Saturday, April 1, 2017

Belajar Asuransi dan Keuangan di Taman Literasi Keuangan Prudential



Assalamualaikum. Sebagai ibu dengan anak-anak yang masih aktif bermain, saya senang sekali kalau di sekitar tempat tinggal kita ada taman-taman yang mendidik. Bukan sekadar taman tempat duduk-duduk, tapi juga ada fasilitas yang mendidik. Contohnya Taman Literasi Keuangan Prudential yang berada di Taman Mataram Kebayoran Baru Jakarta Selatan ini. 


Alhamdulillah, hari Kamis lalu, bersama Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur), saya dan teman-teman blogger diajak untuk melihat Taman Literasi Keuangan Prudential. Sebelum ke lokasi, kami makan siang dulu di Anomali Coffee yang hanya sekitar 10 menit dari taman. Sekilas kami mendapatkan penjelasan mengenai taman yang diresmikan oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama dengan Pemerintah DKI Jakarta, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Prestasi Junior pada tanggal 17 Desember 2016. 

Blogger Komunitas ISB/ foto: @komunitasisb

Kehadiran taman di sebuah kota itu memiliki manfaat positif, sebagai ruang terbuka hijau yang menjadi penyaring udara (menghasilkan udara bersih dari pohon-pohon yang ada di sekitar taman), tempat rekreasi terbuka dan gratis untuk masyarakat, apalagi kalau ditambah dengan fasilitas yang mendidik. Maksud dari pendirian Taman Literasi Keuangan ini adalah wujud dukungan dari Prudential Indonesia, terutama dari segi edukasi mengenai asuransi dan keuangan. 

Penasaran seperti apa Taman Literasi Keuangan Prudential. Usai makan siang dan salat Zuhur, kami diajak naik bus ke taman. Di sekitar taman sudah ramai dengan adik-adik Selong 4 dan kakak-kakak SMK 15 yang ikut bermain di taman dan mencoba semua fasilitas yang ada. 


Saya juga tertarik melihat taman yang bersih dan cukup luas, serta memiliki fasilitas edukasi itu. Pembangunan taman ini bekerjasama dengan Prestasi Junior, Universitas Trisakti, Dinas Pertamanan dan Pemerintah Daerah Jakarta Selatan, serta lebih dari 200 staf relawan Prudential. 

Pada acara kunjungan kali ini dihadiri oleh Sidharta Moersjid (Advisory Board Member PJI), Bapak Rob Gardier (Management Advisor PJI), dan dari Prudential ada Bapak Sean Rach (Chief Marketing Officenya Prudential Corporation Asia), Ibu Nini Sumohandoyo (Corporate Marketing & Communicator Director Prudential Indonesia), Bapak Paul Manduca (Chairuman Prudential PLC), dan para relawan Prudential. 

Ibu Nini Sumohandoyo

Awalnya, ada kompetisi Chairman Challenge oleh Prudential yang mencakup beberapa kategori. Taman ini berhasil menjadi juara pada kategori Inovasi. Fasilitas-fasilitas yang ada di taman ini mendukung pembelajaran literasi keuangan, yaitu: game board Cha-ching, mencocokkan kartu asuransi, signage tips pengelolaan uang, dan area untuk melakukan diskusi terbuka. 

Bapak Paul Manduca

Wah, enaknya para siswa yang sekolah di dekat taman ini. Saat jam istirahat, bisa duduk-duduk di taman sambil belajar mengenai asuransi dan keuangan. Anak-anak sekolah yang datang pun sangat antusias memanfaatkan fasilitas yang ada di taman. Apalagi suasana teduh, meskipun Jakarta panas. Berhubung di taman ini ada pepohonan rindang, jadi tidak terasa panasnya. 

Game board Cha-ching tujuannya untuk melatih kita dalam mengelola transaksi keuangan dengan bijak. Kita dihadapkan pada transaksi keuangan yang harus dilakukan dan dicatat di papan catatan transaksi yang ada di tepi game board. 

Game Board Cha-ching


Hayo, ibu-ibu siapa nih yang suka besar pasak daripada tiang? Besar pengeluaran daripada pemasukan? Paling malas kan disuruh mencatat transaksi uang masuk dan keluar, padahal penting sekali lho. Kita jadi tahu kebocorannya di mana. Kadang yang kecil-kecil itu ternyata yang membuat kebocoran besar. 

Wah, jadi taman ini bukan hanya untuk anak-anak? Ya tidak. Taman ini bisa jadi tempat edukasi untuk orang dewasa juga. Ada permainan mencocokkan kartu asuransi yang akan memberikan pemahaman mengenai asuransi sebagai salah satu jenis proteksi dan jenis-jenis asuransi yang ada.

Di dalam taman juga dipasang 8 signage atau rambu-rambu mengenai tips pengelolaan uang sehingga kita bisa mengatur keuangan dengan bijaksana. Jadi, kapan-kapan silakan mampir ke taman ini. Kalau naik ojek online atau mobil online, diarahkannya ke Taman Mataram ya karena taman ini ada di dalam Taman Mataram. Dijamin deh anak-anak pasti senang sekali diajak bermain di taman ini. 

Signage
Foto: Atanasia Rian 


14 comments:

  1. hihih kenapa aku jadi merasa cocok kalau belajarnya keuangan dan asuransinya macam gini hahahaa soalnya aku lemot soal angka kwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan dong kita, Cha. Aku juga lemot soal angka. Perlu banyak belajar ya xixi...

      Delete
  2. Anak2 bisa diajak, ya? :D Hehehehe ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. ya jelas bisa laaah, ini kan taman untuk anak-anak, mbak'eee...

      Delete
  3. Semacam CSR dari prudential kali ya mba...

    ReplyDelete
  4. wah tamannya keren ya
    bisa bermain sambil belajar
    pasti seru banget

    ReplyDelete
  5. mau mba kesana kopdaran lagi yuks sambil ajak kidos,,, seperti seru itu

    ReplyDelete
  6. Bisa sambil piknik belajar keuangannya :)

    ReplyDelete
  7. Makin banyak taman yang bagus buat keluarga :)

    ReplyDelete
  8. aku seneng liat game-boardnya mba Leyla, selain edukatif bikin sehat juga karena mainnya di taman :)

    ReplyDelete
  9. Semoga taman mendidik sperti Taman Literasi, gak hanya di Jakarta...di kota2 lain perlu nih, biar sy gak perlu jauh2 ke jkt heee

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...