Thursday, July 9, 2015

Renungan Ramadan: Ayo, Berubah!

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka." (QS: ar Ra'd: 11)

Assalamu'alaikum. Alhamdulillah, pagi ini bisa ngeblog lagi, nggak harus nganter ke sekolah karena udah libur lagi hehe.... Tiga hari kemarin saya mengantar sekolah anak-anak yang sekarang udah SD dan sekolahnya juga makin jauh. Kurang lebih dua kilometer melewati jalan raya. Tadinya saya masih takut-takut mau nganterin pake motor. Saya udah belajar naik motor dari tahun lalu, tapi masih takut bepergian jauh melewati jalan raya. Selama ini masih di sekitar perumahan aja, nganter ke sekolah TK si tengah, sedangkan si sulung masih diantar tukang ojek.


Kemarin-kemarin, saya masih berpikir untuk tetap menyewa tukang ojek. Ismail dan Sidiq masuk SD yang sama. Kalau dua-duanya diantar tukang ojek, terus kerjaan saya apa? Terus, gimana ini motor yang udah dibeli dengan tujuan mengantar sekolah anak-anak? Masa nganggur di rumah? Ntar mesinnya mati pula kalo jarang dipake. Suami memotivasi saya agar BERANI naik motor lebih jauh lagi ke sekolah anak-anak. Kalau selama ini cuman di komplek perumahan, ya sekarang dicobalah ngelewatin jalan raya. Heuheu....

Baca ayat di atas, hm bener juga ya. Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kalau kaum itu nggak mau mengubahnya sendiri. Artinya, kalau kita nggak mau berubah ya bakal tetap di situ aja. Nggak maju-maju. Kalau saya nggak mencoba untuk berani naik motor ke sekolah anak-anak, ya selamanya begitu terus. Naik motor cuman di sekitar perumahan aja. Akhirnya, bismillah... pas bayar daftar ulang dan kekurangan biaya masuk sekolah anak-anak, saya coba naik motor sendiri. Pelan-pelan aja. Ternyataaa.... saya bisa! 

Saya berhasil menaklukkan rasa takut naik motor sendiri ke jalan raya. Alon-alon saja asal kelakon. Nggak perlu ngebutlah. Kalau dihitung, saya sudah 4x ya ke sekolah anak-anak bawa motor sendiri. Norak-norak bergembira deh. Saya bersyukur dikaruniai keinginan untuk berubah. Berubah ke arah yang lebih baik lho ya. Pernah nggak Anda bertemu dengan orang yang nggak mau berubah? Rasa takut untuk berubah itu bisa menghambat kemajuan kita. Selama perubahan itu adalah perubahan yang baik, ayo berubah! Jangan sampai waktu terus berlalu dan kita masih diam di tempat. 

Sama halnya saat mau mengganti domain blog ini menjadi TLD (Top Level Domain) alias domain berbayar. Bukan soal bayarnya, tapi saya khawatir nanti setelah jadi TLD, saya malah berhenti ngeblog, seperti beberapa orang blogger yang saya kenal. Saya juga khawatir nanti domainnya hilang lalu tulisan saya nggak bisa diakses karena saya nggak bayar perpanjangannya. Saya khawatir.. bla.. bla.. bla.... Lama banget mikirnya mau ganti TLD. Alhamdulillah, jadi juga ganti domainnya. Moga-moga saya masih konsisten ngeblognya yak. 

Semoga Allah memudahkan setiap perubahan ke arah kebaikan yang kita lakukan. Aamiin.....

4 comments:

  1. Kalau fobia naik motor, Mak? Apa ada kiat khusus?

    ReplyDelete
  2. selamaattttt Ela udah bisa naik motor, hiks saya belom

    ReplyDelete
  3. Mudah-mudahan semangat terus ngeblognya ya mbak. Aku biker loh mbak :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...