Tuesday, August 1, 2017

Perpanjang Harapan Hidup Pasien Gagal Jantung dengan Cara Ini


Bertempat di Hotel Borobudur Jakarta tanggal 29 Juli, saya menghadiri talkshow Set Your Life Back on Motion yang bertujuan menjelaskan tentang penyakit gagal jantung, gejala, dan pengobatannya agar pasien Gagal Jantung mendapatkan harapan hidupnya kembali.


Penyakit gagal jantung sekarang harus diwaspadai karena semakin banyaknya pasien dengan gejala tersebut akibat gaya hidup kurang sehat.  Jarang berolahraga, kebiasaan makan yang salah, dan merokok menjadi beberapa penyebab gagal jantung.

Talkshow ini menghadirkan narasumber Milan Paleja, Presdir Novartis Group Indonesia, Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI, Prof. DR. Dr. Bambang Budi Siwanto, SpJP(K) dari RS Harapan Kita, dan Dr. David Sim dari National Heart Center Singapore.

Prof. DR. Dr. Bambang Budi Siswanto

Gagal Jantung adalah kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh karena melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu. Tubuh jadi mudah lelah dan letih. Penyebabnya adalah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung bawaan, katup, PJK & Hipertensi, yang berujung pada gagal jantung.

Gejala terkena penyakit gagal jantung diantaranya merasa mudah lelah, kehabisan napas saat menggunakan tangan, jantung terasa berdebar lebih kencang, dan merasa lemah atau pusing.

Dr. David Sim 

Ada gagal jantung akut dan kronis. Gagal Jantung akut apabila kita mengalami gejala parah secara tiba-tiba. Sedangkan gagal jantung kronis apabila gejalanya muncul perlahan dan bertahap memburuk. Gagal Jantung dapat didiagnosis dengan melakukan riwayat medikal dan pemeriksaan fisik, elektrikal diagram, tes darah, dan Rontgen dada.

Pengobatan penyakit gagal jantung dilakukan dengan perubahan gaya hidup sehat, obat-obatan, dan perawatan berkelanjutan. Jika sudah berat maka harus dilakukan pembedahan. Pasien Gagal jantung masih dapat berolahraga dengan pengawasan dokter dan tidak boleh berlebihan.

Presdir Novartis, Milan Paleja

Pola makan tidak sehat merupakan salah satu penyebab gagal jantung. Sehingga pasien perlu melakukan diet sehat yaitu memerhatikan jumlah lemak di dalam makanan karena dapat menyebabkan kolesterol. Kurangi juga garam dan makanan yang asin, juga karbohidrat olahan seperti roti dan nasi agar jantung tidak bekerja terlalu keras untuk mencernanya.

Prof. DR. Bambang Budi Siswanto mengatakan bahwa penyakit gagal jantung tidak bisa disembuhkan sehingga masyarakat perlu mengetahui gejalanya agar dapat mencegah penyakit ini. Di Asia Tenggara, Pasien Gagal Jantung meningkat di usia muda yang diawali dengan penyakit hipertensi, diabetes, dan obesitas.

Dr. Lily dari Kemenkes 

Tentunya ini akan menimbulkan beban ekonomi tinggi bagi pasien dan pemerintah, apalagi kalau pasien dirawat dengan BPJS. Untuk itu, maka kita perlu memulai gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, tidak merokok, dan pola makan sehat.

Novartis Indonesia juga menghadirkan pengobatan gagal jantung baru LCZ696 di Indonesia dengan nama molekul sacubitril valsartan sodium hydraye di kelas perawatan ARNi di Indonesia. Pertama kali diluncurkan di Eropa dan Amerika Serikat 18 bulan lalu.


Milan Paleja, Presdir Novartis Indonesia menjelaskan komitmennya untuk mendukung pemerintah Indonesia dan bekerja sama membantu pasien dengan penyakit kardio-metabolik seperti diabetes, hipertensi, dan gagal jantung. Pasien akan dilayani baik dengan menggunakan JKN maupun biaya pribadi.

Info lebih lanjut mengenai Novartis dapat dilihat di www.novartis.com dan Twitter @Novartis.



16 comments:

  1. Makasih infonya tentang gagal jantung mbak. Saya jadi makin tambah ilmu.

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata garam bisa jdi salah satu penyebabnya ya. Aduh, saya itu penyukan masakan yang gurih2 dan asin. Makasih infonya ya

    ReplyDelete
  3. Baru tahu lebih dalam tentang gagal jantung. Dulu almarhum Bapakku juga sakit jantung. Tapi bukan gagal jantung. Melainkan komplikasi dari diabetesnya

    ReplyDelete
  4. Ngeri sekali ya penyakit ini, kalau dulu biasanya penyakit orang kaya. Tapi kaya miskin kita harus jaga kesehatan ya. Terimakasih artikelnya mba, semoga kita sehat selalu.

    ReplyDelete
  5. Semoga semakin banyak yang menyadari bahwa kesehatan itu berharga banget. Jangan sampai gagal jantung krn lalai menjaga kesehatan

    ReplyDelete
  6. Mari kita mulai hidup untuk menerapkan gaya hidup sehat dan seimbang ya agar terhindar dari penyakit seperti gagal jantung ini

    ReplyDelete
  7. Habit masy kita yg kurang aware thdp pola hidup sehat yg bikin angka kematian jantung pd masy kita masih tinggi. Senang makanan berlemak dan mengandung kolestrol tinggi, minuman bersoda, rokok dan malas olahraga. Yuk ah kita hidup CERDIK

    ReplyDelete
  8. ginjal, kanker, dan kemudian jantung adalah penyakit2 yang paling saya takuti. untuk menjaga kondisi jantung saya, setiap saya sarapan dan makan siang udah ga pake nasi. untuk sarapan saya pake quaker oats *bukan iklan. untuk makan siang roti, dan untuk makan malam baru makan nasi. semoga jalan yang saya tempuh ini benar hahahaha

    ReplyDelete
  9. Medical cekup sepertinya sangat diperlukan buat tau kondisi tubuh kita

    ReplyDelete
  10. Bahasa gagal jantung itu memgerikan sekali ya bun, aduh semoga kita dan keluarga terhindah dari penyakit2 yang berbahaya ya mba. Makasih infonya

    ReplyDelete
  11. Ngedengar kata gagal jantung itu bawaannya tuh ngeri nheri gimana gitu. Sayangnya sampai saat ini masih kurang peduli sama tubuh sendiri. Makan masih sembarangan. Olahraga jarang.
    Adduuhh, semoga kita semua terhindar dari penyakit-penyakit macam ini ya Mba.

    ReplyDelete
  12. Serem juga kolesterol, hipertensi dan diabetes menjadi awal dari penyakit gagal jantung. Berarti harus mulai hati-hati kalau salah satu penyakit itu mulai muncul.

    ReplyDelete
  13. penyakit jantung, salah satu penyakit yg membahayakan.banyak orang meninggal ga padang umur termasuk bapak saya. semoga dengan adanya pengobatan LCZ696 bisa membantu meringankan penyakit gagal jantung

    ReplyDelete
  14. Gagal jantung ini apakah kata lain dari jantung koroner? Atau kriteria beda sendiri?

    ReplyDelete
  15. hiiikksss, aku. inget alm. bapak klo bahas soal jantung T.T, semoga masyarakat lebih aware ya akan bahaya penyakit jantung ini

    ReplyDelete
  16. Alatnya itu bentuknya seperti apa ya mbak? Kmrn diperlihatkan jg di sana? Berupa alat pacu jantung atau apa ya yg LCZ 696 itu?

    Skrng penyakit ini makin ngeri ya, dulu cuma nyerang org tua skrng yg muda pun bisa kena.

    TfS infonya

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...