Tuesday, June 6, 2023

5 Tips Mengembangkan Keahlian Digital Anak

Hai Mom. Gimana hari selasanya nih? Hari ini hari kedua anak ujian. Susah nggak sih menyuruh anak belajar di era digital ini, karena anak lebih suka main gadget? Eit, tapi main gadget juga ada keuntungannya lho. Salah satunya bisa mengembangkan kemampuan digital anak.

 

Tips Mengembangkan Keahlian Digital

Sebagai orang tua yang memiliki anak di era digital ini sangat disarankan untuk mengembangkan kemampuan digital anak. Orang tua diwajibkan untuk melakukan hal ini karena anak yang mampu menggunakan teknologi digital dengan baik dan benar nantinya akan lebih pintar dibandingkan anak-anak lainnya. Salah satu cara untuk bisa membuat kemampuan digital menjadi bagus adalah dengan memasukkan anak ke tempat kursus coding.

Cara Meningkatkan Kemampuan Digital Anak

Hidup di era digital memang harus memiliki kemampuan digital karena tanpa adanya kemampuan tersebut akan sangat sulit untuk mengikuti perkembangan zaman. Sebagai orang tua yang baik akan lebih baik untuk mengenalkan dunia digital sejak dini kepada anak agar anak lebih cepat memiliki keahlian digital. Agar kemampuan digital anak cepat meningkat bisa mempraktekkan beberapa cara berikut ini.

Siapkan Jaringan Internet Yang Cepat

Untuk bisa menggunakan teknologi digital yang sekarang ini sudah lebih mudah digunakan maka orang tua wajib untuk menyediakan jaringan internet yang lancar dan juga cepat di rumah. Tanpa adanya jaringan internet yang bagus maka akan sangat sulit untuk mengenalkan dunia digital kepada anak. Agar jaringan internet tetap stabil sebaiknya jangan gunakan koneksi internet di smartphone tapi pasang wi-fi saja di rumah. 

Berikan Edukasi Baik dan Buruknya Dunia Digital

Selain harus mempersiapkan jaringan internet lancar ternyata orang tua juga harus memberikan edukasi atau pengetahuan mengenai dampak negatif dan positif penggunaan teknologi digital. Orang tua harus memberikan informasi ini agar nantinya anak lebih fokus belajar semua hal yang bisa menimbulkan dampak positif daripada melakukan sesuatu yang berdampak negatif. Saat memberikan informasi mengenai hal ini sebaiknya dilakukan secara pelan-pelan karena tidak semua bisa menerima informasi dengan cepat.

Mengajak Anak Mengakses Website Belajar

Agar kemampuan anak jadi lebih bagus sebaiknya orang tua mengajak anak untuk mengakses website-website belajar yang membagikan ilmu-ilmu bermanfaat seputar teknologi. Saat ini ada banyak sekali website belajar yang bisa diakses secara gratis seperti website kursus coding yang bisa mengajarkan anak pengetahuan dasar ilmu coding. 

Mainkan Game Edukasi Bersama Anak

Selain perlu mengakses website belajar ternyata kemampuan anak bisa meningkat jika anak diajak untuk memainkan game-game edukasi. Saat ini untuk mencari game edukasi tidak terlalu sulit karena ada banyak platform yang menyediakan game edukasi gratis untuk anak-anak. Orang tua diwajibkan untuk mendampingi anak saat memainkan game edukasi agar anak bisa mempelajari semua ilmu yang ada di game edukasi.

Batasi Pemakaian Gadget

Meskipun memainkan bermain game edukasi dapat membuat anak cerdas tapi ada baiknya untuk membatasi penggunaan gadget untuk memainkan game. Kalau sampai orang tua membiarkan anak begitu saja bisa-bisa anak bermain game seharian penuh. Jika kondisinya sudah seperti itu maka yang akan didapatkan anak bukanlah ilmu yang bermanfaat melainkan bisa mendapatkan hal negatif dari penggunaan gadget seperti kecanduan dan mengalami kerusakan mata.

Mengapa Kemampuan Digital Itu Penting?

Kemampuan digital menjadi salah satu kemampuan yang wajib untuk dimiliki karena kemampuan tersebut bisa membuat anak mampu menggunakan berbagai macam teknologi yang sudah ada saat ini. Untuk anak yang belum memiliki kemampuan digital cukup bagus nantinya akan sulit menggunakan teknologi baru yang bermanfaat untuk membantu aktivitas sehari-hari. Agar kemampuan anak terus berkembang bisa coba masukkan anak ke tempat kursus coding apa pun tempat kursus lainnya yang berhubungan dengan teknologi.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...