Thursday, October 25, 2012

Going to 30: Titik Balikku


Sibuk mengasuh anak yang usianyahanya terpaut setahun,
membuatku tak sempat menulis
Berhubung ada even give away bertajuk "Going to 30,” aku jadi mengingat kembali masa setahun lalu ketika usiaku menginjak 30 tahun. Kini usiaku memasuki 31 tahun. Ehhhmmm… apa ya yang istimewa saat memasuki usia 30 tahun? Aku tak terlalu memikirkannya, sebagaimana saat memasuki usia 17 tahun. Waktu mau 17 tahun, yang kupikirkan adalah “wah, berarti aku sudah boleh punya pacar, nih…” Hehehe…. Sedangkan saat memasuki usia 30 tahun, rasanya biasa-biasa saja. Takut tua? Tidak juga.


Tahun lalu, bisa disebut titik balikku sebagai seorang penulis. Ya, setelah memutuskan menikah di usia 25 tahun, aku seakan tenggelam dari dunia tulis menulis. Padahal, sebelumnya aku sudah menerbitkan belasan novel remaja. Aku disibukkan oleh urusan rumah tangga, karena langsung tinggal di rumah suami berdua saja. Aku sibuk beradaptasi dengan status baru sebagai istri dan membaur dengan lingkungan baru. Kadang-kadang aku masih mengetik, tetapi keterbatasan fasilitas membuatku tak bisa sesegera mungkin menerbitkan tulisan-tulisanku. Aku belum punya modem, sehingga harus naik ojek dan naik angkot dua kali kalau mau berselancar di dunia maya. Bisa dikatakan aku menjadi kurang pergaulan dan kurang informasi.

Terlebih setelah empat bulan menikah, aku hamil. Proses kehamilannya lumayan berat, sehingga baru bisa berhadapan dengan komputer setelah usia kandungan 5 bulan. Menjelang kelahiran si sulung, satu bukuku masih sempat terbit. Tahun berikutnya, aku kembali dianugerahi momongan. Jadilah dalam dua  tahun itu, aku sibuk mengurus bayi-bayiku. Dan akhirnya, ketika anak keduaku berusia 2 tahun, suami membelikanku modem. Sejak itu, aku kembali berinteraksi dengan dunia luar dan memulai kembali karier menulisku.

Bahagia rasanya bisa melihat novelku terpajang lagi
di toko buku, menjelang usia 30 tahun
Benar-benar seperti memulai dari awal lagi. Ada perubahan segmen pasar di dunia penerbitan, sehingga aku harus belajar dari nol lagi untuk menulis buku yang sesuai segmen pasar. Bahkan, aku memulainya (kembali) dengan menerbitkan buku melalui penerbit indie. Akhirnya, setelah nyaris setahun berjuang, memasuki usia 30 tahun itulah, tahun 2011, buku-bukuku mulai diterbitkan lagi oleh penerbit mayor. Alhamdulillah… bisa dikatakan itu adalah tahun titik balikku sebagai penulis.

Semua itu tidak direncanakan, berjalan begitu saja sampai aku menyadari “oh ya, ternyata peristiwa istimewa itu terjadi saat usiaku mau 30 tahun.” Dari situ bisa kusimpulkan bahwa selalu ada waktu dan kesempatan untuk meraih impian, sekalipun itu di awal usia 30 tahun. Bahkan, aku bisa katakan bahwa masa produktif seseorang berada pada kisaran usia 30 tahun. Jangan pernah berpikir sudah terlambat, karena sudah berusia 30 tahun. Tak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu.

Di usia 30 tahun ini juga aku mengenal dunia blogger. Jujur, tadinya aku hanya iseng-iseng nge-blog, memposting tulisan-tulisan lamaku. Sampai aku terbawa arus pergaulan dengan para blogger, menjalin perkenalan melalui even give away, mengikuti lomba-lomba blog, menjalin silaturahim dengan blogwalking, dan lain sebagainya. Ternyata dunia ini luas, masih banyak yang belum kujelajahi. Usiaku sudah 30 tahun? Ah, tak masalah. 


------------------------
Alhamdulillah, dapat 3 bros yang cantik dari GA ini

4 comments:

  1. makasih mba Leyla atas partisipasinya.. :)
    jadi pengen belajar menulis dari yang lebih ahli nih..hehehe

    btw, aku ga bisa link dr blogku mba..ga ngerti gmn carany..hehee

    ReplyDelete
  2. sama-sama, mba
    boleh, yuuk..

    iya, aku jg gak bisa jd follower blog mba, hehe

    ReplyDelete
  3. subhanallah...
    ada penulis hebat disini

    semoga tetap terus berkarya ya mbak, apalagi sekarang fasilitasnya udah ada dari suami :D

    salam kenal

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah
    Makasih mba Angga dah mampir. Tungguin yah saya juga mau ikutan giveawaynya :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...