneran loh ini. dulu anakku peyang karena tidurnya menghadap kesatu sisi aja. terus dikasih tau pakai bantal kacang. terus bentuk kepalanya balik lagi deh. gak peyang lagi. beneran membantu.

    ReplyDelete
  18. Wah boleh nih dicoba, anakku nggak peyang sih cuma emang dia gak suka aja tidur pake bantal. Mungkin kalau pakai bantal kacang ijo ini dia mau.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...