Friday, May 26, 2023

Manfaat Vaksinasi Influenza Quadrivalent untuk Keluarga dan Kelompok Rentan

Sakit flu? Ah, nanti juga sembuh sendiri. Obatnya pun mudah. Tidak usah ke dokter. Cukup minum obat flu yang bisa dibeli bebas, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, minum suplemen vitamin C, dan rajin berjemur di pagi hari. Apakah benar begitu? Yup, memang benar. Saya juga biasanya melakukan perawatan seperti itu saat terkena flu. 

Manfaat Vaksinasi Influenza


Namun, rupanya penyakit flu atau influenza tak bisa dianggap sepele. Apalagi kalau di sekitar itu ada orang-orang dalam kelompok rentan, seperti orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan penyakit berat. Orang yang sudah lanjut usia itu imunitasnya sangat rendah. Apabila tertular flu, maka kondisinya akan menjadi sangat parah. Begitu juga dengan orang dengan penyakit berat seperti kanker. Apabila tertular flu, maka kondisi penyakitnya akan bertambah lebih berat dan bisa mengakibatkan kematian. 

Dari acara Konferensi Pers dalam rangka menyambut World Immunizatiton Week dengan tema "Pentingnya Vaksinasi Influenza Quadrivalent Bagi Keluarga dan Kelompok Rentan" ini, saya menjadi lebih tahu mengenai penyakit influenza yang berbahaya. Beberapa narasumber yang menjadi pembicara diantaranya: 

drg. Ani Ruspitawati, MM-Plt. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta

dr. Fify Mulyani, MARS - Wakil Direktur Pelayanan Medis, RSUD Pasar Minggu 

Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AL-SATGAS Imunisasi Dewasa PAPDI 

Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Finasim-PERKENI 

Ridwan Ong - Presiden Direktur Kalventis 

Sambutan Acara Pentingnya Vaksinasi Influenza

Acara yang bertempat di  RSUD Pasar Minggu ini diawali dengan sambutan-sambutan dari pejabat terkait. Pertama adalah sambutan dari drg. Endah Kartika Dewi selaku Direktur RSUD Pasar Minggu yang menyambut baik acara ini sebagai edukasi pentingnya vaksinasi influenza serta pemberian vaksinasi influenza kepada tenaga kesehatan di RSUD Pasar Minggu. 

Kenapa Harus Vaksin


Kedua adalah sambutan dari Ridwan Ong selaku Presiden Direktur Kalventis. Beliau menekankan tentang pentingnya meningkatkan kepedulian bahwa penyakit dapat dicegah dengan vaksinasi. Termasuk juga penyakit influenza yang sering menjangkiti orang-orang dan dianggap sepele, padahal dampaknya cukup serius bila mengenai lansia dan kelompok rentan. Kalventis akan terus melakukan edukasi mengenai pentingnya vaksinasi yang bisa diikuti juga di instagram @kenapaharusvaksin. 

Ketiga adalah sambutan dari drg. Ani Ruspitawati, MM selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang menyoroti tentang pentingnya vaksinasi. Saat ini vaksinasi masih menjadi salah satu upaya kesehatan masyarakat yang efektif dan efisien untuk menanggulangi penyakit menular. Penyakit influenza itu termasuk penyakit menular, yang apabila menyerang tenaga kesehatan maka akan berdampak buruk pada pasien penyakit berat.  

Tenaga kesehatan (nakes) perlu mendapatkan vaksinasi influenza karena rentan tertular dari pasien dan kemudian akan menulari pasien lain. Mengapa? Karena sebagian besar nakes itu masih tetap bekerja walaupun sedang terkena flu. Akan berbahaya jika nakes berinteraksi dan menularkan flunya kepada pasien dengan penyakit berat, sehingga dapat menurunkan imunitas pasien tersebut. 

Itulah mengapa dalam acara konferensi pers juga akan dilakukan kegiatan pemberian vaksinasi influenza untuk 600-an nakes sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Pekan Imunisasi Dunia.   

Mengapa Vaksinasi Influenza Itu Penting? 

Sebagai orangtua, semestinya kita sudah mengetahui bahwa anak-anak memiliki hak yang harus dipenuhi salah satunya adalah hak untuk hidup. Hak sehat itu termasuk di dalam hak hidup anak. Kita harus mengupayakan kesehatan anak-anak, salah satunya dengan vaksinasi. Dr. Dwi Octaviani dari RSUD Pasar Minggu memaparkan pentingnya imunisasi dasar untuk anak sebagai pemenuhan hak anak. Layanan imunisasi sangat mudah diperoleh di berbagai layanan kesehatan. Selain imunisasi dasar, ada juga imunisasi tambahan yang didukung oleh berbagai kebijakan. 

Salah satu imunisasi tambahan itu adalah influenza. Mengapa vaksinasi influenza itu penting? Prof. Dr. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AL-SATGAS Imunisasi Dewasa PAPDI mengungkapkan alasannya. Akan tetapi, pertama kali perlu kita ketahui perbedaan antara penyakit salesma dan influenza yang acapkali dikira sama. Ternyata gejala influenza itu lebih serius dan bisa mengakibatkan kompikasi seperti radang paru (penumonia), infeksi telinga, infeksi sinus, dan memburuknya kondisi medis kronis seperti gagal jantung kongestif, asma, dan diabetes.

Prof. Dr. dr. Samsuridjal

 

Setiap tahunnya ada lebih dari 5 juta kasus dan 650 ribu orang meninggal dunia karena influenza berdasarkan data dari WHO. Influenza ini bisa berkaitan dengan penyakit lain seperti stroke dan ginjal. Perawatan kesehatan penyakit influenza ini mencapai Rp 1,3 trilyun per tahun. Nah, daripada mengobati bukankah lebih baik mencegahnya? Pencegahan penyakit influenza ini sama dengan pencegahan penyakit Covid yaitu rajin cuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan vaksinasi. 

Perbedaan Salesma dan Influenza


Sayangnya, jumlah pemberian vaksinasi influenza di Indonesia belum mencapai 1 juta per tahun. Itupun sebagian besar yang melakukan vaksinasi influenza adalah orang-orang yang akan pergi umroh. Masyarakat memang belum menganggap penting vaksinasi influenza dikarenakan penyakit tersebut masih dikira penyakit yang ringan.

Memang penyakit influenza itu tidak terasa berat untuk orang yang kondisi fisiknya kuat dan tidak mengidap penyakit lain. Sayangnya, itu tidak berlaku untuk orang-orang dalam kelompok rentan, seperti lansia dan orang dengan penyakit berat. Kalau mereka terkena influenza, maka penyakitnya akan menjadi lebih berat dan kondisi tubuhnya semakin lemah sehingga mereka membutuhkan vaksin influenza. Selain itu, ibu hamil juga membutuhkan vaksin influenza untuk menghindari janin lahir dengan berat badan rendah. 

Tenaga kesehatan juga termasuk ke dalam kelompok rentan, di mana sekitar 70% nakes masih tetap bekerja saat sedang terkena flu dan berpotensi menularkan orang-orang di sekitarnya termasuk para pasien penyakit berat.

Vaksinasi influenza yang dapat diberikan adalah trivalent dan quadrivalent. Vaksin influenza quadrivalent dapat melindungi dari empat jenis virus yaitu virus H1N1, H3N2 (tipe A), Victoria, dan Yamagata (tipe B).  

Vaksinasi Influenza untuk Penyandang Diabetes

Sementara itu, Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Finasim-PERKENI memaparkan pentingnya vaksinasi influenza untuk penyandang diabetes. Mengapa penyandang diabetes memerlukan vaksinasi influenza? Itu karena mereka mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Apabila mereka terkena influenza, maka akan menyebabkan komplikasi yag serius. Ironisnya, jumlah penyandang diabetes di Indonesia ini masuk dalam peringkat lima besar terbanyak di dunia yaitu 19,5 juta orang. 

Prof Ketut Suastika

 

Penyandang diabetes harus mendapatkan skala prioritas untuk vaksin influenza, karena rentan terkena infeksi. Apabila penyandang diabetes terkena infeksi influenza, maka akan meningkatkan risiko rawat inap hingga 3-6 kali lipat dan UGD hingga 4 kali lipat, bahkan bisa mengalami kematian hingga 6 kali lipat. Pemberian vaksinasi influenza kepada penyandang diabetes bisa mengurangi biaya perawatan karena mengurangi jumlah rawat inap dan kematian. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa vaksinasi influenza itu sangat efektif, aman, dan cost benefit. 

Vaksinasi Influenza Quadrivalent untuk Nakes 

Dalam rangka memperingati Pekan Imunisasi Dunia 2023 ini, dilakukan pemberian vaksinasi influenza quadrivalent kepada 600-an nakes di mana RSUD Pasar Minggu ini menjadi rumah sakit pertama yang nakesnya mendapatkan vaksinasi ini. Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Dinkes DKI Jakarta, PT Kalventis Sinergi, dan SATGAS Imunisasi Dewasa PBPAPDI. 


Vaksinasi Influenza untuk Nakes


Semoga ke depannya semakin banyak orang yang menyadari pentingnya vaksinasi influenza ini, terutama untuk kelompok rentan. Vaksin influenza efektif melindungi sampai 90% pada orang yang sehat dan berusia kurang dari 65 tahun. Vaksin influenza diberikan setiap tahun dan harus segera divaksin secepatnya setelah tersedia karena butuh waktu dua minggu untuk mengembangkan antibodi. Selain vaksinasi, kita juga harus melakukan pencegahan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun dan mengenakan masker. 

Manfaat Vaksinasi Influenza Quadrivalent untuk Perlindungan Keluarga & Kelompok Rentan

Jadi, walaupun saat ini kita sudah bebas dari pandemi Covid, kebiasaan baik seperti mencuci tangan dan memakai masker bisa terus dilanjutkan. Untuk mencegah influenza, lakukan vaksinasi influenza quadrivalent setahun sekali di fasilitas kesehatan terdekat ya. Terutama bila di dalam keluarga kita ada kelompok rentan seperti ibu hamil, lansia, dan orang dengan penyakit serius. Agar kita tidak menulari mereka dengan penyakit influenza, maka kita pun harus mendapatkan vaksinasi influenza. Begitu juga dengan mereka.

Vaksinasi influenza quadrivalent memberikan manfaat  perlindungan keluarga dan kelompok rentan dari 4 jenis virus influenza yang dapat menurunkan kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko komplikasi penyakit. Secara biaya juga jauh lebih hemat karena dapat mengurangi risiko rawat inap dibandingkan bila terjadi komplikasi pada pasien penyakit serius seperti diabetes. Kebetulan di keluarga saya juga ada ayah saya yang menderita diabetes. 

Vaksinasi influenza quadrivalent dapat diberikan untuk usia 6 bulan ke atas dan usia 18-64 tahun. Untuk anak-anak, vaksin influenza ini juga penting karena imunitas anak itu masih rendah dan sering sekali terkena flu. Baru hujan sebentar saja, anak-anak sudah kena flu. Kalau di sekitar anak-anak kita itu ada kakek neneknya yang memiliki penyakit serius, tentu akan jauh lebih berbahaya jika tertular. Vaksinasi influenza quadrivalent membantu melindungi keluarga dan kelompok rentan dari penyakit dan meningkatkan imunitas tubuh.

Informasi lengkap mengenai vaksinasi, bisa didapatkan di instagram @kenapaharusvaksin.



23 comments:

  1. Ternyata manfaat vaksinasi influenza ini bagus sekali untuk menjaga kesehatan kita supaya terhindar dari penyakit2 tersebut di atas. Apalagi bagi masyarakat yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu ya. Aku pernah divaksin influenza saat hendak pergi umrah. Anak-anakku juga sudah divaksin ini sehingga tidak rentan terkena flu dll.

    ReplyDelete
  2. Vaksin influenza nih penting banget loh, secara anak2 skrg mudah sekali kena bapil. Di sekolah anakku yg bontot aja, hampir tiap hari ada aja yg ijin ga masuk krn bapil. Dengan vaksin insya Allah usia rentan utk anak2 da lansia bisa mencegah penyakit yang terlibat ringan namun bisa mematikan ya.

    ReplyDelete
  3. Beda tipis ya salesma dan influenza, dan masih asing juga dengan salesma. Perlu sih vaksin ini karena banyak teman yg setelah cvd, batuk atau pileknya makin lama sembuhnya, lebih baik mencegah daripada mengobati

    ReplyDelete
  4. Vaksinasi Influenza penting banget ini ya, harus diinformasikan ke banyak pihak ya agar masyarakat tetap jaga kesehatan menjaga imunitas

    ReplyDelete
  5. Batu tahu nih saya mbak, kalau vaksin influenza ini bisa untuk kaum rentan dan masih bisa diberikan sama lansia. Terimakasih infonya

    ReplyDelete
  6. dengan banyaknya virus dan juga penyakit yang ada saat ini, kita harus selalu jaga kesehatan dan berhati - hati ya. Vaksin influenza juga bisa membantu

    ReplyDelete
  7. Baru tahu kalau vaksin influenza banyak jenisnya. Biasa vaksin di puskesmas gak nanya lagi vaksin influenza jenis apa. tapi harganya itu loh lumayan. huhuu

    ReplyDelete
  8. penting sih memang vaksin influenza apalagi dengan cuaca dan virus yang makin beragam bentuknya. anakku belum divaksin influenza. makasih infonya mbak aku jadi belajar banyak nih insyaallah pengen juga anak2 di vaksin influenza

    ReplyDelete
  9. Benar ini, aku juga masih menerapkan untuk tetap cuci tangan, kapan saja dan dimana saja. Sebab yang namanya kebersihan ini penting. . Moga nnati juga diberikan kemudahan buat yang mau vaksin ini, gratis kayak covid, hehehe

    ReplyDelete
  10. Gejala mau Influenza ini biasanya bisa jadi sangat tidak nyaman dan menjadi lebih buruk kalau badannya tidak bisa menghadang virus yang menginfeksi. Dengan rutin vaksin Influenza, maka diharapkan tubuh menjadi lebih kuat karena telah terbentuk imun.

    ReplyDelete
  11. Sekilas penyakit Influenza terlihat sepele tapi untuk beberapa orang yang memiliki riwayat kesehatan rentan, penyakit ini bisa membahayakan bahkan bisa dialami anak-anak, untuk menjaga kesehatan lebih optimal memang harus melakukan vaksinasi Influenza agar penyakit ini ngak berdampak serius, kasihan jika anak-anak harus mengalaminya.

    ReplyDelete
  12. Masyaallah dapat lagi ilmu baru tentang perbedaan salesma dengan influenza. Sudah lama tahu sih kalau berbeda keduanya, tapi gejala-gejalanya baru tahu di sini.
    Vaksin adalah salah satu cara kita mencegah penyakit yah terutama buat saya yg sudah menjelang usia 60 tahun.

    ReplyDelete
  13. Sewaktu tinggal di Amerika kedua anakku (yang saat itu balita) dapat vaksin Influenza. Dan ini wajib bagi anak usia <18 tahun , gratis. Aku baru tahu tentang vaksinasi influenza untuk kelompok rentan, yang penting sekali memang

    ReplyDelete
  14. Wah, 650ribu dari 5 juta tuh gede lho. Karena memang mengkhawatirkan, kita perlu ikhtiar lebih banyak lagi ya mbak pakai vaksin ini. Apalagi anak-anak memang bisa beberapa kali sakit flu dalam setahun. Semoga sih dengan divaksin, mereka jadi lebih jarang banget lagi ya terkena virusnya.

    ReplyDelete
  15. Saya dan keluarga sepertinya harus mendapatkan vaksin ini. Secara kalau kena flu, selalu lama dan saling tukar satu sama lain dalam rumah. Jangan sepelekan flu ini ya secara badan semuanya terasa gak nyaman

    ReplyDelete
  16. Sebagi orang yang gampang kena flu, aku setuju bahwa Vaksinasi Influenza ini penting apalagi nanti kalau hamil dan punya anak. Jadi bisa lebih sehat gitu kan

    ReplyDelete
  17. Ternyata yang namanya influenza buak penyakit yang enteng kek sekadar battpil yaa, tapi juga bisa mempengaruhi munculknya penyakit lainnya.
    Jd keinget kudu boosterin anak2 vaksin influenza deh.

    ReplyDelete
  18. Bismillah
    Semoga di Surabaya dipermudah untuk dapatkan vaksin ini
    Soalnya udah lama mau vaksin tapi stoknya katanya belum ready banyak.

    ReplyDelete
  19. Kayaknya kita yang di Indo perlu deh diwajibkan vaksin influenza sebagaimana vaksin BCG, Polio karena tetangga banget anak anak dan dewasa kena influenza

    ReplyDelete
  20. Penyakit influenza nggak bisa disepelekan ya mbak
    Perlu juga dihadapi dengan vaksinasi influenza seperti ini
    Apalagi, vaksinasi influenza ini punya banyak manfaat

    ReplyDelete
  21. saya juga pernah kena influenza waktu tinggal di Jepang mbak, memang enggak enak banget dan gejalanya mirip covid 19, alhamdulillah masih dilindungi Allah dan kami sekelurga bisa sembuh lagi. Makanya aku sepaakat banget untuk melakukan vaksinasi influenza untuk melindungi keluarga dari virus influenza terutama pada lansia dan orang yang komorbid

    ReplyDelete
  22. Ternyata Influenza bahaya banget ya, apalagi untuk kelompok yang rentan, tapi sayangnya vaksinnya belum gratis ya?

    ReplyDelete
  23. Saya butuh banget vaksinasi influenza. Tapi males googling-nya. Ada satu lagi, tahu kalau tidak gratis padahal punya BPJS. Hihihi. Otak khas ibu-ibu kalangan biasa, ya.
    Kalau sekarang sudah tahu dan makin yakin harus ambil karena saya mudah banget kena influenza kalau ketemu orang. Gemes banget sama potensi sakitnya tiap pergi dan ngobrol dengan orang.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...