Wednesday, February 3, 2016

Cara Mudah Belanja Buku Murah Tanpa Harus ke Toko Buku

"Mbak, aku mau beli bukunya tapi di toko buku kok nggak ada ya?"

Pernah dapat pertanyaan seperti itu? Saya sering.... Terutama setiap saya memposting foto atau kover buku-buku saya. Mencari buku di toko buku fisik memang tak selalu mudah, apalagi kalau buku itu sudah agak lama terbit. Saat ini, banyak toko  buku yang memberikan batas waktu display buku baru di toko buku hanya antara 3 sampai 6 bulan, kecuali buku-buku penulis terkenal dan best seller. kalau penjualan buku tersebut kurang cepat, ya akan dikembalikan ke distributor. Hiks, sedih yaa... Terutama untuk para penulis, tentu itu bikin jantung deg-degan. 


Tidak heran sih kalau ada aturan begitu, karena setiap bulan ada ratusan buku baru yang terbit sedangkan daya beli masyarakat tidak dapat mengimbangi. Maklum, masyarakat kita kan belum banyak yang menjadikan membaca sebagai budaya. Ditambah dengan maraknya penggunaan smartphone dan informasi digital, makin sedikit saja waktu yang dialokasikan untuk membaca. Saya sendiri sebagai penulis buku, mewajibkan untuk membaca buku karena dari buku-buku itulah saya bisa mendapatkan ide, inspirasi, dan menambah perbendaharaan kata. Lain halnya kalau kita membaca sosial media, kata-kata yang digunakan itu kebanyakan kata-kata sehari-hari, dalam bentuk percakapan ringan. Sedangkan pada buku-buku sastra, kita akan temukan kosa kata baru yang relatif jarang digunakan. 

Kesibukan membuat saya kesulitan meluangkan waktu untuk berkunjung ke toko buku. Toko  buku di tempat saya jaraknya sekitar satu setengah jam dari rumah. Biasanya saya ke toko buku bersama keluarga di akhir pekan, itu pun belum tentu sebulan sekali. Untungnya sekarang kita bisa belanja online murah di sini, termasuk belanja buku juga dong. Pengalaman saya belanja buku secara online, justru harganya jauh lebih murah dibandingkan di toko buku fisik. Pertama, kita hemat ongkos kendaraan atau bensin. Bukan itu saja, biasanya kalau bepergian kan kita juga bakal mengeluarkan ongkos makan. Kedua, harga di toko buku online itu bisa lebih murah karena ada diskon mulai dari 20 sampai 70 persen! Tidak percaya! Buktikan saja sendiri! 


Tidak punya waktu untuk membaca buku? Siapa bilang? Berikut ini tips dari saya agar bisa meluangkan waktu untuk membaca buku:
  1. Tetapkan target, satu minggu harus bisa membaca berapa buku. Minimal satu buku/ minggu. Atau satu buku/ bulan deh kalau memang sibuk sekali. Yang penting ada targetnya.  
  2. Tetapkan waktu khusus untuk membaca buku, berikut jumlah halamannya. Misal, baca buku sebelum tidur minimal dua halaman. Taruh gadgetnya untuk sementara, selesaikan dulu target baca bukunya. 
  3. Pilih buku yang menarik menurut seleramu. Jangan paksa diri membaca buku yang tidak menarik buatmu, karena itu hanya akan membuang-buang waktu. 
  4. Bawalah buku ke mana pun kamu pergi, siapa tahu ada saat-saat di mana kamu bisa membaca buku. Misalnya saja, menunggu antrian di rumah sakit sementara baterai smartphone habis dan powerbanknya juga tak ada isinya. Daripada bosan, ya baca buku dong. 
  5. Letakkan buku-buku di berbagai sudut rumahmu yang sering kamu mampiri, misalnya: meja tamu, meja makan, sisi tempat tidur, dan sebagainya. Jadi sewaktu-waktu kamu bisa membuka buku dan membacanya. 
  6. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas pembaca buku, ada juga lho di sosial media. Di sana kamu akan  termotivasi untuk rutin membaca buku, karena anggota komunitas tersebut sangat rajin membaca buku. 
Sementara itu dulu tips dari saya. Alhamdulillah, seminggu ini saya berhasil membaca dua buku. Sebuah prestasi, mengingat belakangan ini kesibukan saya semakin meningkat (halaah....). Yuk ah semangat baca bukunya! Menulis di blog juga harus rajin baca buku, supaya tulisannya makin bagus. 
 


17 comments:

  1. tipsnya bagus banget. tapi sudah pernah aku coba bikin target. target tinggal target, nggak pernah bisa terlaksana. hiks...
    kali ini harus dikejar lagi nih targetnya kali ya, mak? hehehehe...

    ReplyDelete
  2. wah, jadi pengen juga beli buku via online. selam aini suka tobuk karena bisa lihat-lihat buku yang lain. btw, bener juga lohh mbak bahwa banyak buku hasil karya teman enggak kelihatan kalau di tobuk. tapi kalau di online begini, ada ya?

    ReplyDelete
  3. Aku jg pasang target karena klo ga gtu buku2 yg dibeli ga kebaca.biasanya sambil nunggu nadia renang aku baca jd paling ga semingu 1 buku :)

    ReplyDelete
  4. Wah asyik membeli buku bisa melalui online. Mudah dan praktis :)

    ReplyDelete
  5. keren, 2 buku seminggu. aku minggu ini belum nih

    ReplyDelete
  6. ternyata di Matahari mall banyak pilihannya juga ya sampai buku juga ada, lumayan buat refernsi cari buku online :D

    ReplyDelete
  7. Wah, asik nih. Bisa lebih gampang milih buku2 tjakep

    ReplyDelete
  8. Masih banyak buku yang terbungkus plastik *target tak tercapai :D

    ReplyDelete
  9. Saya baru tahu mataharimall.com jual buku juga ternayata.#maafsayakudet.

    Kalau soal beli buku, akhir-akhir ini saya juga lagi demen beli di toko online. Waktu itu beli 5 sekaligus, soalnya lagi diskon gede2an. Dan sekarang kelimanya masih terbungkus plastik dengan rapi. ckckck

    ReplyDelete
  10. waaah, harusnya facebook aku masuk nih dalam daftar beli buku murah via online ya, mba Ela..tsaaah modussssss

    ReplyDelete
  11. Wah....asyik ya sekarang gak perlu keluar rumah ke toko buku nyari buku2 bagus.. Sekarang sdh bisa secara online ya Mba.. Tapi aku belum pernah belanja buku online.. Mau nyoba ahh..

    ReplyDelete
  12. wihii.. iya ya mba kenapa ga kepikiran sebelumnya. kalo begini kan ga nunggu mesti ke toko buku dulu. makasih mba infonya..

    ReplyDelete
  13. Benar juga,emak repot kudu tahu cara cepat beli buku yaaa.makasi mak leyla sudah kasih pencerahan.

    ReplyDelete
  14. Duluuuu banget ketika olshop belum hits seperti sekarang, sering beli buku sistem online. Sekarang malah kembali ke toko buku kalo mau beli buku karena diajak anak2. Tebolak ya? ^_^

    ReplyDelete
  15. Saya juga baca buku tiap hari, buku anak tapi :D Pas bacain si kecil cerita. :D

    Banyak situs online yang jualan buku juga lho. Termasuk saya. #eh

    ReplyDelete
  16. iya beli buku online asyik tapi banyak godaan lapar mata hahha

    ReplyDelete
  17. Writers Fort is a content writing Services Company and content writing Marketplace worldwide. If you need to any copywriting Service, contact us

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...