Friday, August 12, 2022

Challenge Kreasi Merah Putih Bolu Pisang Cokelat

Sebentar lagi perayaan HUT Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus nih, pastinya kita sudah bersiap-siap mengikuti aneka lomba agustusan. Nggak hanya anak-anak sekolah yang mengikuti lomba, ibu-ibu pun pastinya nggak mau ketinggalan. Biasanya lomba agustusan yang diikuti ibu-ibu itu adalah lomba membuat makanan. Seperti waktu lebaran kemarin banyak lomba bertema menu wajib keluarga saat lebaran. Kali ini saya nggak mau ketinggalan mengikuti challenge kreasi merah putih dengan memasak makanan tradisional Indonesia.

challenge kreasi merah putih


Challenge Kreasi Merah  Putih

Pilihan saya jatuh pada Bolu Pisang Cokelat Kukus. Sebenarnya, kue bolu ini asalnya dari Eropa, tepatnya Portugis. Akan tetapi, lambat laun menjadi makanan tradisional Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di Indonesia. Contohnya, bolu pisang. Bahan dasar utamanya adalah pisang, tumbuhan tropis yang mudah ditemukan di setiap tempat di Indonesia. Pohon pisang itu gampang banget kan tumbuh di sekitar kita? Makanya cocok nih diikutsertakan dalam challenge kreasi merah putih ini.

Saya sendiri juga pernah menanam pohon pisang di pekarangan belakang rumah. Saya sempat merasakan panen pohon pisang hingga dua tandan dan cukup kewalahan menghabiskannya. Walaupun sebagian sudah diberikan kepada tetangga, tetap saja sisanya masih banyak. Saya pun putar otak bagaimana mengolah buah pisang yang sudah kematangan itu agar bisa tetap dimakan oleh anak-anak? 

Dari situlah saya dapat ide untuk membuat bolu pisang. Sudah beberapa kali percobaan dan lumayan berhasil, meskipun dengan bahan seadanya. Hanya saja memang bolunya harus cepat dimakan karena kurang lembut. Kalau dingin, bisa jadi keras. Sekarang saya sudah nggak menanam pohon pisang lagi, tapi sesekali masih membuat bolu pisang. Tentu saja untuk menghabiskan sisa pisang yang sudah kematangan. Saya sering membeli buah pisang satu sisir untuk langsung dimakan sebagai menu sarapan enak dan kenyang tanpa nasi, eh tapi malah nggak habis. Kalau sudah kematangan itu anak-anak sudah nggak makan karena sudah agak lembek pisangnya. 

Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis

Biasanya saya membuat bolu pisang menggunakan pisang ambon atau raja. Tapi saya coba pakai pisang uli juga berhasil. Yang penting pisangnya itu sudah kematangan ya, warna kulitnya sudah kuning tua dengan bintik-bintik hitam sehingga mudah dilembutkan dengan garpu saja. Kali ini saya bereksperimen dengan bolu pisang cokelat yang menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis untuk menghasilkan bolu pisang yang lebih lembut dan creamy untuk mengikuti challenge kreasi merah putih ini. 

Tiga Sapi Kental Manis

 

Sebagai catatan, saya tidak menggunakan pengembang kue dan baking soda dalam membuat kue bolu untuk kreasi merah putih ini, karena suami saya nggak suka menggunakan bahan-bahan kimia. Jadi mungkin hasilnya nggak mengembang banget, karena hanya mengandalkan telur dan kocokan. Yang penting rasanya enak dan lembut ya. Bahan-bahan lainnya juga mudah ditemukan. Makanya nih saya coba pakai Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis agar hasilnya lebih lembut, gurih, creamy, dan manis. Kita lihat apakah anak-anak saya nanti ketagihan memakannya? 

Tiga Sapi Susu Evaporasi harga lebih hemat dan isi lebih banyak. Kalau sudah dibuka, bisa ditutup kembali. Harga ekonomis Rp 15.000/ pcs 500g. Isi lebih banyak 25%. 

Tiga Sapi Kental Manis lebih praktis dan ekonomis. Memiliki manfaat: sumber kalsium dan vit D3, tinggi vit A dan B1. Harga ekonomis Rp 12.000/ kaleng 490g. 

Resep Bolu Pisang Cokelat Kukus

Bahan-bahannya: 

Tiga Sapi Susu Evaporasi

 

Pisang Uli 5 buah 

Gula Pasir 150 gram atau 10 sendok makan

Telur 3 butir 

Garam 1/2 sendok teh 

Margarin 100 gram 

Terigu 150 gram atau 10,5 sendok makan

Tiga Sapi Susu Evorasi 30 gram atau 3 sendok makan

Tiga Sapi Kental Manis 2 sendok makan

Cokelat leleh 4 sendok makan

Cara Membuatnya: 

resep bolu pisang cokelat

 

  1. Lumatkan pisang dengan garpu hingga halus 
  2. Kocok telur, garam, dan gula sampai rata.
  3. Masukkan tepung terigu, campur dan kocok perlahan.
  4. Kemudian masukkan margarin dan pisang. Kocok sampai rata semuanya.
  5. Masukkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, aduk dengan sendok.
  6. Masukkan Tiga Sapi Kental Manis, aduk lagi dengan sendok.
  7. Terakhir, masukkan cokelat leleh dan aduk sampai adonan berwarna cokelat.
  8. Panaskan kukusan terlebih dulu, sambil mengoleskan cetakan dengan margarin dan sedikit tepung agar adonannya nanti tidak lengket. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Hias bagian atasnya dengan potongan pisang. 
  9. Setelah kukusannya panas, masukkan cetakan yang sudah berisi adonannya itu ke dalam kukusannya. Kukus hingga 30 menit. Tusuk pakai garpu untuk memastikan bagian dalamnya sudah matang.  

kreasi merah putih

 

Alhamdulillah, hasilnya mengembang sempurna setelah deg-degan menunggu. Nggak bantet dan bolunya lembut banget. Rasanya juga pas. Manis dan gurih, tapi juga nggak kemanisan. Saya puas dengan hasilnya deh. Untuk toppingnya supaya  lebih cantik bisa diberikan taburan  meises atau parutan keju ya, sebelumnya dioleskan dulu permukaannya dengan kental manis. Biar lebih terasa kreasi merah putih, bisa juga ditaburi meises merah dan putih. Tapi saya polosan saja, karena suami dan anak-anak lebih suka yang polos.  

Tiga Sapi Susu Evaporasi ini adalah susu evaporasi pertama di Indonesia yang ditempatkan di dalam kotak, sehingga mudah sekali penggunaannya dan mudah ditutup kembali. Setelah dipakai sebagian, bisa disimpan di kulkas dan nantinya bisa digunakan kembali. Susu Evaporasi ini adalah susu tanpa lemak yang dilarutkan dengan air, sehingga diperoleh kepekatan tertentu.  

Untuk pembuatannya itu diproses dengan higienis, sehingga menghasilkan rasa yang creamy, pasti gurih lezat, dan lebih sehat. Bisa menjadi pengganti santan dan cocok sekali ditambahkan ke dalam makanan dan minuman penutup, seperti kopi, teh, cokelat, puding, bahkan bolu pisang seperti yang saya masak ini. Juga bisa dicampurkan ke dalam makanan utama seperti kari ayam, nasi kuning, nasi uduk, dan lain-lain.   

Sedangkan Tiga Sapi Kental Manis bisa dicampur ke dalam makanan dan minuman, yang membuat rasanya jadi lebih manis dan gurih. Misalnya saja, dicampurkan ke dalam kopi, teh, es buah, martabak, pancake, roti tawar, dan lain-lain. Untuk kandungan gizinya, memiliki kalsium, vitamin A, D3, dan B1. Manfaat kalsium dapat menjaga kepadatan tulang dan gigi. Jadi tidak hanya dapat menambah kenikmatan makanan dan minuman ya, tapi juga mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

bolu-pisang-kukus


Mau ikutan juga challenge kreasi merah putih bersama Tiga Sapi Susu Evaporasi dan Tiga Sapi Kental Manis? Yuk ikuti instagram @lezatnyatigasapi ya, info selengkapnya ada di sana.

40 comments:

  1. Ide bagus nih mengolah pisang yang kematangan jadi bolu. Pasti lembut banget hasilnya.

    ReplyDelete
  2. Baru minggu lalu bikin bolu pisang juga
    Tapi waktu itu gak pakai susu, lagi gak ada stock
    Kapan-kapan mau coba ah pakai susu tiga sapi ini
    Sepertinya akan terasa gurih dan empuk ya

    ReplyDelete
  3. Membayangkan aroma kue bolu yang baru keluar dari oven pasti menyenangkan banget. Menggoda seleraaa euyy lalu dimakan dengan segelas teh melati. Duh Gusti... menikmati sunset makin menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Saya itu suka pisang, Mbak. jadi mau dibikin apa saja, suka hehehe. termasuk bolu pisang cokelat. resepnya saja simpan, Mbak. Langsung saya sodorin ke keluarga biar dicoba.

    ReplyDelete
  5. Harga tiga sapi nya terjangkau nih mbak.
    Jadi bisa bikin bolu pisang setiap saat ya, apalagi dengan tambahan tiga sapi yang bikin makin nikmat

    ReplyDelete
  6. Yummy bolunyaa...
    Endeus buat teman teh atau kopi di sore harii ya bun...
    Makasih resepnya, boleh nih susu evaporasi cap tiga sapi di coba bisa buat topping roti maryam juga kan yaa. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  7. Wah enak nih bolu pisang coklat kukus. Kesukaanku banget juga keluargaku. Tmbah nikmat ya karena ada susu Tiga Sapinya. Wow jadi pengen dong bolunya ...hehe

    ReplyDelete
  8. Bolu yang baru ada ide saya aja nih, entah kapan eksekusinya, hihihi
    Makin mantep ya mba, bolu pisang pakai susu Tiga Sapinya

    ReplyDelete
  9. Mau nyicipin bolu pisang cokelatnya yang bikin ngiler mba.
    Ternyata ada produk Tiga Sapi susu Evaporasi dan Tiga Sapi kental manis yang bikin camilan jadi gurih dan lezat. Auto kreatif bikin camilan sehat kalau nyetok kedua produk ini di rumah ya.

    ReplyDelete
  10. Whaa kesukaan ibuku bangett ini ngeboluu hihi, jadi latah pengen bikin juga nih ntar sorean wkwkw mumpung ada pisang banyak blm kemakan

    ReplyDelete
  11. Cara bikinnya mudah ya mbak..aku contek resepnya boleh ya?

    ReplyDelete
  12. Biasanya tuh saya bingung kalau ada pisang di rumah. Mentok-mentoknya dibikin pisang goreng aja. Ide cemerlang nih, bolu pisang cokelat, pasti enak dan semuanya suka.

    ReplyDelete
  13. Terima kasih resepnya, Mbak. Kayaknya cocok banget kalau punya pisang mayang (kematangan) dibikin bolu gini. Jadi nggak food waste.

    ReplyDelete
  14. Wah, coklat dan pisangnya pasti kerasa banget itu ya.. Dilihat saja pasti enak banget.. Apalagi kalau pakai kental manis tiga sapi, manisnya pasti pas sekali.. Tampah susu evaporasinya jadi ada rasa gurih"nya juga pasti nih ya..

    ReplyDelete
  15. Enak ini mbak, kudapan untuk teman ngeteh sore hari. Ide yang cocok untuk dikreasikan di rumah. Makasih mbak!

    ReplyDelete
  16. Hm...terlihat yummy dan gampang bikinnya. Mudah-mudahan anakku yang nggak suka makan pisang jadi mau kalau dibikin bolu pakai Tiga Sapi begini

    ReplyDelete
  17. wah berhasil mengembang cantik nih :) bolu praktis dan pasti disukai semuanya nih :) jadi pengen ikutan bikinnya

    ReplyDelete
  18. Masak kue tanpa oven ini yang saya cari. Secara di rumah memang tidak punya oven. Kalau pakai kukusan saya malah bisa ikutan belajar praktik langsung kan ya?

    ReplyDelete
  19. wiih ruajin banget mbaa bikkin bolu ukuran besar gitu. pasti begitu bikin udah banyak tangan2 yang nunggin dan siap melahap habis bolu pisangnya yaa :D

    ReplyDelete
  20. saya beberapa kali nyoba bikin bolu pisang selalu gagal nggak tahu kenapa. kalau buat telurnya ngocoknya sampai kental gitukah, mbak?

    ReplyDelete
  21. aku mah suka susu evaporasi biasanya buat bikin minuman, buat cendol, kopi, dll. Seger banget soalnya rasanya creamy dan gurih, enak sih emang merk tiga sapi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak ya, mbak kegunaan susu evaporasi ini bukan cuma buat kue bisa buat minuman juga.

      Delete
  22. Aku belum pernah bikin bolu mbak. Lihat ini kok jadi pengen yaakk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kok idem kak..
      Cuss ah kita coba juga, apalagi ada resepnya ala mbak Leyla kan hehe

      Delete
  23. Dari fotonya saja sudah kelihatan lezat loh Mbak, jadi pengen icip-icip juga.
    Ini bikin bolu tanpa oven, bisa ya dicoba bikin bolu buat camilan anak.

    ReplyDelete
  24. Ini dia aku lagi nyari resep bolu pisang. Punya banyak stok pisang ambon dan kepok di rumah. Sampe pada kematangan. Padahal udah banyak dibagi-bagiin juga ke orang. Kalau dipanggang bisa juga kan mba?

    ReplyDelete
  25. Bolu pisaaaang 😍😍😍. Fav ku juga. Padahal biasanya aku ga suka bolu mba, tapi bolu pisang beda cerita, Krn aroma pisangnya wangiii, jadi bikin bolunya juga lebih enak 👍

    Di bakery shops papaku, bolu pisang sebenernya jadi item andalan dan paling laku. Tapi jujur aku blm pernah bikin sendiri, selama ini minta dikirimin aja ke rumah 😂

    ReplyDelete
  26. tantangan bikin bolu itu menunggu hasilnya, mengembang atau bantat ... alhamdulillah kali berhasil ya dengan menggunakan Tiga Sapi.

    ReplyDelete
  27. Wah pas banget nih bolu pisan tuh kesukaan suamiku tapi pas bkin rasanya kek kurang pas gitu loh mau ah coba pakai resep yang menggunakan SKM TIga Sapi pastinya tambah maknyuss ya mba leyla

    ReplyDelete
  28. kapan2 mau coba aah.. mumpung udah lama ngga pakai mixer dan oven di rumah. apalagi bahannya juga mudah banget yaa.. plus bakal makin gurih nan creamy pakai susu evaporasi

    ReplyDelete
  29. bahannya simple yah mba untuk bolu pisang coklat ini, yang penting pakai Tiga Sapi kental manis, dijamin lezatnya deh

    ReplyDelete
  30. Wah, Yummy bolu pisang coklat ini. Lebih aman dikonsumsi dengan Susu Tiga Sapi karena Susu evaporasi dan rendah lemak. Bakal kenyang nih kalau punya camilan bolu piscok di rumah

    ReplyDelete
  31. Asik yah sekarang jadi makin praktis dan masakan makin enak

    ReplyDelete
  32. Aku juga sering memanfaatkan pisang yang kematangan untuk dijadikan bolu pisang, satu keluarga suka apalagi di makan saat baru matang

    ReplyDelete
  33. Bolu ppisang kayak gini pasti bikin kenyang juga ya kalau dmakan.. Hehee,,
    Btw, saya jg pakai susu Tiga Sapi nih.. Susu Evaporasinya juga lebih gurih ya saat dipakai untuk masak..

    ReplyDelete
  34. saya juga suka nih bolu pisang, tapi belum pernah coba pakai Susu Evaporasi dan SKM merk Tiga Sapi ini, kayaknya rasanya lebih gurih ya dengan perpaduan susu evavorasi dan SKM ini, jadi pengen coba buat juga nih, kebetulan ada pisang di rumah udah matang banget :)
    cari susu Evavorasi Tiga Sapi nya dulu nih :)

    ReplyDelete
  35. Iya nih, di daerah rumahku kemarin lomba bikin rujak, kak Leyla.
    Rasanya seneng bisa menghidangkan masakan saat tujuh belasan. Memang bikin makanan yang bisa dinikmati bersama itu jauh lebih nikmat. Ide bagu menyiapka Bolus pisang cokelat tanpa baking soda.

    ReplyDelete
  36. Bolu makin nikmat ya Mba pakai Susu Tiga Sapi, creamy dan gurih pastinya. Jadi mau bikin bolu juga nih.

    ReplyDelete
  37. Dilihat dari tampilannya enak banget mbak, apalagi bolu pisang yang menarik untuk disajikan di tengah keluarga. Pakai susu Tiga Sapi semakin membuat bolu pisang terasa enak dan lembut.

    ReplyDelete
  38. kayaknya enak nih bolu pisangnya, cara buatnya juga mudah banget, bahan-bahannya ada di rumah, bikin ahhh..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...