Wednesday, January 22, 2020

Ibu Bisa Pasang Tabung Gas Sendiri dengan Bright Gas

“Yah, aku nggak masak ya. Gasnya habis. Tunggu Ayah pulang dulu buat pasangin gasnya,” saya mengirim pesan teks kepada suami melalui WhatsApp mengenai alasan mengapa saya tidak masak. Saya menawarkan unuk membeli lauk pauk saja di warung. Jawaban suami,

“Sampai kapan Mama nggak bisa pasang gas sendiri?” 



Saya tertawa sendiri, membayangkan reaksi suami akibat pulang kantor nanti langsung disuruh pasang tabung gas. Dulu masih mending, saya bisa minta tolong pemilik warung untuk memasangkan tabung gas. Sekarang tidak bisa lagi begitu karena pemilik warungnya sudah tua-tua. Beli gas, ambil sendiri ke warung dan tentu saja pasang sendiri. Nasib.

Alasan mengapa tidak bisa pasang tabung gas sendiri ya karena takut bocor. Beberapa kali saya mencoba tapi kok sepertinya gasnya bocor karena baunya tercium dan ada suara mendesis. Belum lagi kalau gasnya tidak mau hidup, kata suami sih karena alirannya tersumbat. Entahlah, intinya saya masih bergantung kepada suami soal pasang gas ini. 

Ada yang senasib dengan saya? Yuk, kita patahkan fakta bahwa sebagian besar ibu tidak pasang gas hehehe…. Di acara Bright Gas #KelihatanCerdasnya bersama Dream, saya jadi mendapatkan rekomendasi tabung gas yang aman untuk ibu-ibu yaitu Bright Gas. Tabung Gas warna pink yang sekarang sudah mudah didapatkan di mana-mana. Acara diadakan hari Kamis, 19 Desember 2019 berlokasi di Suasana Restoran, Aston Kuningan Suites. 

Bright Gas Can

Jadi, apa bedanya Bright Gas dengan tabung gas warna biru atau hijau? Bright Gas ini punya dua ukuran yaitu tabung dengan berat 5,5 kg dan can (kaleng) dengan berat 220 gram. Yang tabung bisa dipasang di rumah, sedangkan yang can bisa dibawa jalan-jalan. Keunggulan Bright Gas dibandingkan tabung gas lain, yaitu: 
  • Memiliki DSVS (Double Spindle Valve System) 

Yaitu katup ganda agar tabung LPG aman digunakan. Jika salah satu katupnya rusak, masih ada katup lainnya yang bisa menjaga keseimbangan tekanan LPG di dalam tabung. 
  • Ada Seal Cap Hologram 

Pada tabungnya, terdapat seal cap hologram yaitu segel resmi dari Pertamina dengan hologram fitur OCS (Optical Color Switch) agar kualitas isinya terjamin. Seal cap hologram ini memiliki barcode yang berfungsi untuk mengetahui lokasi pengisian tabungan gasnya. Unduh dulu aplikasi QR Code untuk men-scan barcodenya. Pada seal cap hologram ini juga terdapat logo Bright Gas, Pertamina, dan Elpiji. Hologramnya juga bisa berubah warna. Sehingga dapat dibedakan dengan produk yang palsu. 

Untuk memasang tabung gas yang aman, kita juga harus memperhatikan beberapa hal berikut: 

  1. Pastikan sirkulasi udara dalam keadaan baik. Jadi di dapur harus ada sirkulasi udara ya. Bukan ruangan tertutup yang tak ada ventilasinya. 
  2. Pastikan kompor dalam keadaan mati. Biasanya kan gasnya habis saat kita sedang memasak. Nah, kita harus pastikan itu tombol kompornya dalam keadaan off. 
  3. Jangan ada sumber api yang menyala. Di sekitar dapur atau kompor, jangan ada api yang menyala. Entah itu dari korek api atau lilin. 
  4. Cek regulator dan pasang dengan baik. Gunakan regulator yang sudah memiliki logo SNI ya. Selang regulator tidak dalam kondisi terlilit, tertekuk, atau tergencet. 
  5. Tidak ada bunyi mendesis dan bau khas LPG. Pastikan nih jangan sampai ada bunyi mendesis dan bau gas saat memasang tabung gas. Saya sering mengalami ini, makanya tidak berani pasang gas sendiri. 
  6. Jika tabung gas ada masalah, jangan mencongkel atau mencolok ujung tabung. Langsung tukarkan saja tabungnya jika bermasalah. 

Di dalam acara ini dihadirkan Bapak Sulaiman selaku salah satu agen Bright Gas yang mempraktekkan cara memasang tabung Bright Gas ukuran 5,5 kg. Ternyata mudah dan cepat lho. Rasanya semua ibu bisa melakukannya nih, meskipun saya sendiri belum mencobanya. Secepatnya saya harus mengganti tabung gas lama dengan Bright Gas. Apalagi Chef Deny Gumilang, Master Chef Indonesia 4 yang menjadi bintang tamu dalam acara ini juga menuturkan hematnya memakai Bright Gas.

Cara mudah memasang tabung gas 


Selain harganya yang lebih hemat, juga karena pemakaiannya pun irit atau tidak cepat habis. Chef Deny menggunakan Bright Gas untuk memasak menu-menu kesukaannya. Kedatangannya didampingi oleh ibu tercinta yang telah menginspirasinya sehingga suka memasak. Wah, saya jadi malu nih tidak bisa menjadi inspirasi anak-anak karena jarang masak. Apalagi kalau gasnya habis, pesan makanan jadi aja deh. Yhaaa…. 

Demo masak Chef Deny


Chef Deny memasak tumis teri melinjo yang mudah sekali memasaknya. Harum masakannya pun menguar ke seluruh ruangan acara. Tentunya, Chef Deny menggunakan Bright Gas yang dia pakai saat itu adalah Bright Gas Can. Soalnya Bright Gas Can ini dengan ukuran hanya 220 gram, bisa dibawa ke mana-mana bersama kompor portable. Praktis banget kan.

Talkshow Bright Gas 

Buat ibu-ibu yang suka traveling, naik gunung, ke pantai, berkemah, jangan lupa membawa Bright Gas Can supaya tetap bisa memasak meskipun tidak ada layanan pemesanan makanan. Minimal bisa masak mie instan dan telur ya. Bagaimana cara menggunakan Bright Gas Can yang aman?

Berikut tipsnya: 
  • Gunakan kompos gas portable yang masih layak pakai dan tidak bermasalah.
  • Letakkan Bright Gas sesuai model kompornya. Kalau kompornya punya katup, buka dulu katupnya lalu pasang Bright Gasnya dalam keadaan kalengnya sudah terbuka. 
  • Tekan tombol pemantik dan putar knop kompor saat akan menyalakan kompor. 
  • Setelah selesai memasak, kembalikan kompor pemantiknya ya agar gasnya tidak terus keluar. 

Nah, mudah kan memasang Bright Gas yang memang dirancang untuk ibu-ibu seperti Kita? Bright Gas bisa dibeli di warung terdekat, minimarket, atau agen Bright Gas. 







23 comments:

  1. aku pakai bright gas tapi yang 5 kilo mbak blom pernah liat ada yg tabung kecil buat portabel gitu nanti cari ah :)

    ReplyDelete
  2. bright gas nih solusi banget buat aq mba, harga gak terlalu mahal juga, lebih irit dipakenya, dan pesennya gampang banget tinggal telpon ke call cnter pertamina aja

    ReplyDelete
  3. Mo nyoba juga pakai bright gas, biar berani masang gas sendiri.

    ReplyDelete
  4. Kemarin bgt nih aku nyoba pasang sendiri. Malah bunyi mendesis. Takut bgt. Mau nyari tabung bright gas dulu deh jadinya. Ngeri bgt pake yg ijo

    ReplyDelete
  5. Ini warna si Bright Gas gemes banget deh warna pinknya, tapi aku juga memang ingin mengganti si tabung biru di rumah dengan bright gas ini jadinya. Soalnya kemarin baru bikin dapur baru dan si orang kitchen set bilang ganti tabung gasnya.

    ReplyDelete
  6. Kalo suami aku sampe nyerah mba ngajarin gimana cara masangin gas haha. Tapi skrg udah ga ngalamin lagi semenjak pake bright gas jadi lebih gampang dan aman

    ReplyDelete
  7. Ini salah satu yang harus aku latih, keahlian memasang tabung gas ehheehh, sampai hari ini belom bisa pasang suka takut, tapi ada yang kecilnya ya lebih aman

    ReplyDelete
  8. Kalo bright gas sebaik ini, aku mau rekomendasiin buat ciba ganti ininaj├▒s

    ReplyDelete
  9. Ilustrasi diatas itu aku banget mbaaak! WA suami gas abis minta tolong pasangin, jadinya seharian gak masak. Hehe. Tapi itu dulu sih, soalnya sekarang aku juga pakai bright gas, walau masih belajar cara pasang yng bener tapi setidaknya udah berani pasang sendiri..

    ReplyDelete
  10. Aku pengen pakai bright gas yang tabung paling kecil itu. Awet berapa jam yah, biasanya buat camping bukan?

    ReplyDelete
  11. Aku banget deh Mba Leyla, kalau pasang gas ga minta dipasangin sama yang anter gas hehehe.

    ReplyDelete
  12. Solusi banget nih buat aku yang masih takut buat masangin gas sendiri, nanti mau coba Bright Gas ini juga ah

    ReplyDelete
  13. Aku karena sering masak jadi bisa ganti gas hehehe.. harus bisa malah karena suami ngg selalu ada. This one is a lot more economical I suppose

    ReplyDelete
  14. Aku bisa pasang tabung,kalau suami gak di rumah, kalau suami di rumah lagi, gak bisa wkwkwkw :D
    Bright Gas ini masih sedikit kalau di toko atau warung deket rumah, tapi di minimarket deket rumah ada bbrp. Warnanya lebih mnarik buat 2 ibu2 ya ngepink :D

    ReplyDelete
  15. Aku gak bisa pasang tabung gas . Wah kalau lebih aman kayaknya perlu beralih ke bright gas deh mbak

    ReplyDelete
  16. Pilihannya ga ada yang 12 kilo ya Ela? Kalau pakai yang 5,5 kg cepet habis kalau di rumah. Bikin wedang melulu soalnya tiap hari hehehe... Pengin nih bisa beralih ke yang pink ini karena lebih aman gitu ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi yg anget2 emang enak kak. saya jg sering bikin teh, jerang air panas buat mandi. kalau ada tabung yg gede jd gak sering2beli. btw warna pink bikin gemes ya

      Delete
  17. Alhamdulillah, aku bisa pasang tabung gas jenis apa pun sendiri. Tapi memang, yang Bright Gas ini jauh lebih gampang dan aman ya. Jadinya bikin tenang. Dulu waktu belom pake, kirain sama aja. Ternyata Bright Gas ini punya banyak keunggulan jika dibandingkan dengan gas tabung gas yang lainnya.

    ReplyDelete
  18. kayaknya nanti kalau aku udah punya rumah sendiri, aku bakal pakai bright gas ini deh.. biar praktis dan lebih aman juga yaah ^^

    ReplyDelete
  19. Eheheheee dalem banget tulisannya Maaaaak

    Aku pun gak bisa dan ogah pasang2 gas. Soale gas 12 kilo. Biasanya yg masang tukang anter gasnya sekalian dianterin. Yg repot sih klo gas habis pas hari Sabtu Minggu, si tukang gasnya tutup. Boleh juga nih dipertimbangkan pakai Bright Gas.

    ReplyDelete
  20. Hahahha mba Leyla.. Aku kalo pasang gas itu inget sewaktu belum nikah kemarin dan masih ngekos, itu bawaannya langsung deg-degan plus udah keringetan banget. Skrg udah ga perlu parno lagi karena udah ada Bright Gas

    ReplyDelete
  21. Bright gas ini mudah dipasangnya yah? Saya mah suka serem kalau pasang gas hehe, belumberani.

    ReplyDelete
  22. Aku udah lama juga beralih ke bright gas merasa lebih nyaman aja. Belinya juga di toserba deket rumah ada hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dan santun yaaa.....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...