Saturday, April 29, 2017

Bogor, Kota di Mana Cintaku Berlabuh



Assalamualaikum. Lahir di Solo, dibesarkan di Tangerang Selatan, pernah bekerja di Depok, bertemu calon suami di Bandung, pulang kampung ke Garut, sering jalan-jalan ke Jakarta, tetapi di manakah cintaku berlabuh? Jawabnya adalah: BOGOR. Ya, Bogor kini menjadi tempat tinggalku bersama keluarga kecil dan lelaki yang menjadi pelabuhan cintaku. 


Kami tinggal di salah satu kabupaten di Bogor. Kalau ditanya, apakah mau pindah tempat tinggal? Jawabannya, mau. Namun, tetap saja sampai hari ini kami masih tinggal di Bogor. Alasannya masih sama seperti saat pertama kali memutuskan untuk menetap di kota hujan ini. Udara yang masih bersih dan sejuk, harga makanan yang lebih murah dibandingkan di Depok dan Jakarta, juga banyak tempat wisata murah meriah yang bisa dikunjungi. 

Kalau sedang ingin berwisata dengan biaya terjangkau, ya cukup ke Bogor. Berhubung masih  punya anak-anak kecil, jadi kami mencari tempat wisata yang disukai anak-anak. Beberapa tempat wisata di Bogor yang pernah kami kunjungi, di antaranya: Kebun Raya Bogor, JungleLand, dan Taman Matahari. Di Bogor juga banyak taman-taman kota yang bisa didatangi gratis, dengan ketersediaan fasilitas bermain untuk anak-anak. 


Bulan April ini, ada banyak tanggal merah yang membuat kami jadi sering jalan-jalan. Sayangnya, liburannya singkat-singkat. Sabtu, Minggu, Senin. Dengan waktu yang singkat, kami harus mencari tempat berlibur yang dekat saja. Ke mana lagi kalau bukan ke Bogor? Walaupun setiap hari sudah tinggal di Bogor, tapi tetap asyik jalan-jalan ke Kota Bogor dan menikmati semua wisata yang ada di sana. 

Alhamdulillah, liburan singkat kemarin kami ke Taman Matahari di Cisarua Bogor. Biaya masuknya hanya Rp 25.000/ orang dan ada banyak fasilitas bermain untuk anak-anak dengan biaya tiket terpisah. Anak-anak menikmati liburan singkatnya dengan naik perahu kayak, perahu naga, dan berenang. Berhubung waktunya memang singkat sekali, jadi kami tidak bisa lama-lama. Kami harus segera pulang ke rumah. 






Padahal, bisa saja lho kami menginap di Bogor. Walaupun sama-sama di Bogor, tetap saja perjalanan dari Bogor ke rumah (di Kabupaten Bogor) butuh waktu kurang lebih 2 jam, apalagi dalam keadaan macet. Pulang dari Taman Matahari saja kami perlu waktu hampir 4 jam karena macet. Kalau menginap di Bogor, besoknya kami bisa jalan-jalan lagi kan, karena di Bogor ada banyak tempat yang bisa didatangi. 

Sebagai Kota Hujan, Bogor memang sering hujan. Menjelang tengah hari, sudah harus siap diguyur hujan. Benar saja, kami pun harus berteduh karena hujan telah mengguyur tempat wisata dengan deras. Supaya lebih maksimal menikmati liburan yang singkat, memang lebih baik menginap di hotel yang ada di Bogor. Liburan yang akan datang, kami ingin keliling Kota Bogor saja, di sekitar Jalan Padjajaran juga ada tempat-tempat menarik yang bisa didatangi.

Jangan lupa bahwa Bogor juga surganya kuliner. Aneka makanan khas Bogor akan memanjakan lidah kita. Kalau ke Bogor, aku tak pernah lupa membeli Lapis Talas Bogor kesukaan anak-anak dan Asinan Bogor kesukaan suami. Tentunya masih banyak kuliner lainnya, Es Krim Durian, Gemblong, Roti Unyil, Soto Bogor, dan lain-lain. Dijamin deh akan membuat kita ketagihan ke Bogor sekadar untuk mencicipi kulinernya.

Tempat menginap di Bogor juga banyak, tapi supaya hemat, harus pandai memilih akomodasi nih. Maklum, ibu rumah tangga kan perhitungan biayanya amat ketat. Saat sedang browsing, aku menemukan Reddoorz Near GOR Padjajaran Bogor yang lokasinya dekat dengan tempat-tempat yang ingin kukunjungi: Air Mancur Fontain Park, Taman Kencana, Perpustakaan Kota Bogor, dan aneka kuliner yang membuat lidah berdecak. Namanya juga Kota Hujan, harus banyak makanan karena gampang lapar. Dekat juga dengan Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, Jembatan Gantung Merah, dan tempat-tempat lainnya yang ada di Bogor.  Walaupun hotel budget (harga tarif kamar terjangkau) tapi memiliki standar kualitas pelayanan tinggi. Fasilitasnya lengkap: teve kabel, wifi gratis, juga disediakan peralatan mandi selayaknya di hotel-hotel bertarif mahal. Aku jadi tidak sabar nih menikmati liburan singkat di Bogor. Properti Reddoorz di Jalan Padjajaran ini juga memiliki ruang tamu dengan disain yang antik, jadi bisa bersantai dengan suasana yang beda dan nyaman. Kalau ada tempat menginap yang terjangkau, jadi tidak khawatir lagi dengan pengeluaran liburan. 

Foto: Reddoorz.com

Foto: Reddoorz.com







24 comments:

  1. hotelnya cakep mbak...pingin nginep disitu deh

    ReplyDelete
  2. Wah... enak ya mba liburan bersama keluarga....

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wah ada kata "asinan Bogor" duh saya itu penasaraannnnnn sekali sama asinan Bogor, karena waktu itu pernah liat di TV kayaknya enak banget, ada manis asem pedan dan asin bercampur jadi 1, duh sambil koment aja udah bisa ngerasainnnn ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus ke Bogor nih nyobain asinannya.

      Delete
  5. Wa 'alaikumsalam warahmatullahi wa baraakatuh.

    Saya suka membaca bahwa bogor pusat kuliner murah meriah tapi kalau bogor kota hujan, baru tahu juga nih atau kurang nyimak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam wr wb, wah masa baru tau kalau Bogor itu Kota Hujan hehe... Kalau sudah tengah hari, siap2 hujan.

      Delete
  6. Dulu waktu tinggal di Depok, sering juga bawa keluarga jalan2 ke Bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya asik ya jalan2 ke Bogor, murah dan dekat.

      Delete
  7. ah kota kenangan saat bertemu dg suami di kuliahan, dan jalan sepanjang jalan menhelilingi kebun raya. ingin mengulangi memori itu tp belum punay kesempatan lagi terakhir ke sana saat ada reunian akbar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah romantisnyaaa... Bertemu suami di Kota Hujan

      Delete
  8. Bogor memang banyak tempat wisata mba :)

    ReplyDelete
  9. waw ternyata Bogor penuh kenangan yo mbak, semoga selalu mesra ya, apalgi nginep di Reddoorz :-)

    ReplyDelete
  10. Iyes, bogor masih lebih adem dibanding jakarta ya maaaak.. Akupun mau liburan ke bogor.. Hehehee

    ReplyDelete
  11. Asik yaa liburannya! Bogor masih destinasi yang dekat dan terjangkau dari Jakarta :)

    ReplyDelete
  12. Penasaran dehh hotel apa itu yang dimaksud di webnya, kapan yaa bisa kopdar elaaa..

    ReplyDelete
  13. aku yang orang bogor kok baru tau ya mbak ada redoorz hehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...