Tuesday, August 9, 2022

Menjawab Mitos dan Fakta Saraf Kejepit di RS Premier Bintaro

Saya pernah diceritakan oleh suami saya bahwa ibu mertua dulu pernah menderita saraf kejepit sampai dirawat di rumah sakit. Itu terjadi karena ibu mertua kelelahan memasak dan mengurus usaha rumah makannya. Gara-gara saraf kejepit, ibu mertua tidak lagi berbisnis rumah makan. Padahal, dulu usaha rumah makan dan kateringnya cukup laris. 

rumah sakit premier

 

Penyakit saraf kejepit itu apa ya? Barangkali ada teman-teman pembaca yang belum tahu. Saya sendiri juga masih membutuhkan informasi lengkap mengenai saraf kejepit, agar bisa menghindarinya. Hari Minggu kemarin tanggal 7 Agustus 2022, saya menghadiri gathering di RS Premier Bintaro untuk mendengarkan bahasan mengenai Mitos dan Fakta Saraf Kejepit. 

Sebelum mendengarkan paparan dari dr. Omar Luthfi Sp.OT (K-Spine), saya dan teman-teman blogger diajak untuk Hospital Tour dan melihat fasilitas sarana kesehatan di RS Premier Bintaro. Ada lima layanan unggulan di rumah sakit ini, yaitu: Vascular Center, Skin and Laser Center, Spine Center, Sport Clinic, dan Stroke Center. 

Layanan Vascular Center membantu mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan pembuluh darah oleh tim dokter spesialis bedah vaskuler. Pasien akan mendapatkan layanan skrining, diagnostik, terapi obat-obatan, dan terapi bedah dan non bedah dengan teknik endo vaskuler. 

Kalau kita ingin mengatasi berbagai permasalahan kulit, kita bisa mendapatkan layanan Skin and Laser Center di RS Premier Bintaro ini. Ternyata alat laser yang digunakan tidak hanya untuk dokter spesialis kulit tapi juga spesialis kandungan, THT, vaskular, dan urologi. Salah satu masalah kulit yang dapat diatasi dengan layanan ini adalah menghilangkan melasma atau kelainan pigmentasi di wajah, berupa bercak-bercak kecokelatan yang sangat mengganggu.  

skin and laser clinic
Skin and Laser Clinic RS Premier Bintaro

Layanan unggulan lainnya di RS Premier Bintaro ini adalah Sports Clinic. Nggak heran kalau kita bisa jadi bertemu dengan atlet-atlet di rumah sakit ini, karena memang layanan ini khusus mengatasi permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan olahraga. Tapi bukan hanya atlet yang bisa memanfaatkan layanan ini. Masyarakat umum yang berolahraga sendiri dan mengalami masalah setelah berolahraga pun bisa datang ke sini. Contohnya, terjadi cedera saat berolahraga karena kurang pemanasan. 

sport clinic rs premier bintaro
Sport Clinic

 

Selanjutnya ada layanan Stroke Center untuk penanganan penyakit stroke yang belakangan ini menjadi penyakit yang umum dikarenakan gaya hidup tidak sehat. Penyakit stroke harus cepat ditangani, agar tidak terjadi kecacatan permanen pada pasien. Jika terkena serangan mendadak stroke, segera meluncur ke RS Premier Bintaro ini ya.

Penyakit saraf kejepit akan diterapi di Spine Center, pusat layanan untuk mengatasi masalah tulang belakang dengan tim dokter spesialis yaitu dokter spesialis orthopedi tulang belakang, neurologi, neurofisiologi, rehabilitasi medik, dan radiologi.  Penyakit saraf kejepit berhubungan dengan tulang belakang dan saraf tulang belakang. 

spine center rs premier bintaro
Spine Center

 

Dr. Omar Luthfi menjelaskan satu per satu mengenai mitos dan fakta saraf kejepit yang perlu kita ketahui. Saraf tulang belakang itu penting sekali lho kegunaannya bagi tubuh kita, karena memiliki tiga fungsi yaitu motorik (penggerak), sensorik (perasa), dan otonom (organ internal). Apakah rasa nyeri di punggung bawah itu tandanya terkena saraf kejepit? Ternyata itu mitos. Mari kita kenali gejala saraf kejepit yang benar, yaitu sebagai berikut: 

  • Terasa nyeri yang menjalar hingga ke tungkai bawah 
  • Tubuh terasa kesemutan dan mati rasa
  • Mengalami kelemahan gerakan pada tungkai
  • Mengalami gangguan rangsang saat BAK dan BAB 

Nah, kalau mengalami gejala semacam tersebut di atas, segera periksakan ke dokter karena barangkali terkena saraf kejepit. Selanjutnya, dr. Omar Luthfi juga menjawab pertanyaan apakah saraf kejepit bisa menyebabkan kelumpuhan? Mitos atau fakta nih? Ternyata itu fakta, gaes. Saraf kejepit bisa menyebabkan kelumpuhan jika tidak segera ditangani dengan baik. Jadi, jangan anggap sepele saraf kejepit ya. 

gathering rs premier bintaro
Menjawab Mitos dan Fakta Saraf Kejepit

 

Ada empat penyebab terjadinya jepitan saraf pada punggung bawah, yaitu Herniasi Nucleus Pulposis (HNP), Lumbal Stenosis (Penuaan), Spondylolisthesis (pergeseran tulang belakang), dan infeksi. Hati-hati nih buat teman-teman yang sudah berumur, agar menjaga aktivitas gerakan supaya tidak menyebabkan saraf kejepit. Bahkan, kita harus memilih olahraga yang bisa mengoptimalkan gerakan seluruh tubuh, contohnya berenang. Selain berenang, bisa juga melakukan olahraga bersepeda sebagai cara menjaga kesehatan tulang agar aktif dan produktif. Sedangkan untuk olahraga jalan santai dan lari sebaiknya hanya sesekali saja karena lebih banyak bertumpu di kaki.

Apakah benar pemijatan bisa meredakan nyeri punggung bawah? Faktanya, memang bisa, tapi tetap harus berhati-hati karena kalau lalai justru bisa menyebabkan cedera yang lebih parah. Begitu juga untuk penanganan saraf kejepit. Tidak semuanya harus melalui prosedur operasi kok. Penanganan awalnya menggunakan prosedur bed rest maksimum 2 minggu, pemberian obat-obatan analgetik, penggunaan alat bantu (korset), perubahan gaya hidup, dan program rehab medik oleh dokter spesialis.

Sebagaimana yang dilakukan oleh ibu mertua saya dulu, alhamdulillah tidak sampai harus dioperasi. Kecuali kalau kondisinya sudah akut ya, baru deh diambil tindakan operasi. Yaitu apabila rasa nyerinya masih ada setelah lebih dari 6 minggu, terjadi kelemahan anggota gerak, gangguan bentuk tulang belakang, dan berisiko menyebabkan kelumpuhan. 

Tenang, hanya mitos kok kalau operasi tulang belakang itu bisa menyebabkan kelumpuhan. Apalagi saat ini sudah semakin canggih ya peralatan dan ilmu pengetahuan dokter spesialis yang menangani saraf kejepit. Salah satu rumah sakit yang juga memberikan layanan khusus untuk penanganan saraf kejepit adalah RS Premier Bintaro melalui Spine Center. 

Dr. Omar Luthfi juga memberikan tips untuk mencegah saraf kejepit, yaitu: jaga berat badan ideal, rutin berolahraga (disarankan berenang), dan hindari kegiatan high impact (aktivitas berat). Cara menghitung berat badan ideal yang mudah adalah cukup mengurangi tinggi badan dengan 100. Misalnya, tinggi badan 158 berarti berat badan idealnya adalah 58. Kalau kelebihan, usahakan deh untuk menguranginya. 

Sebab, kelebihan berat badan itu bisa memberikan beban lebih pada tulang dan berisiko mengalami saraf kejepit. Wah, setelah mengikuti gathering ini, saya jadi makin semangat nih untuk menurunkan berat badan dan tidak lupa menerapkan 5 tips hidup sehat yang mudah dan murah.

 

 



28 comments:

  1. Menarik sekali kegiatannya, Mbak. Jadi bisa mengenal rumah sakit tanpa harus sakit dulu ya hehe. Ilmunya juga keren banget terima kasih sudah sharing

    ReplyDelete
  2. Sering banget denger orang mengeluhkan saraf kejepit yang sulit sembuh dan sering kambuh. Wah pengetahuan baru nih sering denger mitos dan aku kira itu bener, oh ternyata gini faktanya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  3. wah seru ya bisa hospital tour gini, mana dpt banyak ilmu pula.

    saraf kejepit ini aku udh sering bgt denger orang kena saraf kejepit, tp baru paham skrg detailnya.

    ReplyDelete
  4. Wah, aku baru tau ciri-ciri Saraf kejepit. Semoga kita terhindar dari penyakit itu.
    Memang aku dengar Cukup banyak yang menderita penyakit saraf. Penyakit ini nyaris di dominasi sama orangtua yang lanjut usia, ya.

    ReplyDelete
  5. terimakasih mba Leyha sudah menuliskan artikel bermanfaat ini. aku pernah lahiran di RS Premier Bintaro. bagus dan nyaman pelayanannya.

    salam sehat

    ReplyDelete
  6. Saraf kejepit tuh lumayan menyiksa penderitanya ya mba, Bapak saya juga mengalaminya. Beliau seringkali kesakitan dan sangat terganggu dalam aktivitasnya.

    ReplyDelete
  7. Ternyata ada lima layanan unggulan di RS. Premier Bintaro ini ya mbak Ley :D Pasien insya allah lekas sembuh dengan layanan kesehatan, dokter, fasilitas dan sebagainya yang modern dan lengkap. Memang deh ga terbayang nyerinya bukan main kalau kena penyakit saraf kejepit tuh duuuh.

    ReplyDelete
  8. noted nih mba, berenang bisa dicoba. Aku pernah kena pas lahiran anak pertama, posisi menyusuinya salah terus nggak bisa jalan, badan meriang rasanya sedih banget. Lengkap ya fasilitas RS nya, bagus^^

    ReplyDelete
  9. Wow keren banget fasilitas dari RSP Bintaro. Dengan fasilitas ini pasien bisa cepat sembuh ya mom. Aku jadi melek nih mitos dan fakta tentang saraf kejepit

    ReplyDelete
  10. Noted bun sharingnya, ternyata menjaga berat badan ideal selain supaya penampilan menarik, sehat juga tidak mudah terkena saraf kejepit yaa.

    Pastinya semakin bertambah usia, teyap menjaga pola makan dan olah raga ringan secara teratur sesuai.kemampuan tubuh.

    ReplyDelete
  11. Ya mba banyak sekali yang langsung mengira kalau ada nyeri di punggung bawah itu adalah syarat terjepit. termasuk aku juga. Btw, rumah sakit ini fasilitas bagus, bersih dan nyaman juga ya mba

    ReplyDelete
  12. Kelelahan bisa buat saraf terjepit baru tahu. Berarti memang nggak bisa terlalu overload kerjaan ya. Jadi tau tanda-tandanya, kalau udah begini harus terapi ya. Semoga pasien berobat yang sakit ke rumah sakit ini.

    ReplyDelete
  13. Fasilitas di RS Premier Bintaro ini sangat lengkap yaa. Kalau kena saraf kejepit tuh rasanya nano nano banget deh. Semoga kita terhindar dari penyakit ini yaa

    ReplyDelete
  14. Ada banyak yang dilayani di RS premier Bintaro yaa.. dari mulai Vascular Center, Skin and Laser Center, Spine Center, Sport Clinic, dan Stroke Center. Semua peralatannya canggih sehingga perawatan untuk saraf kejepit pun bisa minim sakit.

    ReplyDelete
  15. Naah kan bener tuh kalo nyeri di bagian bawah punggung bukan syaraf kejepit, salah posisi duduk kayaknya.
    Dan ternyata gejala sayaraf kejepit salah satunya ngaruh ya di rangsang BAK dan BAB. Meski ikut fisioterapi ya Teh, kalo pengen sembuh. Jadi nggak harus operasi karena ternyata ada solusi yang lebih mudah bagi yang takut operasi

    ReplyDelete
  16. Makasih mbak infonya, baru tahu ternyata olahraga yang bagus untuk tulang diantaranya ada berenang sama bersepeda. Fasilitas rumah sakitnya komplit banget ya mbak

    ReplyDelete
  17. Salah satu rumah sakit andalanku karena dekat rumah, selain itu memang dokternya pun bagus disini. Noted mbak, jadi lebih paham lagi tentang mito dan fakta seputar saraf terutama untuk saraf kejepit ya. Aku pernah jaman kerja tuh merasakan pergelangan tanganku sangat sakit sekali dan memang sama dokternya langsung diarahkan ke dokter saraf.

    ReplyDelete
  18. Lengkap banget fasilitas di RS Premier Bintaro yah ada sports clinic juga yang banyak didatangi oleh para atlet.

    Wah berarti kita harus lebih waspada kalo udah ada gejala2 dari syaraf kejepit yaah

    ReplyDelete
  19. Ternyata di RS ini langganan para atlet yang cek kesehatan juga yaa.
    Banyak ya layanan RS Premiere yang termasuk unggulan, salah satunya Spine Center-nya.
    Penyakit saraf kejepit ini memang mengganggu banget ya, makanya butuh penanganan yang serius. Makanya emang kudu jaga gaya hidup supaya gak mudah kena penyakit ini.

    ReplyDelete
  20. Bahaya juga ya efeknya syaraf kejepit ini, bisa menyebabkan kelumpuhan. Ooo... ternyata jalan kaki nggak begitu direkomendasikan ya, karena memang lebih banyak di kaki saja yang berat aktivitasnya. jadi ada alasan minta dibelikan sepeda nih sama pak suami hehehe... biar olahraganya banyak otot tubuh yang bergerak

    ReplyDelete
  21. Iya ya, di kita itu masih banyak yang percaya kalo operasi saraf kejepit pasti berakhir lumpuh. Padahal kalo ditangani dengan baik, dengan ahli yang mumpuni, dan peralatan yang canggih, kayak di mRS Premiere Bintaro, bisa normal kembali ya. Kudu nih masyarakat kita tahu tentang ini.

    ReplyDelete
  22. Pernah diceritain temen soal sakit syaraf kejepit, dan itu menyiksaaaa bangeeet. Semoga kita dihindarkan dari sakit ini ya... Bagi teman2 yang kena syaraf kejepit, semoga dilancarkan upaya pengobatannya. Keren nih, RS Premiere Bintaro punya layanan unggulan untuk sakit syaraf kejepit. Semoga pasien2 yang kesana berhasil sembuh dan pulih kesehatannya.

    ReplyDelete
  23. Rumah sakit dengan fasilitas yg lengkap begini, bisa jadi lokasi rujukan yang baik ya kalau ada pasien dengan sakit spesifik begini

    ReplyDelete
  24. Wah ternyata memang banyak banget hal soal saraf kejepit yang simpang siur ya, jadi paham deh.
    Btw, layanan dan fasilitas di RS Premier Bintaro ini emang keren yaaa. Sukses selalu ..

    ReplyDelete
  25. Aku seneng banget dengerin mythbuster kaya gini, jadi paham dan terang benderang faktanya kaya gimana aja, gak kemakan "katanya katanya". Aku jg baru tahu ternyata ga semudah itu mendiagnosis syaraf kejepit tuh yaaa.. Hospital tour mmg selalu ngasih banyak ilmu dibawa pulang.

    ReplyDelete
  26. Melihat fasilitas RS Premier Bintaro yang lengkap dan nyaman. Sehingga ngga heran banyak atlet yang berobat kesini buat mengatasi masalah cederanya.

    ReplyDelete
  27. waduh ternyata saraf kejepit enggak bisa dianggap remeh karena menyebabkan kelumpuhan.
    sebaiknya segera konsultasi ke dokter. RS Premier Bintaro pun udah siap dengan spine center mengatasi saraf kejepit.

    ReplyDelete
  28. aku dulu pernah ngerasain sampe 3 bulan sih. awalnya ah paling ga lama sembuh, mikir gitu mulu sampe kesel. akhirnya cek. untung sih bisa bener lagi badannya walau ya beda tetepan sama sebelum2.

    btw iya loh kalo ga dotangani bisa sampe lumpuh, ngeri yaa

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...