Friday, October 20, 2023

Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis rumahan menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Sulitnya menjadi wanita yang sudah menikah dan memiliki anak itu salah satunya mengalami kegalauan tentang pekerjaan. Kita ingin mendampingi anak-anak di rumah, terutama kalau anak-anaknya masih kecil ya, tapi juga ingin tetap bekerja supaya mendapatkan penghasilan tambahan. Kalau tidak ada support system, alhasil kita harus memilih. Mau tetap bekerja kantoran atau menjadi ibu rumah tangga? 

Bisnis Rumahan

 

Contohnya saya sendiri nih, akhirnya memutuskan menjadi ibu rumah tangga karena tidak ada orang yang bisa membantu mengurus anak-anak saya. Begitu juga yang terjadi dengan adik saya. Awalnya adik saya masih tetap kerja kantoran, karena ada pengasuh anak. Sampai kemudian pengasuh anaknya itu minta kenaikan gaji yang tidak bisa disanggupi oleh adik saya. Gaji adik saya itu tidak bisa menutup pengeluarannya, seperti biaya pengasuh anak, transportasi, dan makan. Jadi, adik saya pun memilih menjadi ibu rumah tangga. 

Lho, memang suaminya tidak bekerja? Ya, bekerja juga tapi gajinya juga tidak bisa menutupi. Biaya pengasuh anaknya itu mahal sekali, karena ada tiga balita yang harus diurus. Setelah adik saya keluar kantor, otomatis dong biaya pengasuh anaknya tidak ada karena diasuh sendiri. Gaji suaminya hanya untuk biaya makan sehari-hari dan sekolah anak. Tentunya itu sangat ngepas sekali, sehingga adik saya pun berpikir untuk mencari tambahan penghasilan dari rumah dan melakukan bisnis ibu rumah tangga. 

Bisnis Rumahan Modal Kecil 

Bisnis rumahan menjadi pilihan adik saya itu, karena bisa dijalani dari rumah sambil mengasuh anak. Untungnya adik saya sudah menggeluti bisnis itu dari sejak masih kerja kantoran. Kalau dulu hanya dikerjakan sebagai sampingan, sekarang dia bisa lebih fokus mengurus bisnisnya. Bisnis yang dijalankan oleh adik saya adalah jualan makanan camilan, snack, dan makanan beku. 

Awalnya adik saya hanya berjualan di lingkaran kecil saja yaitu teman-teman kantor, tetangga, dan orang-orang di sekitarnya. Jualannya juga hanya melalui pesan dari mulut ke mulut. Untuk produknya dia ambil dari supplier yang memberikan harga murah, sehingga adik saya bisa mengambil keuntungan. Cukup ramai juga pembelinya, karena adik saya menjual dengan harga yang bersaing atau termasuk murah dibandingkan dengan toko lain. 

Berjualan camilan, snack, dan makanan beku ini termasuk bisnis rumahan modal kecil, karena adik saya awalnya hanya menjual sedikit-sedikit. Dengan uang Rp 200 ribu saja sudah bisa mulai berjualan. Untuk meminimalisir kerugian, adik saya berjualan berdasarkan pesanan. Jadi, dia akan memperlihatkan foto produknya dulu, dan baru akan membelinya kalau sudah ada yang pesan. 

Untuk memastikan ketersediaan stok, sebelum menawarkan dagangannya, adik saya akan bertanya dulu kepada suppliernya apakah stoknya barangnya sedang tersedia. Lama-lama suppliernya sendiri yang menghubungi adik saya dan memberitahu stok-stok barang yang sedang ada di tokonya. Supaya rasanya tidak mengecewakan pembeli, adik saya juga mencicipinya dulu. Kalau enak, pasti pelanggannya akan membeli lagi.

Setelah berjualan dari mulut ke mulut, adik saya pun mencoba untuk berjualan online yaitu dengan membuka toko di marketplace agar produknya bisa lebih banyak terjual. Alhamdulillah, adik saya mulai menikmati hasilnya. 

Yuk, Jualan Online di Lazada!

Bisnis rumahan bisa menjanjikan juga lho kalau digarap dengan serius. Bisnis rumahan modal kecil pun memiliki kesempatan menjadi bisnis yang besar dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Tak sekadar jualan dari mulut ke mulut yang hanya menjangkau orang-orang di sekitar kita, tapi juga jualan secara online agar dapat terjual sampai ke daerah yang jauh dari tempat tinggal kita. 

Ada banyak cara jualan online, salah satunya melalui ecommerce seperti Lazada. Lazada adalah platform ecommerce nomor 1 di Indonesia. Berjualan di Lazada ini prospeknya sangat besar, karena penggunanya sangat banyak. Selain itu banyak sekali keuntungannya berjualan di Lazada, yaitu: 

  1. Komisi 0%
  2. Mendapatkan gratis ongkir maksimal dengan komisi 0% selama 60 hari.
  3. Mendapatkan bantuan dan bimbingan dari ahli selama 90 hari. 
  4. Dapat menjangkau jutaan pelanggan. 
  5. Ada program inkubasi penjual baru. 
  6. Kemudahan berjualan di mana saja dan kapan saja hanya dengan modal smartphone. 

 

Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Kalau kita berjualan online, biaya ongkir ini seringkali memberatkan pelanggan. Berdasarkan pengalaman teman-teman saya yang berjualan online di media sosial, banyak lho calon pembeli yang tidak jadi beli gara-gara biaya ongkos kirimnya mahal. Makanya lebih baik kita jualan di Lazada, karena ada gratis ongkirnya. Pembeli pun tidak ragu lagi untuk membeli. 

Langkah-langkah Berjualan di Lazada 

Lalu, bagaimana cara jualan di Lazada?  Mudah sekali lho, siapa pun bisa melakukannya. Simak ya langkah-langkah berjualan di Lazada, berikut ini: 

  1. Buka situs https://www.yukjualanonline.com/
  2. Klik "mulai berjualan".
  3. Masukkan nomor telepon dan nanti kita akan mendapatkan kode OTP melalui whatsapp. 
  4. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Untuk penjual perseorangan seperti ibu rumah tangga, maka hanya dibutuhkan KTP/ Passport dan buku tabungan/ rekening koran dengan nama kita. 
  5. Verifikasi akun. Setelah sukses, kita bisa langsung berjualan. 
  6. Buat toko dan unggah foto produk beserta deskripsinya. 
  7. Produk pun sudah terpampang nyata di Lazada dan siap menyapa para pembeli.  

Mudah sekali kan membuat toko di Lazada? Modalnya hanya kuota internet dan ponsel pintar. Sangat sesuai untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan dengan bisnis rumahan yang menjanjikan. 

Manfaat Situs Yuk Jualan Online

Untuk menjadi lebih sukses lagi berjualan di Lazada, baca deh artikel-artikel di situs Yuk Jualan Online karena berisi banyak artikel bermanfaat tentang tips dan strategi jualan online agar bisa mendapatkan banyak pembeli dan ide bisnis rumahan. Salah satu artikel yang menarik perhatian saya berjudul "Lagi Tren, 10 Ide Jualan Makanan Kekinian untuk Dijual." Cocok sekali nih untuk ibu rumah tangga yang mau mencoba jualan makanan. Perlu tahu dong apa sih makanan kekinian yang sedang digemari? 

Bisnis Rumahan Modal Kecil

 

Kalau tidak bisa memasaknya sendiri, kita bisa mencari suppliernya. Seperti yang dilakukan oleh adik saya itu. Dia menjadi reseller dari produk camilan, snack, dan makanan beku. Tidak perlu capek membuatnya sendiri. Cukup menjualkan produk milik orang lain. Manfaat situs Yuk Jualan Online ini  sangat terasa untuk para seller atau yang baru mau menjadi seller. Selain membaca artikel-artikel tentang jualan online dan ide bisnis rumahan, kita juga bisa bergabung nih di komunitas Lazada Club. 

Pentingnya berkomunitas itu bisa membuat kita semangat terus berjualan. Sesama seller bisa berbagi ilmu dan pengetahuan untuk menggapai sukses bersama-sama.

Tips Bisnis Rumahan 

Setiap usaha apa pun tentunya membutuhkan ilmu, modal, dan semangat. Termasuk saat menjalani bisnis rumahan yang menjanjikan. Ibu rumah tangga dengan waktu yang terbatas bukanlah penghalang untuk menjalani bisnis rumahan. Sudah banyak saya temukan ibu rumah tangga yang sukses melakukan bisnis ibu rumah tangga. Apa sih tipsnya? 

  1. Memilih bisnis rumahan yang sesuai dengan kesukaan kita, misalnya suka makan camilan. Boleh deh kita coba jualan camilan yang enak. 
  2. Memperhitungkan modal. Jualan pasti butuh modal. Sebagai ibu rumah tangga yang keuangannya berasal dari suami, kita bisa mulai dengan bisnis rumahan modal kecil. 
  3. Tetap profesional meskipun jualan sambil mengasuh anak. Kirim barang tepat waktu dan penuhi pesanan pembeli. 
  4. Kelola arus uang masuk dan keluar dengan baik, jangan dicampur-campur dengan uang untuk biaya hidup sehari-hari. 

Nah, itu dia sedikit tips dari saya yang saya ambil berdasarkan pengalaman di sekitar saya. Mau tips lebih banyak lagi, langsung saja baca-baca di situs Yuk Jualan Online. Semangat berjualan dan dapat penghasilan dari rumah ya!



17 comments:

  1. Saking mudahnya persyaratan untuk jualan online, sekarang banyak orang ingin terjun ke bisnis ini. Jualan online ini mungkin paling santai, nggak perlu mikirin tempat untuk jualan, bisa dari rumah 🏠 aja cukup.

    Apalagi Lazada telah mengakomodasi bagi orang-orang yang ingin jualan online

    ReplyDelete
  2. Keren sekali yang dilakukan adik Mbak leyla. dengan modal 200 ribu, sudah membuka usaha. dan saya setuju sekali ini, dengan sistem pre order, maka menjual sesuai pesanan saja. kalau pun stok, paling tidak banyak, karena dengan mudah bisa ambil di suplier. Jualan online sekarang lebih dimudahkan, apalagi sudah dibantu dengan hadirnya e-commerce juga.

    ReplyDelete
  3. Memang ketimbang harus sewa pengasuh mahal. Dan takut anak jadi kurang perhatian dari orang tua. Meski jadi ibu rumah tangga tetap bisa berpenghasilan ya.

    ReplyDelete
  4. Ah iya di Lazada ada program gratis ongkir, yang memang buat daku sebagai pembeli jadi lebih suka. Dan pastinya membantu si seller juga ya

    ReplyDelete
  5. kalau teman di kantor itu dia sistemnya marketer gitu mbak jadi tiap hari ada aja produk yang ditawarin. keren sih soalnya lumayan kan ya dapat komisinya. sekarang asal pintar lihat peluang kita bisa memulai bisnis online ya dan dengan modal yang minim juga

    ReplyDelete
  6. Jualan di Lazada makin menguntungkan karena banyak biaya yang Rp 0. Bisa banget nih untuk pebisnis pemula dg modal kecil.

    ReplyDelete
  7. Juju, tenang dan aman banget lho sebenarnya jualan di Lazada ini. Saya suka dengan kelebihan bisa mendapatkan gratis ongkir selama 60 hari, mendapatkan bantuan dan bimbingan dari ahli selama 90 hari sehingga gak takut ada kesalahan dan yang pasti pemasaran lebih luas ya. Dapat menjangkau jutaan pelanggan.

    ReplyDelete
  8. Sebenernya bisnis online yang kian menjamur di berbagai e-commerce ini bisa banget dimanfaatkan sebagai awal mula usaha. Kayanya Jualan Online di Lazada sebagai dropshipper juga bisa mungkin yaa..

    ReplyDelete
  9. Jualan online di LAZADA sepertinya menguntungkan ya kak, Salah satu e-comm yang memberikan kemudahan penjual untuk melakukan transaksi dan memperluas pasar, timggal dipelajari triknya supaya berhasil sih. Biar untung dan dapat cuan!

    ReplyDelete
  10. Makin mantap memilih resign dari kerjaan
    Toh di rumah bisa menghasilkan uang
    Kalau sekadar wibawa yang ingin dicapai, jika sukses jualan online orang pun akan segan

    ReplyDelete
  11. Lazada emang jalan terbaik buat menasionalkan bisnis rumahan, selain itu banyak tips juga dari medosnya Lazada. Jadi seller bakan dituntun abis ke jalan yg benar.

    ReplyDelete
  12. Banyak bgt ya kak ide bisnis rumahan dengan modal kecil. Krn yg mslh sih sbnrnya bkn modalnya tp keberanian utk selalu mencoba berjualan.

    Di Lazada, smua prosesnya gampang. Ada komunitas yg bs bantu seller utk bs meraup cuan. Mantap.

    ReplyDelete
  13. Oh jadi selain bisa jualan online di Lazada, juga banyak sekali tips yahg sudah disediakan oleh Lazada ya? Kita jadi bisa memanfaatkannya untuk menaikkan penjualan ya

    ReplyDelete
  14. Bisnis online sekarang memang gampang banget. Dibantu Lazada, bikin makin sukses aja

    ReplyDelete
  15. wah boleh juga nih idenya buat bisnis rumahan dengan modal kecil, bisa lah yaa dijalanin sm ibu2 rumah tangga

    ReplyDelete
  16. Lazada salah satu platform langgananku, selain jd pembeli kita .juga bisa jadi penjual. Menjual produk apapun di Lazada bisa sampai pelosok negeri cakupannya.

    Dimudahkan sekali tanpa harus seea tempat di toko atau mall

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen jualan di lazada deh. Bisa buat bisnis rumahan juga loh ternyata. Siip

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...