Tuesday, August 2, 2016

Mengenal Lebih Dalam Tentang GPS


Apa yang dilakukan oleh orang-orang modern ketika tersesat dan tidak tahu jalan? Mencari tahu posisi dan rute terdekat dengan GPS tentu saja. Alat yang merupakan kependekan dari Global Positioning System ini sudah menyelamatkan banyak orang dari situasi yang genting, dan memberikan rute alternatif ketika jalanan mengalami kemacetan, kecelakaan, ataupun ketika ada demonstrasi.


Fungsi dari alat ini sendiri ternyata bermacam-macam, dan dengan adanya alat navigasi ini di tangan Anda, maka kemungkinan ini pun bisa tercapai:


  1. Navigasi – fungsi utama dari alat ini, mengetahui rute terdekat dan tercepat, kompas, serta posisi kendaraan.
  2. Informasi geografis – memberikan Anda informasi tentang wilayah yang Anda tuju, kondisi geografis suatu tempat, arah angin, referensi untuk pengukuran, dll.
  3. Memantau gempa – mampu mendeteksi kondisi tanah dan memantau pergeseran yang terjadi, sangat ideal untuk tahu area yang berpotensi gempa besar.
  4. Melacak kendaraan – ketika motor atau mobil Anda hilang tiba-tiba, alat ini membantu tracking kendaraan tersebut, bahkan bisa mematikan kendaraan dari jarak jauh, serta merekam percakapan yang terjadi.


GPS sendiri dikembangkan pertama kali oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yaitu alat yang disebut dengan NAVSTAR. Kelebihan dan kekurangan dari alat navigasi ini sendiri adalah:

Kelebihan

  1. Membantu navigasi kendaraan dan tracking posisi ketika ada kendaraan yang hilang.
  2. Mengidentifikasi lokasi yang ada di permukaan bumi, sekaligus informasi kondisi secara real-time.
  3. Ringkas dan praktis, lebih mudah dipakai daripada peta biasa.


Kekurangan

  • Tidak selalu akurat, karena koordinat tetap mempunyai kemungkinan kesalahan meski memakai satelit.
  • Menyita konsentrasi dari pengemudi, berpotensi mengganggu proses berkendara dan membuatnya tidak awas dengan kondisi sekitar.
  • Biaya tidak murah, termasuk maintenance.


Jika Anda mau membelinya, ini beberapa jenis sistem navigasi gps mobil yang harganya terjangkau dan kualitasnya bagus:

TomTom VIA 260 (Rp1,9 juta)
Punya harga paling murah di antara sistem navigasi mobil lainnya. Mempunyai peta Asia Tenggara yang lengkap, dan juga Macau dan Hongkong. Layarnya responsif, dengan interface yang mudah dioperasikan. Tampilannya juga menarik, dengan visual 3D yang memudahkan Anda melihat.

Magellan RoadMate 1700 (Rp1,94 juta)
Layar lebar (7”), peta yang tajam, dengan menu yang mudah dimengerti, dengan akses lengkap tentang hotel, restoran, dan pusat perbelanjaan.

Garmin Nuvi 1250i (Rp1,5 juta)
Semua peta Indonesia sudah masuk di dalamnya, tahan 4 jam intensif, ada data statistik tentang kecepatan kendaraan, dan bisa menghitung durasi.

Kemudahan mengoperasikannya, kelengkapan peta lokasi, kemungkinan pembaharuan, dan layar yang lebar dan jelas adalah beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan jika ingin membeli GPS untuk mobil Anda. Mengingat sekarang ini harga dari sistem navigasi ini sudah semakin murah, Anda juga mempunyai pilihan yang semakin banyak. Manfaatkan ini untuk mendapatkan yang terbaik.

1 comment:

  1. Aku pernah dari Malang ke Blitar, di salah satu dusun, hanya demi pengen makan lodeh yang tersohor. Berbekal GPS, bisa nyampe. Padahal ngga ada yang pernah nyetir Malang-Blitar sebelumnya hihihi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...