Monday, February 6, 2023

Tips Kirim Angpau Imlek Menggunakan Mobile Banking

Imlek
Sumber Foto: https://www.pexels.com/photo/red-and-gold-gift-boxes-6692117/

 

Bagi-bagi angpau menjadi tradisi yang tak pernah terlewatkan saat perayaan Imlek. Menjelang Imlek biasanya orang tua atau pasangan yang sudah berkeluarga akan menyiapkan amplop berwarna merah beserta sejumlah uang untuk dijadikan angpau. Di era sekarang, pembagian angpau bisa dilakukan dengan cara lain, yakni mengirim angpau online.


Pemberian angpau online bisa dilakukan menggunakan fitur WhatsApp Gift yang tersedia dalam platform keuangan digital mobile banking yaitu PermataMobile X. Berkirim angpau online sudah menjadi tren sejak beberapa tahun belakangan seiring perkembangan teknologi digital. Banyak orang memilih membagikan angpau digital karena lebih praktis, tanpa perlu repot menyiapkan amplop dan bisa dilakukan dari mana saja.

Baca Juga: Bedanya Mobile Banking dan Internet Banking

Manfaat mobile banking ini menjadi solusi bagi Anda yang tidak bisa mengunjungi sanak saudara ketika perayaan Imlek. Anda tinggal memanfaatkan fitur WhatsApp gift untuk mengirim uang ke nomor WhatsApp tujuan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi keuangan Anda agar tidak boncos saat Imlek. Dalam artikel ini akan dijelaskan makna pembagian angpau dan tips menyiapkan angpau tanpa mengganggu keuangan.

Makna Pemberian Angpau ketika Imlek

Tradisi bagi-bagi angpau saat Imlek memiliki sejarah yang panjang. Tradisi ini disebut sudah ada sejak zaman Dinasti Qin (sekitar 221-206 SM). Pada masa itu, angpau yang dibagikan tidak seperti sekarang ini. Dulunya angpau berupa koin berlubang yang diikat benang merah. Koin ini disebut ya sui qian.

Pemberian ya sui qian kepada anak-anak bermula dari kisah iblis jahat. Ya sui qian dimaksudkan sebagai cara tolak bala. Orang tua membagikan ya sui qian kepada anak-anak mereka agar si anak terhindar dari segala bahaya. Dulunya tradisi ini tidak hanya dilakukan saat perayaan Imlek.

Angpau atau ya sui qian terkadang diberikan pada momen-momen selain Imlek. Misalnya pada saat ulang tahun, pernikahan, kelahiran, hingga pindah rumah. Angpau tersebut diyakini dapat menghadirkan keberuntungan, keselamatan, dan kebahagiaan bagi penerimanya.

Seiring berjalannya waktu, pembagian ya sui qian mulai mengalami perubahan menjadi uang yang dimasukkan dalam amplop merah. Warna merah amplop angpau bermakna sebagai keberuntungan. Angpau merah melambangkan perantara keberuntungan berupa berkat dan materi bagi pemberi dan penerimanya. Amplop warna putih dihindari pada perayaan Imlek karena melambangkan duka cita atau kesialan.

Tips Menyiapkan Angpau Imlek Tanpa Mengganggu Keuangan

Perayaan Imlek akan terasa kurang lengkap apabila tidak ada pembagian angpau. Orang tua atau orang dewasa yang sudah berkeluarga akan menyiapkan angpau untuk diberikan kepada anak-anak. Sebelum Imlek, Anda harus menyiapkan sejumlah uang yang akan dibagi-bagikan.

Jika dalam keluarga Anda ada banyak anak-anak, Anda harus mempersiapkan alokasi angpau secara bijak agar keuangan Anda tidak terkuras. Ikuti tips berikut ini untuk merencanakan pembagian angpau Imlek tanpa mengganggu keuangan.

1. Menyisihkan Uang Jauh-Jauh Hari

Imlek adalah perayaan tahunan atau diselenggarakan satu kali dalam setahun. Untuk menyiapkan uang sebagai angpau Imlek, Anda bisa melakukannya jauh-jauh hari. Anda bisa menyisihkan beberapa persen dari gaji Anda setiap bulannya, khusus untuk alokasi angpau Imlek.

Menyisihkan uang untuk angpau bisa Anda lakukan misalnya dengan mengalokasikan 10 persen dari gaji bulanan. Langkah ini diperlukan supaya dana angpau Anda terkumpul jauh hari sebelum Imlek. Cara ini juga meringankan alokasi keuangan Anda dibanding menyiapkannya di hari mendekati Imlek.

2. Memperkirakan Jumlah Anggota Keluarga

Kebutuhan pembagian angpau setiap keluarga biasanya berbeda-beda. Anda perlu menghitung jumlah anggota keluarga Anda, terutama yang akan Anda beri angpau. Bukan berarti Anda pelit atau perhitungan. Namun cara ini dilakukan agar bisa mengatur pengeluaran dengan bijak.

Anda perlu menentukan berapa jumlah uang yang akan diberikan kepada setiap anak. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Kemudian total semua jumlah angpau yang akan Anda berikan.

3. Mempersiapkan Dana Tambahan atau Cadangan

Terkadang, ada kondisi-kondisi mendadak pada saat Imlek yang berpengaruh pada keuangan Anda. Misalnya harga tiket transportasi yang naik, ada undangan hajatan tiba-tiba, dan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempersiapkan dana tambahan atau uang cadangan. Dana cadangan akan membuat Anda lebih tenang saat merayakan Imlek, apalagi untuk bagi-bagi angpau.

Cara Seru Merayakan Imlek

Perayaan Imlek sangat identik dengan kebersamaan dan kemeriahan. Supaya momen Imlek Anda bersama keluarga dan orang terdekat menjadi lebih seru, cobalah untuk melakukan tips atau cara-cara berikut ini.

1. Memasang Hiasan Khas Imlek

Hiasan khas Imlek menjadi barang yang wajib ada saat Imlek. Anda bisa mendekorasi rumah Anda dengan hiasan khas Imlek dan Tionghoa supaya perayaan menjadi lebih seru dan berkesan. Sejumlah benda yang bisa Anda beli, seperti lampion berwarna merah, hiasan tulisan aksara China, furnitur gaya Tionghoa, dan lainnya.

2. Masak Bersama Keluarga

Aktivitas lain yang membuat momen Imlek menjadi lebih seru adalah menggelar makan bersama keluarga. Supaya suasana tahun baru China lebih terasa, Anda bisa memasak atau menyediakan makanan khas Imlek. Makanan tersebut di antaranya kue keranjang, mie panjang, jiaozi, yu sheng, dan lainnya.

3. Memakai Baju Khas Imlek

Mengenakan baju khas Imlek juga akan membuat momen Imlek jadi lebih berkesan. Anda bisa mengajak keluarga Anda memakai baju khas Imlek secara kompak, dengan warna dan motif yang senada. Baju Imlek umumnya berwarna merah dan memiliki sentuhan warna emas.

4. Menyalakan Kembang Api

Perayaan tahun baru selalu identik dengan petasan atau kembang api, begitu pula tahun baru China. Anda bisa mengajak keluarga menyalakan kembang api bersama supaya momen Imlek menjadi lebih seru. Membakar kembang api di hari Imlek diyakini dapat mengusir nasib buruk di tahun yang baru.

5. Berbagi Kartu Ucapan dan Angpau Digital

Berbagai kartu ucapan dan angpau menjadi tradisi yang tak boleh dilewatkan saat Imlek. Saat ini cara berbagi kartu ucapan juga semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Anda bisa mengirim angpau dan kartu ucapan digital kepada keluarga Anda yang berada di jauh atau tidak sempat dikunjungi.

Ketika mengirim kartu ucapan digital, pastikan Anda menyertakan kalimat atau kata-kata yang indah berisi harapan yang baik. Pemberian angpau digital dan kartu ucapan bisa Anda lakukan menggunakan fitur WhatsApp Gift yang ada di Mobile Banking. Salah satu mobile banking menyediakan fitur ini adalah PermataMobile X dari PermataBank.

Kirim Angpau Digital Menggunakan Mobile Banking

Mobile Banking PermataMobile X memiliki fitur WhatsApp Gift yang dapat Anda manfaatkan untuk kirim angpau digital beserta ucapannya. Untuk menggunakan fitur ini, pastikan nomor ponsel tujuan Anda sudah terdaftar di WhatsApp. Dengan mobile banking ini, Anda bisa berbagi angpau kepada saudara dan kerabat Anda yang tinggal di kota berbeda.

Aplikasi mobile banking PermataMobile X bisa Anda unduh secara mudah di Play Store dan App Store. Tidak hanya menyediakan fitur WhatsApp Gift untuk kirim angpau digital, PermataMobile X juga memiliki ratusan fitur transaksi lain yang mendukung kebutuhan transaksi di era digital. 

Baca Juga: Cara Daftar M-Banking yang Aman

Berbagai layanan yang tersedia di PermataMobile X, di antaranya transfer dana dengan BI-fast, membayar tagihan (listrik, internet, cicilan, dan lainnya), fitur login dengan Face ID dan fingerprint, kartu kredit, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), QR pay, investasi, top up e-wallet, cek mutasi rekening hingga 12 bulan, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan Indomaret dengan fitur Mobile Cash. Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex.














No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...