Saturday, November 9, 2019

3 Resep Masakan Daging Sapi yang Mudah dan Cepat dengan Bonanza Beef

Memasak daging sapi seringkali menjadi kendala buat kita ya Mom, karena butuh waktu lama untuk merebusnya. Bahkan, menggunakan panci presto pun hasilnya kadang kurang memuaskan. Memang waktu merebusnya jadi lebih cepat, tapi seringkali dagingnya malah hancur karena terlalu empuk. 

Bonanza Beef 

Ternyata, memasak menu yang menggunakan bahan dasar daging sapi itu bisa mudah dan cepat jika menggunakan daging sapi yang tepat. Tanggal 2 November lalu saya mengikuti demo masak menggunakan daging Bonanza oleh Chef Gabriel atau Gabby di Hero Puri Indah Mall Jakarta Barat. 

Chef Gabby

Ada 3 menu masakan daging sapi yang dibagikan oleh chef cantik ini, jebolan MasterChef Indonesia. Ketiganya sangat mudah dipraktekkan di rumah. Bahan-bahan pendukungnya juga mudah ditemukan. Untuk daging Bonanza, bisa dibeli di HERO Supermarket.

3 menu masakan Bonanza Beef 


Nah, Mom lebih suka beli daging di pasar tradisional atau di supermarket? Di pasar tradisional, dagingnya kan digantung di ruangan terbuka ya sehingga mudah terkontaminasi udara kotor. Lain halnya dengan daging yang dijual di supermarket, terutama Bonanza Beef ini. Sudah dikemas dalam kemasan vacum sehingga bersih dan aman dari kontaminasi bakteri. 

Daging Bonanza berasal dari sapi Australia yang dirawat di Lampung dan diberi makan salah satunya dengan nanas. Tahu kan Mom kalau buah nanas itu bisa mengempukkan daging? Jadi, daging Bonanza juga lebih cepat empuknya karena diberi makan nanas ini. Ada enzim Bromelain yang biasa dipakai untuk mengempukkan daging.

Daging Bonanza juga halal ya karena walaupun sapinya impor dari Australia, tapi dipotongnya di Indonesia. Lalu, sapi juga dirawat dan diasuh dengan baik sehingga tidak stres. Menurut Chef Gaby, sapi yang stres itu bisa mempengaruhi dagingnya juga lho, jadi lebih alot dan keras.

Berikut 3 resep masakan daging sapi yang mudah dan cepat dengan Bonanza Beef ala Chef Gabby:

Nasi Gyudon
Masakan Jepang ini ternyata sangat mudah dibuatnya. Bahan-bahannya juga relatif gampang didapatnya, sebagai berikut:

  • 200 gram daging sapi Bonanza brisket Gyudon 
  • Bawang Bombay 
  • Bawang Putih M
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Air putih 
  • Gula
  • Saus Teriyaki
  • Telur 

Tidak ada takarannya mau berapa banyak bawangnya, ya secukupnya saja kata Chef Gabby. Sama banget nih dengan cara saya masak, nggak pakai takaran hehe. Nah, selanjutnya cara memasaknya yaitu, panaskan minyak untuk menumis sekitar 2 sendok makan, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih yang sudah dirajang kasar.

Masukkan daging Bonanza, tumis hingga berwarna kecokelatan. Tambahkan saus Teriyaki, masak sambil diaduk-aduk. Tambahkan air secukupnya sambil terus diaduk. Tutup pancinya.  Kemudian kocok dua butir telur, masukkan perlahan ke dalam panci. Aduk sampai telur mengental. Setelah matang, tuangkan Gyudon ke atas nasi panas dan siap dihidangkan.

Nasi  Gyudon 

Steak Mushroom
Sudah lama saya mau memasak steak sendiri, tapi tidak tahu caranya.  Sempat mau mencoba memakai daging kurban, ternyata tidak bisa. Ya iyalah, kan memang daging steak itu tidak sembarangan. Daripada bingung memilih daging untuk membuat steak, langsung beli saja daging steak dari Bonanza.

Chef Gabby menunjukkan mudahnya membuat Steak Mushroom. Bahan-bahan untuk membuat saus mushroomnya sebagai berikut:

  • 2 sendok margarin
  • Tepung terigu secukupnya 
  • Jamur 
  • Bawang Bombay 
  • Susu cair segar Hometown 
  • Garam
  • Lada
Cara membuat saus mushroomnya sangat mudah. Cairkan margarin, masukkan tepung terigu sedikit sedikit lalu aduk sampai rata. Masukkan jamur, bawang Bombay yang sudah diiris tipis, susu cair Hometown, garam, dan Lada. Aduk sampai sausnya mengental. 

Pemakaian susu cair Hometown ini membuat sausnya menjadi creamy tapi tidak eneg. Susunya juga bisa dibeli di HERO Supermarket. Susu ini susu murni tanpa tambahan apa pun, setelah dibuka harus diminum habis sebelum 12 jam. Bisa lebih awet kalau disimpan di kulkas. 

Susu cair Hometown

Kemudian untuk membuat steaknya, gunakan daging steak Bonanza. Lumuri dengan minyak dan garam. Tumis di wajan anti lengket dengan sedikit minyak yang sudah panas (berasap). Bolak-balik sampai matang seluruhnya. Boleh tambahkan bawang putih satuan (tidak diiris) untuk menambah harum. Tambahkan margarin. Masak sampai level Medium. 

Setelah matang, iris-iris lalu tuangkan saus mushroom di atasnya. Hidangkan selagi hangat. Meskipun hanya ditumis, daging steaknya empuk lho. Memang deh Bonanza Beef ini membantu ibu-ibu memasak daging sapi lebih mudah dan cepat.

Steak Mushroom


Daging Sapi Tumis Cabai Hijau 
Resep daging sapi yang mudah dan cepat lainnya adalah daging sapi tumis cabai hijau. Daging Sapi Bonanza yang digunakan adalah Knuckle, dipotong-potong dadu, kemudian ditumis dengan sedikit minyak. Cepat sekali warnanya berubah cokelat dan dagingnya empuk. Selanjutnya, tuangkan cabai hijau besar yang sudah diiris menyamping dan bawang merah yang juga sudah diiris. Tambahkan Irisan bawang putih. 


Aduk-aduk terus sampai daging berubah warna. Tambahkan garam, lada, dan gula secukupnya. Selesai deh. Cepat sekali kan. Jangan khawatir, dagingnya sudah empuk meskipun masaknya hanya sebentar. Pedasnya juga mantap. Bumbu yang sederhana, tapi hasilnya sempurna. Tak sabar untuk mencoba memasaknya sendiri deh. 

Penasaran mau memasak daging sapi yang mudah dan cepat dengan Bonanza Beef? Bisa dibeli di HERO Supermarket, yaitu Tenderloin, Sirloin, Ribeye. Daging Bonanza juga digunakan oleh MasterChef Indonesia, jadi masakan kita setara masakan Chef nih hehehe..... 

Informasi lebih lengkap, langsung saja cari tahu di media sosial: 
Instagram: @bonanzabeef.id
Facebook: Bonanzabeef.id
website: www.bonanza-beef.co.id

4 comments:

  1. denan daging bonzana bisa bikin gyudon sendiri di rumah. jadi ngiler dan pengen cobain..

    ReplyDelete
  2. iya banget mbak, mengolah daging sapi lebih lama supaya empuk.. ga kepikiran sih beli daging sapi kemasan yang ada di supermarket. aku kira dari luar negeri.. ternyata ada dari lampung ya..

    ReplyDelete
  3. wah saya paling gak bisa ngolah daging

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...