Thursday, February 2, 2023

Menikmati Keseruan Jakhumfest 2023

Siapa yang akhir pekannya jalan-jalan? Nggak perlu ke tempat mahal, cukup naik KRL ke Jakarta dan menikmati keseruan Jakhumfest 2023 yang pada pekan lalu diadakan di Pos Bloc Jakarta. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi umum. Turun di Stasiun Juanda, cukup jalan kaki kurang lebih 450 meter saja. 

Jakhumfest

 

Jakhumfest singkatan dari Jakarta Humanity Festival, diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa sebagai puncak kegiatan bulan Humanesia. Beberapa waktu lalu saya juga sudah menulis tentang kegiatan Humanesia #IniTentangKita dalam artikel Merawat Kebaikan Kolektif karena Ini Tentang Kita

Di dalam kegiatan Jakhumfest 2023 ada beragam acara menarik nih, seperti pameran foto kemanusiaan, talkshow, stand up comedy, sampai live music. Ada bazaar-bazaar menarik juga. Tiket masuknya bervariasi ya. Ada tiket yang bisa dibayar suka-suka juga. Nah, pas saya datang hari Minggu siang kemarin itu tanggal 29 Januari bertepatan dengan talkshow Financial Planning tentang "Ngomongin Budget 2023: No Overthinking." 

 

Humantalk Financial Planning
Humantalk Financial Planning

Tempatnya di Pos Bloc cukup santai, karena kita bisa mendengarkan talkshows dengan duduk di atas tangga yang mengarah ke panggung sehingga kita bisa melihat pembicara talkshow dengan jelas. Tema yang diangkat ini pas sekali untuk mengatur keuangan kita di tahun 2023 ini agar tetap terkendali. Sambil mendengarkan talkshow, bisa juga lho lihat-lihat barang-barang yang dijual di bazaar. Semuanya produk lokal.

Di antara stan jualan yang ada di sana, terdapat pula stan Pojok Kenangan yang menjual barang-barang layak pakai yang disumbangkan. Ada baju, tas, dan lain-lain. Hasil dari penjualan barangnya tentu saja akan didonasikan ke Dompet Dhuafa. Banyak pengunjung yang tertarik dengan barang-barang yang dijual karena harganya sangat murah dan kondisinya masih bagus. Barang-barang ini adalah barang kenangan influencer lho atau public figure, yang mungkin kita sering mendengar namanya.

Setelah mendengarkan talkshow, kemudian ada stand up comedy nih untuk menyegarkan pikiran kita. Temanya adalah Local Hero, yang dibawakan oleh para komedian dari SUCI X. Setelah mendengarkan materi yang sedikit membuat kita berpikir, kita bisa beralih ke stand up comedy yang menghibur. Selain mendengarkan materi, kita juga bisa mengikuti permainan di belakang tangga. Ada permainan ular tangga kemanusiaan berukur besar di lantai. Ini tuh unik banget konsepnya karena sekaligus mengedukasi kita tentang kebencanaan. 

Stand Up Comedy
Stand Up Comedy

 

Dompet Dhuafa memang selalu cepat tanggap menghadapi musibah dan bencana yang sering melanda Indonesia. Seperti bencana Cianjur yang beberapa waktu lalu menimpa penduduk Cianjur dan menimbulkan kehilangan nyawa dan harta. Selain menyalurkan bantuan, relawan Dompet Dhuafa juga rutin memberikan edukasi tentang bencana sehingga bisa meminimalisir kerugian. 

Berkaitan dengan hal itu juga, masih di belakang tangga ada pameran foto kemanusiaan. Disebut juga Humanity Exposure. Foto-foto itu adalah hasil karya dari para pahlawan lokal yang memotret tentang bencana, kemanusiaan, dan lingkungan.  

Pameran Foto

 

Oya, saat kita menyaksikan Human Talk itu, ada seorang juru bahasa isyarat juga lho yang berbicara menggunakan bahasa isyarat. Siapa tahu di antara pengunjung ada yang tuli, tentu sangat terbantu ya. Mereka bisa tetap memahami materi yang disampaikan. Sehubungan dengan hal itu, di belakang tangga juga ada stan Silang di mana kita bisa belajar bahasa isyarat. 

Humantalk berikutnya adalah tentang Mental Health dengan judul "Alasan untuk Hidup." Tema ini sangat selaras ya dengan kondisi generasi Z belakangan ini yang santer membicarakan soal mental health. Belakangan memang kasus bunuh diri nih di Indonesia yang membuat kita miris. Ternyata Humanesia Dompet Dhuafa juga peduli pada hal ini. 

Di acara Jakhumfest ini, kita juga disediakan Ruang Hening untuk curhat tentang masalah apa saja kepada teman cerita yang memiliki latar belakang psikolog. Tentunya memang harus bercerita kepada orang yang tepat dan dapat memberikan saran dan solusi yang tidak menghakimi. Kalau mengalami stres yang berkepanjangan, alangkah baiknya kita berkonsultasi kepada psikolog ya. 

Malam harinya ditutup dengan Live Music Sound Humanity nih, yang menampilkan grup band Mocca, The Rain, Marjinal, dan lain-lain. Seru banget dong pastinya untuk semua pengunjung yang berjiwa muda. Keren banget deh acara Jakhumfest 2023 ini, selain memberikan edukasi yang bagus tentang humanesia, kebencanaan, financial planning, dan mental health, juga banyak hiburannya. 

Pojok Kenangan

 

Jangan khawatir, kalau haus dan lapar pun kita bisa jajan lho karena banyak stan makanan dan minuman. Jadi kita bisa seharian nih di lokasi Jakhumfest ini dan menikmati semua keseruannya. Saya juga ikutan jajan minuman dan roti bakar di acara ini. 

Semoga tahun depan ada lagi ya Jakhumfest ini supaya bisa menambah wawasan kita tentang kemanusiaan dan kebencanaan. Jangan lupa diajak teman-temannya untuk menyaksikan acara ini. Tiketnya terjangkau banget kok, bahkan kita bisa bayar suka-suka. 


1 comment:

  1. Salfok sama tulisan karena bumi cuma satu dan lainnya, sederhana dan ngena. Materi yang dibahas related banget sama kondisi sekarang. No overthinking sepertinya menarik di tengah overthinking sekarang. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...