Monday, February 29, 2016

Mencari Info Lowongan Pekerjaan di Sekitar Lokasi Tempat Tinggalmu Via AtmaGo

Assalamu'alaikum. Apa kabar di hari Senin yang cerah ini? Setelah hari Minggu kemarin hujan turun hampir sepanjang hari, kelihatannya hari ini aman terkendali. Insya Allah, mudah-mudahan cerah dulu karena saya mau ke dokter gigi, memeriksakan gigi anak-anak. Sebelumnya saya mau memperkenalkan media sosial baru nih, namanya AtmaGo. Yang namanya media sosial itu sekarang sudah menjadi kebutuhan masyarakat perkotaan sampai ke pedesaan. Bahkan ada yang bilang kalau handphone, smartphone, tablet itu sudah jadi kebutuhan primer, bukan tersier. Bangun tidur yang diambil handphone, bukannya salat dulu, makan dulu, mandi dulu, hehe.... Sampai-sampai ada ungkapan bahwa media sosial: mendekatkan yang jauh, tapi menjauhkan yang dekat.


Lho, kenapa bisa begitu? Ya, gara-gara lebih sering menyentuh layar Smartphone, kita jadi kurang peduli dengan lingkungan di sekitar. Yah, ini teguran juga buat saya karena saya bekerja via medsos. Mau tidak mau harus sering bersentuhan dengan Smartphone. Kalau medsos lain mendekatkan yang jauh, AtmaGo ini berbeda. AtmaGo akan mendekatkan yang dekat, alias lingkungan di sekitar kita. Teman-teman yang akan terkumpul di akun AtmaGo kita adalah mereka yang merupakan tetangga terdekat kita atau maksimal berada di daerah yang sama. Misalnya saya di Bogor. Kita bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru yang ada di lokasi tempat tinggal kita.

Kemarin saya jalan-jalan ke mall di Cibinong. Ternyata di pertengahan jalan ada banjir akibat luapan kali. Wah, suami sempat kesulitan mencari jalan. Belok ke kiri, eh di sana juga kebanjiran. Tahu begitu, kami mengambil jalan lain. Nah, kegunaan AtmaGo ini salah satunya untuk menginformasikan kejadian-kejadian seperti itu.  Warga bisa memberitahukan bahwa ada banjir di jalan tersebut, sehingga warga  lain yang akan melewati jalan itu pun dapat mengambil alternatif jalan lainnya. Untuk mengantisipasi kejadian-kejadian seperti itu lagi, saya pun mendaftar di akun AtmaGo, tidak lupa memasukkan nomor telepon tetangga-tetangga di sekitar rumah saya agar mereka bisa terhubung dengan akun saya. Nanti kalau ada informasi yang saya sampaikan melalui akun AtmaGo, informasi itu akan diteruskan ke nomor handphone tetangga-tetangga saya oleh AtmaGo. 

Ternyata AtmaGo ini telah memenangkan Kompetisi Urban Resilience Challenge 2016 yang diselenggarakan oleh IDEO.org. AtmaGo mengalahkan 350 inovator di seluruh dunia. Wow, siapa yang menyangka Indonesia memiliki karya yang hebat? Kemarin-kemarin saya sempat bertanya-tanya, ada tidak sih media sosial karya anak bangsa yang bisa menyaingi buatan Mark? Ternyata ada lho! Apalagi fungsinya sangat membantu, karena lebih berfokus pada peristiwa-peristiwa yang ada di sekitar lokasi tempat tinggal kita. Kita tinggal daftar saja ke www.atmago.com.


Jujur saja, saya sebagai orang Bogor justru lebih banyak tahu kejadian-kejadian di tempat yang jauh daripada di Bogor. Kalau ada yang tanya tentang tempat-tempat di Bogor, saya malah tidak banyak tahu. Daerah tempat tinggal saya di Citayam ini banyak diisi oleh para pekerja dari Jakarta. Mereka bekerja di Jakarta dan tinggal di Bogor, seperti suami saya. Kata suami saya, saat jam berangkat kerja, kereta ke  arah Jakarta akan dipenuhi oleh penumpang. Sebaliknya, kereta ke arah Bogor malah relatif lengang karena lebih banyak penduduk Bogor yang kerja di Jakarta daripada di sekitar tempat tinggalnya. 

Nah, bagi Anda warga Bogor yang sedang mencari pekerjaan, mengapa Anda tidak mencari di lokasi sekitar tempat tinggal Anda saja? Siapa tahu ada lho. Di AtmaGo, kita juga bisa berbagi informasi mengenai kesempatan berkarir atau info lowongan pekerjaan di sekitar tempat tinggal kita. Ternyata di Bogor juga ada Job Fair Kota Bogor. Lha, saya malah baru tahu dari AtmaGo. Haduh, ke mana saja ya saya? Itulah, saya lebih tahu kejadian di tempat yang jauh daripada di sekitar saya. Cara untuk mengetahui kejadian yang ada di sekitar tempat tinggal kita, kita tinggal mengetikkan nama daerahnya. Kemudian kita pilih kategorinya ada enam: Jual Beli, Berbagi Solusi, Lapor Masalah, Karir, dan lain-lain. 



Hayuklah, kita ramaikan medsos AtmaGo ini! Undang tetangga-tetangga terdekat kita supaya menggunakan AtmaGo, sehingga kita bisa lebih saling mengenal dan saling membatu seperti tagline AtmaGo: Warga Bantu Warga. Jadi, kalau ada banjir, macet, dan peristiwa-peristiwa lain yang kita alami di perjalanan, jangan lupa dibagikan di AtmaGo supaya warga lain di sekitar tempat kejadian tersebut tidak mengalami kejadian yang sama. 


13 comments:

  1. Wah.. Semoga aplikasi ini mudah digunakan dan banyak membantu serta memberikan manfaat ya mba.. #kapan2nyoba ah

    ReplyDelete
  2. Nah aplikasi seperti ini keren, mba. Bisa meminimalisir jarak jauh dr tempat tinggal ke kantor. Seperti yang aku lakukan saat ini. Hihiii. Wajib coba ini :)

    ReplyDelete
  3. kalo seumuran aku masih bisa cari lowongan kerja ga ya mbak

    ReplyDelete
  4. jadi ingat yahoo koprol. buatan anak Indonesia. sayangnya ga hidup lama.

    ReplyDelete
  5. wah,boleh juga nih...kasih tau ponakan ah,makasih mbk infonya

    ReplyDelete
  6. Wah, informasinya menarik Mbak. Semoga aplikasinya banyan yang menggunakan dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  7. Wihhh gak nyangka kalo aplikasi ini buatan Indonesia. Kece abis deh. :D

    ReplyDelete
  8. wahh baru tahu ada aplikasi ini, makasih informasinya ya mba Leyla..

    ReplyDelete
  9. wah saya baru tau ada Aplikasi keren ini. bisa di coba ini mak. terima kasih Infonya, sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  10. Ini aplikasi yang sangat membantu ya mbak, izin share ke sodara ya
    Makasih mbak leylaaa

    ReplyDelete
  11. Keren juga ya, ada aplikasi macam gini, jadi mudah untuk cari info lowongan kerja yaa. Pas lagi butuh buat ponakan nih mba

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...