Tuesday, July 30, 2013

Memaksimalkan Potensi Blog dengan Layanan Iklan PPC AdRewa


Ngeblog Buat Apa?
Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menenangkan pikiran, salah satu cara saya adalah dengan menulis. Terkadang setelah menulis, saya juga ingin ada orang yang membaca tulisan itu. Untuk itulah sejak dua tahun lalu, saya membuat blog di blogspot. Saya memakai domain blogspot, karena lebih mudah mengoperasikannya  dan tentu saja gratis. Saya belum tertarik memiliki domain berbayar karena khawatir tidak disiplin membayar, lalu tiba-tiba blog saya tak bisa diakses.


Selama setahun menulis di blog, tak sedikit pun terpikir bahwa saya bisa mendapatkan uang dari blog. Mungkin karena saya tidak bergaul dengan para blogger, tidak blogwalking, dan blog pun sepi-sepi saja. Jumlah pengunjung memang meningkat, tapi jarang yang meninggalkan komentar. Sampai kemudian saya berinteraksi dengan rekan penulis yang juga blogger dan beliau memberitahukan bahwa ada banyak peluang mendapatkan rejeki dari blog. 

Iklan di Blog
Blog, adalah salah satu media sosial tempat kita berinteraksi dengan orang-orang di seluruh penjuru dunia. Sama seperti facebook dan twitter, sosial media terpopuler yang belakangan juga dijadikan lahan mencari rejeki, blog pun demikian pula. Setahun berikutnya, saya mempergunakan peluang mendapatkan rejeki dari blog, Alhamdulillah sudah banyak manfaat materi yang saya peroleh, meskipun hasilnya tidak tetap. Diantaranya melalui kontes blog dan giveaway blogger. Kadang hadiahnya besar, jika penyelenggaranya sponsor ternama, atau sekadar penghibur lara jika penyelenggaranya sesama blogger. Bagaimanapun, yang namanya mendapatkan hadiah, pasti senang bukan main. 

Rupanya, ada satu peluang rejeki dari blog yang belum saya manfaatkan: IKLAN. Kita juga bisa memasang iklan di blog, dalam bentuk banner yang diletakkan di side bar blog atau review produk tertentu di dalam postingan blog. Untuk iklan ini, salah satu media iklan yang bisa digunakan adalah AdRewa.com. AdRewa adalah solusi alternative mendapatkan uang dari blog. Berupa layanan iklan pay per click (PPC) kontekstual berbasis keyword, mempertemukan pemasang iklan (Advertiser) dan penerbit iklan (publisher). Salah satu layanan dari Asta Media Group, perusahaan internet marketing dan blog advertising yang didirikan oleh blogger senior, Asri Tadda sejak 2006 di Makassar. 

AdRewa.com
Sering kali kalau sedang googling ke situs-situs tertentu, saya melihat iklan banner yang menghiasi side bar blog. Sayangnya, banyak iklan itu yang mengganggu penampilan blog dan adakalanya berisi konten negative yang tak sesuai dengan saya. Misalnya saja iklan yang menampilkan adegan wanita dan pria  setengah telanjang, padahal isi webnya informative dan cerdas. Terpaksa saya tinggalkan web itu dan tidak menghubungkannya dengan blog saya karena khawatir pembaca berprasangka negative setelah mengklik linknya. Itu yang menghalangi saya untuk menampilkan iklan di blog, kecuali banner-banner kompetisi yang saya ikuti dan bermuatan positif. Saya khawatir menjadi publisher iklan, jika kemudian terpaksa harus menampilkan iklan yang tak layak, menurut saya. 

Namun, di AdRewa.com, kita dapat menyeleksi iklan mana saja yang boleh ditampilkan di blog kita. Otomatis, kita dapat menghindari tampilnya iklan-iklan yang tak senonoh. Jumlah iklan yang boleh ditampilkan pun tak ada batasan minimumnya. Jadi, bila kita hanya ingin memasang satu iklan pun tak masalah. Ada lima jenis pilihan iklan yang bisa kita pilih: iklan teks, banner, katalog, mobile, dan keyword. AdRewa mempertemukan Advertiser dan Publisher dengan cara yang mudah.

Untuk menjadi Advertiser, kita hanya cukup mendaftar di AdRewa dan dapat langsung memasang iklan dengan menyimpan deposit sejumlah Rp 150.000 saja, dan iklan kita sudah dapat ditayangkan di ribuan blog yang menjadi Publisher AdRewa. Biaya iklan per klik dimulai dari Rp 500. AdRewa, pilihan iklan berbasis keyword dengan biaya hemat dan bersaing.  Langkah-langkahnya:

  1. Buat iklan dengan menggunakan kata kunci sesuai produk atau jasa yang kita tawarkan. Misalnya, kesehatan, kecantikan, buku, dan lain-lain.
  2. Iklan akan tayang di lokasi yang sesuai dengan kata kunci. Misalnya, iklan produk kecantikan, akan tayang di blog-blog, situs, dan web yang mengulas tentang informasi-informasi kecantikan. Jadi, target sasaran pun jelas, karena situs kecantikan itu sudah tentu dikunjungi oleh pembaca yang tertarik akan produk-produk kecantikan.
  3. Iklan yang diklik akan menuju ke website kita, tempat memasang produk dan jasa yang kita tawarkan. Otomatis, pengunjung website pun bertambah yang dapat menjadi pelanggan potensial.
Untuk menjadi Publisher, kita cukup mendaftar di AdRewa dan tidak dipungut biaya. Justru kita akan mendapatkan pemasukan jika memasang iklan di blog yang didapat dari AdRewa. Setelah mendaftar, tunggu sampai mendapatkan persetujuan dari AdRewa, berkisar antara 1-2 hari. Setelah mendapatkan persetujuan, kita dapat langsung memasang iklan tersebut yang dapat dipilih jenis dan jumlahnya. Dapatkan komisi hingga 50% dari setiap iklan valid yang akan ditransfer ke rekening bank, apabila telah memenuhi syarat minimum sejumlah Rp 50.000.


Layanan Iklan PPC Kontekstual AdRewa
Ini terobosan yang menarik dari AdRewa. Publisher akan dibayar setiap kali iklan diklik oleh pengunjung blog. Akan tetapi, kita tidak dapat memanipulasi jumlah klik karena teknologi tinggi AdRewa dapat mendeteksi setiap klik fraud yang terjadi. Kalau saya pribadi, tidak akan mengklik iklan banner yang materi iklannya tidak menarik. Iklan dari AdRewa ini tak hanya berbentuk banner. Bisa juga berbentuk iklan teks yang secara otomatis akan terhubung dengan link web Advertiser setiap diketikkan keywordnya. Praktis dan lebih efektif.

Yuk, maksimalkan potensi blog kita tak hanya menghasilkan tulisan tetapi juga financial melalui AdRewa.com.



    

8 comments:

  1. Yuk ... aaah jadi ingat, yang keyword itu, saya belum pasang keywordnya.

    Oya goodluck mbak, semoga blognya makin menghasilkan :)

    ReplyDelete
  2. Waah info nya menarik sekali mbak....:)

    Maturnuwun....

    Salam kenal
    UmmuFathin

    ReplyDelete
  3. good luck ya mbak Leyla, maaf aku baru bisa bw

    ReplyDelete
  4. Makasih, Mak Lidya. Sampe kangen nungguin Mak Lidya :D

    ReplyDelete
  5. Aku belom ngeh sama iklan ppc beginian hehehe.

    Salam dari http://nurulnoe.com

    ReplyDelete
  6. pas pendaftaran jadi publishaer kan dia minta alamat url, jangan pakai http://, nah kalau blog kita pakai http gimana tuh??? bingung jadinya...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...