Thursday, July 11, 2019

Bagaimana Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan untuk Renovasi Rumah?

Pinjaman KTA dapat menjadi pilihan saat kita ingin merenovasi rumah. Investasi di bidang properti telah menjadi pilihan keluarga kami untuk tabungan di masa depan. Salah satu rumah kami yang berada di Depok, telah beberapa tahun ini disewakan dan menjadi tambahan penghasilan. Permasalahannya, kondisi rumah saat ini perlu direnovasi pada bagian atap karena sudah bocor parah. Kami juga berencana membongkar pagar rumah agar bisa dimasuki mobil. Kami pun memutuskan untuk melakukan renovasi rumah dalam beberapa bulan ke depan.
Pinjaman KTA untuk Renovasi Rumah


Renovasi rumah itu tidak bisa ditunda lagi, agar tidak memperparah kerusakannya. Memang, rumah itu kami beli dalam keadaan sudah pernah dipakai dan termasuk rumah yang usianya sudah tua. Selain itu, jika rumah telah direnovasi, kami bisa menaikkan tarif sewanya karena kondisi rumah sudah jauh lebih baik dan nyaman untuk dihuni. Lokasinya juga strategis dengan pusat perbelanjaan, kesehatan, dan pendidikan. Ke depannya, bisa menjadi tambahan pemasukan yang signifikan untuk keluarga kami.

Jadi, alangkah sayangnya jika  kami tidak segera merenovasinya. Barangkali rumah itu bisa hancur juga jika didiamkan saja. Penyewa rumah juga sudah mengeluh karena atap rumah sudah tidak lagi menahan air hujan. Belum lagi dindingnya yang lapuk dan bisa hancur jika tidak segera direnovasi. Kerusakan yang semakin parah nantinya justru akan memperbesar biaya renovasi rumah yang mungkin kami tidak bisa menanggungnya lagi. 

Namun, biaya renovasi rumah untuk sekarang ini juga tidaklah sedikit dan kami tidak memiliki dana yang cukup. Ditambah lagi, saat ini sudah masuk tahun ajaran baru. Sebagian besar dana yang kami miliki terpakai untuk biaya masuk sekolah dan daftar ulang anak-anak. Setelah memikirkan berbagai cara mendapatkan dana untuk renovasi rumah, Kredit Tanpa Agunan (KTA) bisa menjadi salah satu solusinya.

Kondisi Rumah yang Harus Direnovasi

Mengapa Kredit Tanpa Agunan? Salah satu alasannya karena saat ini telah banyak bank yang memudahkan proses pemberian dana untuk renovasi rumah melalui Kredit Tanpa Agunan. Dengan menggunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan, kita mendapatkan pinjaman dana untuk renovasi rumah tanpa jaminan sama sekali. Apalagi kalau rumahnya masih menyicil pembayaran KPR, sehingga tidak bisa dijaminkan. 

Bagaimana mendapatkan Kredit Tanpa Agunan untuk renovasi rumah? Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan: 

Buatlah Estimasi Besarnya Pinjaman
Sebelum mengajukan Kredit Tanpa Agunan, buatlah perkiraan besarnya dana yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah. Rata-rata bank memberikan Kredit Tanpa Agunan berkisar antara Rp 5 juta- 300 juta, jadi besarnya pinjaman jangan lebih dari kisaran itu. Artinya, Kredit Tanpa Agunan dapat menjadi pilihan jika biaya renovasi rumah kita tidak melebihi Rp 300 juta. Setelah dihitung-hitung, perkiraan biaya renonasi rumah kami akan menghabiskan Rp 80 jutaan, jadi masih bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan. Estimasi biaya pinjaman ini sudah didiskusikan bersama dengan penyedia jasa tukang bangunan yang akan kami pakai. 

Sesuaikan dengan Besarnya Penghasilan
Tentunya, Kredit Tanpa Agunan itu nanti harus kita bayar dong dengan cara mencicil setiap bulan. Nah, kita juga harus mempertimbangkan apakah penghasilan kita per bulannya bisa untuk membayar cicilan Kredit Tanpa Agunan tersebut. Jangan sampai penghasilan kita tidak cukup untuk membayar cicilan Kredit Tanpa Agunan tersebut, karena nantinya akan menambah beban utang dalam hidup kita. Jika penghasilan kita tidak cukup untuk membayar cicilan Kredit Tanpa Agunan, apa boleh buat renovasi rumahnya harus ditunda dulu. 

Pilihlah Bank yang Sesuai dengan Keuangan Kita
Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam hal pemberian Kredit Tanpa Agunan ini. Kita dapat mempelajarinya dulu dengan sebaik-baiknya. Tidak asal memilih bank. Pilihlah bank yang menetapkan suku bunga rendah dan bunga tetap (flat). Bank Syariah juga ada yang memberikan Kredit Tanpa Agunan untuk renovasi rumah ini, biasanya dengan pembiayaan yang dicicil sehingga dapat meminimalisir kehabisan dana lebih cepat sebelum proses renovasinya rampung.

Nah, jika kita ingin mengambil Pinjaman KTA untuk renovasi rumah, kita bisa pelajari dulu di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ yang tak hanya memberikan informasi mengenai pembiayaan Kredit Tanpa Agunan dari berbagai bank tapi juga kemudahan mengajukan Kredit Tanpa Agunan secara online. 




1 comment:

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...