Tuesday, July 26, 2022

Apa Saja Jenis Pekerjaan Karyawan Perusahaan Outsourcing? Simak Di sini!

perusahaan outsourcing
Sumber foto:

https://www.pexels.com/photo/man-in-glasses-holding-a-folder-while-talking-to-a-woman-in-suit-7643735/

Dalam sistem ketenagakerjaan, perusahaan outsourcing bukanlah yang hal baru. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa perusahaan memang merekrut berbagai jenis karyawan atau pegawai. Beberapa di antaranya seperti freelance, fulltime, internship, pegawai tetap, pegawai kontrak termasuk pekerja outsourcing. 

Umumnya, semua jenis pegawai tersebut memiliki fungsi yang sama di dalam perusahaan yaitu untuk membantu bisnis perusahaan berjalan sebagaimana mestinya. Namun, setiap jenis profesi ini memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan hingga skill yang dimiliki oleh setiap pekerja. 

Baca Juga: Kursus Online Gratis Bersertifikat agar Sukses Berkarir

Saat ini, tak sedikit perusahaan yang melakukan perekrutan besar-besaran untuk pekerja outsourcing. Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang bisa digolongkan ke dalam pegawai outsourcing ini? Berikut informasinya untuk Anda.

Jenis-jenis Pekerjaan Outsourcing Didalam Perusahaan Outsourcing

Berikut ini merupakan beberapa jenis pekerjaan outsourcing yang perlu Anda ketahui. Kelima jenis pekerjaan dengan tenaga outsourcing berikut umumnya sudah sangat sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari.

1. Kurir

Profesi yang satu ini tentu sudah sering Anda temui. Kurir sendiri memiliki tanggung jawab penuh dalam hal pengiriman barang kepada pelanggan. Umumnya mereka akan melakukan pengantaran barang menggunakan motor atau mobil dari perusahaan ekspedisi tempat mereka bekerja.

2. Staff F&B

Untuk staff dalam bisnis makanan dan minuman, Anda bisa mengisi beberapa posisi berikut dengan tenaga kerja outsourcing: 

  • Server

Saat mengunjungi restoran, Anda akan mudah menemui seorang server. Para server memiliki jobdesk utama dalam bidang pelayanan atau penyajian makanan dan minuman kepada pelanggan secara profesional.

  • Waitress

Tak berbeda jauh dengan server, waitress juga berperan penting dalam pelayanan pelanggan di restoran. Bedanya, waitress tak hanya menyajikan makanan dan minuman tetapi juga melayani tamu sejak masuk hingga meninggalkan restoran.

  • Cashier

Kasir sendiri merupakan jenis pekerjaan outsourcing yang bertugas untuk melayani pembayaran. Umumnya mereka akan diletakkan di sebuah meja khusus untuk melayani transaksi konsumen. 

3. Staff Warehouse

Saat Anda membutuhkan staff untuk warehouse ada beberapa posisi yang bisa diisi oleh tenaga outsourcing, yaitu:

  • Admin Gudang

Peran utama seorang admin gudang ialah mencatat dan mendokumentasikan keseluruhan barang yang tersedia di gudang. Mereka bertanggung dalam mengklasifikasikan barang yang masuk dan keluar dari gudang.

  • Helper Gudang

Adapun job desk utama seorang helper gudang ialah mengurus bongkar muat barang yang baru tiba di gudang perusahaan. Sederhananya, mereka membantu pengelolaan sistem tata gudang pada sebuah perusahaan.

  • Checker Gudang

Checker gudang termasuk jenis pekerjaan outsourcing yang juga berkaitan erat dengan para helper gudang. Umumnya, para checker gudang bertugas untuk memeriksa keseluruhan kondisi barang yang diterima maupun barang yang akan keluar.

Manfaat Outsourcing Bagi Perusahaan

Kehadiran outsourcing bagi perusahaan pada dasarnya memberikan sangat banyak manfaat. Tak heran jika hingga hari ini banyak perusahaan yang masih terus merekrut pegawai outsourcing. Berikut merupakan beberapa manfaat pegawai outsourcing bagi perusahaan.

  • Meminimalkan Beban Biaya Training

Untuk merekrut pegawai di perusahaan maka tentu saja perusahaan wajib menyiapkan yang namanya pelatihan. Hal ini dilakukan untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan mereka sesuai dengan jobdesk yang akan dikerjakan.

Namun, pelaksanaan training sangat erat kaitannya dengan anggaran perusahaan. Tentu saja biaya yang diperlukan pun tidaklah sedikit. Sebuah survey menyebutkan bahwa biaya pelatihan yang dibutuhkan untuk satu pegawai berkisar 8 hingga 23 juta rupiah. Bayangkan, jika Anda memiliki ratusan pegawai untuk mengikuti pelatihan.

Oleh sebab itu, mengandalkan tenaga outsourcing adalah solusi yang tepat untuk meminimalisir anggaran perusahaan.

Baca Juga: Kursus Menjadi HR Profesional

  • Mengurangi Beban Perekrutan

Seperti yang telah diketahui, penyedia jasa outsourcing akan menjadi pihak ketiga. Karena menjadi pengelola dan penyedia pekerja outsourcing maka keseluruhan proses seleksi karyawan ada di pihak perusahaan penyedia tenaga outsourcing.

Dengan begitu, perusahaan pun tidak akan memiliki beban lagi untuk membuka proses seleksi dan perekrutan. Perusahaan hanya akan mempekerjakan langsung para pegawai yang telah diseleksi oleh perusahaan penyedia jasa outsourcing.

  • Perusahaan Fokus Kepada Kegiatan Inti Bisnis

Banyak perusahaan membutuhkan tenaga outsourcing agar para karyawan tetap di perusahaan fokus kepada kegiatan inti bisnis. Dengan begitu, para karyawan tetap pun akan mengerjakan job desk utama sesuai profesi dan keahlian mereka.

Adapun pekerjaan yang bersifat teknis akan dikerjakan oleh tenaga outsourcing. Manfaat outsourcing sangat besar bagi perusahaan karena tak hanya sekedar mengurangi beban karyawan tetap, tetapi juga untuk mengembangkan perusahaan.

Cara Merekrut Karyawan dalam Jumlah Banyak dengan Cepat dan Efisien

Proses rekrutmen karyawan yang cepat dan efisien bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan Staffing berbasis digital. Salah satu penyedia jasa yang memberikan staffing digital yang cepat dan praktis adalah Workmate Indonesia. Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan lewat penggunaan Staffing digital ini.

  • Seleksi Kandidat Pekerja Cepat dan Tepat

Workmate Indonesia menyediakan kandidat pekerja yang telah diseleksi secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Tanpa proses seleksi yang panjang, Anda pun akan mendapatkan pegawai yang tepat untuk perusahaan. 

Baca Juga: Cara Mencari Lowongan Kerja yang Benar

  • Proses Absensi Secara Digital

Tinggalkan cara lama dan saatnya beralih menerapkan absensi digital untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Semua data dijamin lebih akurat dan minim revisi.

  • Menghemat Anggaran Perusahaan

Dengan Workmate Indonesia proses rekrutmen akan lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi yang dimiliki. Perusahaan tentu akan jauh lebih hemat hingga 30% dalam mengeluarkan anggarannya.

  • Efisiensi Rekrutmen dengan Sistem Digital

Proses rekrutmen menjadi lebih praktis dengan adanya sistem digital.

Perusahaan outsourcing konvensional termasuk jenis perusahaan yang selalu sibuk dalam menyeleksi para pekerja outsourcing. Untuk memudahkan proses perekrutan dan seleksi kandidat, maka tak ada salahnya beralih ke outsourcing dengan sistem berbasis digital. Selengkapnya tentang Workmate Indonesia dapatkan di sini.


1 comment:

  1. Baru paham soal outsourcing baru dengar juga sih, ternyata begini sistemnya. Penting banget memang dalam perusahaan strategi seperti ini, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...