Wednesday, December 8, 2021

Cara Mengatur Pekerjaan Rumah agar Cepat Selesai

Menjadi ibu rumah tangga tanpa asisten itu memang melelahkan. Sudah sejak si bungsu berusia 4 tahun, saya tidak lagi menggunakan asisten rumah tangga karena si bibi sedang hamil muda dan mengidam parah sehingga tidak masuk kerja berhari-hari. Jadilah saya memutuskan untuk memberhentikannya. 
 
Cara Mengatur Pekerjaan Rumah

 



Awalnya terasa berat sekali melakukan pekerjaan rumah tangga sambil mengasuh tiga anak kecil sendirian. Sepertinya 24 jam masih kurang. Apalagi saya juga punya pekerjaan sampingan yaitu menulis novel, blog, dan membuat konten untuk media sosial. Ada kalanya saya ingin mengundurkan diri, tapi mana mungkin?  

Jadi, yang harus saya lakukan adalah mengatur cara melakukan pekerjaan rumah tangga agar cepat selesai dan bisa melakukan pekerjaan sampingan. Berikut cara yang sudah saya lakukan: 

Membagi Pekerjaan Harian dan Mingguan 
Tidak semua pekerjaan rumah tangga harus dilakukan setiap hari. Untuk pekerjaan seperti memasak dan mencuci piring itu saya lakukan setiap hari. Mencuci pakaian dua hari sekali. Mengepel lantai, membersihkan kamar mandi, dan menyetrika pakaian seminggu sekali. Dengan begitu, pekerjaan rumah jadi cepat selesai. 

Menerapkan Kerjasama Keluarga 
Suami dan anak-anak juga harus membantu pekerjaan rumah tangga, agar Ibu tidak kecapaian sendiri. Suami saya kadang membantu memasak sarapan, mencuci piring, dan mencuci pakaian. Anak-anak juga kadang menbantu mencuci piring dan menjemur pakaian. 

Membuat Aturan Kebersihan Rumah 
Agar rumah tidak cepat berantakan kembali setelah dibersihkan, terapkan aturan kebersihan rumah seperti meletakkan pakaian kotor di mesin cuci agar tidak berserakan di mana-mana, meletakkan piring kotor di tempat cuci piring agar meja makan tetap bersih, dan membuang sampah di tempat sampah agar sampah tidak tersebar di seantero rumah. 

Menggunakan Bantuan Teknologi 
Perkembangan teknologi juga membantu pekerjaan rumah agar cepat selesai. Masak nasi pakai rice cooker, mencuci pakaian dengan mesin cuci, memanaskan air dengan dispenser, bahkan ada juga mesin cuci piring dan setrika. 

Kalau menyetrika pakaian, saya hanya menyetrika pakaian kantor dan seragam sekolah anak-anak. Pakaian rumahan cukup dilipat. Salah satu pekerjaan rumah yang tidak saya sukai adalah menyapu lantai. Soalnya debunya itu tak habis-habis. Apalagi remahan makanan yang jatuh ke lantai karena anak-anak suka ngemil. 

Daripada capai, gunakan teknologi Vacuum Cleaner. Walaupun begitu, tetap saja kita harus menjalankan alat vacuumnya kan. Eit, tidak lagi lho. Saya baru tahu kalau ada Robotic Home Assistant AVARO X1 yang bisa bekerja sendiri tanpa harus kita pegangi.

AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner ini dapat membersihkan lantai dan karpet hingga 100% dan membunuh kuman dan bakteri hingga 99%. Memiliki A.I Sensor yang anti benturan dan jatuh. Jadi meskipun berjalan sendiri, dia bisa menghindari benturan dengan benda lain. 


Avaro X1


Selain itu, tenaganya juga kuat yaitu 2700pA. Alat ini bisa mengerjakan tugasnya secara terjadwal karena menggunakan Auto-Schedule with App. Jadi semisal kita mau membersihkan lantai dan karpet setiap jam 8 pagi, kita tinggal setel jadwalnya. Tanpa harus kita setel ulang setiap hari, alat ini sudah otomatis mengerjakan tugasnya. Keren banget kan.

AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner menggunakan 5200mAh Battery yang bekerja selama 200 menit/200 m2 persegi. Bentuknya yang bulat membuatnya bisa membersihkan hingga ke kolong-kolong meja dan tempat tidur atau tempat-tempat tersembunyi. Produk ini ada tangkinya, jadi memuat kotoran lebih banyak. 

Avaro X1 Robotic Vacuum Cleaner


Penasaran nggak sih dengan AVARO X1 Robotic Vacuum Cleaner? Saya juga mau banget memilikinya. Saya lihat di Tokopedia harganya Rp 5.399.000 dengan garansi 2 tahun. Bisa dibeli di Avaro Official Store Tokopedia. Dengan kecanggihannya, harga segitu cukup terjangkau ya. Kalau kita sedang meninggalkan rumah dalam waktu lama pun, alat ini bisa bekerja sendiri karena dapat diperintah melalui aplikasi. Saat pulang dari bepergian, rumah tetap kinclong dan bersih.


9 comments:

  1. Nah mantep ini, kita perlu manajemen pekerjaan rumah dengan baik apalagi kalau ada alat canggih kayak gini yang bisa bantu memudahkan pekerjaan.

    ReplyDelete
  2. Keren banget alatnya jadi kepengen punya biar makin rapi rumahku, Mbk

    ReplyDelete
  3. Hai mom,aku termasuk yang serabutan dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Gak dipilah-pilah,sehingga lelahnya berasa.Wow...canggih banget ya mom alat Avaro X1 Robotic Vacuum Cleaner, nabung dulu deh supaya bisa beli alat impian ini

    ReplyDelete
  4. Kerjaan jadi beres ya kalau ada alat ini, emak jadi banyak me time, enjoy deh

    ReplyDelete
  5. Uwaah~
    Canggih banget VARO X1 Robotic Vacuum Cleaner. Bisa mengerjakan pekerjaan sesuai dengan kebutuhan. Dan dengan VARO X1 Robotic Vacuum Cleaner, pekerjaan rumah seperti bebersih rumah bisa sangat terbantu sekali.

    Rumah bersih, bebas debu.

    ReplyDelete
  6. Mba, saya juga nyetrika baju yang penting penting aja, turun jemuran langsung lipat rapih hihi btw ya ampun robotic vacum cleanernya keren banget ya, jadi pengen punya

    ReplyDelete
  7. Masyallah jadi memudahkan banget ya Bun, bisa ditinggal untuk ngerjain yang lain ya bun. Semoga ada rejeki punya aamiin

    ReplyDelete
  8. pengen banget punya vacum cleaner deh mba, vacum ini mengingatkan sama drakor move to heaven yah jadi barbuk yang kasus meninggal hahah

    ReplyDelete
  9. Enak banget ini ada avaro... bisa leyeh2 di rumah. ga perlu nyapu lagi. Dr dulu emang pengen banget sih beli robot pembersih begini. Cuma belum sempet2.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...