Saturday, February 13, 2016

Asyiknya Belajar Menulis Bersama Boci

Asyiknya Belajar Menulis Bersama Boci. Assalamu'alaikuum... Kali ini saya menulis review aplikasi yang bagus sekali untuk anak-anak. Tahu sendiri kan anak-anak zaman sekarang ini tidak bisa dilepaskan dari gadget. Ya, bagaimana mau lepas kalau orangtuanya sendiri sering terlihat menggunakan gadget, terutama smartphone. Saya pun tidak bisa mengelak bahwa saya sering menggunakan smartphone di hadapan anak-anak. Pekerjaan saya bergantung pada smartphone. Mau tidak mau, anak-anak pun mengikuti ibunya. Like mother like son


Salim, di usianya sekarang, 3 tahun lebih, sudah suka main smartphone. Berhubung dia belum mengerti facebook, whatsapp, apalagi line, jadi dia lebih suka buka You Tube dan games. Eh, dia juga sudah bisa install aplikasi sendiri! Jadilah saya harus sering-sering memperhatikan. Untuk bermain menggunakan smartphone ini, selain dipantau juga dibatasi waktunya. Install aplikasi games pun harus dipilih-pilih. Bahaya kan kalau dia mengunduh aplikasi untuk orang dewasa? Kebetulan, beberapa waktu lalu saya membaca postingan teman-teman tentang Aplikasi Petualangan Boci. Kayaknya seru juga tuh. Bermain sambil belajar. Saya cari di Google Play Store, wow ternyata aplikasinya bisa diunduh gratis di http://petualanganboci.com/app.  Aplikasi ini adalah seri aplikasi edukasi  anak untuk usia 2-6 tahun. Dibuat oleh Rolling Glory, Creative Digital Media Studio yang berlokasi di Bandung.


Ini aplikasinya bentuknya berseri ya. Di antara semua serinya, saya mengunduh "Boci Menulis Alfabet, Petualangan Boci, dan Boci Pasar Malam." Yang akan direview adalah Boci Menulis Alfabet. Sebenarnya Salim lebih suka dnegan seri pertama, yaitu Petualangan Boci, karena ada ceritanya. Ceritanya itu hidup dan interaktif.  Nah, kalau yang Boci Menulis Alfabet ini lebih pada memperkenalkan huruf-huruf, warna, dan cara membuat huruf tersebut. Walaupun demikian, tetap saja anak juga harus diperkenalkan dengan pensil dan pulpen. Salim belum masuk TK, jadi saya harus memberikan stimulasi di rumah.


Proses pengunduhan terbilang cepat. Selain karikatur Boci yang menarik, di mana ada tujuh karakter: Boci si Bunglon, Kato si Burung Kakak Tua, Kucing Misterius, Ibu Botchi, Bapak Botchi, Pak Belalang, dan Pak Walang Sangit, yang berupa karikatur hewan lucu, ada juga suara musik yang riang sehingga anak-anak pun senang. Setelah masuk ke dalam aplikasinya, anak diajak memilih kendaraan favoritnya. Bagian ini juga memperkenalkan jenis-jenis transportasi kepada anak, diantaranya: pesawat, kapal, dan kereta. Sayangnya, tidak ada mobil yaa.... Anak laki-laki kan akrab dengan mobil-mobilan.




Salim memilih kereta, karena dia memang suka sekali kereta Thomas. Muncul deh jalur kereta yang membentuk huruf. Anak tinggal menggerakkan jarinya mengikuti jalur kereta itu. Hurufnya pun muncul berupa garis berwarna. Di sini, anak juga diperkenalkan dengan warna. Oya, huruf-hurufnya itu bukan hanya huruf besar lho. Huruf kecil juga. Pengalaman saya dulu memang seharusnya anak diajari mengenal dua jenis huruf itu: besar dan kecil. Sedangkan saya hanya mengajari kakak-kakak Salim dengan huruf besar. Akibatnya setelah masuk TK, mereka kebingungan disuruh menulis dengan huruf kecil. Kok huruf yang sama, bentuknya beda?

Supaya stimulasinya dapat, anak-anak perlu didampingi orangtua saat menggunakan aplikasi Boci ini. Jadi, kita sambil menjelaskan ke anak, itu huruf apa, warnanya apa, terus nama kendaraannya apa. Kalau perlu sekalian diceritakan, kendaraan itu digunakan di mana (darat atau udara), dan sebagainya. Proses belajar dan bermain pun menjadi lebih menyenangkan. Eit, kalau cuma mengunduh satu seri dari Aplikasi Boci ini rasanya kurang, deh. Mending diunduh semaunya, karena semuanya baguuss.. Informasi lebih lengkap bisa klik saja www.petualanganboci.com. Yuk, belajar dan bermain bersama anak ditemani Petualangan Boci!


7 comments:

  1. Dek Paksi juga suka banget sm boci. Udah donlot hampir semua serinya mak.
    Yg paling seru yg carnaval pasar malam deh

    ReplyDelete
  2. Saliiiim, kalau kamyu jadi modelnya Tante jadi salah fokus dah. itu tuh posenya ga naaaaahan bak model terkenal hihihihi
    Btw Mba Lintang tuh download itu buat adik-adiknya; Pijar&Pendar, emaknya mah malah kaga tahu wkwkkwkw, maklum gaptek game bisanya cuma ngenalin buku

    ReplyDelete
  3. Aplikasi yang bagus dan mengedukasi ya Mba.. Pas banget nih diunduh buat keponakanku Akbar 4 tahun biar bisa berlatih membaca..

    ReplyDelete
  4. Ehm...jadi, tiap huruf menyerupai kendaraan yang berbeda-beda ya, Mbak

    ReplyDelete
  5. Coba downlod juga ah ... Semoga si kecil juga suka. ^^

    ReplyDelete
  6. seneng ya belajar tapi ada rasa bermainnya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...