Wednesday, July 31, 2019

Idul Adha, Mendidik Hati agar Jangan Takut Berkurban

Alkisah, adalah Habil dan Qabil, kedua putra Nabi Adam AS yang sama-sama ingin mempersunting Iklimah, sang gadis cantik. Lalu, Allah Swt menguji mereka untuk mempersembahkan kurban. Barangsiapa yang kurbannya diterima oleh Allah Swt, maka dialah yang diperbolehkan mempersunting Iklima. Ternyata, kurban Habil-lah yang diterima karena Habil mengurbankan seekor domba yang gemuk dan sehat. Sebaliknya, kurban Qabil tidak diterima karena berlandaskan kedengkian sehingga hanya mempersembahkan seekor domba kurus serta tidak sehat. 
Anak-anak dan domba kurban


Dari kisah itu, kita dapat bercermin bahwa mengurbankan suatu harta benda yang kita cintai itu haruslah dari hati yang ikhlas. Bila hati kita ikhlas, maka harta yang kita kurbankan itu adalah harta yang terbaik. Bukan ala kadarnya. Setiap hari raya Idul Adha, umat muslim yang mampu diwajibkan untuk berkurban hewan ternak seperti domba, kambing, kerbau, dan sapi. Sesungguhnya ibadah itu untuk mendidik hati kita agar ikhlas melepas sebagian harta kita miliki karena sesungguhnya di dalam harta kita itu ada bagian dari orang lain yang membutuhkan.

Hewan ternak seperti domba, sapi, kambing, unta, dan kerbau itu tidak semua orang mampu untuk memakannya karena harganya yang mahal. Hari Raya Idul Adha, mendidik hati kita agar jangan takut berkurban karena kita disemangati untuk berani mengurbankan sebagian harta yang ditukarkan dengan hewan-hewan ternak tersebut, kemudian dibagi-bagikan kepada mereka yang membutuhkan. Setidaknya, ada beberapa keutamaan berkurban bagi umat Islam yang bermanfaat untuk kehidupan kita sekarang dan masa yang akan datang: 

Jangan Takut Berkurban karena Dapat Mendekatkan Diri kepada Allah
Seperti halnya Habil yang mempersembahkan domba terbaik untuk Allah Swt sebagai bukti cinta kepada-Nya, ibadah kurban yang kita lakukan pun seyogyanya bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Harta benda yang kita kurbankan itu adalah bukti ketakwaan kita kepada Allah Swt. 

Jangan Takut Berkurban sebagai Bukti Ketaatan
Berkurban adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam yang mampu dan menjadi bukti ketaatan terhadap perintah Allah Swt. Allah Swt berfirman dalam Al Quran Surat Al Hajj ayat 34: "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), agar mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Yang Maha Esa. Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)."  

Jangan Takut Berkurban karena Hewan Kurban menjadi Saksi di Akhirat
Hewan-hewan kurban itu akan menjadi saksi amal kita di akhirat. Mereka akan meringankan dosa-dosa kita, karena pada setiap bulunya ada kebaikan. 

Jangan Takut Berkurban sebagai Rasa Solidaritas Ekonomi
Hewan kurban akan disalurkan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan dan sehari-hari kesulitan makan daging. Bukan hanya yang muslim, bahkan yang nonmuslim pun bisa kebagian hewan kurban. Dengan berkurban, kita ikut memberikan kebahagiaan pada orang-orang yang selama ini tidak mampu memakan daging merah. 

Alhamdulillah, setiap tahun saya sekeluarga bisa menyisihkan rezeki untuk berkurban. Permasalahannya, seringkali stok dagingnya itu berlimpah sampai bingung mau dibagikan ke siapa lagi. Setiap rumah bisa mendapatkan 2-3 kg hewan kurban. Sedangkan di daerah lain, justru kekurangan hewan kurban karena sedikit orang yang mampu berkurban. Memang, kebanyakan orang yang mampu berkurban itu tinggal di kota-kota besar sehingga hewan kurban berkumpul di kota besar.

Dompet Dhuafa sejak tahun 1994 berinovasi melalui program "Tebar Hewan Kurban" sehingga hewan kurban dapat didistribusikan ke seluruh pelosok daerah. Tidak hanya mengumpul di perkotaan. Imbasnya, semua orang dapat menikmati hewan kurban. Ada 5 keunggulan bila kita berkurban melalui Dompet Dhuafa, yaitu: 

  • Layanan Kurban yang Memudahkan
Kita dapat berkurban dengan cara yang mudah, yaitu dengan mendatangi konter kurban yang disebar di berbagai mall, mentransfer biaya pembelian kurban hewan kurban melalui rekening bank, ada juga layanan jemput kurban bila kita membeli hewan kurban sendiri, atau yang paling mudah melalui website www.kurban.dompetdhuafa.org.

  • Hewan Kurban Tersebar Merata
Hewan kurban yang kita salurkan melalui Dompet Dhuafa akan didistribusikan secara merata sampai ke pelosok daerah yang kekurangan hewan kurban. Sehingga saudara-saudara kita di daerah terpencil pun bisa menikmati Hari Raya Idul Adha. 

  • Ada Jaminan Kualitas Hewan Kurban
Meskipun kita tidak membeli sendiri hewan kurbannya, Dompet Dhuafa memastikan bahwa uang yang kita transfer itu akan dibelikan hewan kurban yang berkualitas seperti dombanya Habil. Bobot hidup hewan kurban, untuk kambing antara 25-29 kg, kambing premium 33-39 kg, dan sapi 250-300 kg. Hewan kurbannya juga tidak cacat, lepas gigi, dan jantan. Dan tentu saja hewan kurbannya dipotong sesuai syariah. Jadi, meskipun kita tidak menyaksikan pemotongannya, insya Allah amanah dan sesuai syariat. 

  • Ada Laporan yang Transparan
Kita yang berkurban akan mendapatkan laporan donasinya, bahkan foto-foto pelaksanaan dan pendistribusian kurban di setiap daerah. Kita juga bisa melihat langsung prosesi kurban di daerah tersebut bersama tim dari Dompet Dhuafa, jika menginginkannya.

  • Dapat Memberdayakan Peternak Lokal
Hewan kurbannya juga berasal dari peternak lokal, bukan impor. Jadi jangan khawatir, karena bisa memberdayakan para peternak lokal.

Mendekati hari raya Idul Adha ini, harga hewan kurbannya sudah lebih murah dari sebelumnya lho. Untuk berkurban melalui Dompet Dhuafa, kita bisa tinggal klik "Kurban Sekarang" di www.kurban.dompetdhuafa.org. Sebelumnya, bisa kita pilih harga hewan kurbannya yang sudah lebih murah, yaitu: 

Berkurban melalui website Dompet Dhuafa

Kambing Standar Rp  1.799.000/ ekor
Kambing Premium Rp 2.975.000/ ekor
Sapi Rp 13. 500.000/ ekor
1/7 Sapi Rp 1.800.000/ ekor.

Nah, buat kamu yang sudah mampu berkurban dan ingin hewan kurbannya menjangkau lebih luas lagi ke pelosok daerah, kamu bisa manfaatkan layanan kurban dari Dompet Dhuafa ini. Semoga ibadah kurban kita diterima oleh Allah Swt. Aamiin. 

29 comments:

  1. Wah bener banget tuh Mbak apalagi habis ini sudah mau hari raya idul adha ya hehe

    ReplyDelete
  2. Saya pingin banget nih Mbak suatu saat nanti bisa berkurban. Semoga saja ada jalan aamiin

    ReplyDelete
  3. Wah banyak banget nih ya Mbak keuntungan yang bisa didapatkan kalau berkurban lewat Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak informasinya. Terima kasih atas apa saja keuntungan kalau berkurban menggunakan Dompet Dhuafa

    ReplyDelete
  5. Sekarang jadi nggak perlu bingung lagi nih ya kalau mau berkurban hehe

    ReplyDelete
  6. Terimakasih untuk infonya, sukses terus..

    ReplyDelete
  7. tahun2 kemarin itu aku jg kurbannya dr dompet dhuafa mba.lbh praktis kan yaaaa. tp thn ini papa minta kurbanny diksh ke kampung papa di sorkam sana, yg mana org2nya memang kebanyakan msh ga mampu. yo wiiis ngalah. seneng padahal kalo pake dompet dhuafa, semua dokumentasinya jelas. kurbannya di mana sampe foto jg dikirim ama mereka. makanya sampe skr aku msh pakai DD utk zakat, kurban dan infaq

    ReplyDelete
  8. Dompet Dhuafa ini fasilitator banget ya Mak
    Bikin masyarakat urban jadi mudah utk menunaikan ibadah qurban.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Sekarang udah enak ya Mbak mau kurban di fasilitasin sama Dompet Duafa jadi nggak harus repot lagi 😁

    ReplyDelete
  10. Dompet Dhuafa memang udah terkenal ya, terpercaya. Jadi memudahkan banget buat teman-teman yang ingin menunaikan ibadah qurban karena dapat didistribusikan ke seluruh pelosok daerah. Praktis.

    ReplyDelete
  11. Allhamdulillah Bun, tahun ini aku masih berkesempatan untuk berqurban. Aku dan suami selalu berusaha harus berqurban setiap tahun. Karena rasanya kami malu kalau punya rumah, punya hp yang harganya 2 juta lebih, diksih keluarga yang sehat ama Allah dan banyak nikmatnya, tapi tidak mau menyisihkan sedikit uang agar bisa berqurban. Malu ama Allahnya

    ReplyDelete
  12. Hewan-hewan kurban itu jadi saksi kita di Akhirat, Aamiin. Insya Allah tiap tahun selalu berkurban, tahun ini nyobain ke Dompet Dhuafa ternyata praktis ya bisa langsung transfer aja

    ReplyDelete
  13. Wah aku pernah ikutan Ela, jadi daging kurbannya berbentuk kornet untuk dibawa ke pedalaman, semoga berkah ya aamiin

    ReplyDelete
  14. Pilihan yang tepat ini, berkurban lewat dompet dhuafa, bisa tepat sasaran diberikan pada orang-orang yang jarang makan daging.

    Saya dulu pengen berkurban di kampung halaman, tapi ternyata di sana sudah banyak yang berkurban, apalagi ada yang pakai sistem arisan kurban sapi, akhirnya stok daging kurban melimpah. Akhirnya memilih menyalurkan hewan kurban ke lembaga penyalur semacam dompet dhuafa ini

    ReplyDelete
  15. Ada banyak makna dan pesan dari hari raya Idul Adha. Belajar berkurban dan ikhlas memang tak mudah. Musim Idul Adha jadi kesenengan anak soalnya bisa ngeliat kambing atau sapi di pinggir jalan hehehe.

    ReplyDelete
  16. Banyak hikmah ya mba dari kurban ini, insyaAlloh dimampukan selalu buat laksanakan kurban :)

    ReplyDelete
  17. Kalau mengingat kisah nabi Ibrahim dan Ismail memang mengingatkan diri sendiri tentang ketaatan dan keikhlasan terhadap Allah SWT. Makanya jadi jangan takut berkurban. Banyak hikmah dari kurban

    ReplyDelete
  18. Wah tergolong murah ini, di tempatku kambing biasa aja uda 3.5 dan sapi 1/7 nya 2.5juta. Mudah lagi ya kalo lewat DD

    ReplyDelete
  19. Setuju, sejak dini anak-anak memang harus belajar tentang berkurban karena sarat dengan nilai-nilai pendidikan. Senangnya sekarang tersedia pilihan tempat menjual hewan kurban yang memudahkan pembelian, selain itu kesehatannya juga terjamin dan harganya kompetitif. Layanan Dompet Dhuafa memang keren nih.

    ReplyDelete
  20. Setuju mba.. jangan takit berqurban karrna akan jadi investasi akhirat.. dan ini memang jauh lebih penting daripada investasi dunia

    ReplyDelete
  21. Bentar lagi Idul Adha, mudah2an tahun ini bisa kurban.
    Sekarang semuanya jadi dimudahkan yah, mau lihat2 juga ah ke Dompet Dhuafa.

    ReplyDelete
  22. Senang sekali pastinya jika anak sejak dini sudah tahu makna berkurban
    Kalau anakku akhirnya paham setelah diinfo juga di sekolahnya

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah ya Dompet Dhuafa bisa menyebarkan hewan kurban ke daerah-daerah pelosok. Sehingga daging kurban enggak menumpuk di kota, jadi lebih bermanfaaat. In syaa Allah..

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah ya ada kemudahan berkurban melalui Dompet Dhuafa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada banyak cara sekarang yang bisa bantu jelaskan ke anak soal berqurban
      Harganya pun bersaing dengan di pasaran

      Delete
  25. Ya Allah merasa terpukul banget denger kalau hewan yang kita qurban kan bisa meringankan kita di akhirat. Se istimewa itu ya Allah balas kebaikan kita.

    Btw harga kambing nya terjangkau banget ya ternyata mbak, kualitas nya juga ga diragukan ya.

    ReplyDelete
  26. Ternyata harga kambing di dompet dhuafa ini lumayan terjangkau ya mom.. Aku jadi ingin

    ReplyDelete
  27. Mengajari anak ttg memang manfaat berkurban sangat penting menurutku. Di sekolah anakku (TK) juga ada program kurban

    ReplyDelete
  28. Alhamdulillah sekarang banyak tempat kurban yang kita bisa "Tau beres" tapi terpercaya seperti DD ini
    Selain memudahkan kita, juga membuat bahagia masyarakat pelosok yang minim distrubusi

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...