Sunday, July 24, 2022

5 Tips Memilih Sunblock Badan untuk Penyuka Pantai

Keluarga pantai! 

Yup, pantai adalah salah satu tempat wisata favorit keluarga saya. Mungkin karena anak-anak suka main air. Kalau sudah masuk liburan sekolah, anak-anak pasti akan minta diajak ke pantai. Dibandingkan dengan tempat wisata lain, memang berwisata ke pantai itu lebih seru. Tiket masuknya juga murah, bahkan gratis. Seperti waktu kami ke Pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Anyer. Saat ke Pantai Anyer, kami menginap di hotel angker Marbella Anyer

sunblock badan

 

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berwisata ke pantai. Salah satunya adalah memakai sunblock badan. Apalagi anak-anak itu betah main ke pantai. Datang pagi-pagi, sampai siang pun masih betah di pantai. Padahal, mataharinya sangat terik. Entah kenapa kalau sudah berjemur di pantai itu kok seperti nggak terasa ya kalau mataharinya sangat panas? 

Efeknya baru terlihat setelah berjemur. Kulit jadi kemerahan bahkan menghitam, tak jarang menyebabkan gatal-gatal karena iritasi. Kasihan juga melihatnya. Bisa-bisa malah jadi susah tidur akibat kulitnya bermasalah. Jadi bukan hanya saya yang membutuhkan sunblock badan, anak-anak pun perlu dipakaikan sunblock saat bermain di pantai. 

Sunblock badan berfungsi untuk melindungi permukaan kulit dari paparan sinar ultraviolet UVA dan UVB yang berbahaya. Sinar matahari pagi itu baik untuk tubuh karena mengandung vitamin D, tetapi kalau sudah di atas jam 9 pagi akan berbalik menjadi membahayakan. Jika sering terpapar terlalu lama di bawah sinar matahari tanpa sunblock badan, maka kulit  akan mengalami kerusakan bahkan menyebabkan kanker kulit. Hiy, serem kan. 

Ada beberapa tips memilih sunblock badan untuk para penyuka pantai: 



SPF 30 

Gunakan sunblock badan yang mengandung SPF 30 atau lebih. SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor yang menggambarkan tingkat perlindungan terhadap sinar UVB. SPF 30 artinya dapat melindungi kulit dari sinar UVB hingga 97%. Tinggi sekali kan tingkat perlindungannya? Apalagi kalau SPF 100 bisa melindungi hingga 99 persen. Akan tetapi, tentunya akan berpengaruh ke harga ya. Semakin tinggi SPF-nya, semakin tinggi harganya. Jadi, kita bisa pilih yang minimal SPF 30. 

Cocok untuk Kulit Anak

Jika sunblock badan ingin digunakan untuk seluruh keluarga, maka pilihlah sunblock yang cocok untuk kulit anak-anak. Kulit anak-anak itu kan masih sensitif, jadi sebaiknya pilih sunblock yang menggunakan  bahan alami, tidak mengandung pewangi, bebas alkohol, tidak mengandung paraben, dan aman digunakan oleh anak-anak. Ada sunblock khusus anak, ada pula sunblock yang bisa digunakan seluruh keluarga. 

Aman untuk Kulit Sensitif 

Jika memiliki kulit yang sensitif, maka harus berhati-hati memilih sunblock badan. Jangan sampai penggunaan sunblock justru membuat kulit iritasi, gatal-gatal, dan kemerahan. Sebaiknya pilihlah sunblock yang hypoallergic dan tidak mengandung pewangi. Jika membeli secara langsung, bisa dites dulu ke belakang telinga. Kalau membeli secara online, bisa membaca ulasannya dulu apakah sublock itu aman untuk kulit sensitif.   

Sesuai dengan Jenis Kulit 

Pilihlah sunblock badan yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, kalau jenis kulitnya itu kering, maka pilihlah sunblock berbentuk krim yang mengandung pelembap. Sebaliknya kalau kulitnya berminyak, pilihlah sunblock yang tidak berminyak dan cepat meresap setelah dioleskan. Sebab, kalau salah memilih sunblock, bisa-bisa kulit malah jadi jerawatan. Misalnya, kulit berminyak tapi pakai sunblock yang berbentuk krim dan berminyak. Kita pun akan merasa tidak nyaman saat memakai sunblock yang tidak sesuai dengan jenis kulit. 

Waterproof 

Berhubung sunblock ini akan digunakan untuk ke pantai, maka pilihlah sunblock badan yang waterproof atau tahan air. Tapi ini bukan berarti sunblock tidak akan luntur di dalam air ya. Waterproof ini artinya ini tahan air tetapi dibatasi waktu. Setelah berenang selama 1-2 jam, maka harus mengoleskan sunblocknya lagi. Jadi, dioleskan berkali-kali supaya kulit tetap terjaga dari sinar ultraviolet yang berbahaya. 

Banyak merk sunblock badan yang bisa dipilih. Untuk mendapatkan rekomendasi sunblock badan terbaik, bisa dibaca di ceklist.id. Ada ulasan masing-masing produknya juga, sehingga kita bisa memilih sunblock badan yang sesuai dengan kebutuhan. Disertakan juga rekomendasi toko untuk membeli sunblock badan dan harga promonya. 

Kalau sudah mendapatkan sunblock badan yang sesuai, kita pun bisa berlibur ke pantai dengan tenang tanpa takut kulit gosong dan kemerahan akibat terkena paparan sinar ultraviolet yang berbahaya. Kulit anak-anak juga bisa terlindungi. Ah, saya jadi kangen nih mau wisata lagi dan menikmati makan malam romantis di Pantai Jimbaran, setelah siangnya main air.  Semoga bisa terkumpul dananya segera supaya bisa traveling bersama keluarga lagi.








2 comments:

  1. Hehe pantai memang favorit banget untuk liburan apalagi suasananya itu hawa-hawa menenangkan, berasa melepas lelah kalau ke sana. Tapi, ya ini sunblock enggak boleh ketinggalan memang, terima kasih tipsnya!

    ReplyDelete
  2. spf 50 waktu ke pantai dan dipakai beberapa kali dalam sehari

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...