Monday, October 10, 2022

Daftar Kebutuhan Anak Kos Wajib Ada

Tak terasa anak sulung saya sekarang sudah mau masuk SMA. Kami bahkan sudah memikirkan bagaimana kalau dia kuliah nanti. Harapannya sih dia bisa kuliah di salah satu dari tiga kampus terbaik di Indonesia. Kami juga memikirkan pilihan menguliahkan anak ke Malaysia. Jadi, kami juga perlu memikirkan kebutuhan anak kos jika kuliah di luar daerah bahkan di luar negeri. 

 

Kebutuhan Anak Kos

Saya jadi ingat momen saat ngekos di Semarang, sedangkan rumah orangtua di Tangerang. Hanya saya satu-satunya anak yang ngekos, karena adik-adik saya kuliah di dekat rumah. Saya merasakan kerepotan Mama menyiapkan kebutuhan anak kos itu. Kebetulan kos saya tidak bisa memasak di dalam, jadi kami harus membeli makanan dari luar atau katering. 

Apa saja kebutuhan anak kos wajib ada? Berikut adalah daftar kebutuhan anak kos wajib ada agar anak betah tinggal di kos-kosan. 

Daftar Kebutuhan Anak Kos 

Alat Kebersihan

Rumah kos itu berbeda-beda fasilitasnya ya. Ada yang mendapatkan fasilitas kebersihan, ada yang tidak. Seperti di rumah kos saya dulu itu ada tukang bersih-bersihnya, tapi dia hanya membersihkan bagian luar kamar. Bagian dalam kamar tetap kewajiban anak kos. Jadi perlu memiliki peralatan bersih-bersih kamar, seperti sapu lantai, lap pel, dan sapu lidi untuk tempat tidur. Sediakan juga tempat sampah dari plastik agar sampah tidak berserakan di dalam kamar. Jika anak mencuci pakaian sendiri, maka sediakan juga sabun cuci bajunya.

Alat Mandi 

Sudah pasti ini wajib ada, karena rumah kos bukanlah hotel yang menyediakan peralatan mandi. Kamar mandinya bisa ada di dalam, bisa di luar bersama-sama. Peralatan mandi yang wajib ada itu adalah handuk, sabun, shampoo, pencuci muka, sikat, dan pasta gigi. Kecuali handuk, semuanya itu ditempatkan di wadah khusus alat mandi atau bisa juga di dalam gayung milik sendiri. Kecuali kalau kamar mandinya di dalam dan satu kamar sendiri, tidak perlu menggunakan wadah khusus. 

Biasanya di kamar kos sudah disediakan lemari pakaian, tapi belum tentu ada gantungan baju. Agar pakaian yang sudah disetrika tidak mudah lecek, maka perlu membeli gantungan baju (hanger).

Alat Kesehatan

Sediakan pula obat-obatan terutama yang sering dibutuhkan oleh anak, seperti minyak kayu putih untuk masuk angin, obat flu dan demam, obat luka, plester luka, dan obat khusus jika anak memiliki penyakit tertentu. Semuanya ditempatkan di wadah khusus obat-obatan dan letakkan di meja belajar anak agar mudah ditemukan saat dibutuhkan.

Untuk jaga-jaga kalau banyak nyamuk, sediakan pengusir nyamuk yang tidak mengganggu teman sekamar (kalau sekamar berdua). Kalau sekamar sendiri, bisa pakai pengusir nyamuk apa saja. Bisa obat semprot, bakar, lotion anti nyamuk, dan lain sebagainya.

Alat Tidur

Di dalam kamar kos biasanya sudah disediakan kasur. Bisa juga sudah tersedia bantal dan gulingnya, bisa juga tidak. Kalau tidak ada, bisa bawa sendiri. Untuk seprai dan selimut, wajib milik sendiri ya karena seringkali tidak disediakan oleh pemilik kos. 

Daftar Kebutuhan Anak  Kos

Alat Masak dan Makan

Nah ini tergantung dengan rumah kosnya apakah menyediakan dapur untuk memasak atau tidak. Seperti rumah kos saya dulu, tidak diperbolehkan memasak di dapur. Jadi kami harus beli makanan di luar atau katering. Perlu tahu juga apakah diperbolehkan membawa rice cooker dan pemanas air? Biasanya berpengaruh pada pemakaian listrik. Kalau boleh, maka bisa bawa rice cooker yang bisa memasak aneka masakan dan pemanas air untuk membuat minuman atau mie instan. Kalau rumah kosnya memperbolehkan memakai dapur, ya bisa membawa peralatan masak seperti panci, wajan, dan sutil.

Untuk alat makan, bawa secukupnya dan gunakan alat makan dari plastik saja supaya tidak mudah pecah dikarenakan sempitnya kamar kos. Bisa jadi alat makannya berjatuhan. Kalau dari beling, akan mudah pecah. Sediakan saja sekitar 3 piring, 3 gelas, dan 3 sendok. 

Alat Elektronik

Khusus untuk kamar kos yang tidak menyediakan AC dan kipas, maka sebaiknya kita bawa kipas angin juga. Sebagai negara beriklim tropis, kalau sedang musim kemarau pasti panas sekali. Anak pun tidak bisa tidur dalam udara yang panas. Jadi kita sediakan saja kipas angin berukuran kecil atau sedang. Tidak usah besar-besar kalau kamar kosnya tidak besar karena akan makan tempat. Selain kipas, perlu juga disediakan alat setrika pakaian agar tidak perlu meminjam pada teman atau ibu kos.

Wajib ada stop kontak yang memiliki lebih dari satu colokan supaya bisa digunakan bersamaan. Biasanya di satu kamar hanya ada satu colokan listrik. Nah, supaya semua barang yang membutuhkan aliran listrik itu bisa diisi listrik secara bersamaan, ya harus membawa stop kontak sendiri. Di kamar kos tidak selalu sudah tersedia. 

Itu dia daftar kebutuhan anak kos wajib ada di dalam kamar kos ketika kita ingin tinggal di rumah kos atau mau menitipkan anak di rumah kos.



 

2 comments:

  1. Dulu waktu awal awal jadi anak kos, lumayan juga barang bawaanku dan setelah setahunan barang dikamar makin banyak 😁. Dari yang awalnya di kosan udah disediain lemari,sayang ukuran kecil, alhasil beli rak plastik tambahan, jadi nambah lagi barang gede di kamar

    ReplyDelete
  2. Aku dulu kos, yang lengkap fasilitas pada jaman itu. Jadi tinggal modal bawa baju , camilan saja. Dan saat dua anakku kuliah dulu gak oernah kos karena tinggal sama ibuku

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...