Monday, October 30, 2023

Mendulang Cuan dari Bisnis Rumahan Kain Ecoprint

Saat ini, banyak pelaku bisnis yang memulai dan mengembangkan usahanya dari rumah. Jangan salah, bisnis yang mendatangkan cuan adalah bisnis yang dikelola dengan baik. Jadi, tidak masalah jika bisnis itu dikembangkan dari rumah.

Mendulang Cuan dari Bisnis Rumahan
Sumber Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/merah-wanita-meja-kain-17682246/

 


Salah satu bisnis rumahan yang juga bisa kamu tekuni adalah bisnis kain ecoprint. Jangan salah, kain ecoprint adalah salah satu sektor bisnis yang sedang booming. Agar keuangan bisnis tercatat dengan rapi, kamu bisa menggunakan bank digital untuk metode pembayaran atau pengatur keuangan bisnis.

Namun sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya kamu sudah memahami dengan dengan apa itu kain ecoprint dan bagaimana trik untuk memulai bisnis tersebut.

Berkenalan dengan Kain Ecoprint

Ecoprint adalah sebuah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Prinsip pembuatannya adalah, melalui kontak langsung antara daun, bunga, batang atau bagian tubuh lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Selain karena mendukung gerakan cinta lingkungan, usaha ini dinilai sebagai peluang usaha yang berpotensi menjadi ladang cuan.

Trik Jitu Kembangkan Bisnis Kain Ecoprint Rumahan

Cara berbisnis dan memulai usaha dengan memanfaatkan rumah dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Kamu dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis.

Dukungan Keluarga

Keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika kamu baru akan merintis bisnis. Karena, jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang kamu jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga.

Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, tetapi kamu juga perlu menguasai administrasi sebagai cara usaha sukses walaupun hanya sederhana.

Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis.

Hitung Kebutuhan Modal Dahulu

Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai belajar berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

Tentukan Visi dan Misi Bisnis Dahulu

Walaupun bisnis hanya sekelas rumahan, tetapi kamu juga harus menentukan cara memulai usaha dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang dicapai kedepannya, tidak asal hanya berjalan tetapi harus mempunyai target.

Tanpa adanya visi dan misi dalam cara berbisnis, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk dicapai.

Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan cara melakukan usaha yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan.

Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan berbagai masalah yang telah dihadapi, butuh proses panjang agar dapat meraih kesuksesan. Jadi kamu tidak perlu memikirkan apa yang belum terjadi.

Pilih Cara Promosi yang Tepat

Semakin sering kamu melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang kamu miliki. Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat.

Tentukan Keunikan dari Produk

Ketika kamu sudah memulai bisnis, agar produk yang kamu miliki dapat diterima baik oleh konsumen, sebaiknya kamu memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis.Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat sehingga dalam cara berbisnis, setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan.


Bisnis Kain Ecoprint
Sumber Foto: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-bekerja-memegang-kain-7763076/


Segera Atur Keuangan Bisnis dengan Bank Digital

Dalam skala apa pun, setiap bisnis seharusnya memiliki catatan keuangan yang rapi. Sebab, hal ini bisa kamu gunakan sebagai bahan evaluasi hingga pengembangan bisnis di waktu yang akan datang.

Namun, jika kamu mencatatnya secara manual, tidak hanya menambah kerepotan saja tetapi juga membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Agar keuangan bisnis tercatat dan bisa dikelola dengan baik, kamu bisa menggunakan berbagai layanan virtual dari bank digital.

Digital banking tidak hanya bisa kamu gunakan untuk membuat rekening bank digital saja, tetapi juga menikmati berbagai layanan perbankan lainnya, seperti menabung hingga berinvestasi.

Rekomendasi digital banking terbaik yang bisa kamu andalkan adalah digibank by DBS. digibank by DBS sendiri sudah terbukti dalam hal memberikan jaminan keamanan hingga pelayanan terbaik untuk semua nasabahnya.

Jika kamu menjadi nasabah digibank by DBS, ada beberapa keuntungan yang bisa diambil manfaatnya, antara lain :

  • Having Fun Jadi Lebih Maksimal. Mau ini-itu nggak pakai ragu. Ini cara cerdik bikin hidup kamu lebih all-out.  Limit kredit ekstra, dan juga bayar fleksibel untuk kembangkan bisnis ecoprint
  • Masa Depan Jadi Lebih Aman. Tetap have fun nggak perlu nunda rencana untuk masa depan. Ini cara cerdikmu untuk mulai dengan mudah, untuk simulasi rencana masa depan.
  • Semua Aman dan Mudah dalam 1 Genggaman. Cerdik kelola keuangan tanpa ribet, semua transaksi harianmu dalam 1 aplikasi.

Dalam mengelola bisnis, kamu tidak hanya membutuhkan rencana pengembangan saja, tetapi juga bagaimana keuangan bisnis bisa dicatat dan dikelola dengan baik.

Ada berbagai keuntungan yang akan kamu rasakan saat menggunakan digibank by DBS. Jadi tunggu apa lagi? Segera gunakan digibank by DBS, agar bisnis dapat dikembangkan dengan optimal. Untuk mendapatkan berbagai keuntungan lain di digibank by DBS, kamu bisa membacanya di sini.


1 comment:

  1. Aku memang lebih suka JD nasabah bank asing sebenernya drpd bank lokal. Soalnya benefit yg di dapat jauh LBH bagus 😁. DBS, HSBC, ini bank favoritku. Apalagi Krn aku suka traveling ke LN, jadi memang LBH mudah kalau pakai 2 bank ini. Kalo cuma sebatas asia, biasanya aku pakai DBS mba. Kalo eropa dan Amerika, LBH suka HSBC.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...