Sunday, July 5, 2015

Lebih Mudah Belanja Keperluan Lebaran dengan Aplikasi Kleora



Alhamdulillah, kita sudah sampai di pertengahan Ramadan. Insya Allah, 12 hari lagi kita sudah berlebaran. Sedih rasanya karena puasa tinggal sebentar lagi, tapi juga bahagia karena akan berkumpul dengan keluarga besar yang barangkali baru bisa ditemui di hari lebaran. Biasanya, hari-hari menjelang lebaran ini, ibu-ibu sudah repot menyiapkan semua keperluan lebaran, dari mulai baju, sandal, mukena, kue-kue lebaran, dan sebagainya. Kalau bisa semuanya beli baru. Hem, pantas saja ibu-ibu tetangga di sebelah rumah saya sudah ribut mau ke pasar terbesar se-Asia Tenggara, naik kereta. Sstt… tahu kan pasar apa yang saya maksud?


Dulu, zaman ibu saya masih hidup, saya juga sering diajak ke pasar itu siang-siang, panas-panas, di bulan Ramadan. Alhamdulillah, saya masih kuat berpuasa, walaupun capai dan haus. Menghadapi suasana berbelanja di sana, memang harus kuat iman dan mental. Banyak orang yang terpaksa berbuka puasa siang-siang gara-gara capai dan haus karena berbelanja. Tukang jualan makanan dan minuman juga santai saja menawarkan jualannya kepada orang yang sedang berpuasa. Pasarnya juga penuh dan sumpek karena dibanjiri pembeli. Akhirnya, kita kembalikan lagi ke esensi Ramadan yang sebenarnya.

Ramadan adalah bulan di mana kita berperang menghadapi hawa nafsu. Saat kita menang perang disebut dengan Idul Fitri. Jadi, kalau kita terpaksa membatalkan puasa gara-gara capai dan haus saat berbelanja di pasar, apakah kita tergolong orang-orang yang menang perang? Buat apa kita susah payah berbelanja panas-panas ke pasar kalau terpaksa mengorbankan ibadah puasa kita? Mungkin kita bisa mendapatkan harga yang murah, tapi itupun butuh perjuangan. Pengalaman saya berbelanja di pasar, saya harus mengelilingi pasar dulu dan pintar-pintar menawar harga barangnya agar bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga murah. Duh, cape deh. 

Untungnya, sekarang ini sudah marak dengan yang namanya E-Commerce. Transaksi jual beli dengan menggunakan internet. Yap, sudah banyak toko online yang bisa membantu kita memperoleh barang yang diinginkan tanpa harus keluar rumah, cape-cape, panas-panas, apalagi sampai mengorbankan ibadah puasa kita. Internetan juga semakin mudah dengan Smartphone atau telepon pintar yang langsung aktif dengan hanya menyentuhkan ujung jemari. Sudah terbayang kan? Kita bisa belanja di pasar hanya dengan menyentuhkan ujung jari di layar ponsel! 

Mau, mau, mau! Caranya gimana? 



Pertama, buka Google Play Store di ponsel kita, cari Aplikasi Kleora, lalu unduh. Hanya butuh beberapa  menit untuk mengunduhnya. Gratis pula.  Tentunya ini hanya ada di handphone android yah. Proses penginstalannya sebentar lho, karena kuotanya hanya 16, 22 MB. Aplikasi Kleora ini baru diluncurkan pada bulan Mei 2015 oleh sebuah startup asal Bandung, Kleora.com yang memposisikan dirinya sebagai situs marketplace dan online shop agregator khusu wanita di Indonesia. Bagi para penjual online, Fitur Kleora memfasilitasi para penjual online dengan kemudahan manajemen toko online melalui ponsel android mereka melalui akun yang didaftarkan di Kleora. Cukup tarik gambar produk dari akun Instagram/Facebook/ Twitternya ke Kleora. Ada juga rekening bersama dan fitur ongkir otomatis. Sebagai calon pembeli, kita pun jadi lebih mudah pilih-pilih barang dari seluruh toko online yang membuka akunnya di Kleora.

Kedua, setelah diinstal ke ponsel kita, kita bisa langsung mencari barang-barang yang dibutuhkan untuk keperluan lebaran. Di situ ada beberapa kategori produk yang bisa dipilih, dari mulai pakaian, sepatu, tas dan aksesoris, perlengkapan bayi, sampai oleh-oleh kuliner dari beberapa daerah! Karena saya memang mau mencari baju lebaran, maka saya langsung klik kategori pakaian. 

Harganya cukup terjangkau, malah ada yang murah banget. Berhubung ini belanja perdana saya menggunakan aplikasi Kleora, saya pilih baju yang harganya murmer dulu yah hehehe…. Gamis yang saya pilih ini harganya murmer sekalee… hanya Rp 65 ribu, ditambah ongkir dari Jakarta Barat, totalnya Rp 74.000. Warnanya lembut, bahannya juga adem, dan ada kancing depannya. Cocok untuk ibu menyusui. Kalau ibu-ibu yang punya anak kecil macam saya ini memang lebih memilih baju yang sederhana dan adem. 


Setelah memilih, klik BELI, langsung keluar total harganya. Nah, tinggal checkout deh untuk menuntaskan pembayaran. Ups, karena saya belum menyelesaikan transaksi, langsung ditegur sama si Nona Kleora. Jadi maluuu….. Nanti saya balik lagi ya untuk menuntaskan pembayaran. 


Akhirnyaaa... saya pun sudah menuntaskan pembayaran. Tinggal nunggu gamisnya datang nih. Alhamdulillah, dapat baju lebaran lagi.... Thanks, Kleora! :D



Asiiik... pesanan saya sudah dikirim..!


Alhamdulillah, gamisnya sudah saya terima tertanggal 9 Juli 2015. Cepet banget, kaan?

Gamis dari Kleora

Secara keseluruhan, penilaian saya terhadap Aplikasi Kleora ini, adalaaaah…. *drum, drum, drum….
Keren dan komunikatif. Tampilannya  cewek dan kartun banget.  Begitu masuk ke aplikasinya, kita langsung disambut oleh si Nona Kleora yang ramah dan enerjik.
Lengkap produknya, segala kebutuhan wanita ada di situ. Bahkan sampai ke oleh-oleh dari berbagai daerah. Kalau kelupaan beli oleh-oleh saat pulang kampung, beli aja di Kleora.
Enak prosesnya, tinggal klak-klik, selesai deh. Loadingnya cepat sekali, tahu-tahu udah sampai ke proses checkout.
Oke pelayanannya, ada jaminan garansi 100% uang kembali kalau barang tidak sampai.  
Ramah benar, seakan-akan kita diajak ngobrol oleh avatar Kleora yang berwujud cewek cantik doyan shopping.
Asyik belanjanya, tidak perlu lagi mengitari mall atau pasar besar yang bikin capai fisik dan kemungkinan membatalkan puasa lho kalau tidak kuat. Bisa belanja dari rumah sambil duduk, tiduran, menunggu berbuka puasa, bahkan sambil masak. 

Fitur yang paling menarik dari Aplikasi Kleora bagi saya, adalah moda pencarian produk yang lebih mudah karena ada kategorisasi berdasarkan produk populer, termahal, termurah, berdasarkan lokasi dan range harga. Ada pilihan cara pembayaran, tracking order, dan message facilities. Yang mengagumkan, perkiraan ongkirnya langsung muncul secara otomatis. Jadi, lebih mudah belanja keperluan lebaran dengan aplikasi Kleora!

10 comments:

  1. Bsru ya ini olshopnya? Aku baru denger

    ReplyDelete
  2. haha sama nih. saya juga lagi nyari nyari barang buat adek... membantu aplikasinya...
    thx yaa review-nya. baru tau jg ada lomba blog kleora stlh baca ini...
    mampir yaaa --> http://ifir-zone.blogspot.com/2015/07/aplikasi-marketplace-bintang-51-ada-dong.html

    ReplyDelete
  3. Tambah banyak ya online ahopping.. Tambah semangat deh belanja..

    ReplyDelete
  4. wah apa lagi nih mbak, makin banyak aplikasi ya. Ngimtip ah aplikasinya :)

    ReplyDelete
  5. Olshop baru lagi ya mbak, lucu juga tuh avatarnya, imut ya hahahaha. Jadi pengen nonton, apa aja produknya :)

    ReplyDelete
  6. sekarang bertebaran ya olshop jadi makin kuat nih ngekepin dompet :P

    ReplyDelete
  7. Waww, murah bingit Maakk. Paling semangat kalo denger ada barang murah xixixixi

    ReplyDelete
  8. wah..mau juga donk belanja di kleora..asik nih..

    ReplyDelete
  9. Asyik nih udah nyari baju lebaran ya, bun. Kalo aku belum beli. :D

    ReplyDelete
  10. semakin banyak yang menjadi online shop ya mba hehe... ituh dress nya lucu ya mba hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...