Thursday, April 16, 2020

Cara Cepat Menyembuhkan Luka dengan Hansaplast

Sebagai ibu dengan 3 anak laki-laki yang sangat aktif, aktivitas saya tidak jauh dari luka. Baik itu luka yang diderita anak-anak maupun luka yang diderita oleh saya sendiri. Apalagi kalau anak masih balita, setiap hari dibuat cemas oleh luka yang menghinggapi bagian tubuh mereka. Ada yang di dahi, siku, telapak tangan, lutut, bahkan bibir. Itu semua karena mereka berkelahi atau terjatuh. Sedangkan luka yang sering saya derita berkaitan dengan pekerjaan rumah tangga seperti terkena setrikaan panas atau terciprat minyak panas. 

Hansaplast Spray Antiseptic

Luka ini tidak bisa diobati sekenanya ya, Mom. Nanti bisa infeksi dan malah semakin memburuk keadaannya. Nah, beruntung kemarin saya mendapatkan informasi tentang cara menyembuhkan luka dengan benar dari acara blogger gathering Halodoc x Hansaplast yang berlokasi di Eighty Nine Eatery Kemang. Narasumbernya ada dokter Adisaputra, dokter spesialis luka, influencer Tyna Kanna Mirdad, dan Tessa, Junior Brand Manager Hansaplast

Hansaplast Woundcare Talk

Ternyata masih banyak hal yang belum saya ketahui mengenai penanganan luka yang benar. Banyak mitos berkaitan dengan penanganan luka yang justru membuat luka menjadi lebih parah dan infeksi. Contohnya, luka tidak boleh ditutup dengan plester karena nanti akan lama keringnya. Benarkah demikian? Dokter Adi Saputra memberikan informasi yang berbeda. Berikut ini cara menyembuhkan luka dengan benar menurut dr. Adisaputra: 

Bersihkan Luka 
Penanganan pertama adalah bersihkan luka dengan cairan pembersih luka yang mengandung PHMB (Polyhexamethylene Biguanide), zat antiseptik pengganti pembersih luka. Dulunya, cairan pembersih luka mengandung Iodine, tapi ternyata ada orang yang alergi. Akhirnya ditemukanlah zat antiseptik pengganti Iodine yaitu PHMB yang didesain untuk menyempurnakan Iodine. 

PHMB ini sangat efektif untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi. Bahkan, PHMB gak pake perih saat disemprotkan ke luka. Biasanya, kita takut perih saat membersihkan luka. Terutama anak-anak yang menghindar dan berteriak saat lukanya akan diberikan obat, karena takut perih. PHMB ini #GakPakePerih. Kandungannya sudah memenuhi standar kesehatan dan sudah digunakan di rumah sakit untuk membersihkan luka. PHMB juga tidak menimbulkan alergi pada kulit, mengandung anti mikroba, tidak berwarna, dan tidak berbau.

Lindungi Luka
Setelah luka dibersihkan, selanjutnya luka ditutup dengan plester luka. Ada mitos yang beredar bahwa luka tidak boleh ditutup karena nanti lama keringnya. Mitos itu tidak benar. Justru sebaliknya, luka harus ditutup agar bisa sembuh lebih cepat. Luka ditutup dengan plester luka untuk mencegah infeksi. Luka yang ditutup itu akan lembab dan cepat kembali ke seperti semula sebelum ada luka. Kalau lukanya kering,justru menjadi koreng yang gatal dan saat digaruk akan membuat kulit menjadi berbekas. 

Gantilah plester luka setiap selesai mandi, tergantung frekuensi mandinya. Kalau mandi dua kali sehari, berarti ganti plesternya dua kali sekali. Tidak disarankan menggunakan kain kasa karena masih ada lubang (pori-pori) yang membuat kotoran masih bisa masuk dan menyebabkan infeksi. Luka yang diplester apabila sudah sembuh akan terasa tidak sakit lagi saat dipegang dan warna lukanya tidak lagi merah. Kulit baru pun akan tumbuh, pertanda kulit yang lembab dan mempercepat kesembuhan. Luka yang diplester juga meniadakan rasa sakit akibat tergesek atau tersenggol yang justru memperparah luka. 

Tyna Kanna Mirdad selaku Mom Influencer memberikan pengalamannya membersihkan luka supaya #GakPakePerih. Dia memilih produk Hansaplast Spray Antiseptik karena penggunaannya yang praktis, tinggal disemprot dan ternyata juga gak pake perih sama sekali bahkan saat disemprotkan pada luka yang masih baru. Selanjutnya, luka tersebut ditutup dengan Hansaplast Plester, plester Hansaplast dapat melindungi luka dari infeksi. Untuk penyembuhan luka secara paripurna, gunakan Hansaplast Wound Care Ointment, salep luka yang juga bisa meminimalkan bekas luka.

Ibu Tessa menjelaskan keunggulan masing-masing produk tersebut, yang wajib ada di dalam kotak pertolongan pertama kita. Ketiganya dipakai berurutan. Hansaplast Spray Antiseptik itu mengandung PHMB yang keunggulannya sudah dijelaskan oleh dr. Adisaputra. Tidak usah takut lagi membersihkan luka, karena Hansaplast Spray Antiseptik #GakPakePerih. Begitu juga dengan Hansaplast Plester yang digunakan untuk menutup luka dan mempercepat penyembuhan luka. Ada varian Aqua Protect dengan plester bening dan kedap air, ada juga plester yang memiliki motif. 

Untuk menyembuhkan luka hingga 2x lebih cepat* dan mengurangi risiko luka membekas**, gunakan salep Hansaplast Wound Care Ointment. Ketiganya bisa dibeli di aplikasi Halodoc. Unduh saja aplikasinya di PlayStore, mendaftar, lalu kita bisa memesan produk Hansaplast tersebut dan dikirim ke rumah atau kantor yang termasuk jangkauan Halodoc. 

Rangkaian produk Hansaplast Woundcare 

Nah, bagaimana dengan pengalaman saya sendiri menggunakan ketiga produk ini? Beberapa waktu lalu, anak saya terluka, dia sudah membuktikan Hansaplast Spray Antiseptik memang #GakPakePerih. Saya juga mencoba ketiga produk Hansaplast ini. 

Hansaplast Spray Antiseptik
Botolnya praktis, tinggal semprot. Ukurannya 50 ml. Ketika disemprotkan ke kulit, terasa sejuk dan memang #GakPakePerih. Cairannya tidak berbau dan tidak berwarna, sehingga tidak mengganggu indera penciuman. Luka terhindar dari infeksi.


Hansaplast Aqua Protect Plaster 
Untuk menutup luka, saya gunakan Hansaplast Aqua Protect Plaster. Ini adalah plester kedap air yang plesternya berwarna bening seperti plastik. Digunakan setelah membersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik. Plesternya sangat kuat rekatannya, sehingga tidak khawatir lepas. Bahkan bisa dipakai saat mandi maupun berenang. Tidak akan copot atau kemasukan air karena kedap air. Aman untuk kulit, tidak membuat alergi dan bisa mencegah masuknya kuman yang dapat menginfeksi luka.



Hansaplast Wound Care Ointment
Terakhir, setelah plester dilepas, bisa digunakan salep penutup luka yang dapat menyembuhkan luka hingga 2x lebih cepat* dan mengurangi risiko luka membekas**.  Terutama pada luka sayat, gores, dan luka bakar dari ringan hingga sedang. Bahkan bisa digunakan untuk kulit bayi yang iritasi, kering, dan sensitif. Salepnya juga gak pake perih, gak berbau, dan gak berwarna, sehingga kita nyaman menggunakannya. Juga cepat meresap ke dalam kulit. Cukup dioleskan tipis-tipis saja. 




Itu dia cara menyembuhkan luka dengan Hansaplast yang baik dan benar. Untuk informasi lebih lanjut, bisa ke Instagram Hansaplast_id dan website www.id.hansaplast.co.id


 *dibandingkan dengan luka yang tidak dirawat
**untuk luka baru

39 comments:

  1. Aku seneng pake yang spray mak kayaknya. Cepet keringgg banget lukanya makanya sedia terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya lupa beli yang wound care ointment ah biar ga bekas sekaliannn.

      Delete
  2. Wah woundcare produknya hansaplast lengkap banget ya maaaaak.. Kaya di drama drama korea gt kalo ada yg luka mereka kaya tau mesti beli produk apa, ini kayanya sama kaya rangkaian woundcarenya hansaplast deeeh. mesti sedia 3 produk ini nih dirumah

    ReplyDelete
  3. Pake Hansaplast spray memang super recommended.
    Ponakanku yg balita juga demen bgt pake ini

    ReplyDelete
  4. Saya juga pakai hansaplast, Mba. Baru tau kalau ada hansaplast wound care ointment. Boleh nih saya beli buat masuk ke pouch P3K yg selalu saya bawa kemana2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Ade...aku pun baru tau Hansaplast wound care ointment.
      Makin lengkap kotak P3K dan pasti ini sangat dibutuhkan sekali.

      Delete
  5. Woah, saya baru tahu soal wound care ointment. Kalo spray dan plester memang sudah nangkring di lemari rumah. Hansaplast memang merek terpercaya untuk mengatasi luka ya Mak.

    ReplyDelete
  6. Sekarang lucu2 plesternyaa yaak, kek Hansaplast Aqua Protect Plaster. Nah kalo aku nyetok yang wound care ointment mak, soale banyaak banget tanda cinta dari dapur semenjak di rumah aja nih., kena panci lah, minyak, ke sayat hahahaa.

    ReplyDelete
  7. Hansaplast sekarang produknya macam2, ya. Kalau aku yang paling akrab dipakai ya plester lukanya

    ReplyDelete
  8. Jangankan anak-anak, aku juga suka ngeri bersihin luka. Takut perih hihihi. Keren nih desain Hplester water proofnya. Kalau lagi kebetulan harus pake plester, pas mandi suka lepas aja dan bikin luka makin perih

    ReplyDelete
  9. Jadi ingat masa kecil dulu, kalau momen membersihkan luka asli bikin stress!
    ... karena perihnya sampai ke tulang eui.

    Alhamdullilah, kini, dengan pakai hansaplast, perih bisa dihempaskan!
    Apalagi banyak ya varian produknya, tinggal pilih sesuai kebutuhan!

    Boleh nih jadi referensi, Mak

    ReplyDelete
  10. Ooh PHMB ini sangat efektif untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi, ya Mak. Dulu cuma pake Iodine ya selain minyak tawon.

    ReplyDelete
  11. Yang spray nih enak banget. Mak nyes langsung gak terasa perih. Anak-anak jadi gak rewel lagi kalau dibersihin bekas lukanya.

    ReplyDelete
  12. Nah, kalau ada pembersih luka seperti ini, anak kan jadinya enggak trauma lagi ya saat lukanya dibersihkan. Selama ini mereka taunya kalau pas luka dibersihkan tuh pasti perih.

    ReplyDelete
  13. Dari tiga ini, yang belum pernah pake cuma wound care aja. Yang spray udah jadi sediaan wajib karena dua anak laki-laki masih "berantakan" gerakannya. Sering lecet hahaha. Dulu pas masih pakai iodium, tiap mau oles selalu drama. Sekarang dengan Hans-spray, tiap luka malah langsung minta :)

    ReplyDelete
  14. Ini nih starter pack yang wajib ada di rumah buat jaga-jaga, karena nggak bisa dipungkiri bisa terluka kapan aja, apalagi aku ada kucing dan sering kena cakar. Yang spray kayaknya praktis banget ya mbak.

    ReplyDelete
  15. Wah, lengkap ya perawatan luka dari hansaplast. Mulai dari membersihkan, merawat dan melindungi, sampai luka mau sembuh pun ada produk perawatannya. Jadi tenang kalau ada hansaplast di rumah.

    ReplyDelete
  16. Di rumah juga selalu sedia Hansaplast kit itu mulai dari plester, spray antiseptiknya, dan krim buat menyembuhkan lukanya. Kapan hari jg di rumah ada yang kegores langsung deh keluar itu printilan Hansaplast alhamdulillah lekas sembuhnya.

    ReplyDelete
  17. Hansaplast wound care ointment, produk baru ya mba? Baru tahu karena belum pernah lihat di apotek. Kalo spray dan plester nya udah pernah lihat di rak supermarket tempat aku sering belanja

    ReplyDelete
  18. Hansaplast selalu jadi andalan keluargaku buat mengatasi luka, first aid yang penting

    ReplyDelete
  19. Plester Hansaplat yang penutupnya dari plastik gitu persis yang ada di rumah sakit yaah..
    Aku selalu sedia Hansaplast plester kain di laci. Dan anakku yang kecil suka otomatis aja gitu...kalau luka, ia bersihkan sendiri dan pakein Hansaplast sendiri.

    Perlu nambah Hansaplast spray niih..

    ReplyDelete
  20. aku kok salfok sama outfitmu yg serba biru2... keceh euy :*
    mau ah lengkapin perawatan luka hansaplast, buat jaga2 :)

    ReplyDelete
  21. Perlu banget nih sedia hansaplast ya.. bukan cuma utk anak2 kayaknya heheh. emaknya kalo ada eksiden di dapur bisa ikutan nebeng hansaplast nya

    ReplyDelete
  22. Kai juga pakai ini loh mba, kemarin aku liat di Giant lagi promo atau apalah ya. harga 40rbuan, ini bagi yang punya anak kecil, wajib stok, tapi ini juga baik buat kita loh

    ReplyDelete
  23. Hansaplast Wound Care Ointment bisa untuk kulit bayi juga ya. Wah cocok nih.
    Kalau aku masih pakai Hansaplast yang spray. Enak sih soalnya ga pakai perih.

    ReplyDelete
  24. Produk Hansaplast lebih komplit sekarang. Untuk urusan luka, Hansaplast jadi pilihan. Keknya aku perlu punya yang Wound Care Oint deh

    ReplyDelete
  25. hansaplast udah jadi produk andalan dalam menangangi luka, skrg udh ada produk baru pula ya. keren!

    ReplyDelete
  26. aku juga sekarang selalu sedia hansaplast spray kaya gini nih di tas dan dirumah, soalnya nggak perih sama sekali ya

    ReplyDelete
  27. Wah aku pikir hansaplast spray utk anak-anak ternyata bisa utk orang dewasa juga ya..bagus ya ada inovasi seperti ini jadi lebih praktis

    ReplyDelete
  28. Musti sediakan 3 benda ini di rumah buat P3k menangani luka, produknya keren-keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi wound care ointment, bisa atasin kulit emak2 yg melepuh kena percikan minyak goreng kayaknya ya hehe

      Delete
  29. Di rumah selalu sedia hansaplast, mba. Karen ada aja tangan yang tergores ketika gratak-gratak.
    Belum lagi yang kecipratan minyak saat goreng-goreng. Benar-benar mempercepat proses penyembuhan.

    ReplyDelete
  30. Aku banyak di dapur, kayanya sering kena pisau, hehehe.
    Untungnya selalu sedia hansaplast,kerasa banget jadi penolong pertama.

    ReplyDelete
  31. Aku juga sedia Aqua proof plesternya mba, di rumah maupun di kantor. Untuk jaga2 bila terjadi kecelakaan kecil menimpa kita..

    ReplyDelete
  32. Di rumahku cuma ointment yang nggak ada. Baru tahu sih. Kalau hansaplast & anti septiknya selalu ada di kotak obat. Buat jaga2 karena kecelakaan kecil dalam rumah itu sering terjadi, misalnya pas masak.

    ReplyDelete
  33. aku percayakan masalah luka dengan hansaplast, udah cocok lahir bathin lah akyu dan keluargaku dehan [roduk satu ini

    ReplyDelete
  34. Anak-anak mudah jatuh dan luka mesti nyetok hansaplast, anak-anaknsuka banget dipakein hansaplast spray, adem di kulitnya nggak bikin perih luka

    ReplyDelete
  35. enaknya hansaplast yang spray ini memang ngga ada rasa perinea di luka ya mba. Paling pas buat anak - anak yang suka drama kalau luka hehehe

    ReplyDelete
  36. Ini wajib ada di kotak P3K ku soalnya punya anak yang mulai aktif serong banget jatuh

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...